Ada banyak pilihan aplikasi VPN yang bisa kita gunakan di smartphone Android, namun tidak semua aplikasi bisa digunakan sepenuhnya secara gratis, beberapa aplikasi bahkan membatasinya pengguna dengan kuota. Nah salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan sepenuhnya secara gratis adalah VPN Master.

Sama seperti Turbo VPN, aplikasi yang diusung oleh Innovative Connecting ini bisa Anda gunakan sepenuhnya secara gratis tanpa batasan kuota alias unlimited.

Dengan menggunakan VPN Master tentunya Anda bisa berselancar di internet dengan bebas tanpa khawatir kuota VPN habis, entah itu untuk membuka situs yang diblokir pemerintah atau bermain game di server luar negeri.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini juga berfungsi dengan baik di jaringan Wi-Fi, 4G, bahkan 3G, sehingga Anda tak perlu khawatir jika menggunakan smartphone jadul, karena VPN Master masih bisa berjalan dengan lancar.

Selain itu, dengan menggunakan VPN Master Anda juga bisa melindungi data privasi dan keamanan informasi pribadi ketika berselancar di internet, pasalnya aplikasi ini akan mengenskripsi data menggunakan protokol OpenVPN (UDP/TCP).

Akan tetapi tidak bisa dipungkiri, masih banyak pengguna yang belum mengetahui cara menggunakan VPN Master di Android, padahal aplikasi ini sangat berguna sekali jika Anda ingin membuka situs yang diblokir atau bermain game di server luar.

Namun mulai sekarang Anda tak perlu khawatir, karena kali ini Sipitek akan mengulas secara lengkap tentang cara menggunakan VPN Master hingga siap digunakan, supaya para pemula yang mungkin kurang akrab dengan VPN juga bisa merasakannya. Yuk langsung saja simak.

Cara Menggunakan VPN Master di Android

Sebelum memulai, silahkan download terlebih dahulu aplikasi VPN Master di Google Play Store dan tunggu sampai proses instalasi selesai. Kalau sudah simak langkah-langkah cara menggunakan VPN master berikut ini:

cara menggunakan vpn master

  1. Buka aplikasi VPN Master, kemudian pilih tombol MULAI.
  2. Pada saat pertama kali digunakan biasanya akan muncul notifikasi permintaan sambungan VPN, pilih saja Oke.
  3. Tunggu beberapa saat, apabila tombol MULAI berubah menjadi TERHUBUNG berarti VPN sudah siap untuk digunakan.

Yap, hanya dalam tiga langkah saja Anda sudah bisa menggunakan VPN Master. Kalau VPN sudah aktif seperti gambar di atas, situs yang tadinya diblokir pemerintah bisa langsung Anda buka seperti halnya membuka situs yang tidak diblokir.

Cara Memilih Server VPN Master

Jika tujuan Anda menggunakan VPN untuk bermain game di server luar negeri, tentunya Anda harus bisa menentukan server yang akan digunakan. Langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya kurang tepat jika digunakan untuk bermain game, karena VPN Master akan memilih sendiri server VPN yang paling optimal.

Jika Anda ingin memilih server VPN sendiri, begini caranya:

memilih server vpn master

  1. Buka aplikasi VPN Master, kemudian pilih menu “Server lebih cepat“.
  2. Untuk menggunakan server yang gratis pilih menu GRATIS.
  3. Setelah itu silahkan pilih salah satu server yang ingin di gunakan, sebagai contoh di sini saya memilih India.
  4. Tunggu beberapa saat, apabila muncul tulisan TERHUBUNG dan dipojok kanan atas muncul ikon bendera negara yang sesuai dengan server yang Anda pilih, berarti VPN siap digunakan.

Mudah sekali bukan?, pastikan Anda memilih server yang berada di menu “GRATIS” karena disana semua server memang bisa Anda gunakan secara gratis. Sedangkan untuk server yang ada di menu “SERVER LEBIH CEPAT” hanya bisa digunakan oleh pelanggan berbayar saja.

Cara Menonaktifkan VPN Master

Setelah VPN Master selesai digunakan, tentunya Anda perlu menonaktifkan aplikasi tersebut. Sebetulnya jika dibiarkan tetap aktif juga tidak masalah, namun tentunya supaya baterai smartphone lebih awet Anda perlu menonaktifkannya.

Nah untuk menonaktifkan VPN Master caranya cukup mudah, simak caranya berikut ini:

menonaktifkan vpn master

  1. Buka aplikasi VPN Master kemudian pilih tombol TERHUBUNG.
  2. Selanjutnya pilih menu PUTUSKAN KONEKSI.

Apabila tombol TERHUBUNG berubah menjadi MULAI, berarti Anda sudah berhasil menonaktifkan VPN.

Jadi seperti itulah cara menggunakan VPN Master di smartphone Android. Mulai sekarang Anda bisa berselancar di internet dengan bebas untuk membuka situs yang diblokir maupun bermain game di server luar negeri.

VPN Master juga menyediakan server premium yang diklaim lebih cepat daripada server gratis, namun jika Anda menggunakannya hanya untuk seru-seruan saja server gratisan juga sudah lebih dari cukup. Selamat mencoba!

2 KOMENTAR

  1. bagaimana bila pojok kanan Ok tidak bisa direspon oleh smartphone, atau dengan kata lain semacam tidak aktif ditekan dari smartphone…???…kenapa ya…?……

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here