Tips & Trik

4 Cara Download Video di Youtube Lewat HP dan Laptop Tanpa Aplikasi

cara download video di youtube

Tak bisa di pungkiri bahwa tempat berbagi video Youtube memang banyak berisi konten video yang sangat menarik tetapi untuk menontonnya anda perlu mengeluarkan kuota yang lebih banyak daripada hanya membaca artikel saja.

Karena alasan itu banyak orang yang mencari cara agar bisa ditonton kapan saja dan dimana saja tanpa akses internet. Salah satu cara yang paling sering dilakukan adalah dengan cara di download kemudian disimpan di dalam tempat penyimpanan perangkat yang digunakan.

Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan cara mendownload video di youtube yang bisa anda praktikkan langsung menggunakan komputer atau laptop dan smartphone android.

Bagaimana Cara Download Video di Youtube ?

Sebetulnya ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan tetapi saya akan membagikan beberapa cara saja yang paling mudah meskipun demikian hasilnya tetap sama dengan cara yang susah.

Jadi untuk apa menggunakan cara yang susah sedangkan cara yang mudah hasilnya sama saja.

A. Cara Download Video di Youtube Lewat Laptop

Bagi anda yang menggunakan PC saya akan memberikan dua cara. Cara pertama menggunakan situs downloader online jadi anda tidak perlu mengunduh software tambahan. Yang kedua menggunakan Extention atau Add-ons pada browser.

1. Menggunakan Situs Downloader Online

Ada banyak sekali situs downloader untuk mengunduh video youtube tetapi kali ini saya hanya akan menggunakan satu situs yang paling mudah saja jadi cukup beberapa langkah video pun siap untuk di unduh.

Silahkan cari video di youtube yang ingin anda unduh kemudian copy URL nya dengan cara klik kanan di kolom URL kemduain Copy atau Salin.

salin URL Video

Setelah di Copy buka situs downloadernya id.savefrom.net Paste atau Tempel URL tadi di kolom Just insert a link jika sudah pilih tombol panah yang berwarna hijau disamping kanan URL.Pilih format video yang ingin di unduh format video yang paling bagus biasanya berada di urutan paling atas tetapi tentu saja ukurannya lebih besar.

Jangan memilih format yang ada ikon speaker silang berwarna merah karena jika anda unduh video tersebut tidak akan ada suaranya.

Selanjutnya pilih format maka secara otomatis video akan terunduh namun apabila tidak mengunduh secara otomatis silahkan pilih tombol Unduh berwarna hijau.

pilih kualitas video

Silahkan tunggu proses downloadnya hingga selesai dan lihat hasilnya.

Sebetulnya anda juga bisa menggunakan cara yang lebih cepat yaitu dengan menambahkan “ss” di URL video yang ingin diunduh tanpa melakukan langkah pertama seperti diatas.

Setelah ketemu video nya misalnya URL video nya seperti ini https://www.youtube.com/watch?v=hHTJ9MLXETc&t=13s.

Maka tinggal tambahkan ss diawal kata youtube.com menjadi seperti ini https://www.ssyoutube.com/watch?v=hHTJ9MLXETc&t=13s langsung enter maka secara otomatis anda akan dialihkan langsung ke langkah kedua seperti di atas.

2. Menggunakan Extention atau Add-ons

Cara yang kedua ini kita akan menggunakan Add-ons atau Extention tambahan tapi ukurannya sangat kecil jadi kamu tidak perlu khawatir untuk mengunduhnya. Silahkan download terlebih dahulu Extention Easy Youtube Video Downloader Express untuk Browser Firefox atau Opera.

Cara instalnya pilih Add to Firefox lalu pilih Instal, untuk browser Opera silahkan menyesuaikan karena tidak jauh beda.

instal add ons

Jika proses instalasi sudah selesai buka video yang ingin di download maka akan muncul tombol Unduh tepat dibagian bawah tombol Subscribe silahkan pilih tombol tersebut kemudian pilih formatnya maka secara otomatis video akan terunduh.

download video

Salah satu keuntungan yang didapatkan jika menggunakan Add-ons kita bisa melihat ukuran video yang akan di unduh jadi anda bisa menyesuaikan dengan kuota yang ada tidak khawatir kuota amblas.

3. Menggunakan Internet Download Manager (IDM)

IDM merupakan salah satu software download yang paling banyak digunakan oleh para downloader, karena banyak keuntungan jika anda menggunakan software ini salah satunya adalah kecepatan download diatas rata-rata tetapi hal ini juga tergantung pada koneksi internet yang anda gunakan.

Pastikan anda sudah memiliki software ini jika belum silahkan simak dulu panduan instalasi IDM.

Jika sudah terpasang cari video yang ingin di unduh, maka tombol Download this video secara otomatis akan muncul dibagian pojok kanan atas video pilih tombol tersebut kemudian pilih format video.

download dengan IDM

Maka IDM akan terbuka secara otomatis silahkan pilih Start Download. Kemudian tunggu prosesnya hingga selesai dan lihat hasilnya.

B. Cara Download Video di Youtube Lewat HP Android

Sama halnya menggunakan PC lewat smarphone android anda juga bisa mengunduh video sesuka hati, ada banyak cara yang bisa anda gunakan namun lagi-lagi saya hanya akan memberikan anda cara yang paling mudah. Kita mulai dari yang paling mudah.

1. Menggunakan Situs Downloader Online

Caranya hampir sama dengan cara pertama menggunakan PC disni kita akan menggunakan situs Downloader id.savefrom.net silahkan buka video youtube yang ingin anda unduh menggunakan browser apa saja misalnya UC Browser, Opera, atau Google Chrome.

Setelah videonya ketemu ubah URL nya dengan cara menambahkan “ss” sebelum youtube.com, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar diabawah.

download video

Maka anda akan dialihkan ke situs downloader id.savefrom.net, silahkan tentukan format videonya maka secara otomatis video akan terunduh dengan sendirinya.

Itulah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mendownload video yang anda sukai di youtube, sebetulnya masih banyak cara yang bisa anda gunakan namun beberapa cara di atas adalah cara yang paling mudah dan cepat.

Kesimpulan

Bagi anda yang menggunakan PC saya sarankan untuk menggunakan cara yang paling pertama karena anda tidak perlu lagi mengunduh software tambahan atau pihak ketiga, tetapi jika kuota anda terbatas anda bisa menggunakan Add-ons karena ukuran video akan muncul sebelum kita mengunduhnya.

Untuk anda yang menggunakan HP android saya hanya membagikan satu cara yang paling simpel saja, sebetulnya cara tersebut sama dengan cara pertama menggunakan PC karena menggunakan situs downloader video.

Apabila anda punya cara lain yang lebih mudah silahkan tulis dikolom komentar, nanti akan saya masukkan ke dalam daftar diatas.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top