aplikasi pdf android

Sekarang ini smartphone tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja, namun hadirnya beragam aplikasi canggih membuat smartphone bisa kita gunakan untuk membantu berbagai pekerjaan.

Salah satunya adalah pekerjaan kantor, biasanya dalam pekerjaan kantor kita akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengelola dokumen.

Jenis dokumen yang paling banyak di gunakan adalah PDF, karena memang PDF punya beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan jenis dokumen lainnya.

Namun untuk membuka dokumen dengan format PDF kita juga memerlukan aplikasi khusus, tanpa bantuan aplikasi PDF kita tidak bisa mengelolanya dengan baik. Entah itu hanya sekedar membaca, ataupun melakukan pengeditan.

Tidak perlu khawatir kalau kamu punya tugas yang perlu diselesaikan namun sedang jauh dengan perangkat komputer, karena sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi PDF android yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Bahkan beberapa aplikasi PDF yang akan Sipitek ulas ini tidak hanya bisa digunakan untuk membaca saja, namun ada juga yang bisa kamu gunakan untuk mengedit isi dokumen tersebut.

Tidak bisa dipungkiri, banyaknya aplikasi PDF yang bisa kita pilih, terkadang membuat kita bingung memilihnya.

Untuk itu, kali ini Sipitek akan memberikan rekomendasi aplikasi PDF yang terbaik saja. Selain itu Sipitek juga akan mengulas fitur-fitur yang ada di dalamnya.

17 Aplikasi PDF Android Terbaik

Biar kamu nggak salah pilih, silahkan baca terlebih dahulu ulasannya berikut ini.

1. Adobe Acrobat Reader

adobe acrobat reader

Siapa yang nggak kenal dengan Adobe Acrobat Reader, bagi kamu yang sering mengelola dokumen pasti sudah tak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini.

Aplikasi PDF besutan Adobe ini tidak hanya tersedia untuk perangkat komputer saja, namun aplikasi ini juga hadir untuk pengguna android.

Adobe Acrobat Reader bisa kamu gunakan untuk membaca dokumen PDF secara langsung yang ada di email, situs web, dan layanan lainnya.

Untuk mempermudah pengguna, Adobe menyediakan tiga mode membaca yaitu single page, continous scroll, dan reading mode.

Selain itu fitur anotasi juga disematkan ke dalam aplikasi ini, sehingga kamu bisa memperjelas isi tulisan yang ada di dalam dokumen tersebu.

Aplikasi yang telah di unduh lebih dari 100 juta kali ini juga punya fitur scanner, dimana dengan fitur ini kamu bisa mengubah dokumen fisik menjadi digital berformat PDF.

Sebetulnya Adobe Acrobat Reader juga punya fitur yang dapat mengedit file PDF, namun sayangnya fitur ini hanya tersedia untuk pelanggan berbayar.

2. WPS Office

wps office

Mau aplikasi PDF yang punya fitur lengkap? aplikasi besutan Kingsoft Office Sofware Corporation Limited ini bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu.

Ya, WPS Office merupakan salah satu aplikasi pengolah dokumen yang punya fitur lengkap.

Dengan aplikasi ini kamu tidak hanya bisa membuka file PDF saja, akan tetapi sekitar 51 format dokumen lainnya juga bisa kamu buka di aplikasi ini.

Format dokumen yang bisa kamu buka dengan WPS Office diantaranya yaitu PDF, doc, docx, xls, xlxs, ppt, pptx, dan sebagainya.

Jadi, kalau kamu ingin membuak dokumen Microsoft Office yang ada di perangkat komputer, kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk membukanya di android.

Selain itu WPS Office juga punya fitur yang bisa kamu gunakan untuk mengkonversi dokumen Word ke PDF ataupun sebaliknya.

Kerennya lagi, kamu bisa mengedit file PDF melalui aplikasi ini secara gratis.

3. Google PDF Viewer

google pdf viewer

Perusahaan mesin pencari raksasa ini juga nggak mau kalah, Google juga punya aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengolah dokumen PDF.

Aplikasi yang dimaksud adalah Google PDF Viewer.

Ya, sesuai dengan namanya, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini bisa kamu gunakan untuk membuka atau membaca file PDF, mencetak, dan menyalin teks.

Google PDF Viewer memang tidak menyediakan fitur yang lengkap, akan tetapi kalau kamu hanya membutuhkan aplikasi yang bisa membaca PDF saja, Google PDF Viewer bisa menjadi pilihan yang tepat.

Karena fitur yang dihadirkan cukup terbatas, sehingga ukurannya juga cukup kecil, jadi kamu nggak perlu khawatir aplikasi ini menghambat kinerja smartphone.

4. Foxit MobilePDF

foxit mobilepdf

Foxit tidak hanya hadir untuk perangkat komputer, namun aplikasi PDF yang cukup populer ini juga tersedia di android.

Foxit MobilePDF menyuguhkan beragam fitur canggih yang dapat mempermudah pengguna dalam mengelola dokumen PDF.

Tidak hanya membaca dan mengedit file PDF saja, namun aplikasi besutan Foxit Software Inc. ini juga bisa kamu gunakan untuk membuat file PDF dari nol.

Mau mengubah dokumen fisik menjadi digital berformat PDF? nggak perlu menggunakan jasa scan gunakan saja Foxit Mobile PDF.

Kalau kamu sering menyimpan dokumen penting di smartphone, dengan aplikasi ini kamu juga bisa membuat dokumen menjadi lebih aman. Karena Foxit Mobile PDF menyediakan fitur yang dapat memproteksi dokumen PDF.

5. Xodo PDF Reader & Editor

xodo pdf reader editor

Diklaim sebagai aplikasi PDF android yang mampu membaca maupun mengedit dokumen secara cepat.

Bisa dibilang aplikasi yang dikembangkan oleh Xodo Technolobies Inc. ini berhasil membuat para penggunannya merasa puas.

Pasalnya aplikasi yang telah di unduh oleh lebih dari 5 juta kali mendapatkan rating yang nyaris sempurna.

Ya, tidak heran jika Xodo PDF Reader & Editor cukup diminati oleh banyak orang, mengingat aplikasi ini memang punya beragam fitur yang cukup berguna.

Tidak hanya bisa digunakan untuk membaca dan mengedit PDF saja, namun aplikasi ini juga bisa di hubungkan dengan Google Drive, Dropbox, dan Onedrive.

Membuat file PDF dari nol, mengisi formulir, dan membuka file Microsoft Office semuanya bisa kamu lakukan di Xodo PDF Reader & Editor.

6. AnDoc – PDF & DJVU Reader

andoc pdf djvu reader

Mau aplikasi PDF android yang ringan? aplikasi besutan OpenView Mobile ini bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu.

Ya, dengan menggunakan aplikasi AnDoc kamu tidak perlu khawatir aplikasi ini membebani kinerja smartphone, karena ukurannya sangat kecil yaitu hanya 4 Mb-an saja.

Namun AnDoc tidak punya fitur yang lengkap seperti aplikasi sebelumnya. Aplikasi ini hanya bisa kamu gunakan untuk membaca dokumen yang memiliki format PDF dan Djvu saja.

7. DocuSign – Upload & Sign Doc

docusign

Mau nambahin tanda tangan ke dokumen PDF lewat android? nggak perlu bingung, gunakan saja DocuSign.

Ya, dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa menambahkan tanda tangan dengan mudah ke dokumen PDF melalui android. Bahkan kamu juga bisa langsung menulis tanda tangan di layar smartphone lho.

Nantinya aplikasi ini akan membuat tanda tangan digital secara otomatis menyesuaikan dengan tulisan yang kamu goreskan di layar smartphone.

Setelah tanda tangan digital berhasil dibuat, kamu juga bisa langsung mengirimnya melalui email atau mengunggahnya ke penyimpanan awan seperti Google Drive, Dropbox, dan sebagainya.

8. OfficeSuite + PDF Editor

officesuite pdf editor

Aplikasi PDF android yang diusung oleh MobiSystems ini juga salah satu aplikasi yang punya banyak fitur.

Selain bisa digunakan untuk membaca dan mengedit file PDF, OfficeSuite juga bisa kamu gunakan untuk membuka dokumen Microsoft Office mulai dari format doc, docx, xls, ppt, pptx, dan sebagainya.

Uniknya, aplikasi yang telah di unduh oleh lebih dari 100 juta kali ini juga punya fitur Text-to-Speach, fitur ini mampu mengubah teks menjadi suara.

Setelah dokumen berhasil disesuaikan, kamu juga bisa mengunggahnya langsung ke layanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, OneDrive, dan sebagainya.

9. Polaris Office

polaris office

Sederhana dan mudah digunakan adalah kesan pertama yang mungkin akan kamu rasakan saat pertama kali menggunakan aplikasi Polaris Office.

Dengan menggunakan aplikasi ini hampir semua dokumen kantor bisa kamu buka, entah itu dokumen yang dibuat menggunakan Microsoft Office ataupun yang sudah memiliki format PDF.

Selain itu kamu juga tidak hanya bisa membukanya saja, akan tetapi kamu juga bisa mengedit dokumen tersebut untuk menambahkan atau menghilangkan tulisan yang tidak diperlukan.

Fitur konversi juga disematkan pada Polaris Office, dimana dengan fitur ini kamu bisa mengubah dokumen Microsoft Word menjadi dokumen PDF atau sebaliknya.

10. PDF Reader

pdf reader

Jika kamu hanya membutuhkan aplikasi yang dapat membaca PDF saja, PDF Reader bisa menjadi solusi yang tepat buat kamu.

Sesuai dengan namanya, aplikasi besutan [email protected] Labs ini memang hanya menyediakan fitur untuk membaca file PDF saja, tidak menyediakan fitur yang lainnya.

Sehingga selain mudah digunakan aplikasi ini juga cukup ringan, ukurannya hanya 2,3 Mb saja. Meskipun demikian, Aplikasi ini diklaim mampu membuka dokumen PDF dengan cepat.

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menikmati semua fitur yang ada di aplikasi ini secara gratis.

11. PDF Reader – Scan, Edit & Share

pdf reader scan edit share

Pernah menjadi aplikasi terbaik di Play Store. PDF Reader – Scan, Edit & Share juga punya beragam fitur yang cukup membantu untuk mengelola file PDF.

Aplikasi besutan Kdan Mobile Software Ltd. ini tidak hanya bisa digunakan untuk membaca file PDF saja, akan tetapi kamu juga bisa menggunakannya untuk mengkonversi dari format dokumen lain ke format PDF, ataupun sebaliknya.

Selain itu aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali ini juga punya fitur dokumen scanner, dimana fitur ini bisa kamu gunakan untuk mengubah dokumen fisik menjadi digital melalui kamera smartphone.

12. CamScanner – Phone PDF Creator

CamScanner

Aplikasi yang dikembangkan oleh INSTIG Information Co.,Ltd. ini memang sudah lama menjadi aplikasi kantor favorit bagi banyak orang.

Fungsi utama CamScanner adalah mengubah dokumen fisik menjadi dokumen digital berformat PDF.

Dokumen hasil scan aplikasi ini memang tidak bisa diragukan lagi, pasalnya dokumen hasil scan dari aplikasi ini memilii warna yang cukup kontras bahkan jika dokumen tersebut terlalu gelap kamu juga bisa membuatnya menjadi terang supaya terlihat lebih jelas.

Selain itu CamScanner juga dilengkapi dengan fitur OCR, fitur ini memungkinkan kamu untuk menyalin teks dari sebuah gambar,  sehingga kamu nggak perlu ribet menulis ulang secara manual.

Kalau kamu tertarik menggunakan aplikasi yang satu ini, Sipitek juga punya panduannya.

Artikel terkait: 15 Aplikasi Scanner Android Terbaik untuk Scan Dokumen

13. Fast Scanner

Fast Scanner

Fungsi utama aplikasi ini sama seperti aplikasi sebelumnya, yaitu mengubah dokumen fisik menjadi digital berformat PDF.

Akan tetapi karena CamScanner berukuran besar, mungkin akan terasa berat jika digunakan di smartphone low-end.

Sebagai alternatifnya kamu bisa menggunakan Fast Scanner, karena memang aplikasi besutan CoolMobileSolution ini hanya memiliki ukuran sekitar 14 Mb saja.

Selain itu Fast Scanner juga punya fitur untuk menambahkan atau menghapus halaman tertentu yang ada di dalam file PDF.

14. PDF Reader for Android 2018

pdf reader for android

Aplikasi PDF android besutan Office Tool ini hadir menawarkan beragam fitur yang dapat digunakan untuk mengelola dokumen PDF. Meskipun punya banyak fitur, aplikasi ini memiliki ukuran cukup kecil, yaitu hanya 15 Mb saja.

Melalui aplikasi ini, kamu tidak hanya bisa membaca file PDF, akan tetapi kamu juga bisa mengedit dan mengubah orientasi halaman menjadi vertikal maupun horizontal.

Selain itu ada juga fitur pencari kata, untuk menemukan teks pada bagian tertentu di halaman PDF, sehingga kamu nggak perlu mencarinya secara manual.

15. ezPDF Reader

ezpdf reader

Aplikasi PDF android terakhir yang punya banyak fitur adalah ezPDF Rader.

Salah satu fitur yang cukup menarik yang ada di aplikasi ini adalah mode dual page view, dengan mode ini kamu bisa membaca dokumen PDF layaknya membaca buku.

Selain itu aplikasi besutan Unidocs Inc. ini juga punya fitur Text-to-Spech, dimana fitur ini bisa kamu gunakan untuk mengubah teks yang ada di dalam dokumen PDF menjadi suara.

Sehingga kalau kamu lagi malas membaca, kamu bisa menggunakan fitur Text-to-Speach ini.

Baca juga:

Akhir Kata

Itulah deretan aplikasi PDF android terbaik yang perlu kamu pertimbangkan.

Setiap aplikasi tentunya punya fitur yang berbeda-beda, silahkan pilih salah satu aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Jadi, aplikasi PDF yang mana nih yang akan kamu gunakan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here