aplikasi edit lagu

Tidak bisa dipungkiri, hampir semua orang pasti suka mendengarkan musik.

Tapi masalahnya tidak semua lagu enak didengarkan, hal inilah yang terkadang membuat pendengarnya berangan-angan untuk mengkreasikan lagu tersebut.

Entah itu menambahkan suara alat musik lain atau mengatur equalizer dari lagu tersebut.

Namun terkadang, karena keterbatasan perangkat yang kita miliki, kita tidak bisa menuangkan kreasi lagu yang ada di dalam pikiran.

Akan tetapi mulai sekarang kamu tidak perlu berkecil hati, karena sudah banyak aplikasi edit lagu yang bisa kamu gunakan di smartphone Android.

Soal kualitas dan kelengkapan fiturnya, tidak kalah dengan aplikasi yang ada di perangkat komputer.

Namun, tentunya tidak semua aplikasi layak untuk digunakan.

Nah untungnya di sini Sipitek telah mengumpulkan aplikasi edit lagu yang terbaik yang menawarkan beragam fitur canggih.

Penasaran kan? Yuk langsung saja simak…

15 Aplikasi Edit Lagu Terbaik di Android

Setiap aplikasi tentunya memiliki fitur dan kecanggihan yang berbeda-beda.

Nah biar kamu bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu, silahkan simak dulu semua ulasannya.

1. MP3 Cutter and Ringtone Maker

mp3 cutter and ringtone maker

Aplikasi edit lagu pertama yang Sipitek rekomendasikan adalah MP3 Cutter and Ringtone Maker.

Sesuai dengan namanya, dengan menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh Atomic Infoapps ini kamu bisa memotong bagian-bagian tertentu pada lagu sesuai keinginan.

Selain itu, lagu yang berhasil di edit juga bisa digunakan sebagai ringtone lho.

Entah itu ringtone alarm, notifikasi, dan lain sebagainya.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 50 juta kali ini mendukung berbagai macam format musik, diantaranya MP3, WAV, ACC, AMR, dan format musik yang lainnya.

Kamu juga tidak perlu khawatir aplikasi ini membebani kinerja smartphone, karena memang aplikasi ini sangat ringan, ukurannya saja tidak lebih dari 1 MB lho.

2. Music Volume EQ: Bass Booster & Equalizer

music volume eq

Kalau kamu sering mendownload lagu di internet pasti kamu pernah menemukan lagu-lagu dengan kualitas suara yang buruk.

Tentunya lagu tersebut jadi kurang enak saat didengarkan.

Apabila kamu punya banyak koleksi lagu dengan kualitas suara yang rendah, Music Volume EQ merupakan aplikasi edit lagu yang tepat buat kamu.

Pasalnya, aplikasi yang diusung Dub Studio Production ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas suara musik lho.

Tidak hanya itu saja, Music Volume EQ juga dibekali dengan beragam fitur pengedit canggih yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Diantaranya fitur VU meter, equalizer 5 band, amplifier, bass bosster, virtualizer 3D, kontrol volume, dan sebagainya.

Bagaimana kalau kita tidak bisa menyesuaikan equalizer sendiri?

Tidak perlu khawatir, karena aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 50 juta kali ini memiliki 9 preset equalizer yang siap digunakan.

3. Audio MP3 Cutter Mix Converter

audio mp3 cutter mix converter

Audio MP3 Cutter Mix Converter merupakan aplikasi edit lagu yang dibekali dengan fitur yang cukup lengkap.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa memotong lagu, menggabungkan lagu, membuat ringtone, mengedit metadata lagu, dan sebagainya.

Aplikasi yang diusung oleh AppZcloud Technologies ini mendukung sebagian besar format lagu, diantaranya MP3, AAC, WAV, M4A, dan sebagainya.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang telah diunduh oleh lebhi dari 10 juta kali ini juga dibekali dengan fitur audio mixing yang bisa kamu gunakan untuk menggabungkan dua lagu untuk membuat lagu remix.

Menariknya lagi, aplikasi ini juga punya fitur untuk mengkonversi format MP3 ke format yang lain, bahkan kamu juga bisa memilih sample rate sendiri sesuai keinginan.

4. Music Maker JAM

music maker jam

Sebagai pengembang, JAM Just Add Music GmbH mengklaim kalau aplikasi besutannya ini merupakan aplikasi edit lagu terbaik saat ini.

Tentunya ini bukan tanpa alasan, pasalnya Music Maker JAM dilengkapi dengan beragam fitur yang dapat digunakan untuk mengedit lagu secara detail.

Music Maker JAM punya lebih dari 300 Mix dan 500 loop dalam berbagai genre, seperti EDM, house, hip-hop, jazz, dubstep, dan sebagainya.

Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan aplikasi ini kamu juga bisa mengedit lagu, menyesuaikan tempo dan harmoni, hingga menambahkan efek lagu secara real-time.

5. edjing Mix: DJ music mixer

edjing mix

Ingin mengedit lagu ala musik DJ? edjing Mix merupakan aplikasi yang tepat buat kamu.

Yap, sesuai dengan namanya, aplikasi yang diusung oleh MWM ini memang dirancang secara khusus untuk membuat musik DJ.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu juga bisa memilih lagu yang tersimpan di memori smartphone atau bisa juga menggunakan lagu yang telah disediakan.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur yang cukup menarik.

Diantaranya yaitu fitur untuk mendeteksi BPM lagu, loops 1/4 sampai 8, equalizer dengan 3 band dan gain, serta lebih dari 20 sampel musik dalam berbagai macam genre.

6. MP3 Cutter and Ringtone Maker (Lakshmanan)

mp3 cutter and ringtone maker

Namanya memang hampir mirip dengan aplikasi yang pertama, akan tetapi fitur yang di dalam aplikasi ini memiliki perbedaan.

Sesuai dengan namanya, Aplikasi yang dikembangkan oleh Lakshmanan Anbalagan ini bisa kamu gunakan untuk memotong lagu dan membuat ringtone.

Aplikasi edit lagu yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali ini mendukung berbagai macam format lagu, diantaranya MP3 WAV, AAC, dan sebagainya.

Menariknya, semua fitur yang ada di MP3 Cutter and Ringtone Maker bisa kamu gunakan secara gratis, karena memang aplikasi ini tidak menyediakan fitur berbayar.

7. DJ Studio 5 – Free music mixer

dj studio 5

Sesuai dengan namanya, DJ Studio 5 merupakan aplikasi edit lagu yang cocok untuk para pecinta musik DJ.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa melakukan mixing lagu secara gratis sesuai keinginan.

Aplikasi yang diusung oleh Beatronik ini menyediakan beragam fitur yang dapat membantu kamu untuk membuat lagu DJ dengan mudah.

Fitur-fitur menarik yang ada di aplikasi DJ Studio diantaranya yaitu 8 efek suara, 3 band equalizer, loop, auto-mix, live spektrum, dan sebagainya.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali ini juga memiliki desain yang tampak seperti alat DJ sungguhan lho.

8. Star Music Tag Editor

star music tag editor

Berbeda dengan aplikasi edit lagu sebelumnya, dimana mereka memiliki kemampuan untuk mengubah suara lagu.

Kalau aplikasi yang satu ini kamu tidak bisa menggunakannya untuk memodifikasi suara lagu.

Akan tetapi aplikasi ini dapat digunakan untuk melengkapi berbagai macam informasi lagu, seperti judul lagu, sampul album, artis, album, lirik, dan sebagainya.

Dengan menggunakan Star Music Tag Editor kamu bisa menyesuaikan informasi tersebut sesuai keinginan.

Misalnya, kalau kamu punya lagu favorit kamu bisa menggunakan foto sendiri untuk dijadikan sebagai sampul album dari lagu tersebut.

Fitur yang keren dari aplikasi ini adalah fitur untuk menambahkan lirik.

Dengan adanya fitur ini kamu bisa memasukkan lirik lagu supaya bisa tampil saat lagu diputar.

9. Cross DJ Free – dj mixer app

Cross DJ Free

Aplikasi edit lagu DJ yang telah dibahas sebelumnya kurang memuaskan? cobalah untuk menggunakan Cross DJ Free.

Cross DJ Free merupakan aplikasi DJ yang dibekali dengan berbagai macam fitur yang dibutuhkan dalam membuat musik DJ.

Kalau kamu mencari pembuat musik DJ yang menyediakan fitur lengkap, aplikasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu.

Beberapa fitur menarik dari Cross DJ Free diantaranya pendeteksi BPM yang akurat, automix, mixer eksternal, loop, pitch, dan sebagainya.

Dengan menggunakan aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 5 juta kali ini, kamu juga bisa menggunakannya untuk meningkatkan kualitas suara dari sebuah lagu.

Tampilan dari aplikasi ini juga cukup intuitif dan interaktif, sehingga kamu tidak akan mudah bosan saat menggunakannya.

10. Mp3 Cutter & Merger

Mp3 Cutter Merger

Lagi nyari aplikasi edit lagu yang hanya bisa digunakan untuk menggabungkan dan memotong lagu saja? MP3 Cutter & Merger adalah aplikasi yang tepat.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang tidak menyediakan fitur yang lengkap seperti aplikasi sebelumnya.

Akan tetapi jika kamu hanya ingin memotong atau menggabungkan lagu saja, Mp3 Cutter & merger merupakan aplikasi yang wajib kamu pertimbangkan.

Pasalnya, selain memiliki ukuran yang cukup kecil, aplikasi yang diusung oleh Igost Technologies Pvt Ltd ini juga cukup mudah digunakan lho.

11. Music Speed Changer

Music Speed Changer

Music Speed Changer merupakan aplikasi edit lagu yang dapat digunakan untuk mengubah kecepatan lagu (BPM) hingga 500% dari kecepatan aslinya.

Akan tetapi, aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 1 juta kali ini juga punya beberapa fitur menarik lho.

Salah satunya adalah fitur untuk menaikkan atau menurunkan nada sebuah lagu.

Bagi kamu yang hobi bernyanyi, fitur ini akan membantu kamu untuk menentukan nada yang tepat sesuai dengan kemampuan kamu.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang diusung oleh Single Mided Productions, LLC. ini juga dilengkapi dengan equalizer 8 band yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kualitas suara lagu.

12. Timbre

aplikasi pemotong video android terbaik

Timbre merupakan aplikasi edit lagu gratis yang dapat digunakan untuk memotong, menggabungkan, dan mengkonversi file audio maupun video.

Kalau kamu punya video musik hasil download dari YouTube, dimana kamu hanya membutuhkan suara musiknya saja, kamu bisa menggunakan aplikasi ini supaya file video tersebut berubah menjadi file musik.

Dengan mengkonversinya menjadi file musik, selain bisa menghemat baterai kamu juga bisa menghemat ruang penyimpanan.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang diusung oleh Xeus ini juga punya fitur untuk mengubah bitrate dan kecepatan lagu maupun video.

13. Caustic 3

aplikasi edit lagu caustic 3

Pernah menggunakan aplikasi FL Studio yang ada di komputer? nah bisa dibilang, Caustic 3 merupakan FL Studio versi Android.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Single Cell Software ini menyediakan lebih dari 14 fitur yang dapat digunakan untuk memodifikasi lagu.

Diantaranya Subsynth, PCMSynth, bassline, Beatbox, Modular, Organ, dan sebagainya.

Tidak hanya itu saja, Caustic 3 juga punya 20 jenis efek lagu yang bisa kamu gunakan secara gratis.

14. Lexis Audio Editor

lexis audio editor

Lexis Audio Editor merupakan salah satu aplikasi edit lagu yang memiliki desain antarmuka sederhana dan intuitif.

Aplikasi besutan Pamsys ini juga dilengkapi dengan beragam fitur, diantaranya fitur untuk merekam lagu, memotong, normalisasi, mixing, kompresor, ubah tempo dan kecepatan, dan sebagainya.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 1 juta kali ini juga menyediakan 10 band equalizer yang bisa disesuaikan sesuka hati.

15. BandLab

bandlab

Aplikasi edit lagu yang terakhir yang wajib kamu pertimbangkan adalah BandLab.

Yang paling menonjol dari aplikasi ini adalah tampilannya yang cukup modern dan penuh warna.

BandLab menyediakan beragam fitur gratis yang dapat digunakan untuk mengedit lagu, diantaranya fitur untuk menambahkan suara alat musik yang lain, membuat melodi, dan sebagainya.

Tidak hanya itu saja, BandLab juga menyediakan kanal untuk bersosialisasi dengan pencinta musik dari berbagai belahan dunia.

Bahkan kalau mau, kamu juga bisa berkolaborasi dengan mereka.

Akhir Kata

Nah itulah deretan aplikasi edit lagu terbaik yang berhasil Sipitek rangkum.

Semua aplikasi di atas bisa kamu gunakan secara gratis di smartphone Android.

Dengan menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi yang telah Sipitek ulas, kamu sekarang bisa mengedit lagu dimana saja dan kapan saja.

Jadi, aplikasi yang mana nih yang akan kamu pakai?

Hobi membaca dan menulis berbagai hal seputar teknologi terutama games, aplikasi, dan smartphone. Mulai aktif menulis pada tahun 2015, pada tahun 2016 ia mencoba merintis karir didunia tulis-menulis dengan serius dan mendirikan Sipitek.com.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here