Anda pasti punya beberapa lagu favorit yang enak di dengarkan namun hanya pada bagian-bagian tertentu saja. Tentunya, mau tidak mau Anda juga harus mendengarkan lagu tersebut mulai dari awal hingga akhir meskipun Anda tidak suka dengan beberapa bagiannya.

Namun mulai sekarang Anda tak perlu memutarnya dari awal, karena saat ini sudah banyak aplikasi pemotong lagu yang bisa kita gunakan di smartphone Android, tentunya tak kalah keren dengan aplikasi yang ada di PC.

Dengan menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi yang akan Sipitek ulas kali ini, Anda bisa membuang bagian-bagian tertentu pada sebuah lagu dan meyimpan bagian yang enak didengarkan saja.

Kalau tujuan Anda menggunakan aplikasi ini hanya untuk membuat nada dering saja, Sipitek lebih merekomendasikan Anda menggunakan aplikasi nada dering yang menyediakan ribuan nada dering yang siap digunakan. Namun, jika itu bukan tujuannya, tidak ada salahnya untuk menggunakan pemotong manual.

Akan tetapi, karena setiap aplikasi menawarkan fitur tambahan yang berbeda-beda, nah supaya Anda bisa memilih aplikasi pemotong lagu yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, yuk simak dulu semua ulasannya.

17 Aplikasi Pemotong Lagu Terbaik di Android

1. MP3 Cutter and Ringtone Maker (Atomic Infoapps)

MP3 Cutter and Ringtone Maker (Atomic Infoapps)

Untuk memotong sebuah lagu nyatanya tidak sesulit seperti yang kita bayangkan selama ini, hanya bermodalkan smartphone Android saja Anda sudah bisa memotong lagu apapun sesuai dengan keinginan Anda menggunakan aplikasi bernama MP3 Cutter and Ringtone Maker.

Dengan menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh Atomic Infoapps ini, Anda bisa memotong bagian terbaik pada sebuah lagu yang memiliki format MP3, WAV, AAC, AMR, dan format musik yang lainnya.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, Anda hanya tinggal menentukan bagian yang ingin dipotong menggunakan satuan detik pada kolom Start dan End yang telah disediakan di bagian bawah aplikasi.

2. Ringtone Maker – MP3 Cutter (MeHillMan)

Ringtone Maker - MP3 Cutter (MeHillMan)

Ringtone Maker – MP3 Cutter hadir dengan fitur yang lengkap dan dikemas dengan antarmuka yang kompak dan praktis. Aplikasi yang diusung oleh MeHillMan ini mendukung beragam format audio, mulai dari MP3, AAC, 3GP, M4A, dan sebagainya.

Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga bisa menentukan bagian yang ingin dipotong dengan mudah menggunakan hitungan milidetik.

Menariknya lagi, Ringtone Maker – MP3 Cutter juga menyediakan fitur perekam suara, sehingga Anda tidak perlu mengunduh aplikasi perekam suara secara terpisah jika memang ingin membuat lagu menggunakan suara yang Anda buat sendiri.

3. MP3 Cutter

MP3 Cutter

Diklaim sebagai aplikasi pemotong lagu terbaik saat ini, MP3 Cutter menjanjikan pengalaman memotong lagu dengan nyaman dan mudah. Dengan menggunakan aplikasi yang dikembangkan Accountlab ini, Anda dapat memotong semua lagu yang tersimpan di kartu SD dengan mudah.

Tidak hanya itu saja, Mp3 Cutter juga dapat terintegrasi dengan fitur pemutar musik, sehingga Anda bisa memutarnya terlebih dahulu sebelum melakukan proses pemotongan. Hasilnya akan secara otomatis tersimpan ke kartu SD, bahkan Anda juga bisa mengatur lagu hasil pemotongan sebagai nada dering.

4. Audio MP3 Cutter Mix Converter

Audio MP3 Cutter Mix Converter

Nyari aplikasi pemotong lagu yang punya banyak fitur? Audio MP3 Cutter Mix Converter merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi yang dikembangkan oleh AppzCloud Technologies ini memang tidak hanya menyediakan fitur untuk memotong lagu saja, namun ada juga beberapa fitur menarik yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Diantaranya fitur penyambung lagu, audio mixing, pengedit metadata, Mp3 converter, dan lain sebagainya. Salah satu fitur yang cukup menarik dari aplikasi yang satu ini adalah fitur penyambung lagu, dengan menggunakan fitur ini Anda bisa menyambungkan beberapa lagu menjadi satu file lagu.

Menariknya lagi Audi MP3 Cutter Mix Converter juga mendukung beragam file musik seperti Mp3, AAC, WAV, dan lain sebagainya, bahkan Anda juga bisa mengatur sample rate lagu mulai dari 32 Kb hingga 192 kb menggunakan fitur Mp3 Converter.

5. MP3 Cutter (Beka)

MP3 Cutter (Beka)

Nyari aplikasi pemotong lagu yang sederhana dan mudah digunakan? MP3 Cutter bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi yang diusung oleh Beka ini hadir dengan tampilan antarmuka yang sangat sederhana dan cukup bersih.

Meskipun demikian, dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga bisa memotong berbagai macam jenis format lagu secara gratis dan tanpa batas.

Menariknya lagi, proses pemotongan yang dilakukan oleh Mp3 Cutter juga cukup cepat, sehingga Anda tak perlu menunggu lama untuk mendengarkan hasilnya. Lagu hasil pemotongan akan secara otomatis disimpan ke dalam folder audio.

6. MP3 Cutter and Ringtone Maker (Recorder & Smart Apps)

MP3 Cutter and Ringtone Maker (Recorder & Smart Apps)

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, MP3 Cutter and Ringtone Maker hadir dengan tampilan antarmuka yang tampak lebih modern dan cukup memanjakan mata, apalagi kalau digunakan pada malam hari.

Aplikasi yang diusung oleh Recorder & Smart Apps ini memang tidak menyediakan banyak fitur tambahan, akan tetapi jika Anda lebih mengandalkan kualitas hasilnya, MP3 Cutter and RIngtone Maker juga wajib Anda pertimbangkan.

Pasalnya, kualitas suara lagu hasil pemotongan dari aplikasi ini tidak akan mengalami perubahan yang signifikan, sehingga Anda juga bisa menikmati lagu tersebut dengan jelas seperti lagu aslinya. Menariknya lagi, fitur perekam suara juga turut disematkan di dalamnya.

7. Video to MP3 Converter – MP3 Cutter and Merger

Video to MP3 Converter - MP3 Cutter and Merger

Salah satu developer aplikasi yang cukup tersohor di Google Play Store juga tak mau kalah dengan developer yang lainnya, Inshot Inc juga punya aplikasi pemotong lagu bernama Video to MP3 Converter.

Kalau dilihat dari namanya, mungkin Anda akan menganggap kalau aplikasi yang satu ini bukanlah aplikasi yang Anda harapkan, namun jangan salah meskipun namanya agak berbeda, akan tetapi Video to MP3 Converter juga punya fitur pemotong lagu.

Selain bisa digunakan untuk mengubah video menjadi musik, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk memotong beragam jenis file musik termasuk MP3 dan AAC. Menariknya lagi, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini juga menyediakan fitur penggabung lagu lho.

8. Audio Cutter Merger Joiner & Mixer

Audio Cutter Merger Joiner & Mixer

Audio Cutter Merger Joiner & Mixer merupakan aplikasi pemotong lagu yang tepat untuk Anda yang menggunakan smartphone dengan spesifikasi terbatas. Pasalnya, aplikasi besutan AndroidRock ini memang cukup ringan, bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 4 MB lho.

Meskipun demikian, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini juga cukup handal, bahkan proses pemotongannya juga terbilang cukup cepat. Tidak hanya itu saja, aplikasi yang mendukung beragam format lagu ini juga dilengkapi dengan fitur perekam suara.

9. MP3 Cutter (302 Lock Screen)

MP3 Cutter (302 Lock Screen)

Kalau dilihat dari namanya, Anda mungkin akan beranggapan kalau aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk menyambungkan dan memotong lagu saja. Akan tetapi nyatanya MP3 Cutter juga menyediakan beragam fitur menarik yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Salah satunya adalah fitur yang dapat digunakan untuk memotong maupun menggabungkan video menjadi satu file, dengan adanya fitur ini tentunya Anda tak perlu menggunakan aplikasi penggabung dan pemotong video secara terpisah.

Menariknya lagi, Anda juga bisa langsung menggunakan hasilnya sebagai nada dering maupun nada notifikasi.

10. WavePad Audio Editor Free

WavePad Audio Editor Free

Sesuai dengan namanya, WavePad Audio Editor Free sebetulnya merupakan aplikasi edit lagu. Akan tetapi, aplikasi besutan NCH Software ini juga menyediakan fitur pemotong lagu yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Tidak hanya itu saja, WavePad Audio Editor Free juga menyediakan beberapa fitur menarik yang dapat digunakan untuk mengedit lagu, seperti penyambung lagu hingga fitur untuk menambahkan efek audio seperti normalize, echo, dan lain sebagainya.

11. Audio Mp3 Cutter

Audio Mp3 Cutter

InShot Inc juga punya aplikasi yang memang dikhususkan untuk memotong lagu yaitu Audio Mp3 Cutter. Aplikasi yang dikemas dengan antarmuka yang cukup modern ini mendukung beragam format lagu populer seperti mp3, m4a, acc, ogg, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, Audio MP3 Cutter juga dilengkapi dengan fitur audio mixer dan fitur untuk menyesuaikan bitrate audio mulai dari 64kb/s hingga 256kb/s. Meariknya lagi, Anda juga bisa langsung menjadikan lagu hasil pemotongan sebagai nada dering.

12. Ringtone Maker – Mp3 Cutter (302 Lock Screen)

Ringtone Maker - Mp3 Cutter (302 Lock Screen)

Nyari aplikasi Android yang bisa digunakan untuk memotong maupun menggabungkan lagu dan video? Aplikasi yang diusung oleh 302 Lock Screen ini wajib Anda pertimbangkan. Pasalnya, Ringtone Maker memang punya fitur pemotong dan penyambung lagu maupun video.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini juga cukup mudah digunakan, Anda hanya tinggal menentukan bagian awal dan akhir dalam hitungan milidetik sesuai dengan bagian yang ingin dipotong.

13. Timbre

Timbre

Timbre merupakan aplikasi yang tepat jika Anda mencari pemotong lagu yang menyediakan beragam fitur. Selain memotong, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini juga bisa digunakan untuk menggabungkan lagu dan video menjadi satu file.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Xeus ini juga hadir dengan fitur Video Converter yang dapat digunakan untuk mengubah file video menjadi audio. Menariknya lagi, Anda juga bisa mengatur kecepatan dan bitrate lagu sesuai keinginan.

14. Lexis Audio Editor

Lexis Audio Editor

Sesuai dengan namanya, Lexis Audio Editor merupakan aplikasi edit lagu yang menawarkan beragam fitur khusus untuk mengedit lagu, tidak hanya fitur untuk memotong saja.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat menambahkan efek normalisasi, mengatur equalizer, mengubah tempo, kecepatan, dan pitch lagu sesuai dengan keinginan.

Menariknya lagi, aplikasi yang dikemas dengan antarmuka yang cukup modern ini juga sudah mendukung beragam format audio, mulai dari mp3, wav, flac, aac, m4a, dan lain sebagainya.

Namun pengguna disarankan menggunakan kartu SD yang masih memiliki ruang kosong kurang lebih sekitar 500 MB supaya aplikasi ini bisa berjalan dengan baik.

15. MP3 Merger MP3 Cutter

MP3 Merger MP3 Cutter

Nyari aplikasi Android yang bisa digunakan untuk memotong dan menyambungkan lagu? MP3 Merger MP3 Cutter merupakan aplikasi yang wajib Anda coba. Sesuai dengan namanya, selain bisa digunakan untuk memotong, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menggabungkan beberapa lagu menjadi satu file.

Aplikasi yang hadir dengan dengan pustaka FFmpeg ini juga dikemas dengan antarmuka yang sederhana dan mampu memproses penyambungan dan penggabungan lagu dengan cepat. Tak perlu khawatir kinerja smartphone terganggu, karena MP3 Merger MP3 Cutter sangatlah ringan, ukurannya saja tidak lebih dari 3 MB lho.

16. AndroSound Audio Editor

AndroSound Audio Editor

AndroSound Audio Editor bukan hanya sekedar aplikasi pemotong lagu yang dapat digunakan untuk membuat nada dering saja, akan tetapi aplikasi besutan Zeoxy ini menyediakan beragam fitur menarik yang dapat digunakan untuk mengedit lagu, seperti penyambung lagu, efek echo, ubah tempo, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, aplikasi yang mendukung beragam format audio ini juga menyediakan fitur untuk mengedit IDtags, dengan adanya fitur ini Anda bisa melengkapi informasi lagu dengan mudah mulai dari nama penyanyi, hingga menambahkan foto album ke dalam lagu tersebut.

17. Ringtone Maker and MP3 Cutter (Big Bang Inc)

Ringtone Maker and MP3 Cutter Big Bang

Aplikasi pemotong lagu terbaik yang terakhir pilihan Sipitek adalah Ringtone Maker and MP3 Cutter. Aplikasi yang diusung oleh Big Bang Inc ini memang tak sepopuler seperti aplikasi sebelumnya, namun jika Anda mencari aplikasi yang ringan Ringtone Maker and Mp3 Cutter juga wajib Anda pertimbangkan.

Meskipun ukurannya hanya sekitar 3 MB saja, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 500 ribu ini menyediakan beragam fitur menarik tidak hanya pemotong lagu saja, diantaranya fitur untuk mengatur volume dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, Ringtone Maker and MP3 Cutter juga dikemas dengan antarmuka yang cukup modern dan sederhana, sehingga Anda tidak akan kesulitan saat menggunakannya.

Itulah deretan aplikasi pemotong lagu terbaik yang bisa Anda gunakan secara gratis di smartphone Android. Dengan menggunakan salah satu aplikasi yang ada di atas, sekarang Anda bisa memotong lagu kapan saja dan di mana saja melalui smartphone Android. Jadi aplikasi mana yang akan Anda gunakan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here