cara belanja di shopee

Tidak bisa dipungkiri masih banyak orang yang merasa khawatir ketika berbelanja online di toko online atau marketplace mereka seringkali takut barang tidak dikirim ketika uang sudah di transfer. Apakah Anda merasakannya juga?

Ya perasa ini juga pernah saya alami dulu ketika pertama kali membeli barang di salah satu toko online yang cukup populer di Indonesia.

Akan tetapi kekhawatiran tersebut sekarang sudah hilang karena semua barang yang Sipitek beli sampai dirumah sesuai dengan yang diharapkan dan sekarangpun saya lebih memilih membeli barang di marketplace atau toko online daripada belanja langsung ke toko.

Dengan belanja online selain harganya lebih murah kita juga tidak perlu repot lagi pergi ke tokonya langsung terlebih jika toko barang yang Anda cari jauh dari rumah atau berada di pusat kota tentunya kita juga bisa terhindar dari kemacetan kota karena barang akan diantarkan oleh kurir ke rumah kita.

Bagi Anda yang masih belum berani berbelanja di toko online entah itu karena takut barang tidak di kirim atau karena tidak tau cara belanjanya tenang saja kali ini Sipitek akan memberikan panduan lengkap untuk Anda tentang cara belanja di Shopee dari awal hingga barang diterima.

Sebetulnya ada banyak sekali toko online yang bisa Anda temui di Indonesia beberapa diantaranya yaitu Bukalapak, Tokopedia, Blibli, Lazada, Shopee dan yang lainnya.

Akan tetapi pada panduan kali ini Sipitek hanya akan membahas panduan belanja di Shopee saja karena di Shopee seringkali ada promo gratis ongkir pada saat artikel ini ditulis juga sedang ada promo gratis ongkir minimal belanja Rp 90 ribu , mungkin kedepannya Sipitek akan membahas panduan belanja di toko online yang lain.

Bagi Anda yang baru pertama kali belanja online di Shopee sekarang tidak perlu khawatir lagi karena pada panduan kali ini Sipitek akan menjelaskannya secara rinci supaya bisa di ikuti oleh pemula sekalipun.

Bagaimana Cara Belanja di Shopee?

Apabila Anda belum memasang aplikasi Shopee silahkan pasang terlebih dahulu untuk pengguna ponsel Android bisa mengunduh di Play Store dan untuk iOS bisa lewat App Store.

Jika aplikasi sudah di pasang dengan baik dan sudah siap untuk digunakan, silahkan simak langkah-langkah berikut ini untuk berbelanja di Shopee.

1. Buat Akun Shopee

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun Shopee terlebih dahulu, karena jika Anda tidak memiliki akun Shopee Anda tidak akan bisa berbelanja.

Silahkan baca panduan membuat akun Shopee yang telah saya bahas di artikel sebelumnya. Dengan panduan tersebut Anda tidak hanya bisa membuat akun untuk berbelanja saja akan tetapi Anda juga bisa menggunakan akun tersebut untuk menjual barang.

Meskipun ada tiga metode yang bisa Anda gunakan untuk membuat akun Shopee akan tetapi Sipitek lebih menyarankan Anda untuk mendaftar menggunakan nomor HP karena jika suatu saat Anda lupa kata sandi yang telah dibuat Anda bisa dengan mudah mengembalikannya asalkan nomor yang Anda daftarkan masih aktif.

Namun Anda tetap masih bisa mengaitkan akun Shopee dengan Facebook ataupun menambahkan alamat email.

2. Lengkapi Informasi Profil Akun

Jika akun sudah berhasil dibuat jangan lupa untuk melengkapi informasi akun seperti alamat, rekening bank, dan informasi profil yang lainnya.

Bagi Anda yang berniat untuk membeli barang di Shopee yang perlu Anda isi yaitu bagian alamat saya karena nantinya barang yang Anda beli akan di kirim ke alamat tersebut.

Sebetulnya Anda juga bisa menambahkan alamat nanti pada saat melakukan pemesanan barang akan tetapi alangkah baiknya atur terlebih dahulu sebelum Anda berbelanja supaya Anda bisa tau ongkos kirim ke alamat yang Anda tentukan.

Caranya silahkan pilih menu Saya pada aplikasi Shopee kemudian pilih opsi Akun Saya.

Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman Pengaturan Akun seperti pada gambar di bawah yang tengah, untuk mengatur alamat pilih pengaturan Alamat Saya.

Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman Alamat Saya pilih tombol + Tambah alamat baru.

informasi akun shopee

Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman untuk membuat alamat baru seperti pada gambar di bawah sebelah kiri. Isi nama dengan nama Anda kemudian isi juga bagian lain seperti No. Telepon, Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan, dan Kode Pos.

Pada bagian bawahnya terdapat kolom Alamat Lengkap, untuk bagian yang ini isi dengan cara mengetik secara manual biasanya saya mengisi nama dusun, Rt/Rw, dan desa tempat tinggal.

Akan tetapi Anda bisa mengisinya selengkap mungkin seperti Nama jalan, gedung, atau yang lainnya supaya kurir yang mengantar barang Anda tidak kebingungan.

Jika alamat sudah di isi dengan lengkap pilih tombol KIRIM yang berada di bagian bawah halaman.

Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman Alamat Saya seperti pada gambar di bawah sebelah kanan, di sana akan muncul alamat yang telah Anda tambahkan.

Selain itu Anda juga bisa menambahkan lebih dari satu alamat, misalnya Anda ingin mengirim barang yang Anda beli untuk hadiah orang tua yang sedang berada di alamat yang berbeda, nah di sana Anda bisa menambahkan alamat baru.

Intinya alamat ini akan digunakan oleh kurir sebagai alamat penerima barang.

Alamat tujuan barang shopee

Apabila alamat sudah diatur, mari kita memulai untuk mencari barang yang ingin dibeli.

3. Pilih Barang yang Dibeli

Silahkan cari dan pilih barang yang ingin Anda beli, Anda bisa memilih barang yang muncul di halaman depan aplikasi, bisa melalui kategori, atau bisa juga melalui kolom pencarian yang berada di bagian atas aplikasi.

Sipitek sendiri lebih sering menggunakan halaman pencarian karena kita tinggal mengetik nama barang yang kita cari kemudian nanti akan muncul daftar barang tersebut dalam beragam pilihan.

Apabila barang yang Anda cari sudah ketemu, silahkan buka barang tersebut dan cari tau bagaimana komentar orang-orang yang telah membeli barang di toko yang telah Anda pilih.

Anda perlu memeriksa terlebih dahulu jika banyak yang berkomentar negatif seperti barang tidak sesuai dengan pesanan atau yang lainnya lebih baik batalkan saja cari toko yang lain yang banyak berisi komentar positif meskipun harga barang yang Anda pesan lebih mahal dari toko yang telah Anda pilih sebelumnya.

Sebagai contoh di sini saya ingin membeli jaket bomber hitam pria / M, baca terlebih dahulu informasi barang apakah sudah sesuai dengan keinginan Anda jika ya selanjutnya tentukan kurir.

Caranya tap pada bagian biaya Ongkos Kirim nanti akan muncul beberapa kurir yang tersedia, silahkan pilih kurir yang sesuai dengan keinginan Anda.

Selanjutnya scrol ke bagian bawah nanti ada tombol Pilih Variasi, nah pada bagian ini Anda bisa memilih warna atau ukuran (jika membeli pakaian) yang Anda beli.

Namun, jika tidak ada Anda bisa menulisnya melalui kolom pesan atau keterangan nanti.

pilih barang

Apabila Anda hanya ingin membeli satu barang saja bisa langsung memilih Beli Sekarang, namun jika ingin membeli lebih dari satu barang pilih masukkan ke keranjang terlebih dahulu barang tadi dengan cara memilih tombol keranjang yang berada di bagian bawah aplikasi.

Di bagian atas aplikasi nanti akan muncul total barang yang telah Anda masukkan ke dalam keranjang.

Checkout shopee

Jika semua barang yang ingin dibeli sudah masuk semua ke keranjang pilih tombol keranjang yang berada di bagian atas layar, nanti Anda akan diarahkan ke halaman Keranjangku yang berisi semua barang yang ingin Anda beli kemudian pilih tombol Checkout di bagian pojok kanan bawah layar.

4. Checkout dan Menentukan Metode Pembayaran

Pada langkah ini Anda perlu menentukan metode pembayaran dan mengisi keterangan ukuran atau warna masing-masing produk yang ingin Anda beli.

Setelah memilih tombol Checkout seperti pada langkah sebelumnya selanjutnya Anda akan di arahkan ke halaman Checkout seperti pada gambar di bawah, cek terlebih dahulu dan pastikan Alamat Pengiriman sudah sesuai.

Seperti yang Sipitek sebutkan sebelumnya jika produk yang Anda beli tidak ada pilihan variasi, Anda bisa langsung menulis melalui kolom pesan seperti pada gambar di bawah sebelah kiri misalnya ukuran, warna, atau yang lainnya yang tidak cantumkan.

Silahkan lihat halaman Checkout ke bagian bawah di sana Anda perlu memilih metode pembayaran terlebih dahulu, dengan cara memilih tombol Pilih Metode Pembayaran.

Meilih metode pembayaran

Selanjutnya akan muncul beberapa metode pembayaran yang bisa Anda gunakan mulai dari kartu kredit, indomaret, transfer bank, dan lainnya.

Sebagai contoh di sini saya memilih untuk menggunakan metode transfer bank, di sana terdapat beberapa bank yang tersedia.

Sipitek lebih menyarankan Anda untuk memilih metode pembayaran yang ada nama “Dicek Otomatis” karena proses verifikasi tidak akan berlangsung lama bahkan berdasarkan pengalaman hanya membutuhkan waktu sekitar 3 menit saja.

Akan tetapi jika Anda memilih metode pembayaran melalui bank yang “Dicek Otomatis” Anda harus mentransfer pembayaran dari Bank yang sama.

Misalnya di sini Sipitek memilih metode pembayaran Bank BRI (Dicek Otomatis), jadi ketika Sipitek membayar harus melalui Bank BRI lagi tidak bisa dari Bank yang berbeda.

metode pembayaran shopee

Namun jika Bank yang Anda gunakan tidak ada “Dicek Otomatis” Anda bisa memilih metode pembayaran yang ditandai dengan “Dicek Manual” karena semua Bank yang di tandai dengan nama tersebut bisa menerima transfer dari semua bank.

Jika sudah menentukan metode pembayaran pilih tombol KONFIRMASI.

Bagaimana jika saya ingin melakukan pembayaran lewat Indomaret? Pilih saja metode pembayaran yang Indomaret kemudian pilih KONFIRMASI.

Setelah itu Anda akan diarahkan kembali ke halaman Checkout seperti pada gambar di bawah, silahkan pilih BUAT PESANAN.

Membuat pesanan

Setelah itu maka akan muncul petunjuk untuk melakukan pembayaran dan kode pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang telah Anda tentukan.

Apabila Anda memilih menggunakan metode pembayaran melalui Indomaret maka akan muncul kode pembayarannya tampak seperti gambar di bawah sebelah kiri.

…sedangkan jika Anda memilih melalui transfer bank tampak seperti gambar di bawah sebelah kanan.

informasi pembayaran shopee

5. Cara Melakukan Pembayaran Lewat Indomaret dan ATM

Sebetulnya di sana Anda juga sudah diberi tahu petunjuk untuk melakukan pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang Anda tentukan akan tetapi kali ini Sipitek akan menjelaskannya kembali untuk dua metode pembayaran yaitu Indomaret dan melalui transfer bank (ATM).

Perlu di ketahui di sini kita melakukan transfer uang tidak langsung ke penjual barang akan tetapi uang yang kita transfer akan masuk ke rekening Shopee terlebih dahulu.

…jadi jangan takut!

Apabila penjual tidak mengirim barang yang Anda pesan maka uang Anda akan dikembalikan lagi.

Kebanyakan mereka yang tertipu pada saat berbelanja di situs jual beli online tidak melakukan pembayaran sesuai dengan anjuran, akan tetapi mereka langsung mengirim ke rekening si penjual.

Jika Anda memilih melakukan pembayaran lewat Indomaret, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pergi ke Indomaret atau Ceriamart terdekat, kemudian bilang ke kasir kalau Anda ingin melakukan pembayaran ke merchant Shopee.
  • Kemudian berikan kode pembayaran yang telah Anda dapatkan pada langkah sebelumnya tadi, bila perlu berikan saja ponsel Anda biarkan kasirnya yang menulis langsung kode tersebut.
  • Selanjutnya kasir akan memproses pembayaran Anda, kemudian bayar sesuai dengan jumlah total belanja di aplikasi Shopee.
  • Jika sudah Anda akan mendapatkan bukti pembayaran, jangan lupa simpan bukti tersebut agar ketika pembayaran mengalami masalah Anda bisa mengirimkan bukti pembayaran yang telah Anda dapatkan.

Bagaimana jika saya menggunakan metode pembayaran lewat bank?

Sebagai contoh di sini Sipitek menggunakan bank BRI jika Anda menggunakan Bank lain mungkin caranya agak sedikit berbeda.

  • Pergi ke ATM kemudian masukkan kartu ATM ke mesin ATM. Pilih Bahasa Indonesia.
  • Pilih Transaksi Lain lalu pilih Pembayaran selanjutnya pilih Lainnya terakhir pilih BRIVA.
  • Selanjutnya masukkan nomor BRIVA yang telah Anda dapatkan pada langkah sebelumnya, jika sudah pilih Benar.
  • Selanjutnya akan tampil informasi pembayaran di layar. Pastikan Nama yaitu nama penerima barang yang telah Anda tentukan pada saat menentukan alamat penerima. Untuk bagian Keterangan pastikan AirPay for Shopee.
  • Jika sudah benar pilih Ya.
  • Setelah itu bukti pembayaran akan di cetak, jangan lupa disimpan ya!

Berdasarkan pengalaman Sipitek verifikasi pembayaran tidak berlangsung lama hanya beberapa menit saja setelah melakukan pembayaran.

Apabila pembayaran berhasil di verifikasi Anda akan mendapatkan notifikasi di aplikasi Shopee seperti pada gambar di bawah sebelah kiri “Pembayaran Dikonfirmasi”.

Selanjutnya barang akan masuk ke proses pengemasan, Anda bisa melihatnya di bagian Saya aplikasi Shopee kemudian pilih opsi “Dikemas”.

Pesanan dikemas

Pada tahap ini si penjual melakukan pengemasan untuk di kirim ke lokasi yang telah Anda tentukan. Apabila barang sudah dikirim dan telah di terima oleh kurir, maka akan masuk ke tahap pengiriman “Dikirim”.

6. Melacak Pengiriman

Apabila barang sudah masuk ke tahap pengiriman atau “Dikirim” berarti barang yang Anda pesan sudah di antarkan oleh penjual ke kurir.

Tentunya kita juga ingin tau dong sudah sampai di mana sih barang yang kita pesan?

…nah di sini kita bisa melacaknya langsung melalui aplikasi Shopee.

Caranya pilih menu Saya kemudian pilih opsi Dikirim lalu pilih barang yang ingin Anda lacak kemudian pada Status Pengiriman pilih tombol LACAK>, nah di sana nanti akan tampil informasi lokasi barang Anda.

Lacak Pesanan

7. Barang Diterima

Apabila barang sudah di terima jangan lupa pilih opsi Pesanan Diterima, kemudian nanti Anda akan diarahkan ke halaman untuk mengulas barang tersebut apakah sesuai dengan keinginan atau tidak.

Pesanan shopee sampai

Bagaimana jika saya tidak mengkonfirmasi Pesan Diterima?<

Shopee juga tau jika barang yang Anda pesan sudah sampai ke alamat pembeli, jadi meskipun Anda tidak melakukan konfirmasi bahwa barang tersebut sudah diterima akan otomatis dikonfirmasi dengan sendirinya.

Penutup

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk berbelanja di Shopee. Sebetulnya caranya sangat mudah Anda hanya tinggal memilih produk, membayar, kemudian barang akan dikirim ke alamat rumah Anda.

Yang perlu diperhatikan adalah pada saat melakukan pembayaran.

Biasanya penjual akan menyuruh pembeli untuk menghubunginya melalui aplikasi pesan instan seperti WhatsApp atau yang lainnya, nah di sini apabila Anda di suruh langsung mengirim uang ke rekening penjual jangan pernah Anda ikuti.

…Jadi ikuti saja langkah-langkah untuk melakukan pembayaran yang sesuai dengan yang di anjurkan oleh Shopee seperti yang telah saya jelaskan di atas.

Langkah-langkah yang di jelaskan di atas sering saya gunakan jika membeli barang di Shopee dan barangpun bisa mendarat dengan selamat sesuai keinginan.

Demikian artikel kali ini apabila ada yang ingin di tanyakan silahkan tulis di kolom komentar di bagian bawah, selamat berbelanja di Shopee 😊.

Hobi membaca dan menulis berbagai hal seputar teknologi terutama games, aplikasi, dan smartphone. Mulai aktif menulis pada tahun 2015, pada tahun 2016 ia mencoba merintis karir didunia tulis-menulis dengan serius dan mendirikan Sipitek.com.

Artikel Terkait:

50 KOMENTAR

  1. Saya sudah mengikuti step by step langkah menulis alamat, tp ketika saya tekan “kirim” jawabannya “alamat tidak sah” maksudnya apa ya dan gimana cara mengatasinya..

    Terimakasih

    • Biasanya alamatnya salah.

      Untuk bagian provinsi, kota/kabupaten, dan kecamatan kita tidak perlu mengetiknya secara manual nanti akan tampil opsinya sendiri dan tinggal pilih.

      Sedangkan untuk Alamat Lengkap baru di isi manual (ketik sendiri).

  2. Saya pesan jam tgl 12 dan ada konfirmasi barang akan dikirim sebelum tgl17,tp kenapa sampai hari ini belum ada ya? Bagai mana itu, saya cek pengiriman bacaan’y masih dikemas z..

    • Kalau statusnya masih “Dikemas” berarti barang masih ada di penjual (belum dikirim oleh penjual). Silahkan ditanyakan lagi ke penjualnya.

  3. Setelah transfer saya dapet sms
    “buat anda sekarang untuk menuju tahap selanjutnya ke sistem kami berikan angka berikut ini tolong agar diinput ++++”

    Nontif dari aplikasi barang sedang di kemas
    Pertanyaannya apa itu dari si penjual? Dan apa saya harus mengirim angka tersebut??
    Karna saya mendapat 2x sms

    • Kurang jelas pertanyaannya, emang itu angka apa ya?

      Kalau statusnya “Barang Sedang Dikemas” berarti pembayaran berhasil diverifikasi, tinggal nunggu barang datang ke rumah.

      “Barang Sedang Dikemas” juga menandakan kalau barang yang Anda pesan masih ada di tangan si penjual.

      Selama belanja di Shopee saya belum pernah menerima SMS dari penjual, apalagi minta angka.

  4. alamat yg daya tulis sudah bner dan tidak ada masalah sama sekali, akan tetapi tulisannya alamat tidak sah, knp ya?

    • Bagian provinsi, kota/kabupaten dan kecamatan, tidak perlu diketik nanti muncul sendiri opsinya.

      Pastikan bagian provinsi dan kota/kabupaten di isi dengan benar, karena kecamatan itu menyesuaikan kedua bagian tersebut.

  5. Jika saya lupa melakukan transfer ke shoppe sampai batas yg ditentukan ,apa yg akan terjadi. Apa saya di Blacklist dr shoppe

  6. Gan misalnya saya gk tau kode posnya nah di kode pos saya isi ngasal aja misalnya 12345. Nah itu nanti jadi masalah di alamatnya apa jadi permasalah pas mau dikirim barangnya ya gan?

  7. Kalo belanja dan jualan di shopee tanpa download aplikasi tp langsung kunjungi situsnya di android bisa gak? Soalnya malas banyak aplikasi di hp.

  8. Bang bagaimana jika saya belum terima barangnya padahal dipesanan sudah terima, saya jadi bingung,soalnya saya belum terima barang apapun bang,itu gimana bang tolong infonya

    • Biasanya di tahan di kurirnya, kalau 2 hari belum nyampe setelah “Sudah Diterima” bisa dijemput ke kantor kurirnya. Atau hubungi penjualnya.

  9. bang bagaimana kalo pesanan saya belum diterima tapi saya klik pesanan diterima dan bacaannya selesai itu gimana?apakah tetep dikirim pesanan saya?

    • Seharusnya jangan dulu meng-klik “Pesan Sudah Diterima” karena kalau sudah diklik uang akan diteruskan dari Shopee ke penjual (tidak peduli barang sudah sampai atau belum). Opsi itu seharusnya diklik ketika barang sudah sampai ke rumah.

      “apakah tetep dikirim pesanan saya?” tergantung penjual, kalau penjualnya jujur ya pasti dikirim. Bisa di lihat pada menu pelacakan, kalau barang berpindah-pindah lokasi berarti barang itu dikirim.

  10. Kalau membayar via alfamart..tapi belum keverifikasi gimana? Padahal harusnya sudah terverifikasi setelah beberapa menit membayar kan.

  11. Saya salah nulis nomor telepon saya dipesanan. Itu nanti bermasalah nggak ya ? Terimakasih

    • Tidak akan bermasalah. Seharusnya nomor telepon di cantumkan pada menu pengaturan informasi alamat.

  12. Bang kalo alamat saya masuk2 gang kecil begitu,lalu cara si kurir menemukan tepat di rumah saya bagaimana? Apakah tanya2 ke tetangga atau gimana,padahal saya belum kenal tetangga karena baru pindahan.

    • Biasanya kurir akan menghubungi lewat telpon. Pastikan nomor HP yang ada di pengaturan alamatnya betul.

  13. Bang kalo saya sudah bayar melalui Alfamart apa tinggal tunggu barang aja, atau konfirmasi ke shopee, untuk ngecek barang sudah dikirim gimana y ……Tmakasih

    • Tidak perlu konfirmasi, akan terkonfirmasi otomatis kalau sudah dibayar.
      Untuk mengecek apakah barang sudah di kirim atau belum atau cek lokasi barang di aplikasi Shopee caranya:
      1. Buka aplikasi Shopee.
      2. Pilih menu “Saya” di pojok kanan bawah layar.
      3. Pilih menu “Terima”.
      4. Pilih ikon “Truk” yang ada di atas tombol Pesanan Diterima.

      Nanti di sana akan muncul informasi lokasi barang yang dipesan.

  14. Saya sudah memasukkan alamt email da nama tapu ga bisa masuk tertulis maaf nama sudah terpakai,,saya ganti nama tapi sma aja,,ada nam sudah terpakai jadi saya ga bisa belanja di shoope kenapa ya

    • Nama (Username) itu memang harus unik tidak boleh sama dengan orang lain, solusinya bisa ditambahkan dengan angka di akhir.

      Kalau untuk nama di pengaturan alamat tidak perlu unik, pastikan menggunakan nama yang sesuai dengan kartu identitas.

  15. Mlm saya mau tanya kalo barang yg di pesan sudah jadi terus sedang pengemasan .tapi di kolom pengemasan tidak ada tanda pengemasan itu gmn?

    • Kalau pembayaran sudah berhasil harusnya masuk ke proses pengemasan. Coba tutup dulu aplikasinya kemudian buka lagi kemungkinan eror.

    • Tergantung penjual, ada yang hanya pake satu kurir ada juga yang lebih. Untuk menentukan kurir yang akan dipakai bisa diubah sebelum Checkout.

  16. Mas kalau kita ngasih no telp yg beda utk verifikasi, nanti notifikasi pembayaran bakal keterima kemana? Ke no telp itu saja, atau bisa sampai ga ke akun shopee kita?

  17. Kalok misalkan ada kecurangan Dari penjual, dan kita melakukan pembayaran melalui Alfamart
    bagaimana cara pengembalian uang ny ?

  18. kak misalnya sya sudah dpt kode pembayaran di aplikasi shoppee trus apa sya langsung ok atau lakukan pembayaran dlu baru ok…?

    • Mau di OK bisa mau dibayar dulu juga bisa, ga berpengaruh. Kalau sudah dibayar nanti otomatis terverifikasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here