Bagi Kamu yang sering bermain game Mobile Legends : Bang Bang atau yang biasa di singkat dengan MLBB tentu pernah dong menemukan momen-momen langka saat bertanding. Entah itu momen konyol ataupun momen ketika Kamu mendapatkan Savage atau Maniac.

Tentu saja momen langka tersebut harus diabadikan agar Kamu bisa menontonnya kapan saja dan dimana saja atau bahkan video tersebut bisa Kamu unggah ke Youtube untuk menunjukkan kemampuan Kamu kepada orang lain.

Akan tetapi untuk menyimpan video Mobile Legends ke HP agar muncul di galeri Kamu tidak bisa mendownloadnya langsung seperti Kamu mendownload sebuah file di internet karena game Mobile Legends sendiri tidak menyediakan fitur untuk mendownload video permainan yang telah Kamu mainkan.

Kamu mau tidak mau harus membuka gamenya agar video tersebut bisa Kamu tonton, tentu saja ini cukup ribet apalagi jika Kamu tidak punya kuota internet tentu saja video permainan Kamu tidak akan bisa di tonton.

Meskipun Mobile Legends tidak menyediakan fitur untuk medownload video permainan Kamu, akan tetapi jika Kamu ingin menyimpan video tersebut Kamu bisa menggunakan trik yang akan Sipitek bagikan ini.

Kamu bisa mengakali video tersebut supaya tersimpan ke galeri dengan menggunakan bantuan aplikasi perekam layar atau Screen Recorder.

Tentu saja selain bisa dijadikan sebagai dokumentasi, video tersebut juga bisa Kamu gunakan untuk memperbaiki kualitas permainan Kamu, meskipun kalah bukan berarti Kamu tidak perlu menyimpan video karena dari kekalahan tersebut Kamu bisa belajar untuk lebih baik lagi.

Apalagi jika Kamu ingin menjadi seorang gamers profesional, tentu saja Kamu harus banyak belajar dari kesalahan yang telah Kamu buat.

Memang akhir-akhir ini game MOBA yang satu ini sedang naik daun pemainnya pun datang dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua juga ada yang ikut memainkan.

Tidak heran jika jumlah pemainnya terus mengalami peningkatan karena memang game yang satu ini menyuguhkan pertandingan yang cukup menarik dan menegangkan.

Kerjasama tim menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk mengalahkan lawan, meskipun Kamu jago kalau tidak kompak dengan tim Kamu pasti akan kalah.

Bagaimana Cara Menyimpan Video Replay Mobile Legends ?

Seperti yang telah Sipitek sebutkan di atas kita memerlukan aplikasi perekam layar untuk merekam kembali permainan yang ingin Kamu simpan ke galeri.

Ada banyak sekali aplikasi perekam layar yang bisa Kamu gunakan akan tetapi Sipitek lebih menyarankan Kamu untuk menggunakan aplikasi Mobizen karena selain mudah digunakan fitur yang disediakan di aplikasi ini juga cukup lengkap.

Sebelumnya silahkan download terlebih dahulu aplikasi Mobizen di Play Store sampai aplikasi terpasang dengan baik.

Selanjutnya silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Pertama, silahkan buka terlebih dahulu aplikasi Mobizen yang telah Kamu pasang apabila sudah aktif maka akan muncul logonya di bagian sisi kanan layar.

aktifkan mobizen

2. Biarkan aplikasi Mobizen tetap aktif, silahkan buka game Mobile Legends di ponsel Kamu. Kemudian tekan foto profil yang ada di pojok kiri atas layar, seperti pada gambar di bawah.

profile mobile legends

3. Setelah memilih profil maka akan muncul beberapa menu seperti pada gambar di bawah silahkan pilih menu Replay.

Pada bagian Replay terdapat dua opsi yang bisa Kamu pilih yaitu Replay Terakhir dan Replay Saya.

Replay Terakhir adalah kumpulan video permainan yang telah tersimpan otomatis, Kamu hanya bisa melihat 5 video pertandingan terakhir saja.

Sedangkan bagian Replay Saya yaitu kumpulan video yang Kamu simpan dengan cara memilih tombol Menyimpan pada bagian Replay Terakhir. Kamu bisa menyimpan hingga 10 video dan akan hilang secara otomatis apabila ada update terbaru dari Mobile Legends.

Jadi apabila Kamu tidak ingin permainan Kamu di Replay Terakhir tertimpa dengan video permainan yang baru lebih baik pindahkan ke bagian Replay Saya dengan cara memilih tombol Menyimpan yang ada di sampingnya.

Silahkan pilih salah satu video yang ingin di simpan dengan cara menekan ikon kamera yang ada di atasnya.

Apabila muncul persetujuan pilih saja OK.

memilih video replay

4. Apabila video sudah mulai silahkan pilih ikon Mobizen yang ada di sisi kanan layar kemudian pilih ikon kamera untuk mulai merekam.

Sampai di sini semua aktivitas di layar smartphone Kamu akan direkam.

mulai merekam

4. Apabila Kamu ingin menyudahi rekaman pilih ikon Mobizen yang ada di sisi kanan kemudian pilih ikon persegi putih atau Stop.

stop merekam

5. Setelah rekaman di stop akan muncul pop up seperti pada gambar di bawah silahkan singkirkan saja namun jika ingin melihat hasilnya pilih tombol DEKAT.

Sampai di sini video pertandingan Mobile Legends yang telah Kamu rekam akan otomatis muncul di galeri HP.

cara menyimpan video replay mobile legends

Nah, bagaimana mudah bukan?

Sebelum saya tulis cara ini juga sudah saya coba terlebih dahulu dan terbukti memang berhasil.

Penutup

Itulah cara yang bisa Kamu gunakan untuk menyimpan video replay Mobile Legends ke galeri di HP tentunya Kamu tidak perlu sama persis langkah-langkahnya seperti di atas karena itu hanya dasar-dasarnya saja.

Apabila Kamu ingin merekam dengan suara permainannya jangan menggunakan headset saat merekam karena nanti kualitas suaranya akan menjadi pecah. Lebih baik gunakan speaker smartphone saja.

Sebetulnya dulu aplikasi ini bisa merekam audio internal akan tetapi sekarang aplikasi ini tidak menyediakan fitur tersebut karena Google sudah melarang aplikasi yang ada di Play Store untuk tidak merekam audio internal.

Tidak hanya aplikasi Mobizen saja semua aplikasi yang ada di Play Store sekarang tidak diperbolehkan menyediakan fitur perekam audio internal.

Tentu saja kualitas suara yang di rekam langsung melalui audio internal jauh lebih bagus daripada  menggunakan speaker smartphone.

Akan tetapi jika ponsel Kamu sudah di root Kamu bisa menggunakan aplikasi SCR Screen Recorder versi root karena aplikasi ini masih menyediakan fitur perekam audio internal.

Namun bagi Kamu yang smartphone-nya belum di root dan kurang puas dengan kualitas suara yang dihasilkan aplikasi Mobizen Kamu bisa mencoba aplikasi DU Recorder.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here