cara mengunci folder di windows

Bagi sebagian orang komputer digunakan untuk menyimpan berbagai macam data yang cukup penting dan bersifat rahasia entah itu mengenai data keuangan, catatan pribadi, ataupun file-file rahasia lainnya yang mungkin Anda juga pernah menyimpannya.

Tentu saja file-file yang disimpan pada folder tersebut harus kita rahasiakan agar ketika perangkat komputer yang berisi data pribadi tidak bisa dibuka oleh orang lain, secara default Windows memang tidak menyediakan fitur proteksi folder tetapi kita bisa membuatnya dengan bantuan kode khusus yang dijalankan dengan CMD.

Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan tutorial mengenai cara mengunci folder di Windows cara ini juga bisa Anda gunakan pada perangkat komputer, laptop, ataupun notebook asalkan perangkat yang Anda pakai menggunakan sistem operasi Windows.

Bagaimana Cara Mengunci Folder di Windows dengan password ?

Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan akan tetapi kali ini saya akan membagikan dua cara saja yang paling mudah namun juga bisa menjaga folder yang berisi file rahasia di komputer yang Anda gunakan yaitu tanpa software dan menggunakan software.

1. Tanpa Software

Cara pertama ini kita tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan karena kita akan membuat kode khusus yang dijalankan menggunakan CMD aplikasi bawaan Windows, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Agar lebih mudah silahkan buat terlebih dahulu folder baru, misalnya disini saya membuat folder baru bernama Pantang Mulang.

folder yang akan dikucni

2. Selanjutnya buka aplikasi teks editor untuk memasukkan kode script untuk mengunci folder, caranya tekan tombol Win + R pada keyboard kemudian tulis notepad lalu Enter.

run notepad

3. Maka secara otomatis aplikasi notepad akan muncul, silahkan copy paste kode script dibawah ini ke dalam notepad. Kemudian ubah PASSWORD_KAMU dengan kode password yang ingin digunakan.
cls

@ECHO OFF
title Folder Private
if EXIST "HTG Locker" goto UNLOCK
if NOT EXIST Private goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Private "HTG Locker"
attrib +h +s "HTG Locker"
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to unlock folder
set/p "pass=>"
if NOT %pass%== PASSWORD_KAMU goto FAIL
attrib -h -s "HTG Locker"
ren "HTG Locker" Private
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Private
echo Private created successfully
goto End
:End

Sebagai contoh disini saya mengubah passwordnya menjadi rezot1945, untuk password Anda juga bisa menggunakan tambahan huruf, karakter atau angka tertentu.

masukkan password

4. Jika PASSWORD_KAMU sudah diubah silahkan pilih menu File kemudian pilih Save As.

simpan

5. Cari folder yang telah Anda buat pada langkah pertama kemudian masuk ke dalam folder tersebut lalu pada bagian File name menjadi tulis locker.bat kemudian ubah bagian Save as type menjadi All Files, jika sudah pilih Save.

save type

6. Close notepad kemudian buka folder yang telah Anda buat pada langkah pertama, kemudian klik dua kali pada file locker nanti secara otomatis akan muncul folder Private seperti gambar dibawah ini.

locker

7. Masukkan semua file-file penting yang ingin dikunci ke dalam folder Private, kemudian klik lagi dua kali pada file locker maka akan muncul dialog seperti dibawah tekan tombol Y kemudian tekan Enter.

setujui kunci folder

Sampai disini Anda sudah berhasil mengunci dan menyembunyikan semua file-file penting yang ada pada folder Private, folder Private akan hilang.

Bagaimana jika saya ingin membuka kembali file-file tersebut?

buka kunci

Caranya klik dua kali pada file Locker maka akan muncul dialog untuk memasukkan password seperti gambar diatas, silahkan masukkan password yang telah Anda buat sebelumnya kemudian tekan Enter.

Secara otomatis folder Private dan file-file penting yang ada didalamnya akan muncul dan bisa Anda buka lagi.

Bagaimana jika saya lupa password?

lupa password

Misal, kasusnya seperti diatas dimana folder telah disembunyikan tetapi kita lupa passwordnya, untuk melihat password klik kanan pada file locker kemudian pilih Edit.

ubah password

Cari password yang telah Anda buat tepatnya di bagian scrtip:

if NOT %pass%== "password kamu" goto FAIL

Jika passwordnya sudah diketahui close saja aplikasi notepad kemudian klik dua kali pada file locker lalu masukkan password tadi.

Atau Anda juga bisa mengubahnya dengan password baru setelah passwordnya diganti jangan lupa tekan Ctrl + S pada keyboard untuk menyimpan perubahan kemudian close notepad dan buka file locker masukkan password baru untuk memunculkan file Private.

2. Menggunakan Software Protected Folder

Sebetulnya ada banyak sekali software yang bisa Anda gunakan untuk mengunci folder tetapi saya lebih memilih menggunakan aplikasi Protected Folder karena ukurannya yang sangat kecil (3.06 MB) dan keamanannya juga lebih terjaga.

Cara kerjanya hampir sama dengan cara pertama yaitu menyembunyikan folder tertentu, tetapi dengan aplikasi ini kita tidak perlu membuat ribet karena dijalankan otomatis selain itu kita tidak akan menemukan file .bat seperti diatas.

Sebelumnya silahkan Anda download Protected Folder terlebih dahulu kemudian instal seperti biasa, jika sudah terpasang silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Pada saat pertama kali di buka Anda akan dihadapkan pada tampilan seperti gambar dibawah, silahkan masukkan password dan password hint kemudian pilih OK.

protected folder

2. Pilih Add untuk menambahkan folder yang ingin disembunyikan maka akan muncul dialog seperti gambar dibawah silahkan pilih folder yang ingin disembunyikan kemudian pilih Add, kemudian OK.

pilih folder

3. Jika sudah pilih Lock & Exit.

Sampai disini Anda sudah berhasil menyembunyikan folder yang berisi file-file penting jika dilihat folder tersebut akan hilang. Untuk mengembalikannya buka lagi aplikasi Protected Folder kemudian pilih Unlock.

Kesimpulan

Dari kedua cara diatas tentunya memiliki kelebihan dan kekuarangnya masing-masing, untuk cara yang pertama tanpa menggunakan software sebetulnya tidak begitu aman karena jika orang yang mencoba membukanya sudah sering menggunakan komputer mungkin akan mudah untuk dibuka, tapi jika orang yang membukanya orang awam mungkin akan merasa kesulitan.

Jika ingin lebih aman Anda bisa menggunakan cara yang kedua yaitu menggunakan Protected Folder karena lebih aman. Tapi softwarare ini tidak gratis alias berbayar Anda hanya bisa menggunakannya secara gratis sebanyak 20 kali pakai. Selain menggunakan Protected Folder Anda juga bisa menggunakan aplikasi lain seperti Folder Guard ataupun Axycrypt yang memiliki fungsi yang sama.

Silahkan pilih saja salah satu cara diatas sesuai dengan kebutuhan, jika Anda punya cara lain untuk mengunci folder di Windows yang lebih mudah dan lebih efektif tak ada salahnya untuk berbagi di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here