aplikasi download manager android

Jengkel dengan proses download yang lama? Mulai sekarang Anda tak perlu khawatir karena saat ini ada banyak aplikasi download manager untuk Android yang dapat memudahkan Anda mengelola maupun mempercepat proses download.

Sebetulnya sebagian besar smartphone Android saat ini sudah dibekali dengan aplikasi downloader bawaan, akan tetapi karena keterbatasan fitur banyak orang yang lebih memilih aplikasi download manager pihak ketiga.

Beberapa aplikasi yang akan Sipitek ulas di sini, selain memiliki kecepatan download yang super cepat, Anda juga bisa mengelola unduhan dengan mudah, termasuk menjeda dan melanjutkan proses unduhan.

Akan tetapi setiap aplikasi tentunya menyuguhkan fitur yang berbeda-beda, nah oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa aplikasi download manager terbaik dan super cepat yang bisa Anda gunakan secara gratis di smartphone Android.

Supaya Anda bisa memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, yuk simak dulu semua ulasannya.

15 Aplikasi Download Manager Android

1. Advanced Download Manager

Advanced Download Manager

Dari banyaknya aplikasi downloader yang tersedia di Google Play Store, Advanced Download manager merupakan yang paling populer. Pasalnya, aplikasi besutan DimonVideo ini tercatat telah diunduh lebih dari 50 juta kali di Google Play Store.

Tak heran jika aplikasi ini sangat disukai oleh para pengguna Android, pasalnya Advanced Download Manager hadir dengan fitur-fitur yang cukup menarik, salah satunya adalah kemampuannya yang dapat mempercepat proses unduhan.

Aplikasi ini menggunakan metode unduhan multi-threading hingga 9 bagian, mirip seperti IDM yang biasa digunakan pada perangkat komputer. Menariknya lagi, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengunduh hingga tiga file sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

2. Download Manager for Android

Download Manager for Android

Lagi nyari aplikasi download manager Android yang super cepat? Download Manager for Android merupakan aplikasi yang wajib Anda pertimbangkan. Pasalnya, aplikasi besutan Renkmobil Bilisim ini diklaim dapat mempercepat proses unduhan hingga tiga kali lipat.

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung beragam jenis file termasuk APK, RAR, ZIP, MP3, DOC, XLS, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, Download manager for Android juga dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan Anda melanjutkan unduhan yang gagal ditengah jalan, bahkan Anda juga bisa menjeda dan melanjutkan proses unduhan.

3. Leader Droid Download Manager

Leader Droid Download Manager

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Leader Droid Download manager juga mendukung beragam jenis file, mulai dari file video, gambar, musik, aplikasi dan lain sebagainya. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda tak perlu khawatir proses unduhan gagal karena koneksi terputus secara tiba-tiba.

Pasalnya, aplikasi besutan Dmitry Voronkevich ini dibekali dengan fitur jeda otomatis yang bekerja ketika smartphone Anda kehilangan koneksi, sehingga proses unduhan bisa dilanjutkan kembali ketika koneksi sudah lancar.

Menariknya lagi, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini juga menggunakan metode unduhan multi-threading dimana file yang diunduh akan dibagi menjadi beberapa bagian, sehingga proses download juga lebih stabil dan cepat.

4. IDM Download Manager

IDM Download Manager

Kalau dilihat dari namanya, mungkin Anda akan menganggap kalau aplikasi yang satu ini merupakan IDM versi Android, akan tetapi nyatanya IDM Download Manager bukanlah aplikasi yang dikembangkan oleh developer yang sama dengan aplikasi Internet Download manager yang ada di PC.

Meskipun demikian aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini menyediakan fitur-fitur yang mirip seperti aplikasi IDM yang ada di PC, salah satunya adalah metode unduhan multi-threading yang bisa Anda tentukan hingga 8 bagian.

Menariknya lagi, aplikasi yang dikembangkan oleh Mobile Download Manager ini juga dapat diintegrasikan dengan browser Android, termasuk Google Chrome, Firefox dan lain sebagainya, sehingga Anda tak perlu ribet copy-paste link download.

5. GetThemAll Any File Downloader

GetThemAll Any File Downloader

Ingin mendownload banyak file di internet tapi gak mau ribet copy-paste tautan download file? GetThemAll Any File Downloader bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi besutan SmoothMobile LLC ini dapat diintegrasikan dengan browser.

Ketika Anda membuka situs web tertentu, maka aplikasi ini akan menampilkan dialog apakah Anda ingin mendownload file yang ada di situs tersebut atau tidak. Menariknya lagi, file yang berhasil diunduh juga bisa ditransfer ke Google Drive atau bisa juga ke PC melalui koneksi Wi-Fi.

6. Turbo Download manager

Turbo Download manager

Sesuai dengan namanya, Turbo Download manager merupakan aplikasi yang bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda lebih mengutamakan kecepatan. Pasalnya, aplikasi besutan Point Blank ini dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh file menggunakan koneksi gabungan dari koneksi data seluler maupun Wi-Fi.

Selain itu, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini juga dilengkapi metode unduhan multi-thread hingga 10 bagian. Menariknya lagi, jika proses unduh file mengalami kegagalan, Anda juga bisa melanjutkannya tanpa harus mengulangnya dari awal, bahkan Anda juga bisa menjeda dan menambahkan antrean unduhan lho.

7. Fast Download Manager

Fast Download Manager

Fast Download Manager merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mempercepat dan memudahkan Anda dalam mengelola unduhan. Yang menarik dari aplikasi ini, pengguna tidak dibatasi dengan jumlah file yang diunduh secara bersamaan, sehingga Anda bisa mengunduh banyak file sekaligus dalam waktu yang sama.

Selain itu, aplikasi besutan DroidBet ini juga memungkinkan pengguna untuk melanjutkan file yang gagal saat proses unduhan berjalan. Fast Download Manager mendukung beragam jenis file, termasuk file gambar, video, musik, aplikasi, dokumen, dan lain sebagainya.

8. Download Manager (Vicky Bonick)

Download Manager (Vicky Bonick)

Aplikasi download manager Android yang dikembangkan oleh Vicky Bonick ini diklaim dapat mempercepat proses download hingga 500%. Pasalnya, aplikasi ini menggunakan metode unduhan multi-threading hingga 16 bagian.

Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga bisa menghentikan sementara dan melanjutkan proses unduhan kapan saja. Menariknya lagi, aplikasi ini juga bisa diatur supaya otomatis mengunduh file tertentu ketika terhubung ke koneksi Wi-Fi.

9. Download Manager (Magdalm)

Download Manager (Magdalm)

Lagi nyari aplikasi download manager Android yang ringan dan mudah digunakan? Aplikasi besutan Magdalm ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi ini memang sangat ringan, bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 3 MB lho.

Meskipun demikian, Download Manager juga hadir dengan fitur yang cukup lengkap, selain dapat digunakan untuk mempercepat unduhan, aplikasi ini juga dibekali dengan fitur unzip, kompres file, dan lain sebagainya.

10. IDM – Download Manager Plus

IDM – Download Manager Plus

Sama seperti aplikasi yang lainnya, IDM – Download Manager Plus juga menggunakan metode unduhan multi-threading hingga 8 bagian sekaligus untuk mempercepat proses unduhan.

Selain itu, aplikasi besutan Logic Looper ini juga sangat mudah digunakan, dimana jika ada file media di halaman web yang Anda buka maka aplikasi ini akan secara otomatis menampilkan tautan unduh.

11. Downloader & Private Browser

Downloader & Private Browser

Sesuai dengan namanya, selain bisa digunakan untuk mempercepat dan mengelola unduhan dengan mudah, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuka situs-situs yang diblokir.

Pasalnya, selain hadir dengan fitur download manager, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100 juta kali ini dibekali dengan browser yang telah dilengkapi dengan VPN unlimited, sehingga Anda bisa memanfaatkan browser yang disematkan di dalam aplikasi ini untuk membuka situs yang diblokir.

Menariknya lagi, dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga bisa menyimpan file video, foto, musik dan file lainnya ke dalam folder pribadi yang dilindungi kata sandi.

12. PowerDownloads

PowerDownloads

Sama seperti aplikasi sebelumnya, untuk memudahkan pengguna dalam mengunduh file yang ada di internet, PowerDownloads juga dilengkapi dengan browser. Dengan menggunakan browser tersebut, Anda tak perlu ribet copy-paste tautan unduh file, karena nantinya aplikasi ini akan mendeteksi sendiri file media yang Anda buka.

Untuk mempercepat proses unduhan, aplikasi besutan zer0lab ini juga menggunakan metode multi-threading hingga 8 bagian. Menariknya lagi, Anda juga bisa menjeda dan melanjutkan file unduhan kapan saja tanpa khawatir proses unduh gagal.

13. Watercat Download Manager

Watercat Download Manager

Sama seperti aplikasi download manager Android pada umumnya, Watercat Download Manager juga menggunakan teknik multi-thread hingga 16 bagian sekaligus untuk mempercepat proses unduhan, dimana nantinya aplikasi ini akan memecah file menjadi beberapa bagian dan menggabungkannya lagi ketika unduhan selesai.

Selain itu aplikasi ini juga dapat mendeteksi secara otomatis ketika Anda membuka file media menggunakan browser, nantinya Watercat Download Manager secara otomatis menampilkan opsi untuk mendownload.

Menariknya lagi, aplikasi besutan anak bangsa yang bermarkas di Payakumbuh ini juga dapat digunakan untuk mengunduh satu file secara terpecah-pecah, misalnya jika Anda ingin mengunduh file 3GB tapi ruang penyimpanan smartphone Anda hanya tersisa 2GB, maka Anda dapat mengunduh 2GB terlebih dahulu.

14. Checketry

Checketry

Kalau dilihat dari jumlah penggunanya, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 ribu kali ini memang tak sebanyak aplikasi sebelumnya. Akan tetapi, jika Anda mencari aplikasi yang menyuguhkan banyak fitur, Checketry merupakan aplikasi yang wajib Anda pertimbangkan.

Pasalnya, selain dapat mempercepat dan memudahkan Anda dalam mengelola unduhan, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengunduh file torrent. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur untuk menjeda, membatalkan, maupun menjadwalkan unduhan.

15. All Downloader

All Downloader

Berbeda dengan aplikasi download manager pada umumnya, All Download dirancang untuk pengguna yang suka mengunduh video. Pasalnya, aplikasi ini memang bisa digunakan untuk mengunduh video dari situs-situs populer, termasuk YouTube, Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya.

Selain itu, aplikasi yang dikembangkan oleh InShot Inc ini juga dibekali dengan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menjeda maupun melanjutkan unduhan yang gagal.

Itulah aplikasi download manager terbaik dan super cepat yang bisa Anda gunakan secara gratis di smartphone Android. Aplikasi ini wajib dimiliki oleh para pengguna Android yang suka mengunduh file di internet. Jadi, aplikasi mana yang akan Anda gunakan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here