Pernah melihat Youtuber yang memainkan game mobile di Youtube, seperti game Mobile Legend misalnya? Mungkin kamu pernah bertanya-tanya bagaimana sih cara mereka merekam permainan tersebut?

Yang jelas mereka tidak merekam menggunakan kamera ponsel, akan tetapi mereka menggunakan aplikasi perekam layar android yang memang dikhususkan untuk merekam layar.

Sebetulnya, kita bisa merekamnya menggunakan kamera smartphone, akan tetapi tentu saja hasilnya tidak akan stabil dan kualitas rekaman juga tidak akan sebagus menggunakan aplikasi.

Aplikasi tersebut sebetulnya juga tidak hanya bisa digunakan untuk merekam game saja, namun semua aktivitas yang muncul di layar bisa kamu rekam.

Bahkan beberapa vendor smartphone sudah dilengkapi dengan fitur perekam layar, salah satunya adalah Xiaomi.

Jika kamu menggunakan Xiaomi, kamu tidak perlu menggunakan aplikasi, gunakan saja fitur yang ada.

Akan tetapi jika dirasa fitur bawaan ponsel memang kurang puas, tak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi perekam layar pihak ke tiga.

Nah supaya kamu tidak bingung memilihnya di sini Sipitek telah mengumpulkan beberapa aplikasi perekam layar android terbaik yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Aplikasi ini bisa digunakan di semua jenis ponsel android, entah itu Xiaomi, Oppo, Samsung, ataupun yang lainnya.

20 Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik

Karena setiap aplikasi punya fitur yang berbeda-beda, silahkan simak terlebih dahulu semua ulasan aplikasi di bawah biar kamu bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

1. DU Recorder

aplikasi perekam layar android

Dari sekian banyak aplikasi perekam layar android, ini merupakan salah satu aplikasi yang paling populer.

Bagaimana tidak, DU Recorder saat ini tercatat sudah diunduh oleh lebih dari 50 juta kali di Play Store, dan mendapatkan rating yang nyaris sempurna, yaitu 4,8.

Tidak heran kalau DU Recorder menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diminati, mengingat fitur yang disuguhkan aplikasi ini memang cukup lengkap, bahkan semua fiturnya bisa kamu gunakan secara gratis.

Dengan menggunakan DU Recorder, kamu bisa merekam layar tanpa batasan waktu, selain itu ia juga tidak memerlukan akses root cukup pasang dan kamu bisa langsung merekamnya.

Selain itu, DU Recorder juga diklaim mampu menghasilkan video rekaman berkualitas tinggi dan stabil, kamu bisa mengatur kualitas video sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Untuk resolusi video, Du Recorder mampu menyuguhkan video hingga reolusi 1080p, sedangkan untuk kualitas video kamu bisa mengaturnya hingga 12 Mbps.

Selain punya fitur perekam layar, DU Recorder juga punya fitur pengeditan video canggih untuk merapikan hasil rekaman yang telah kamu buat.

Melalui fitur edit video yang ada di DU Recorder kamu bisa membuang bagian video yang tidak diperlukan, menambahkan musik latar, menggabungkan video, hingga mengatur volume suara.

Kerennya lagi, DU Recorder juga punya fitur Creator Live yang bisa kamu gunakan untuk membuat siaran langsung di Youtube, Facebook, dan Twitch.

Semua itu bisa kamu nikmati secara gratis. Nah kalau kamu tertarik dengan aplikasi yang satu ini, jangan lupa baca cara penggunaan DU Recorder yang sudah saya jelaskan secara lengkap.

Fitur DU Recorder lainnya:

  • Mendukung lebih dari 20 bahasa, termasuk Indonesia.
  • Menampilkan efek sentuhan layar saat merekam.
  • Tersedia fitur untuk menggambar.
  • Ada fitur screenshot.

2. Super Screen Recorder – No Root REC & Screenshot

super screen recorder

Buat kamu yang lagi mencari aplikasi perekam layar untuk kebutuhan bermain game, kamu mungkin perlu mempertimbangkan aplikasi yang satu ini.

Pasalnya, Super Screen Recorder punya fitur Facecam yang sangat berguna sekali buat para gamers.

Dengan adanya fitur Facecam, kamu bisa live streaming sambil bermain game dan wajah kamu nantinya bisa tampil di layar smartphone.

Tentunya ekspresi keseruan bermain game bisa dilihat oleh orang-orang yang menonton.

Super Scree Recorder bisa berjalan dengan baik meskipun smartphone yang kamu gunakan belum di root.

Semua fitur yang ada di aplikasi besutan HappyBees ini bisa kamu gunakan secara gratis, tentunya tanpa watermark.

Namun jika kamu ingin menambahkan watermark sendiri kamu bisa menggunakan fitur yang telah disediakan.

Super Screen Recorder juga tidak membatasi durasi rekaman, sehingga kamu bisa merekam dalam waktu yang panjang.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang telah di unduh oleh 1 juta kali ini juga mendukung perekam layar vertikal dan horizontal.

Sama halnya seperti DU Recorder, di Super Screen Recorder kamu juga bisa mengatur resolusi, kualitas, dan FPS rekaman sendiri sesuka hati. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Fitur Super Screen Recorder lainnya:

  • Tambahkan suara narasi.
  • Tersedia fitur edit video dan gambar.

3. AZ Screen Recorder – No Root

AZ Screen Recorder

Dipercaya oleh lebih dari 10 juta pengguna android di seluruh dunia, AZ Screen Recorder mengklaim sebagai aplikasi perekam layar terbaik saat ini.

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini tanpa perlu membuka akses root. Selain itu, aplikasi ini juga tidak membatasi durasi perekaman lho, sehingga kamu bisa merekam layar dalam waktu yang lama.

AZ Screen Recorder memiliki kemampuan untuk merekam layar android dengan resolusi QHD hingga FHD. Kamu dapat menyesuaikan sendiri tingkatan resolusi, FPS, maupun bit rate sesuai keinginan.

Kerennya lagi, AZ Screen Recorder juga punya fitur untuk menampilkan logo ataupun teks tertentu ke dalam video hasil rekaman yang telah kamu buat.

Aplikasi besutan Hecorat ini bisa kamu gunakan secara gratis, namun ada juga versi berbayar yang punya fitur lebih lengkap.

Di dalam AZ Screen Recorder berbayar ada fitur facecam, pemotong video, dan fitur keren lainnya.

Fitur AZ Screen Recorder lainnya:

  • Simpan hasil rekaman ke kartu SD.
  • Pilih time-lapse.
  • Rekam suara dari mikrofon.
  • Tampilkan efek sentuhan layar.

4. Mobizen Screen Recorder

mobizen screen recorder

Mobizen Screen Recorder bisa dibilang aplikasi perekam layar yang cukup berprestasi.

Pasalnya aplikasi yang diusung oleh MOBIZEN ini pernah menyabet beberapa penghargaan, sala satu adalah pernah menjadi aplikasi terbaik di tahun 2016.

Dengan menggunakan Mobizen Screen Recorder kamu bisa merekam aktivitas bermain game, mengedit video, dan sebagainya.

Fitur perekam layar yang ada di aplikasi ini juga cukup lengkap, kalau di AZ Screen Recorder fitur Facecam hanya tersedia untuk pelanggan berbayar, namun di Mobizen Screen Recorder, kamu bisa menggunakannya secara gratis.

Tentunya, dengan adanya fitur ini kamu tidak hanya bisa merekam layar, namun juga bisa merekam wajah untuk ditampilkan dilayar rekaman.

Salah satu keunggulan dari Mobizen Screen Recorder adalah kemampuannya yang dapat membuat video rekaman hingga resolusi 1080P dengan kualitas video hingga 12 Mbps.

Tidak hanya itu saja fitur edit video yang ada di aplikasi ini juga punya beberapa fitur yang cukup menarik.

Salah satunya adalah fitur pemotong video, dengan adanya fitur ini kamu bisa menghilangkan bagian video yang tidak diperlukan.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali ini bisa kamu gunakan tanpa root, asalkan versi android kamu sudah menggunakan Android 4.4 atau yang leih baru.

Fitur Mobizen Screen Recorder lainnya:

  • Menghapus dan menambahkan watermark buatan sendiri.
  • Tambahkan musik latar belakang.
  • Tambahkan intro dan outro.

5. Screen Recorder – Free No Ads

screen recorder free no ads

Lagi nyari aplikasi perekam layar android yang gratis dan tanpa iklan, aplikasi yang dikembakngkan oleh Kimcy929 ini adalah pilihan yang tepat buat kamu.

Yap, sesuai dengan namanya Screen Recorder – Free No Ads bisa kamu gunakan dengan bebas tanpa risih dengan iklan, bahkan semua fitur yang ada di dalamnya juga bisa kamu gunakan sepenuhnya secara gratis lho.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 1 juta kali tidak hanya bisa kamu gunakan untuk merekam layar, namun Screen Recorder – Free No Ads juga punya fitur edit video, screenshoot, dan sebagainya.

Jika kamu mencari aplikasi yang ringan, aplikasi ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat, karena aplikasi ini punya tampilan antarmuka yang sederhana dan ukurannya juga tidak lebih dari 10 MB.

Fitur Screen Recorder lainnya:

  • Tersedia fitu Facecam.
  • Rekam suara mikrofon.
  • Tambahkan teks atau logo.
  • Pemotong video.
  • Dukungan beberapa bahasa, termasuk Indonesia.

Baca juga: Top 16: Aplikasi Perekam Suara Terbaik Paling Jernih untuk Android

6. ADV Screen Recorder

ADV Screen Recorder

Ringan dan mudah digunakan mungkin itu yang akan kamu rasakan saat pertama kali menggunakan aplikasi yang satu ini.

Aplikasi perekam layar android yang dikembangkan oleh ByteRev memang punya tampilan antarmuka yang sangat sederhana, bahkan ukurannya tidak lebih dari 7 MB saja lho.

Kalau kamu punya ponsel android dengan spesifikasi rendah tapi ingin menggunakan aplikasi perekam layar untuk menunjang berbagai kebutuhan, aplikasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat, karena memang lebih ringan dan tidak akan membebani smartphone kamu.

Meskipun demikian, ADV Screen Recorder juga punya beberapa fitur keren, salah satunya adalah adanya fitur Facecam yang bisa kamu gunakan untuk menampilkan wajah di layar saat melakukan perekaman.

Fitur ADV Screen Recorder lainnya:

  • Pemotong video.
  • Menambahkan atau menghilangkan watermark maupun teks.

7. Lollipop Screen Recorder

lollipop screen recorder

Sesuai dengan namanya, aplikasi perekam layar android besutan Rivulus Studios ini memang dikhususkan untuk pengguna Android yang sudah menggunakan Android versi Lollipop atau versi yang lebih baru.

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara langsung tanpa harus melakukan rooting terlebih dahulu.

Dengan menggunakan Lollipop Screen Recorder kamu juga bisa menyesuaikan sendiri tingkat resolusi, orientasi, dan bit rate video rekaman sesuai dengan kebutuhan.

Salah satu keunggulan dari aplikasi yang satu ini adalah ukurannya yang sangat kecil tidak lebih dari 3 MB.

Fitur Lollipop Screen Recorder lainnya:

  • Tersedia fitur Facecam.
  • Rekam suara mikrofon.

8. V Recorder

v recorder

Namanya memang tak sepopuler seperti DU Recorder, namun jika dilihat sekilas fitur yang ada di aplikasi V Recorder hampir sama dengan yang ada di aplikasi DU Recorder.

Dengan V Recorder kamu bisa merekam layar dengan kualitas HD, bahkan kamu juga bisa merekam layar dengan orientasi horizontal maupun vertikal.

Selain itu V Recorder juga punya beberapa fitur edit video profesional yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Salah satunya adalah fitu untuk mengontrol kecepatan video, dengan menggunakan fitur ini kamu bisa memperlambat ataupun mempercepat video hasil rekaman.

Fitur V Recorder lainnya:

  • Tersedia filter video.
  • Tersedia 100 tema gratis.
  • Tersedia ribuan musik yang dapat di unduh secara gratis.
  • Pemotong dan penggabung video.
  • Rekam suara dari mikrofon.

9. Screen Recorder

screen recorder

Tak mau kalah dengan pengembang aplikasi yang lainnya, AppSmartz juga turut mengembangkan aplikasi perekam layar android dengan fitur yang lengkap dan bisa kamu gunakan secara gratis.

Dengan menggunakan Screen Recorder kamu dibebaskan untuk mengatur sendiri resolusi video rekaman, FPS, dan bit rate sesuai keinginan.

Berbeda dengan aplikasi perekam layar pada umumnya, di Screen Recorder kamu juga bisa menonaktifkan kompresi video sehingga kualitas video akan tetap dipertahankan dengan kualitas terbaik.

Jika kamu ingin mengambil tangkapan layar dalam bentuk gambar, kamu juta tidak perlu mengunduh aplikasi screenshot secara berpisah karena aplikasi ini sudah punya fitur tersebut.

Fitur Screen Recorder lainnya:

  • Dapat merekam layar secara vertikal dan horizontal.
  • Rekam suara mikrofon.
  • Durasi rekaman tanpa batas.
  • Tersedia fitur Facecam.

10. Rec.(Screen Recorder)

rec screen recorder

Nyari aplikasi perekam layar android yang punya tampilan sederhana dan mudah digunakan? Rec.(Screen Recorder) adalah solusinya.

Aplikasi yang dikembangkan oleh SPECTRL ini memang punya tampilan yang intuitif namun tetap terlihat modern.

Rec.(Screen Recorder) menyediakan versi gratis dan berbayar, jika kamu ingin menikmati lebih banyak fitur atau merekam tanpa batas waktu kamu bisa menggunakan versi berbayar.

Namun jika ingin merekam layar dengan durasi yang singat atau hanya sekedar iseng saja, Rec.(Screen Recorder) versi gratis tentunya sudah lebih dari cukup.

Perlu diketahui, apabila ponsel Android kamu masih menggunakan Android 4.4 atau yang lebih rendah kamu perlu membuka akses root terlebih dahulu supaya semua fitur yang ada di aplikasi ini bisa berjalan dengan baik.

Akan tetapi kalau sudah menggunakan Android 5.0 kamu bisa langsung menggunakannya tanpa root.

Fitur Rec.(Screen Recorder) lainnya:

  • Rekam suara mikrofon.
  • Simpan konfigurasi favorit sebagai presets.
  • Goyangkan ponsel untuk menghentikan rekaman.

11. Game Screen Recorder

game screen recorder

Sesuai dengan namanya, aplikasi perekam layar android besutan DGenius Mobile ini memang dioptimalkan untuk merekam layar ketika bermain game.

Akan tetapi bukan berarti aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk merekam aktivitas lain selain bermain game.

Dengan menggunakan Game Screen Recorder kamu bisa merekam layar sepuasnya tanpa batasan waktu.

Semua fitur yang ada di aplikasi ini bisa kamu gunakan sepenuhnya secara gratis, bahkan tanpa iklan lho.

Pastikan ponsel kamu sudah menggunakan Android 5.0, kalau masih menggunakan Android 4.0 atau yang lebih rendah, kamu perlu melakukan rooting terlebih dahulu.

Fitur Game Screen Recorder lainnya:

  • Tersedia fitur prolog editor.
  • Dapat menjeda dan melanjutkan rekaman.

12. Omni Screen Recorder

omni screen recorder

Lagi nyari aplikasi perekam layar yang dapat menghasilkan video rekaman berkualitas tinggi? Omni Screen Recorder mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu.

Pasalnya, Omni Screen Recorder dapat menghasilkan video hingga resolusi 1080p.

Salah satu keunggulan dari aplikasi yang satu ini adalah adanya fitur livestream, fitur ini bisa kamu gunakan untuk menyiarkan secara langsung aktivitas bermain game atau yang lainnya ke Youtube maupun Facebook.

Bahkan kamu juga bisa melihat langsung komentar penonton secara real-time.

Omni Scree Recorder juga punya beberapa fitur edit video profesional yang bisa kamu gunakan secara gratis, mulai dari pemotong video, penggabung video, pengatura volume video, dan sebagainya.

Fitur Omni Screen Recorder lainnya:

  • Rekam suara eksternal.
  • Buat gambar GIF.
  • Tambakan musik latar.
  • Goyangkan ponsel untuk menghentikan rekaman.

13. RecMe Free Screen Recorder

recme free screen recorder

RecMe Free Screen Recorder memungkinkan kamu untuk merekam layar secara gratis tanpa batasan waktu dan tanpa watermark, tentunya kualitas video yang dihasilkan juga berkulaitas HD.

Salah satu keunggulan dari RecMe Free Screen Recorder adalah kemampuannya yang dapat merekam audio internal dan suara mikrofon.

Nantinya kamu juga akan diminta untuk menentukan format video rekaman, format video yang didukung diantaranya yaitu MP4, MKV, dan sebagainya.

RecMe Free Screen Recoder juga punya versi pro yang sudah dilengkapi dengan beragam fitur.

Fitur RecMe Free Screen Recorder lainnya:

  • Kontrol rekeman melalui widget.
  • Jeda dan lanjutkan rekaman.
  • Kualitas video maksimal (1080p, 60 FPS, 32 bit rate).

14. Screen Recorder For Game

screen recorder for game

Sesuai dengan namanya, Screen Recorder For Game dioptimalkan untuk merekam layar android saat melakukan aktivitas bermain game.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah adanya fitur siaran langsung yang bisa kamu gunakan untuk menyiarkan permainan game kamu ke Youtube.

Fitur Facecam juga disematkan di dalamnya, dengan fitur ini kamu bisa memperlihatkan ekspresi wajah ke pada para penonton.

Selain itu fitur perekam layar yang ada di aplikasi ini juga mampu menghasilkan video berkualitas tinggi dan jernih lho.

Fitur Screen Recorder For Game lainnya:

  • Kualitas video maksimal (resosulis 1440p,kualitas 12 Mbps, 60 FPS)
  • Goyangkan ponsel untuk menghentikan rekaman.
  • Tanpa watermark.
  • Screenshot.
  • Edit gambar.

15. Ez Screen Recorder (no ad)

ez screen recorder

Sesuai dengan namanya, aplikasi perekam layar android yang dikembangkan oleh AaronXYZ ini bisa kamu gunakan secara gratis dan tanpa iklan

Ez Screen Recorder mampu menghasilkan video rekaman berkualitas HD hingga resolusi 1080p, kamu juga bisa mengatur bit rate dan fps sesuai dengan kebutuhan.

Dengan menggunakan Ez Screen Recorder kamu juga dapat membagikan langsung hasil rekaman ke media sosial seperti Twitter, Facebook, maupun Youtube.

Fitur Ez Screen Recorder (no ad):

  • Rekam suara mikrofon.
  • Tersedia fitur untuk mengedi video.

16. GO Recorder

GO Recorder

Tak mau kalah dengan developer yang lain, pengembang aplikasi GO keboard ini juga punya aplikasi perekam layar lho, namanya adalah GO Recorder.

GO Recorder memiliki kemampuan untuk menghasilkan rekaman layar dengan kualitas Full HD hingga resolusi 1080p, tentunya hasil rekaman akan terlihat jernih.

Selain itu GO Recorder juga punya fitur edit video yang bisa kamu gunakan untuk memotong, menghapus, ataupun menggabungkan video hasil rekaman.

Kerennya lagi, aplikasi ini punya fitur yang dapat mentransfer video rekaman melalui jaringan Wi-Fi, entah itu ke PC maupun ke smartphone.

Fitur GO Recorder lainnya:

  • Screenshot.
  • Rekam suara mikrofon.
  • Putar orientasi video.

17. Capture Recorder

capture recorder

Secara umum fitur yang ada di aplikasi Capture Recorder hampir sama dengan GO Recorder, dimana kamu bisa menggunakannya secara gratis dan tanpa memerlukan akses root.

Namun Capture Recorder punya fitur yang tidak dimiliki oleh GO Recorder, salah satunya adalah fitur Live Streaming game.

Dengan menggunakan fitur ini kamu bisa membuat siaran langsung saat bermain game dan membagikannya ke Youtube, Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya.

Fitur Capture Recorder lainnya:

  • Rekam video hingga resolusi 1080p.
  • Edit video.
  • Screenshot.
  • Transfer video lewat Wi-Fi.

18. Apowersoft Screen Recorder

apowersoft screen recorder

Apowersoft Screen Recorder merupakan salah satu aplikasi perekam layar android yang punya beberapa fitur canggih.

Salah satunya adalah Screen Cast, dengan menggunakan fitur ini kamu bisa menampilkan rekaman dari smartphone ke layar komputer.

Soal kualitas, aplikasi besutan APOWERSOFT LTD ini juga tidak bisa diraguan lagi, pasalnya ia mampu menghasilkan video hingga 1080p, bit rate hingga 12 Mbps, dan frekuensi gambar hingga 60 FPS.

Kerennya lagi, Apoersoft Screen Recorder juga dapat merekam audio internal melalui speaker ponsel, sehingga kamu bisa menambahkan instruksi atau komentar saat rekaman berlangsung.

Fitur Apowersoft Screen Recorder lainnya:

  • Facecam, rekam ekspresi wajah dengan kamera depan.
  • Pemotong video.
  • Goyangkan ponsel untuk memulai maupun menghentikan rekaman.

19. Screen Recorder (NLL)

screen recorder NLL

Mau aplikasi perekam layar android yang mudah digunakan? Screen Recorder (NLL) bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu.

Pasalnya, aplikasi ini memang didesain dengan sederhana bahkan fitur yang tersedia juga cukup terbatas. Namun kamu tetap bisa merekam layar tanpa batasan waktu.

Screen Recorder (NLL) menyediakan beragam tema menarik untuk menghiasi tampilannya, sehingga kamu tidak akan mudah bosan saat menggunakan aplikasi yang satu ini.

Fitur Screen Recorder (NLL) lainnya:

  • Rekam suara mikrofon (Pro)
  • Tampilkan efek sentuhan layar saat merekam.
  • Goyangkan ponsel untuk menghentikan maupun memulai rekaman.

20. Google Play Games

Siapa yang nggak kenal dengan aplikasi yang satu ini, sebagian besar pengguna android pasti sudah tau kan, apalagi yang suka bermain game.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Google LLC ini memang bukan dikhususkan untuk merekam layar, akan tetapi karena Google Play Games juga punya fitur perekam layar, tentunya tak ada salahnya untuk dimasukkan ke dalam daftar ini.

Pasalnya, Google Play Games dapat menghasilkan video dengan resolusi SD 480p dan HD 720p

Meskipun fitur perekam layar yang ada di aplikasi ini cukup terbatas, tentu aplikasi ini bisa menjadi pilihan alternatif jika kamu ingin merekam layar tanpa ribet mengunduh aplikasi tambahan, karena memang hampir semua ponsel Android sudah dilengkapi dengan aplikasi Google Play Game.

Penutup

Itulah deretan aplikasi perekam layar android yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Mulai sekarang kamu bisa merekam kegiatan apapun yang tampil dilayar smartphone entah itu bermain game, ataupun aktivitas yang lainnya.

Jadi, aplikasi perekam layar yang mana yang akan kamu gunakan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here