Karena cara pembelajaran yang monoton dan membosankan, biasanya matematika menjadi salah satu pelajaran yang paling ditakuti oleh para siswa. Akan tetapi saat ini Anda dapat mempelajarinya dengan mudah dan menyenangkan melalui game matematika terbaik yang akan Sipitek ulas kali ini.

Ada banyak game matematika yang bisa Anda mainkan di smartphone Android, ada yang dirancang untuk anak SD, SMP, hingga SMA. Jika si anak malas belajar, melalui game ini mereka bisa mempelajarinya dengan giat karena selain belajar mereka juga akan diajak bermain.

Akan tetapi setiap game tentunya menawarkan soal matematika dan konsep pembelajaran yang berbeda-beda. Oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa game matematika terbaik yang bisa Anda mainkan secara offline maupun online di smartphone Android.

Supaya Anda bisa memilih game yang tepat dan sesuai dengan materi yang ingin dipelajari, yuk simak dulu semua ulasannya biar gak salah pilih.

20 Game Matematika Terbaik di Android

1. Math Games (Ocosys)

Math games (Ocosys)

Math Games merupakan salah satu game matematika yang cukup populer di Google Play Store. Game besutan Ocosys ini membahas seputar materi dasar matematika sehingga sangat cocok untuk anak SD dan SMP.

Di dalam game ini pemain akan ditantang untuk menjawab soal matematika seputar penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, akar kuadrat, dan eksponen. Cara menjawabnya juga cukup mudah, Anda hanya tinggal memilih blok yang berisi jawaban yang benar sesuai dengan soal yang ditampilkan.

Menariknya lagi, game yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini juga sangat ringan, bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 4 MB lho, sehingga Anda tak perlu khawatir kinerja smartphone terganggu.

2. Multipliction Table Kids Math

Multipliction Table Kids Math

Ingin belajar perkalian dengan cara yang seru dan menyenangkan? Multipliction Table Kids Math merupakan game yang tepat untuk Anda. Pasalnya, game besutan Camerapps ini memang hanya membahas seputar perkalian saja, mulai dari perkalian 1 sampai dengan 12.

Selain itu, game yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini juga menyediakan empat mode permainan, mulai dari mode petualangan, belajar, tantangan, dan duel.

Yang paling menarik adalah mode duel, melalui mode ini Anda dapat beradu kemampuan perkalian dengan teman di smartphone yang sama untuk berlomba-lomba menjawab soal perkalian dengan cepat.

3. Math Games (GunjanApps Studios)

Math Games (GunjanApps Studios)

Berbeda dengan game sebelumnya yang hanya membahas seputar perkalian saja, nah di dalam game yang satu ini Anda tidak hanya bisa mempelajari materi seputar perkalian saja, akan tetapi materi seputar pengurangan, pembagian, dan penjumlahan juga bisa dipelajari dalam satu game.

Tidak hanya itu saja, game besutan GunjanApps Studio ini juga cocok dimainkan oleh segala usia, termasuk anak SD, SMP, maupun SMA. Menariknya lagi, Math Games juga menyediakan Mode Duel, dimana Anda dapat beradu kemampuan dengan teman untuk berlomba-lomba menyelesaikan beragam soal matematika di smartphone yang sama.

4. 1st 2nd Grade Math Games for Kids

1st 2nd Grade Math Games for Kids

Math Pieces merupakan game matematika yang dirancang untuk anak SD kelas 1 dan kelas 2 SD. Pasalnya, game besutan bonbongame.com ini memang hanya membahas seputar materi dasar matematika, seperti penambahan, pengurangan, perkalian sederhana, pembagian, pecahan, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, game yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini juga hadir dengan beragam animasi hewan lucu yang dapat menemani anak ketika belajar, mulai dari animasi kelinci, beruang, kucing, dan lain sebagainya.

5. Kids Number and Math Free

Kids Number and Math Free

Kalau pembelajaran matematika yang ada di dalam game sebelum dikemas dengan animasi kartun hewan, nah kalau game yang satu ini hadir dengan animasi buah-buahan dan tumbuhan.

Tak hanya menyuguh soal matematika dalam bentuk angka saja, di dalam game ini pertanyaan yang disuguhkankan juga turut disertai dengan buah-buahan yang sesuai dengan soal tersebut, sehingga anak bisa memahaminya dengan lebih mudah.

Ada banyak materi pembelajaran matematika yang disuguhkan di dalam game ini, mulai dari penjumlahan, pengurangan, dan lain sebagainya.

6. Math Duel

Math Duel

Bosan main sendirian? Math Duel merupakan game yang wajib Anda coba. Pasalnya, di dalam game besutan PeakselGames ini pemain bisa bertanding dengan teman di satu smartphone yang sama untuk berlomba-lomba menjawab soal matematika dengan cepat.

Semakin cepat Anda menjawabnya maka akan semakin tinggi pula skor yang didapatkan. Soal-soal yang disuguhkan di dalam game ini juga membahas seputar materi dasar, seperti penjumlahan, pengurangan, dan lain sebagainya.

7. Kids Math

Kids Math

Kids Math merupakan game yang menyuguhkan soal-soal matematika dasar hingga tingkat lanjut. Dengan memainkan game ini, Anda dapat mempelajari soal-soal seputar penambahan, pengurangan, perkalian, eksponen, dan lain sebagainya.

Game ini juga cocok untuk segala usia, mulai dari anak SD, SMP, SMA hingga guru pengajar matematika untuk mengasah kemampuannya. Menariknya lagi, game besutan Orkun2u Studios ini juga menyediakan mode duel, dimana Anda bisa beradu kemampuan menjawab beragam soal dengan teman di smartphone yang sama.

8. Puzzles Math Game

Puzzles Math Game

Puzzles Math Games merupakan game yang hadir dengan banyak fitur, selain menyuguhkan soal-soal matematika, game besutan Andrei & Aleksandr Krupiankou ini juga menyediakan beragam permainan yang dapat mengasah otak.

Ada banyak game yang bisa Anda mainkan di dalam game ini, mulai dari game yang membahas seputar pembagian, pengurangan, perkalian, penjumlahan, pelatih IQ, teka-teki pendidikan, 2048 dan lain sebagainya.

9. Math Master

Math Master

Math Master merupakan game yang dirancang untuk segala usia, pasalnya ada banyak mode dan tingkat permainan yang disuguhkan di dalam game ini mulai dari tingkat dasar hingga ke tingkat yang lebih sulit, meskipun demikian Anda juga dapat memilih tingkat yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Ada banyak soal-soal yang bisa Anda temui di dalam game ini, mulai dari soal pengurangan, perkalian, pembagian, penjumlahan, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, selain bisa mengasah kemampuan berhitung, game ini juga diklaim dapat melatih kesabaran, meningkatkan IQ, dan meningkatkan kemampuan analisa.

10. Math Games – Mathematics

Math Games - Mathematics

Diklaim sebagai game matematika yang menyuguhkan pembelajaran paling efektif, Math Games tidak hanya mampu mengasah kemampuan untuk menyelesaikan soal-soal matematika saja…

…akan tetapi dengan memainkan game ini Anda dapat mengasah konstentrasi, logika, kecepatan, memori, dan lain sebagainya. Ada banyak soal matematika yang disematkan di dalam game ini, mulai dari soal pengurangan, penjumlahan, perkalian, akar kuadrat, persentase dan lain sebagainya.

11. Cool Math Games

Cool Math Games

Berbeda dengan game sebelumnya, selain menyuguhkan soal matematika dalam format tulisan beberapa soal yang disuguhkan di dalam game ini juga dikemas ke dalam format suara, untuk menjawabnya Anda perlu mengucapkan jawaban tersebut.

Meskipun demikian, ada banyak metode penyelesaian soal matematika yang bisa Anda temukan di dalam game ini termasuk metode yang jarang diajarkan di sekolahan. Melalui game ini Anda akan ditantang untuk menyelesaikan soal matematika mulai dari tingkat dasar hingga tingkat lanjut.

Mulai dari soal penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, persentase, akar kuadrat, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, selain bisa dimainkan secara offline, Cool Math Games juga menyediakan mode multiplayer online, dimana Anda bisa beradu kemampuan dengan pemain lain secara real-time.

12. Math Kids

Math Kids

Sesuai dengan namanya, Math Kids merupakan game matematika yang dirancang untuk anak-anak, termasuk anak SD, SMP, dan SMA. Melalui game ini anak dapat belajar sambil bermain dengan cara yang menyenangkan.

Pasalnya, Math Kids menyuguhkan soal-soal matematika yang cukup interaktif yang dikemas dengan beragam animasi kartun yang sangat lucu. Ada banyak soal matematika yang bisa Anda mainkan di dalam game ini, mulai dari soal teka-teki, menghitung objek, dan lain sebagainya.

13. Learning Numbers For Kids

Learning Numbers For Kids

Anak malas belajar matematika? Yuk ajak ia memainkan game Learning Numbers For Kids. Pasalnya, game besutan BBBBB Software ini hadir dengan beragam animasi dan kartun lucu yang cukup disukai oleh anak-anak.

Melalui game ini anak dapat belajar materi dasar matematika, mulai dari berkenalan dengan angka, belajar menghitung, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, soal-soal yang disuguhkan di dalam game ini juga dapat mengasah logika, memori, dan keterampilan berpikir anak.

14. Preschool Learning Games for Kids

Preschool Learning Games for Kids

Sesuai dengan namanya, Preschool Learning Game for Kids merupakan game yang dirancang untuk mempersiapkan dan mengasah kemampuan matematika anak yang akan masuk ke jenjang sekolah SD.

Pasalnya, game besutan Didactoons ini memang menyuguhkan soal-soal dasar matematika, seperti soal yang dapat mengenalkan anak dengan angka, belajar mengenali bentuk geometri, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, Preschool Learning Games for Kids juga dikemas dengan animasi kartun yang cukup menarik yang dapat membuat anak betah berlama-lama memainkannya.

15. Mental Arithmetic

Mental Arithmetic

Ingin memainkan game matematika yang ringan dan bisa berjalan dengan baik di smartphoen low-end? Mental Arithmetic merupakan game yang tepat untuk Anda.

Pasalnya, game yang diusung oleh Hiza Games ini sangatlah ringan, bahkan ukurannya hanya sekitar 3,7 MB saja. Meskipun demikian, ada banyak soal-soal matematika yang bisa Anda temukan di dalam game ini, mulai dari penjumlahan, pengurangan, pembagian, hingga soal yang dapat mengasah otak.

Menariknya lagi, game yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini juga memungkinkan pemain untuk memilih sendiri tingkat kesulitan soal yang akan dipelajari, sehingga Anda bisa memilih soal-soal yang sesuai dengan kemampuan Anda.

16. Multiplication Table

Multiplication Table

Berbeda dengan game sebelumnya, Multiplication Table hanya menyuguhkan soal-soal seputar perkalian saja, jika Anda ingin mengasah kemampuan menghitung perkalian game besutan Alexey Korobov ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Selain itu, game yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini juga menyediakan mode persaingan, dimana Anda bisa bermain bersama teman untuk berlomba-lomba menjadi yang tercepat dalam menyelesaikan soal perkalian.

Tak perlu khawatir kesulitan, karena Anda dapat memilih tingkat kesulitan permainan sesuai dengan kemampuan Anda, mulai dari tingkat easy, medium, hingga hard.

17. Riddles and Puzzles Math Games

Riddles and Puzzles Math Games

Sesuai dengan namanya, Riddles and Puzzles Math Games tidak hanya menyediakan soal-soal seputar matematika saja, akan tetapi game yang dikembangkan oleh Black Games ini juga dilengkapi dengan soal teka-teki yang dapat mengasah IQ dan logika.

Total ada lebih dari 40 level soal yang bisa Anda mainkan di dalam game ini, semakin tinggi level permainan tentunya soal-soal yang disuguhkan akan semakin sulit. Riddles and Puzzle Math Games juga cocok untuk anak SD, SMP, maupun SMA.

18. Free Multiplication Tables Games

Free Multiplication Tables Games

Free Multiplication Tables Games merupakan game matematika yang membahas seputar perkalian mulai dari 0 hingga 13. Jika Anda ingin fokus belajar perkalian, game yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pasalnya, game yang dikembangkan oleh Cool Future ini memang hanya menyuguhkan soal-soal yang berhubungan dengan perkalian saja. Soal yang disuguhkan juga cukup bervariasi, mulai dari soal campuran dari perkalian 0 sampai 13 hingga soal yang menuntut pemain untuk bisa menjawabnya dalam waktu 60 detik.

19. Monster Numbers

Monster Numbers

Sesuai dengan namanya, selain bisa mempelajari beragam soal matematika, dengan memainkan game Monster Numbers, anak juga bisa bermain dan berpetualang mengendalikan karakter monster yang lucu dan menggemaskan untuk melewati berbagai rintangan.

Game yang dikembangkan oleh Didactoons ini juga menyuguhkan soal matematika mulai dari tingkat dasar hingga tingkat yang sulit. Monster Numbers cocok dimainkan oleh anak-anak SD, SMP, maupun SMA.

20. Math Pieces

Math Pieces

Game matematika terbaik yang terakhir pilihan Sipitek adalah Math Pieces, kalau Anda suka memainkan game teka-teki pasti Anda juga akan menyukai game yang satu ini. Pasalnya, soal-soal matematika yang ada di dalam game ini disuguhkan seperti permainan teka-teki.

Dimana nantinya pemain akan ditantang untuk memindahkan angka dan operator matematika yang ada di luar petak hingga membentuk penjumlahan yang benar.

Itulah deretan game matematika terbaik di Android yang cocok untuk anak SD, SMP, maupun SMA. Dengan mengunduh salah satu game yang ada di atas, Anda bisa belajar matematika di mana saja dan kapan saja dengan cara yang seru dan menyenangkan. Mana game yang akan Anda mainkan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here