Apps

10 Aplikasi Penunjuk Jalan Terbaik Paling Akurat untuk Android

Aplikasi penunjuk jalan terbaik

Pernahkah Anda mengalami ketika ingin berkunjung ke suatu tempat akan tetapi Anda tidak tau jalan menuju lokasi tersebut? sedikit banyak tentu pernah bukan?

Biasanya hal ini terjadi di hari libur ketika Anda ingin liburan ke suatu tempat yang ada di luar kota yang jaraknya jauh dari tempat tinggal Anda bahkan untuk bisa sampai ke lokasi tersebut perlu melewati berbagai kota.

Tentu saja untuk bisa sampai ke lokasi tersebut Anda harus tau rute jalan dengan jelas agar Anda tidak tersesat, niatnya mau ke gunung eh malah sampai ke hutan.

Sebetulnya Anda juga bisa memaksakan diri untuk berangkat meskipun tidak tahu jalan mana yang harus di lalui dengan cara menanyakan ke warga-warga sekitar jalan.

Akan tetapi tentu saja ini akan menjadi ribet dan menyita banyak waktu bukan?

Bagi Anda yang ingin liburan atau mengunjungi suatu tempat tapi tidak tau jalan yang harus dilalui menuju tempat tersebut sekarang tidak perlu khawatir karena ada beberapa aplikasi penunjuk jalan yang bisa membantu Anda untuk sampai ke lokasi tersebut.

Jangan sampai liburan Anda batal hanya karena tidak tau jalannya…

Oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa aplikasi penunjuk jalan terbaik dan paling akurat yang bisa Anda gunakan untuk membantu Anda megunjungi lokasi-lokasi yang tidak Anda ketahui.

Aplikasi yang akan saya ulas ini menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS) sehingga bisa menunjukkan rute ke lokasi tujuan dengan akurat, selain itu aplikasi ini juga bisa Anda gunakan di semua kendaraan mulai dari sepeda motor, mobil, hingga jalan kaki.

Bahkan ada beberapa aplikasi yang bisa menunjukkan rute untuk menghindari jalan khusus plat nomor ganjil-genap yang sudah diberlakukan di Jakarta itu lho. Yuk mari kita ulas satu per satu!

Aplikasi Penunjuk Jalan Terbaik Paling Akurat

Sebetulnya ada banyak sekali aplikasi penunjuk jalan yang bisa Anda gunakan akan tetapi di sini Sipitek hanya memasukkan yang terbaik saja yang memiliki fitur sangat lengkap.

Silahkan simak satu per satu ulasan aplikasi yang saya berikan, agar Anda bisa memilih salah satu aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mari kita ulas satu per satu.

1. Maps – Navigasi & Transportasi

Google Maps

Maps atau yang lebih akrab disebut Google Maps merupakan aplikasi buatan perusahaan mesin pencari raksasa di dunia, yaitu Google.

Jika Anda menggunakan Android, biasanya aplikasi ini ada dengan sendirinya tanpa harus Anda download.

Akan tetapi meskipun Google Maps ada di hampir semua smartphone berbasis Android, banyak pengguna yang tidak menyadari akan manfaat yang bisa di dapatkan dari Google Maps.

Aplikasi yang telah di download oleh lebih 1 miliar orang ini tidak hanya bisa digunakan untuk melihat peta atau bangunan-bangunan yang ada di dunia saja namun aplikasi ini juga punya fitur penunjuk jalan yang bisa Anda gunakan untuk mengunjungi lokasi-lokasi yang tidak Anda ketahui.

Akan tetapi aplikasi ini tidak hanya mampu menunjukkan rute jalan yang ingin Anda kunjungi saja namun ada banyak sekali fitur-fitur yang bisa Anda gunakan.

Dengan Google Maps Anda tidak perlu khawatir terjebak macet karena Anda bisa mengubah rute jalan ke jalan-jalan kecil atau ke gang sebagai alternatif untuk menghindari macet, Anda juga bisa mengetahui dengan mudah tanda kemacetan jalan melalui navigasi yang di tampilkan di layar smartphone.

Tentu saja Anda tidak mungkin memperhatikan peta di smartphone sambil mengendarai kendaraan bukan?

Nah dengan Google Maps Anda juga bisa mendengarkan pemandu melalui suara yang bisa di dengarkan melalui headset, jadi ketika ada belokan nanti ada suara wanita yang menyuruh Anda belok untuk menuju ke lokasi yang telah Anda tentukan.

Ngga perlu khawatir nyasar karena Google Maps ini menunjukkan rute jalan yang cukup akurat.. Aplikasi ini juga bisa Anda gunakan secara offline alias tanpa internet lho.

Kalau lokasi tujuan Anda melewati kota Jakarta atau memang Anda tinggal di ibu kota jangan sampai Anda kena tilang hanya karena melewati jalan ganjil-genap, nah dengan Google Maps Anda bisa menghindari jalur ganjil-genap.

Lengkap banget deh pokoknya… Google Maps bisa Anda gunakan ketika berkendara menggunakan sepeda motor, mobil, sepeda, bahkan pejalan kaki sekalipun aplikasi ini akan menunjukkan rute yang memang bisa di lalui oleh kendaraan Anda.

Sebetulnya masih banyak sekali fitur-fitur yang ada di aplikasi ini namun untuk fitur lainnya silahkan Anda coba sendiri ya.

Download : Google Maps di Play Store

2. Waze – Navigasi GPS, Peta & Lalu Lintas

WAZE

Ngga kalah dengan Google Maps, fitur yang disediakan oleh Waze juga tidak kalah lengkap. Akan tetapi tentu saja setiap aplikasi punya fitur tersendiri yang tidak di miliki oleh aplikasi penunjuk jalan yang lainnya.

Tidak jauh beda dengan Google Maps, Waze akan menampilkan petunjuk jalan dari lokasi keberangkatan ke lokasi tujuan, selain itu ia juga akan menampilkan informasi kemacetan, kecelakaan, dan jalan alternatif ke lokasi tujuan yang telah Anda tentukan.

Akan tetapi di aplikasi Waze Anda bisa mengetahui informasi razia lalu-lintas dan perubahan rute jalan satu arah, misalnya di jalan tersebut ada perbaikan jalan sehingga rute mengalami perubahan. Fitur inilah yang tidak di miliki oleh aplikasi lain selain Waze.

Selain itu informasi yang ditampilkan di aplikasi Waze juga lebih real time karena informasi yang ditampilkan di aplikasi ini merupakan informasi yang diberikan oleh sesama pengguna Waze karena aplikasi ini menggunakan konsep Crowdsourcing.

Bisa dibilang Waze merupakan aplikasi navigasi yang menggunakan konsep seperti media sosial, setiap pengguna dapat memberikan informasi lalu lintas kepada pengguna lainnya.

Jika Anda berangkat bersama teman-teman menggunakan kendaraan yang berbeda Anda juga tidak perlu khawatir terpisah dari rombongan karena Waze juga bisa menunjukkan lokasi keberadaan teman Anda.

Selain itu Waze juga punya fitur navigasi suara pemandu yang lebih lengkap jika di bandingkan dengan Google Maps, jadi ketika ada belokan Anda akan diberi tau lewat suara sehingga Anda tidak perlu memperhatikan navigasi di layar smartphone.

Jadi, jika Anda lebih mengutamakan informasi real time dan cepat mungkin Waze bisa menjadi pilihan Anda.

Akan tetapi sayangnya saat ini Waze hanya bisa menunjukkan rute bagi pengendara motor dan mobil saja selain itu aplikasi ini juga tidak bisa di gunakan secara offline.

Download : Waze di Play Store

3. Sygic: Navigasi GPS & Peta Offline

Sygic

Sygic merupakan aplikasi navigasi GPS dan peta yang bisa di gunakan tanpa koneksi internet (offline) maupun menggunakan internet.

Ini merupakan aplikasi penunjuk jalan yang cukup cerdas tidak heran jika saat ini aplikasi Sygic telah di pasang oleh lebih dari 50 juta orang di Play Store.

Yang paling membedakan dengan aplikasi GPS lainnya Sygic punya tampilan peta 3D yang cukup menarik sehingga ketika Anda melakukan perjalanan bangunan-bangunan di sekitar jalan akan terlihat jelas di layar smartphone Anda.

Selain itu ia juga sudah dilengkapi dengan fitur Head-up Display (HUD) fitur ini memungkinkan pengguna bisa melihat petunjuk yang ditampilkan tanpa harus memperhatikan layar smartphone sehingga Anda bisa lebih fokus mengendalikan kendaraan Anda.

Cara kerja fitur HUD ini cukup unik, Anda hanya tinggal menempatkan smartphone di bawah kaca depan mobil dan aplikasi ini akan memantulkan petunjuk jalan ke kaca depan mobil. Fitur ini bisa bekerja dengan baik ketika di gunakan pada malam hari

Ilustrasi fitur HUD ini bisa Anda lihat pada gambar di atas paling kanan…

Sygic juga dilengkapi dengan informasi tentang lalu lintas yang cukup akurat untuk menghindari kemacetan sehingga Anda bisa sampai ke lokasi tujuan dengan cepat.

Tidak hanya itu saja Sygic sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang cukup canggih.

Salah satunya adalah fitur batas kecepatan, jadi ketika Anda melebihi batas kecepatan yang telah di tentukan di jalan yang Anda lalui nanti akan muncul peringatan disertai dengan suara sebagai tandanya.

Selain itu apabila Anda berada di jalan tol di lajur yang salah Anda akan dipandu untuk berpindah ke lajur yang benar. Aplikasi ini lebih cocok digunakan untuk pengendara mobil.

Anda bisa mendownload aplikasi ini secara gratis di Play Store akan tetapi jika Anda ingin menggunakan lebih banyak fitur yang ada di Sygic Anda haru membeli versi berbayar.

Namun jika ragu Anda juga bisa mencobanya terlebih dahulu fitur yang ada di Sygic versi berbayar selama 7 hari.

Download : Sygic di Play Store

4. HERE WeGo

HERE WeGo

Jika Anda pernah menggunakan ponsel Nokia mungkin Anda pernah menemukan aplikasi bernama Ovi Maps atau Nokia Maps.

Nah, HERE WeGo merupakan generasi terbaru dari kedua aplikasi tersebut, aplikasi ini sudah mengalami beberapa kali perubahan nama.

Awalnya bernama Nokia Maps, kemudian berubah menjadi Ovi Maps karena aplikasi tersebut hanya bisa di gunakan di smartphone berbasis Windows Phone akhirnya ia kembali mengalami perubahan nama menjadi Here Maps yang tersedia untuk Android dan iOS.

Pada tahun 2015 aplikasi ini diakuisisi oleh perusahaan otomotif asal Jerman sekaligus mengganti namanya menjadi HERE WeGo sampai saat ini.

Salah satu fitur yang cukup menonjol di aplikasi yang satu ini yaitu pengguna bisa mengunduh semua peta dunia sehingga aplikasi ini bisa di gunakan secara offline tanpa koneksi internet.

Di Google Maps Anda hanya bisa mengunduh sebagian peta saja namun di HERE WeGo Anda bisa mengunduh semua peta dunia, sehingga aplikasi ini bisa bekerja dengan baik meskipun digunakan secara offline.

HERE WeGo menyediakan peta yang dapat dilalui oleh pejalan kaki, mobil, sepeda motor, dan sepeda. Selain itu ia juga sudah terintegrasi dengan Car2Go yang bisa Anda gunakan untuk memesan taksi dan bisa melihat informasi transportasi massal seperti kereta dan bus.

Anda juga bisa melihat informasi lalu lintas secara langsung seperti informasi perbaikan jalan ataupun kecelakaan. Selain dapat memandu perjalanan Anda secara visual aplikasi ini juga bisa memandu Anda melalui suara untuk sampai ke lokasi tujuan.

Jika Anda sedang mencari aplikasi penunjuk jalan yang dapat di gunakan tanpa koneksi internet, mungkin aplikasi HERE WeGo bisa menjadi pilihan terbaik Anda.

Download : HERE WeGo di Play Store

5. MapFactor GPS Navigation Maps

Mapfactor

Aplikasi ini memang tidak begitu populer seperti beberapa aplikasi sebelumnya, akan tetapi fitur yang dihadirkan di aplikasi MapFactor juga perlu Anda pertimbangkan.

Seperti aplikasi penunjuk arah pada umumnya MapFactor juga punya fitur-fitur penting yang dibutuhkan oleh pengguna.

Fitur unggulan yang ada di aplikasi ini diantaranya yaitu selain bisa menampilkan petunjuk jalan di layar smartphone secara visual ia juga bisa menunjukkannya melalui suara.

Selain itu aplikasi ini juga punya rute khusus yang bisa di gunakan untuk berbagai kendaraan mulai dari mobil, bus, sepeda motor, sepeda, hingga pejalan kaki.

MapFactor juga mampu menampilkan peta dalam mode 2D dan 3D sehingga Anda bisa melihat rute dengan jelas.

Menariknya aplikasi sederhana ini juga punya fitur yang dapat mengukur kecepatan kendaraan Anda, jadi ketika Anda akan melewati belokan akan tetapi kecepatan kendaraan Anda masih tinggi aplikasi ini akan otomatis memberitahu Anda.

Anda juga bisa melihat informasi lalu lintas secara langsung seperti kecelakaan, penutupan jalan atau kejadian lainnya yang membuat lalu lintas menjadi macet, sehingga Anda bisa menghindarinya dan mencari jalan alternatif.

Sebetulnya MapFactor juga punya fitur HUD seperti di Sygic akan tetapi fitur ini hanya bisa digunakan untuk pengguna berbayar saja.

Download : MapFactor di PlayStore

6. MAPS.ME – Peta GPS Navigasi Offline

Maps me

Maps.me merupakan aplikasi navigasi GPS sekaligus peta yang bisa Anda gunakan secara offline maupun online. Aplikasi yang telah di unduh oleh lebih dari 10 juta pengguna di Play Store ini punya fitur yang cukup lengkap.

Salah satu keunggulan dari Maps.me yaitu aplikasi ini mampu menampilkan informasi peta secara jelas dan lengkap misalnya seperti SPBU, hotel, restoran, ATM dan informasi penting lainnya di sekitar jalan yang Anda lalui.

Jika Anda ingin menggunakannya secara offline Anda perlu mendownload data peta terlebih dahulu namun Anda tidak perlu mendownload semua data peta yang ada aplikasi tersebut karena Anda bisa mendownload peta sesuai dengan lokasi yang Anda tentukan misalnya peta Indonesia atau lokasi lainnya.

Peta yang ada di aplikasi Maps.me telah mencakup 345 negara termasuk Indonesia.

Tidak hanya itu saja ia juga dikalim mampu bekerja dengan cepat meskipun spesifikasi smartphone yang Anda gunakan cukup rendah karena memang ukuran dari aplikasi ini cukup kecil dan tidak memakan banyak ruang.

Download : MAPS.ME di Play Store

7. TomTom GPS Navigation Traffic

TomTom GPS

TomTom GPS Navigation Traffic merupakan aplikasi yang sudah hadir sejak lama yang dikembangkan oleh perusahaan pemetaan digital asal Belanda.

Bahkan Apple juga pernah menggunakan data peta yang ada di TomTom sebagai aplikasi peta utama yang ada di iOS 6.

Tidak heran jika Apple sendiri mempercayakan TomTom karena memang data yang dihadirkan cukup lengkap dan akurat. Selain tersedia untuk smartphone iOS TomTom juga tersedia untuk perangkat Android.

Aplikasi yang telah di unduh oleh lebih dari 10 juta pengguna Play Store ini juga bisa di gunakan secara online maupun offline tanpa koneksi internet.

TomTom juga punya fitur yang dapat mendeteksi kecepatan kendaraan Anda misalnya saja ketika di jalan tol biasanya kecepatan kendaraan harus sesuai dengan ketentuan, selain itu ia juga akan memandu Anda untuk berkendara di lajur yang benar.

Yang paling membedakan dengan aplikasi lainnya TomTom menggunakan teknologi mesin pembelajaran untuk mempelajari kebiasaan Anda pada saat mengemudi sehingga ia bisa memberikan saran terbaik kepada Anda sesuai dengan kebiasaan Anda.

Download : TomTom di Play Store

8. Maps: Navigasi GPS, Lalu Lintas & Transportasi

Maps

Aplikasi yang dikembangkan oleh We Love Maps ini menggunakan data dari Google Maps dan OpenStreetMap (OSM), seperti namanya aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk melihat peta saja namun Anda juga bisa menggunakannya sebagai navigasi atau penunjuk jalan.

Informasi peta yang di tampilkan pada aplikasi yang telah di unduh oleh lebih dari 10 juta pengguna di Play Store ini juga sangat lengkap karena ia menggunakan informasi dari sumber lain yang terpercaya seperti Wikipedia, Youtube, dan yang lainnya.

Ada beberapa jenis peta yang bisa Anda gunakan di aplikasi ini diantaranya peta kota, lalu lintas, satelit, sepeda, angkutan umum dan lainnya, setiap peta tentunya menampilkan informasi yang berbeda-beda.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan navigasi suara sehingga Anda bisa mendapatkan petunjuk jalan tanpa harus memperhatikan layar smartphone. Tidak hanya itu saja ia juga dilengkapi dengan fitur prakiraan cuaca yang cukup akurat lho.

Download : Maps di Play Store

9. GPS Route Finder

GPS Route Finder

Jika mencari aplikasi petunjuk jalan yang sederhana mungkin GPS Route Finder ini menjadi pilihan terbaik Anda.

GPS Route Finder memang tidak menampilkan informasi yang begitu lengkap seperti beberapa aplikasi yang saya sebutkan di atas akan tetapi ia tetap menampilkan beberapa informasi yang dibutuhkan para pengendara yang ingin mendapatkan petunjuk jalan salah satunya adalah informasi lalu lintas.

Ada tiga jenis peta yang di sediakan di aplikasi yang dikembangkan oleh Prime Studio Apps ini yaitu peta umum, satelit, dan terrain.

Download : GPS Route Finder

10. Polaris GPS Navigation

Polaris GVS Navigation

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya yang menunjukkan jalan untuk kendaraan, aplikasi yang satu ini lebih di khususkan untuk pengguna yang sering menjelajahi alam seperti pendaki gunung, backpacking, memancing, dan aktivitas lainnya.

Ada banyak sekali fitur yang bisa Anda gunakan di aplikasi ini diantaranya kompas, spedometer, kronometer, altimeter, odometer dan yang lainnya.

Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang suka menjelajahi alam dan ingin mendapatkan petunjuk jalan di alam seperti pegunungan maupun lautan.

Download : Polaris GPS Navigation

Penutup

Itulah beberapa aplikasi penunjuk jalan terbaik paling akurat menurut Sipitek, tentunya setiap aplikasi punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing silahkan pilih salah satu aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sipitek sendiri lebih menyarankan Anda untuk menggunakan Google Maps atau Waze karena memang aplikasi ini sudah di gunakan oleh banyak orang dan punya fitur yang cukup lengkap.

Mulai sekarang Anda tidak perlu lagi khawatir tersesat ketika ingin mengunjungi suatu tempat karena dengan aplikasi ini Anda akan dipandu untuk sampai ke lokasi tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top