Tips & Trik

3 Cara Memperkecil Ukuran File PDF Onilne dan Offline

cara memperkecil ukuran pdf

Portable Document Format atau yang biasa disingkat PDF merupakan salah satu jenis file yang sering digunakan untuk membuat dokumen digital diantaranya untuk membuat ebook atau lamaran kerja, untuk para pelamar kerja yang berniat untuk mengirimkan lamarannya melalui email biasanya pihak perusahaan menginginkan ukuran yang kecil.

Ukuran PDF yang paling optimal untuk melamar kerja adalah 300kb karena dengan ukuran tersebut file yang kita kirim bisa terlihat jelas alias tidak buram, namun ada juga beberapa perusahaan yang mengharuskan para pelamar untuk mengurangi ukuran file lamarannya kurang dari 200kb.

Jika tidak sesuai dengan ukuran yang ditentukan perusahaan seringkali diabaikan, jadi mau tidak mau kita harus mengubahnya sesuai dengan ukuran yang ditentukan.

Tidak hanya itu saja ukuran file PDF yang besar juga seringkali terjadi kegagalan pada saat proses unggah apalagi jika koneksi internet yang anda gunakan tidak bagus.

Namun masih ada beberapa orang yang belum mengetahui cara memperkecil ukuran file PDF padahal ada banyak sekali cara yang bisa digunakan, bagi anda yang ingin mengetahui caranya silahkan simak beberapa cara yang saya bagikan berikut ini.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF secara Online dan Offline

Agar lebih mudah dipahami disini saya akan membagikan menjadi dua kategori yang pertama dengan cara online menggunakan aplikasi berbasis situs dan yang kedua menggunakan software yang harus dipasang pada perangkat komputer atau laptop.

A. Online

Bagi anda yang tidak mau ribet anda bisa menggunakan cara online karena kita tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan lainnya yang dibutuhkan hanya koneksi internet saja. Selain itu cara ini juga bisa anda gunakan di perangkat smartphone android menggunakan browser favorit anda.

1. Menggunakan situs Convert PDFaid

Salah satu kelebihan yang dimiliki situs PDFaid adalah kita bisa mengatur kualitas gambar yang ada ada di dalam file PDF, sehingga semakin diperkecil parameternya maka akan semakin kecil pula ukuran hasil kompresnya. Begini caranya!

1. Buka situs PDFaid.com, kemudian pilih tombol SELECT PDF FILE cari file pdf yang ingin di kompres tunggu sampai proses upload selesai jika berhasil disamping tombol tersebut akan tampil nama file yang anda pilih.

2. Pada bagian Image Options silahkan atur sesuai dengan keinginan anda semakin kecil parameter persentase yang diberikan maka akan semakin kecil pula ukuran yang dihasilkan, sebagai contoh disini saya mengaturnya menjadi 10% semua, seperti gambar dibawah.

PDFaid

3. Scroll halaman kebagian bawah maka anda akan menemukan tombol COMPRESS PDF silahkan pilih tombol tersebut untuk mulai mengkompres, tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.

kompres pdf

4. Jika prosesnya selesai secara otomatis akan muncul tombol Download PDF untuk mengunduh hasil PDF yang telah di kompres pilih tombol tersebut.

download hasil kompres

5. Tunggu proses download sampai selesai, kemudian lihat hasilnya. Ukuran file sebelumnya 973kb setelah dikompres menggunakan cara ini menjadi 130kb.

2. Menggunakan Situs Convert Smallpdf

Selain bisa digunakan untuk mengubah file word menjadi pdf situs ini juga bisa anda gunakan untuk memperkecil ukuran pdf, ada banyak sekali fitur-fitur yang bisa anda gunakan untuk berbagai keperluan dokumen.

Berbeda dengan situs sebelumnya di situs ini kita tidak dapat mengatur kualitas gambar pada file PDF akan tetapi situs ini akan mengoptimalkan secara otomatis ke ukuran paling kecil tanpa mengurangi kualitas.

Sayangnya situs ini hanya bisa anda gunakan dua kali saja dalam satu jam, jika anda sudah menggunakannya sebanyak dua kali anda harus menunggu selama 50 menit agar bisa digunakan kembali atau jika ingin menggunakannya secara bebas anda harus membayarnya terlebih dahulu untuk menggunakan versi Smallpdf pro.

1. Buka situs smallpdf.com, maka tampilan halamannya akan tampak seperti gambar dibawah silahkan pilih tombol Pilih file kemudian cari file yang ingin dikompres.

pilih file

2. Apabila proses kompres selesai tampilannya akan tampak seperti gambar dibawah ini disana bisa anda lihat ukuran file awal sebelum dikompres dan ukuran setelah file dikompres. Pilih tombol Unduh File Sekarang untuk mengunduh hasilnya.

unduh hasil kompres

3. Tungguh sampai proses download selesai kemudian lihat hasilnya.

B. Offline

Cara lain yang bisa anda gunakan untuk memperkecil ukuran PDF adalah menggunakan software yang di instal di komputer, sebetulnya ada banyak sekali software yang bisa anda gunakan tetapi saya hanya akan membagikan dua cara yang paling mudah saja.

1. Menggunakan Free PDF Compressor

Menurut saya ini merupakan aplikasi terbaik dan mudah digunakan karena di dalam aplikasi ini kita juga bisa menyesuaikan kualitasnya ada lima pilihan yang bisa anda gunakan sesuai kebutuhan tetapi jika ingin ukuran file yang dihasilkan kecil gunakan mode Screen jika anda lebih mementingkan kualitas saja pilih Default atau Prepress.

Silahkan donwload terlebih dahulu aplikasinya di freepdfcompressor.com secara gratis kemudian lakukan instalasi. Jika sudah terpasang silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Buka softwarenya kemudian pilih Browse lalu cari file yang ingin dikompres, sesuaikan juga lokasi Output File untuk menyimpan file hasil kompres. Pada bagian Setting silahkan sesuaikan dengan kebutuhan apabila mengingkan ukuran hasil kompres kecil pilih Screen, kemudian pilih tombol Compress.

mengecilkan pdf dengan pdf compressor

2. Tunggu prosesnya hingga selesai, jika sudah selesai akan muncul notifikasi seperti gambar dibawah pilih OK.

mengecilkan pdf dengan pdf compressor

3. Lihat hasilnya di lokasi Output File yang sudah anda atur sebelumnya.

Dari ketiga cara diatas mana yang terbaik? Tergantung dengan kebutuhan anda.

Apabila anda ingin menggunakan cara online dan lebih mementingkan ukuran file gunakan cara yang pertama menggunakan situs PDFaid karena anda bisa mengatur kualitas gambar didalam file sehingga ukuran yang dihasilkan bisa lebih kecil.

Tetapi apabila anda lebih mementingkan kualitasnya gunakan cara online yang kedua yaitu menggunakan Smallpdf karena situs tersebut akan mengoptimalkan secara otomatis ke ukuran terkecil namun kualitasnya terjaga.

Dua cara online tersebut bisa juga anda gunakan di perangkat smartphone android melalui browser. Terimakasih, silahkan disesuaikan dengan kebutuhan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top