Perkembangan internet memudahkan kita dalam menimba ilmu pengetahuan, kalau dulu untuk membaca buku itu kita perlu menenteng buku fisik yang bikin ribet atau mengunjungi perpustakaan di sekolah…

…akan tetapi sekarang ini Anda bisa membaca Ebook di mana saja dan kapan saja melalui situs download ebook gratis yang bisa diakses oleh siapapun.

Apalagi kalau Anda seorang mahasiswa, tentunya Anda memerlukan banyak buku yang berkaitan dengan materi perkuliahan untuk membantu menggali lebih dalam tentang materi tersebut, atau bisa juga dijadikan sebagai bahan materi skripsi.

Oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa situs penyedia ebook yang bisa diunduh secara gratis ke dalam format PDF. Akan tetapi, setiap situs tentunya menyediakan koleksi ebook yang berbeda-beda.

Ada situs yang menyediakan ebook khusus untuk ilmu pengetahuan, ada juga situs yang menyediakan ebook tentang novel dan cerita fiksi. Nah supaya Anda bisa memilih situs yang tepat, yuk simak dulu semua ulasannya.

20 Situs Download Ebook Gratis Terbaik

1. Buku Sekolah Elektronik Kemdikbud

buku sekolah elektronik kemdikbud

Tahukah Anda, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia atau Kemdikbud sebetulnya punya situs khusus yang menyediakan banyak koleksi buku, mulai dari buku teks pelajaran PAUD hingga SMA terutama untuk Kurikulum 2013.

Tidak hanya itu saja, semua buku yang disediakan di situs tersebut juga bisa Anda unduh secara gratis. Menariknya lagi, sebelum mengunduhnya Anda juga bisa membaca terlebih dahulu buku tersebut untuk memastikan kalau buku tersebut merupakan buku yang Anda cari.

2. BUKU-e LIPI

Buku-e LIPI

BUKU-e LIPI merupakan situs download ebook gratis yang dikembangkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Di situs ini Anda bisa mendonwload semua buku berbahasa Indonesia secara gratis, pasalnya situs ini menyediakan ebook legal dengan lisensi terbuka yang bisa diakses oleh publik.

Tidak hanya buku saja, BUKU-e LIPI juga menyediakan berbagai macam jenis dokumen tertulis terkait kajian ilmiah atau pembelajaran dalam berbagai ilmu pengetahuan. Menariknya lagi, BUKU-e LIPI juga memungkinkan setiap orang untuk mengunggah buku karyanya supaya bisa dipelajari oleh orang lain.

3. Scribd

Scribd

Kalau Anda suka mencari situs download ebook gratis di internet pasti sudah tak asing lagi dengan situs yang satu ini. Yap, situs ini biasanya menjadi rujukan banyak orang ketika mereka membutuhkan ebook.

Di Scribd ada banyak sekali ebook yang bisa Anda download, mulai dari ebook tentang keuangan, politik, teknologi, hiburan, biografi, fiksi, dan lain sebagainya.

Akan tetapi tidak semua ebook yang ada di situs ini bisa Anda unduh secara gratis karena ada juga beberapa yang mengharuskan pengguna untuk membayar terlebih dahulu sebelum mengunduhnya.

Tidak hanya itu saja, situs yang memuat lebih dari 50 ribu dokumen baru setiap harinya ini juga hadir dengan antarmuka yang bersih dan ramah, sehingga Anda juga tidak akan kesulitan ketika mengunduhnya.

4. Wiley Online Library

wiley online library

Lagi nyari situs download ebook yang lengkap dan bisa diunduh secara gratis? Wiley Online Library merupakan situs yang wajib Anda kunjungi. Wiley Online Library menyediakan ribuan ebook dan jurnal yang bisa Anda unduh secara gratis.

Navigasi yang ada di situs ini juga cukup tertata dengan baik, di halaman awal situs Anda akan dihadapkan pada menu subjek yang dapat memudahkan Anda dalam mencari ebook mengenai topik tertenu.

Tidak hanya itu saja, Wiley Online Library juga menyediakan beragam kategori ebook, mulai dari ilmu komputer dan informasi teknologi, bisnis, arsitektur, matematika, kedokteran, dan lain sebagainya.

5. University Press Scholarship Online

University Press Scholarship Online

University Press Scholarship Online merupakan situs download ebook gratis yang dikembangkan oleh University of Oxford pada tahun 2011. Melalui situs perpustakaan daring ini Anda bisa menemukan karya-karya terbaik karya universitas terkemuka di dunia.

University Press Cholarship Online menyediakan lebih dari 29 ribu ebook dari 31 kategori, mulai dari antropologi, arsitektur, ilmu komputer, hukum, filsafat, psikologi, ekonomi, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, selain bisa dibaca secara langsung melalui situsnya, Anda juga bisa mengunduhnya supaya bisa dibaca di mana saja dan kapan saja tanpa harus terhubung ke internet.

6. Bookboon.com

bookboon

Bookboon merupakan salah satu situs penerbitan eBook online terbesar di dunia, pada tahun 2015 saja situs ini tercatat memiliki 50 juta ebook. Melalui situs ini Anda bisa menemukan berbagai macam jenis ebook dalam berbagai kategori, mulai dari akuntansi, ekonomi, IT, bahasa, marketing, dan lain sebagainya.

Untuk mengunduh ebook dalam format PDF di situs ini caranya juga cukup mudah, Anda bisa menggunakan fitur pencarian atau kategori ebook yang telah disediakan untuk mencari ebook yang akan diunduh.

Tidak hanya itu saja, setiap buku yang disediakan juga dilengkapi dengan informasi daftar isi buku tersebut, sehingga Anda juga bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang isi yang ada di dalam buku tersebut sebelum mengunduhnya.

7. Gutenberg

Gutenberg

Gutenberg merupakan perpustakaan digital tertua yang mendigitalisasi karya-karya budaya menjadi sebuah buku elektronik atau ebook. Situs yang dikembangkan oleh Michael S. Hart ini menyediakan lebih dari 42 ribu buku dalam berbagai kategori, mulai dari sejarah, hewan, fiksi, geografi, teknologi, ilmu sosial, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, sebagian besar buku yang disediakan di situs Gutenberg juga disuguhkan dalam beberapa format mulai dari HTML, PDF, EPUB, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, Anda juga bisa langsung menyimpan buku tersebut ke situs penyimpanan awan populer seperti Google Drive, Dropbox, dan lain sebagainya.

8. FreeComputerBooks.com

freecomputerbooks

Lagi nyari ebook yang berkaitan dengan teknologi dan komputer? FreeComputerBooks.com merupakan situs yang tepat untuk Anda.

Sesuai dengan namanya, situs ini memang secara khusus hanya menyediakan ebook yang berkaitan dengan komputer saja, seperti ebook tentang bahasa pemrograman, kecerdasan buatan, software engineering, web programming, game programming dan lain sebagainya.

Anda juga tidak akan kesulitan mencari ebook yang Anda cari, karena FreeComputerBooks.com hadir dengan navigasi yang cukup mudah digunakan, apalagi kalau Anda mencari ebook tentang bahasa pemrograman, hampir semua ebook kategori bahasa pemrograman disematkan di bagian atas situs.

9. FreeTechBooks

FreeTechBooks

Hampir mirip seperti situs download ebook gratis sebelumnya, di situs ini sebagian besar ebook yang disediakan juga berisi topik seputar komputer seperti sistem operasi, matematika, programming, dan lain sebagainya.

Hanya saja, ebook yang disediakan di situs ini tidak di simpan disitusnya. FreeTechBooks hanya mengumpulkan ebook dari situs-situs lain. Jadi ketika Anda ingin mengunduh salah satu ebook yang tersedia di FreeTechBooks, Anda akan diarahkan ke situs penulis atau penerbit buku tersebut.

Meskipun demikian, apabila Anda mencari ebook tentang komputer, situs ini juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

10. Open Library

open library

Open Library merupakan proyek online dari Internet Archive yang bertujuan supaya orang-orang bisa mengakses semua buku yang pernah diterbitkan di satu situs web. Kalau Anda mencari situs penyedia ebook yang lengkap, Open Library merupakan pilihan yang tepat.

Pasalnya, situs ini menyediakan jutaan ebook gratis dalam berbagai kategori mulai dari ebook tentang seni, biografi, ilmu pengetahuan, fantasi, sejarah, religi, fiksi, dan lain sebagainya.

11. Read Print Library

Read Print Library

Read Print Library merupakan situs download ebook gratis yang tepat untuk Anda yang mencari buku-buku fiksi. Pasalnya, sebagian besar ebook yang diusuguhkan di dalam situs ini memang berisi karya fiksi seperti ebook novel, komik, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, di situs ini Anda juga bisa menemukan kutipan-kutipan dari tokoh-toko ternama seperti Mark Twain, Agatha Chirtie, George Orwell, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, Anda juga bisa memberikan komentar pada setiap buku yang disediakan.

12. The Literature Network

The Literature Network

The Literature Network sebetulnya bukan situs download ebook, karena konten yang ada di situs ini juga tidak bisa diunduh. Akan tetapi situs ini bisa menjadi pilihan yang tepat kalau Anda mencari literatur untuk melengkapi tugas kuliah atau skirpsi.

Sama seperti situs sebelumnya, The Literature Network juga menyediakan banyak koleksi kutipan dari tokoh-tokoh terkena. Menariknya lagi, situs ini juga menyediakan forum khusus yang membahas seputar literatur.

13. Wikibooks

Wikibooks

Sama seperti situs sebelumnya, di Wikibooks Anda juga tidak bisa mengunduh materi yang ada di dalamnya. Akan tetapi kalau Anda hanya membutuhkan pembahasannya saja, situs ini juga wajib Anda kunjungi.

Wikibooks menyediakan berbagai macam materi ilmu pengetahuan dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia. Akan tetapi kebanyakan buku yang ada di situs ini berbahasa Inggris.

Meskipun demikian situs ini juga menyediakan banyak buku bahasa Indonesia dalam berbagai kategori, mulai dari teknologi informasi, sains, bahasa, agama, sejarah, resep, wisata, fiksi, dan lain sebagainya.

14. Questia

Questia

Questia merupakan situs download ebook gratis yang menyediakan banyak koleksi Ebook. Di situs ini Anda juga tidak hanya bisa menemukan ebook saja, akan tetapi materi seperti jurnal, majalah, dan surat kabar juga bisa Anda temukan di situs ini.

Tidak hanya itu saja, semua ebook yang disediakan di situs ini juga dilengkapi dengan ulasan dan sinopsis singkat mengenai isi di dalam buku tersebut. Menariknya lagi, selain bisa diunduh Anda juga bisa membacanya secara online tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

15. Slideshare

Slideshare

Slideshare mungkin lebih dikenal sebagai situs tempat berbagi konten prosfesional seperti presentasi saja, akan tetapi di situs ini Anda juga bisa mengunduh konten-konten yang ada di slideshare ke dalam format PowerPoint, PDF, Word, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, Slideshare juga menyediakan beragam dokumen dalam berbagai kategori mulai dari bisnis, pendidikan, hiburan, makanan, kesehatan, marketing, teknologi, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Download File PPT di Slideshare Tanpa Login

16. Get Free Ebooks

get free ebooks

Sesuai dengan namanya, Get Free Ebooks merupakan situs download ebook gratis yang menyediakan banyak buku dalam berbagai kategori. Salah satu keunggulan dari situs ini adalah ulasan setiap buku disajikan secara lengkap, sehingga Anda juga bisa mendapatkan gambaran mengenai isi di dalam buku tersebut sebelum mengunduhnya.

Tidak hanya itu saja, sebagian besar buku yang disediakan di situs ini juga bisa Anda unduh secara gratis. Ada banyak kategori buku yang bisa Anda temukan di situs ini, diantaranya sejarah, marketing, novel, fantasi, pemrograman, dan lain sebagainya.

17. Manybooks

manybooks

Manybooks merupakan situs download ebook yang tepat untuk Anda yang sedang mencari buku fiksi, seperti horor, misteri, fantasi, novel, dan lain sebagainya. Situs yang dikembangkan oleh Advertical Media LLC ini juga cukup mudah digunakan, akan tetapi kalau Anda ingin mengunduhnya Anda harus mendaftar terlebih dahulu.

Namun jika Anda ingin membacanya secara online, Anda bisa langsung membacanya tanpa harus membuat akun terlebih dahulu. Menariknya lagi, semua buku yang disediakan di situs ini juga dilengkapi dengan informasi singkat mengenai isi buku, jumlah download, dan lain sebagainya.

18. Free-eBooks.net

free ebook net

Nyari situs download ebook gratis yang punya banyak koleksi buku dalam berbagai kategori? Free-eBooks.net merupakan situs yang tepat untuk Anda. Pasalnya, di situs ini Anda bisa menemukan berbagai macam jenis ebook, mulai dari ebook fiksi, non-fiksi, akademi, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, semua ebook yang disediakan di situs Free-eBooks.net juga bisa Anda unduh secara gratis tanpa biaya sepeserpun. Sama seperti situs yang lainnya, sebelum mengunduhnya Anda juga bisa membaca ebook yang tersedia secara online.

19. FreeBookSpot

freebookspot

Kalau dilihat sekilas, situs ini memang tampak sederhana, akan tetapi kalau Ada kalau Anda mencari situs download ebook yang lengkap, FreeBookSpot juga wajib Anda kunjungi.

Pasalnya, di situs ini Anda bisa mendownload ribuan buku secara gratis, mulai dari buku tentang pemrograman, keuangan, fotografi, sains, olahraga, dan lain sebagainya.

Untuk mendownload ebook di situs FreeBookSpot caranya juga cukup mudah, Anda hanya tinggal memilih judul buku yang ingin diunduh, nantinya Anda akan secara otomatis di arahkan ke halaman ulasan buku yang berisi tombol untuk mengunduh buku tersebut.

20. eBookLobby

ebooklobby

Situs download ebook gratis yang terakhir pilihan Sipitek adalah eBookLobby. Sama seperti situs sebelumnya, eBookLobby juga hadir dengan tampilan antarmuka yang sederhana…

…akan tetapi situs ini juga punya banyak koleksi ebook dalam berbagai kategori, mulai dari literatur, fiksi, hiburan, komputer, bisnis, investasi, biografi, seni dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, sebagian besar ebook yang ada di situs ini juga dilengkapi dengan informasi singkat mengenai isi di dalam buku tersebut, sehingga Anda juga bisa mengetahui isinya sebelum mengunduh buku tersebut.

Itulah deretan situs download ebook gratis terbaik yang berhasil Sipitek rangkum. Situs-situs di atas bisa Anda gunakan ketika membutuh informasi tambahan untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah atau sebagai bahan bacaan untuk menambah ilmu pengetahuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here