aplikasi jual beli online

Zaman sekarang belanja nggak perlu ribet ngantri seperti dulu, dimana kita harus panas-panasan buat datang ke mal atau tempat penjual dan menenteng barang yang kita beli.

Karena sekarang ini sudah banyak situs jual beli online yang jauh lebih praktis.

Bahkan harganya juga bisa jadi lebih murah lho, mereka juga secara rutin mengadakan diskon besar-besaran entah itu diskon potongan harga maupun gratis ongkir.

Namun masih ada beberapa orang yang beranggapan kalau belanja online itu harus dilakukan melalui perangkat komputer, padahal faktanya kita juga bisa berbelanja melalui smartphone lho.

Pasalnya sebagian besar toko online yang ada saat ini juga punya aplikasi jual beli online yang memang dikhususkan untuk pengguna smartphone.

Nah dengan menggunakan aplikasi tersebut kamu tidak perlu menggunakan komputer, hanya dengan menggunakan smartphone kamu bisa membeli maupun menjual barang secara online.

Dengan menggunakan aplikasi jual beli online kalau mau liat-liat doang juga nggak bakalan malu seperti halnya kita belanja langsung ke mall.

Oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa aplikasi jual beli online terbaik dan terpercaya di Indonesia maupun luar negeri.

18 Aplikasi Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya

Tentunya setiap aplikasi punya kelebihan dan kekurangan masing-masing…

Biar kamu bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan, silahkan simak dulu semua ulasannya.

1. Bukalapak

aplikasi jual beli online bukalapak

Bukalapak merupakan salah satu aplikasi jual beli online yang memiliki rating terbaik saat ini.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali ini mendapatkan rating 4,4 di Google Play Store.

Tidak heran jika sebagian besar penggunanya merasa puas dengan aplikasi besutannya ini.

Pasalnya tampilan antarmuka yang ada di aplikasi Bukalapak juga tertata dengan rapi, sehingga penjual dan pembeli bisa dengan nyaman menggunakannya.

Dengan menggunakan aplikasi Bukalapak, kamu bisa membeli maupun menjual berbagai macam jenis produk.

Mulai dari produk elektronik, fashion, peralatan rumah tangga, peralatan kantor, dan lain sebagainya.

Bukalapak juga seringkali mengadakan promo dan diskon yang menarik, entah itu diskon potongan harga maupun gratis ongkos kirim.

Kamu juga tidak perlu khawatir barang tidak dikirim oleh penjual, namun jika hal itu terjadi Bukalapak akan memberikan jaminan 100% uang kembali.

Apabila kamu mengalami masalah saat berbelanja, kamu juga bisa langsung menghubungi costumer service Bukalapak melalui aplikasi ini.

2. Tokopedia

tokopedia

Tokopedia merupakan salah satu aplikasi jual beli online terbaik yang dapat memudahkan setiap orang untuk berbelanja maupun menjual berbagai macam jenis produk.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali ini punya jutaan toko online, entah itu dari penjual individu maupun brand resmi.

Tokopedia juga seringkali mengadakan beragam promo menarik, mulai dari flash sale, gratis ongkir, diskon kupon, hingga cashback.

Soal keamanan, tentu sudah tidak diragukan lagi. Pasalnya Tokopedia sudah dibekali dengan sistem transaksi yang aman dan nyaman.

Selain itu mereka juga sudah bekerja sama dengan lembaga keuangan terpercaya seperti BRI, BCA, Mandiri, dan sebagainya.

Salah satu fitur yang cukup unik dari aplikasi Tokopedia adalah adanya fitur voice search.

Buat kamu yang malas ngetik, fitur ini akan membantu kamu untuk menemukan produk yang kamu cari melalui suara.

Jadi, kamu nggak perlu ribet ngetik, cukup ucapkan produk yang ingin dicari nantinya secara otomatis aplikasi ini akan mencari produk tersebut.

Tertarik untuk berbelanja di Tokopedia tapi tidak tau caranya? jangan khawatir, silahkan simak panduan lengkap cara berbelanja di Tokopedia.

3. Blibli.com

blibli

Toko online yang memiliki jargon “Belanja Online Shop ala Mall” ini juga menyediakan aplikasi khusus untuk memudahkan pengguna melakukan pembelian maupun penjualan.

Dengan menggunakan aplikasi Blibli.com kamu bisa membeli beragam produk, mulai dari produk sehari-hari, gadget, fashion, tiket pesawat, bayar tagihan, dan sebagainya.

Mau belanja tapi uangnya belum cukup? dengan menggunakan Blibli.com kamu tidak perlu khawatir, karena melalui aplikasi ini kamu bisa berbelanja dengan cicilan.

Buat kamu yang suka berburu promo, Blibli.com mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu.

Pasalnya, hampir setiap hari Blibli.com mengadakan promo hingga 70%.

Tidak hanya itu saja, setiap kali pengguna berhasil mendaftar sebagai member Blibli.com, maka mereka akan mendapatkan gratis 2.500 poin.

Poin tersebut ditukarkan dengan voucher belanja hingga Rp. 500.000. Menarik bukan?

4. Shopee

shopee

Nyari aplikasi jual beli online yang sering mengadakan promo gratis ongkir? Shopee merupakan aplikasi yang tepat buat kamu.

Di awal kehadirannya Shopee memang dikenal sebagai salah satu toko online yang cukup gencar mengadakan promo, terutama promo gratis ongkir.

Kamu juga dapat melihat penilaian dan ulasan toko maupun produk yang ingin dibeli untuk memastikan kalau toko online tersebut memberikan produk yang memuaskan dan terpercaya.

Salah satu fitur yang cukup menarik yang ada di aplikasi Shopee adalah adanya notifikasi promo.

Dengan adanya fitur ini, setiap kali ada promo, aplikasi Shopee akan mengirim notifikasi ke smartphone, sehingga kamu tidak akan ketinggalan promo menarik.

Tertarik untuk berbelanja di Shopee, tapi tidak tau caranya? gak perlu khawatir, karena Sipitek juga telah menjelaskan tentang cara belanja di Shopee secara lengkap.

5. ZALORA

zalora

Berbeda dengan aplikasi jual beli online pada umumnya, dimana kamu bisa membeli berbagai macam jenis produk.

Di Zalora kamu tidak akan menemukan produk lain selain produk fashion.

Meskipun hanya menyediakan produk fashion, sebagai besar produk yang ada di ZALORA merupakan produk original.

Kamu juga tidak hanya bisa menemukan produk lokal saja, namun ada banyak sekali produk dari brand internasional.

Jika kamu kurang puas dengan produk yang dibeli dari ZALORA, kamu tidak perlu khawatir, karena ZALORA melayani pertukaran produk atau pengembalian dana.

6. OLX

olx

OLX merupakan salah satu aplikasi yang menyediakan iklan baris dan jual beli online terbesar di Indonesia.

Situs yang awalnya bernama tokobagus.com ini telah beroprasi sejak tahun 2005, pada tahun 2014 berniaga.com secara resmi bergabung, dan sejak saat itulah namanya berubah menjadi OLX.

Meskipun demikian OLX masih menjadi idaman masyarakat Indonesia, apalagi bagi para penjual produk yang ingin memasang iklan baris secara gratis.

Bahkan OLX secara konsisten, menghadirkan pembeli potensial yang cukup banyak dalam waktu 24 jam sejak iklan dipasang.

Namun OLX tidak seperti kebanyakan situs jual beli online pada umumnya, dimana kamu akan melakukan transaksi secara langsung dengan penjual.

Jika kamu tertarik untuk berbelanja di OLX pastikan kamu menggunakan sistem COD atau menggunakan rekening bersama.

7. JD.id

jd.id

JD.id merupakan aplikasi jual beli online Indonesia yang menyediakan berbagai macam jenis produk, mulai dari produk elektronik, fashion, otomotif, tiket, dan sebagainya.

Situs jual beli online yang memiliki partner dari rival Alibaba ini menyediakan beberapa metode pembayaran yang fleksibel dan aman, mulai dari COD (Cash on Delivery), CSOD (Card Swipe on Delivery), transfer Bank, hingga cicilan.

Untuk mencari barang melalui aplikasi JD.id juga cukup mudah.

Pasalnya, aplikasi ini dilengkapi dengan filter pilihan produk, entah itu berdasarkan popularitas, harga, ataupun yang lainnya.

Setiap kali ada promo, aplikasi JD.id juga akan secara otomatis menampilkan notifikasi di smartphone kamu, tentunya kamu tidak perlu khawatir ketinggalan promo menarik.

8. Carousell

crousell

Nyari aplikasi jual beli online yang praktis dan tidak merepotkan? Cobalah untuk menggunakan Crousell.

Meskipun namanya tidak sepopuler seperti situs jual beli online sebelumnya, aplikasi besutan perusahaan yang bermarkas di Singapura ini juga wajib kamu pertimbangkan.

Pasalnya, melalui aplikasi ini kamu dapat menemukan berbagai macam produk dengan harga yang wajar.

Tidak hanya produk dari brand Indonesia saja, Crousell juga menyediakan barang impor yang bisa kamu beli dengan mudah.

Salah satu fitur menarik yang ada di Crousell adalah adanya fitur untuk melihat penjualan barang yang ada di lokasi sekitarmu.

Selain itu, kamu juga bisa memilih barang berdasarkan kedekatan lokasi, popularitas, dan sebagainya.

9. Sale Stock

sale stock

Sama halnya seperti ZALORA, Sale Stock juga hanya menyediakan produk fashion saja entah itu untuk wanita maupun pria.

Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, kamu juga tidak hanya bisa membeli produk fashion untuk orang dewasa saja, ada juga produk fashion untuk anak-anak.

Kamu juga tidak perlu khawatir barang yang dipesan tidak sampai, karena Sale Stock menyediakan fitur bayar ditempat.

Jadi ketika kurir datang, kamu bisa mencoba terlebih dahulu produk fashion yang dipesan, jika sudah pas dan sesuai dengan harapan, kamu bisa membayar produk tersebut kepada kurir.

Namun jika produk yang kamu pesan tidak sesuai dengan harapan, kamu juga bisa langsung mengembalikan barang tersebut ke kurir, tenang saja layanan ini gratis kok.

Jika kamu mengalami kendala saat berbelanja, costumer service¬†Sale Stock siap melayani kamu selama 7×24 jam.

10. elevenia

elevenia

elevenia merupakan aplikasi jual beli online yang menyediakan berbagai macam jenis produk.

Mulai dari produk gadget, elektronik, furniture, fashion, hingga paket data dan pulsa bisa kamu beli dengan mudah melalui aplikasi ini.

Tampilan aplikasi yang fungsional dan sederhana juga memudahkan pengguna untuk melakukan pembelian.

elevenia juga menjamin keamanan transaksi yang dilakukan melalui aplikasi ini.

Pasalnya, setiap transaksi memiliki alur yang terstruktur, sehingga kamu bisa berbelanja dengan aman dan nyaman.

Tidak hanya itu saja, elevenia juga rutin mengadakan promo menarik, mulai dari promo daily deals, new deals, gratis ongkos kirim, cicilan 0%, dan promo menarik lainnya.

11. Lazada

lazada

Lagi nyari aplikasi jual beli online yang menyediakan produk berkualitas tapi dengan harga yang miring? Lazada bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu.

Toko online naungan Alibaba Gruop ini menyediakan berbagai macam jenis produk dengan harga yang murah, mulai dari produk kecantikan, fashion, gadget, hingga produk sehari-hari.

Soal keamanan tentu tidak bisa diragukan lagi, pasalnya Lazada tidak hanya hadir di Indonesia saja lho, saat ia juga menjadi salah satu toko online terbesar di Asia Tenggara.

Kamu juga tidak perlu khawatir barang yang sudah dipesan tidak sampai ke rumah.

Pasalnya jika barang tersebut tidak sampai ke rumah dalam jangka waktu 7 hari kamu bisa melakukan refund dan uang akan dikembalikan seutuhnya.

12. MatahariMall.com

mataharimall

MatahariMall.com merupakan aplikasi jual beli online yang terbilang masih baru.

Meskipun demikian MatahariMall.com mampu bersaing dengan situs sejenisnya untuk menawarkan kenyamanan dan kemudahan dalam berbelanja online.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 1 juta kali ini memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan.

Dengan menggunakan aplikasi MatahariMall.com kamu juga bisa mendapatkan berbagai macam jenis promo menarik, mulai dari diskon, gratis ongkir, dan penawaran khusus untuk pembelian melalui aplikasi.

Gak perlu khawatir barang yang kamu beli tidak cocok, pasalnya kamu juga bisa langsung mengembalikannya secara gratis selama 100 hari setelah melakukan pembelian.

13. Berrybenka

berrybenka

Sama seperti ZALORA dan Sale Stock, Berrybenka merupakan aplikasi jual beli online yang hanya menyediakan produk fashion dari brand Indonesia saja.

Berbagai macam jenis produk fashion seperti tas, sepatu, pakaian, dan aksesoris lainnya bisa kamu temukan melalui aplikasi ini dengan harga yang cukup terjangkau.

Kamu juga akan mendapatkan benefit pengembalian barang secara gratis selama 14 hari setelah barang diterima.

14. BLANJA

blanja

BLANJA merupakan situs jual beli online hasil dari joint-venture antara eBay dan Telkom Indonesia.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 1 juta kali ini punya ribuan toko yang menawarkan berbagai macam jenis produk.

Soal keamanan, tentu tidak bisa diragukan lagi, pasalnya BLANJA memberikan jaminan 100% uang kembali apabila ada kesalahan atau ketidaksesuaian saat memesan barang.

Berbagai macam jenis promo dan diskon menarik juga bisa kamu dapatkan secara khusus jika berbelanja menggunakan aplikasi.

15. KASKUS Jual Beli

kaskus jual beli

Kalau kamu sering nongkrong di salah satu forum online terbesar di Indonesia, KASKUS, pasti sudah tak asing lagi dengan aplikasi jual beli online yang satu ini.

Bermula dari sebuah forum, KASKUS melebarkan sayapnya dengan menyediakan tempat bagi para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi secara aman dan nyaman.

Melalui aplikasi KASKUS Jual Beli kamu tidak hanya bisa membeli barang baru saja, namun kamu juga bisa membeli barang bekas yang harganya jauh lebih murah.

16. AliExpress

AliExpress

AliExpress merupakan situs jual beli online yang berkantor pusat di China.

Situs yang diluncurkan oleh Alibaba ini menawarkan berbagai macam jenis produk kepada pembeli dari seluruh dunia termasuk Indonesia.

Kalau kamu berencana ingin membeli produk dari brand luar negeri, AliExpress merupakan aplikasi yang wajib kamu coba.

Pasalnya, aplikasi jual beli online yang telah diunduh oleh lebih dari 100 juta kali ini sering mengadakan promo dan diskon menarik.

Bahkan lebih dari 75% produk yang ada di AliExpress menyediakan promo gratis ongkir lho.

17. eBay

ebay

eBay merupakan toko online yang memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia melakukan penjualan atau pembelian berbagai macam jenis barang secara online.

Kalau kamu ingin membeli produk dari luar negeri atau menjual barang ke pasar internasional, eBay bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu.

Aplikasi jual beli online yang telah diunduh oleh lebih dari 100 juta kali ini menawarkan berbagai macam jenis produk yang cukup lengkap, entah itu produk elektronik, fashion, dan sebagainya.

18. Amazon Shopping

amazon shopping

Ingin membeli barang dari brand internasional? Amazon Shooping merupakan aplikasi yang wajib kamu pertimbangkan.

Situs jual beli online yang berkantor pusat di Amerika Serikat ini merupakan salah satu situs jual beli online terbesar di dunia.

Dengan menggunakan aplikasi jual beli online Amazon Shopping, kamu bisa berbelanja jutaan produk dari mana saja dan kapan saja.

Mau nyari barang tapi malas ngetik? tidak perlu khawatir, karena Amazon Shopping punya fitur voice search yang bisa kamu gunakan untuk mencari barang menggunakan suara.

Baca juga: Aplikasi Cek Ongkir untuk Semua Ekspedisi

Akhir Kata

Itulah deretan aplikasi jual beli online terbaik dan terpercaya yang berhasil Sipitek rangkum.

Setiap aplikasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, ada yang hanya menjual produk fashion, ada juga yang menyediakan beragam produk.

Semoga ulasan diatas bisa membantu kamu untuk menemukan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Jadi, aplikasi yang mana nih yang akan kamu pakai? Atau… kamu sudah punya aplikasi favorit yang tidak ada dalam daftar di atas?

Hobi membaca dan menulis berbagai hal seputar teknologi terutama games, aplikasi, dan smartphone. Mulai aktif menulis pada tahun 2015, pada tahun 2016 ia mencoba merintis karir didunia tulis-menulis dengan serius dan mendirikan Sipitek.com.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here