Tips & Trik

Cara Menampilkan Lirik Lagu di Xiaomi Tanpa Aplikasi

cara menampilkan lirik lagu di xiaomi

Mendengarkan musik merupakan salah satu cara sederhana untuk menenangkan pikiran yang sedang stres. Pasti Kamu pernah merasakan ketika pikiran stres dengan mendengarkan musik terutama musik santai lambat-laun stres menjadi hilang.

…Ini bukan kebetulan lho.

Mendengarkan musik memang bisa memberikan efek positif  bagi tubuh entah itu secara fisik maupun mental. University of Gothenburg pernah melakukan penelitian dan hasilnya memang terbukti mendengarkan musik favorit setiap hari bisa menurunkan stres.

Dulu untuk mendengarkan musik kita perlu menggunakan perangkat pemutar musik seperti MP3 Player, DVD, dan lainnya akan tetapi saat ini sebagian besar smartphone sudah dilengkapi dengan fitur pemutar musik sehingga kamu bisa mendengarkan musik dimana saja dan kapan saja.

Akan tetapi tidak bisa dipungkiri pada saat mendengarkan musik terkadang kita terpancing dengan alunan nada musik yang indah untuk ikut bernyanyi, bagi kamu yang hafal dengan lirik lagu yang sedang kamu dengarkan tentu saja kamu bisa langsung bernyanyi.

Tapi bagaimana jadinya jika kamu tidak hafal dengan lirik lagu tersebut padahal lagunya enak banget?

Untungnya saat ini beberapa vendor smartphone sudah dilengkapi dengan aplikasi pemutar musik yang dapat menampilkan lirik lagu.

Salah satunya adalah smartphone dari perusahaan asal Cina, Xiaomi. Aplikasi pemutar musik bawaan Xiaomi sudah dilengkapi dengan fitur yang mampu menampilkan lirik lagu lho, akan tetapi tidak bisa dipungkiri masih banyak orang yang belum tau cara menampilkan lirik lagu di smartphone Xiaomi yang mereka gunakan.

Sebetulnya caranya sangat mudah, akan tetapi bagi kamu yang baru menggunakan smartphone Xiaomi mungkin akan merasa kesulitan untuk menampilkannya karena memang ada langkah-langkah yang harus kamu lakuakn terlebih dahulu.

Oleh karena itu kali ini Sipitek akan memberikan panduan tentang cara menampilkan lirik lagu di Xiaomi tanpa aplikasi, cara ini bisa kamu gunakan di semua tipe atau seri Xiaomi mulai dari Redmi 4X, 4A, 3S ataupun seri yang lainnya entah itu di MIUI 7, 8, ataupun 9.

Bagaimana Cara Menampilkan Lirik Lagu di Xiaomi?

Caranya cukup mudah!

Di sini Sipitek akan menjelaskannya secara lengkap, meskipun kamu pengguna baru yang menggunakan Xiaomi setelah mengikuti panduan ini pasti lirik lagu favoritmu akan muncul.

Untuk menampilkan lirik lagu di aplikasi pemutar musik bawaan Xiaomi kamu perlu melakukan beberapa langkah terlebih dahulu karena lirik lagu tidak akan muncul secara otomatis.

Pada panduan kali ini saya menggunakan smartphone Xiaomi Redmi 4X yang sudah menggunakan versi MIUI terbaru yaitu MIUI 9.

Mari kita mulai!

1. Download File Lirik Lagu (.lrc)

Tahap pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh file lirik lagu terlebih dahulu karena pemutar musik bawaan Xiaomi memang tidak bisa mencari lirik lagu secara otomatis, jadi di sini kita perlu mengunduhnya secara manual.

Ada beberapa cara yang bisa Kamu gunakan untuk mendownload file lirik lagu yaitu menggunakan aplikasi yang memang menyediakan file lirik lagu atau bisa juga tanpa aplikasi dengan mendownload langsung di situs penyedia file lirik lagu.

Akan tetapi di sini kita akan mendownloadnya langsung di situs penyedia lirik lagu alias tanpa aplikasi.

Begini caranya:

Silahkan buka situs penyedia file lirik lagu di alamat : https://www.megalobiz.com/lrc/maker/download-music-lyrics-lrc-generated-files

download lirik lagu

1. Kemudian tulis judul lagu di bagian Quick Search tulis judul lagu yang ingin kamu download liriknya, sebagai contoh di sini saya mencari lirik lagu Havana.

2. Apabila lirik tersebut tersedia maka akan muncul tampak seperti gambar di atas, selanjutnya pilih tombol Download yang berwarna hijau.

Sampai di sini file lirik lagu akan mulai di download file ini menggunakan format .lrc, tunggu sampai proses download selesai.

2. Menampilkan Lirik di Pemutar Musik

Apabila file lirik .lrc sudah berhasil di download kita juga perlu menampilkannya secara manual karena pemutar musik Xiaomi tidak bisa mencarinya secara otomatis.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena caranya cukup mudah, di sini saya menggunakan pemutar musik versi terbaru jika Anda masih menggunakan versi yang lama silahkan menyesuaikan saja karena caranya tidak jauh beda.

Silahkan simak caranya berikut ini:

1. Buka aplikasi pemutar musik bawaan Xiaomi setelah itu pilih bagian Musik saya kemudian putar lagu yang ingin di tampilkan lirik lagunya, sebagai contoh di sini saya memilih Camila Cabello Havana.

pemutar musik xiaomi

2. Setelah musik di putar pilih bagian judul musik yang mengambang di bagian bawah layar agar di arahkan ke halaman pemutar musik sesuai dengan musik yang sedang di putar seperti gambar di bawah yang tengah.

Setelah itu silahkan geser ke samping kiri di bagian tengah pemutar musik, nanti akan muncul notifikasi mengenai lirik seperti gambar di bawah paling kanan “Tekan & tahan untuk pilih berkasi lirik lokal”.

Silahkan tekan dan tahan tulisan tersebut untuk masuk ke bagian info lagu.

pengaturan info lagu

3. Setelah masuk ke bagian untuk mengubah info lagu seperti gambar di bawah paling kiri, silahkan pilih tulisan Pilih berkas lirik lokal.

Selanjtunya silahkan pilih file lirik yang telah Anda download sebelumnya kemudian centang file tersebut lalu pilih Oke, sebagai contoh di sini saya memilih file lirik Havana by Camila Cabello.lrc.

Jika sudah pilih ikon centang ✓ yang ada di pojok kanan atas halaman.

memasukkan lirik

4. Sampai di sini seharusnya lirik sudah tampil, kurang lebih tampak seperti gambar di bawah.

memutar musik dengan lirik

Bagaimana mudah bukan?

Penutup

Itulah cara yang bisa Anda gunakan untuk menampilkan lirik lagu di pemutar musik bawaan Xiaomi tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.

Jadi intinya Kamu harus mendownload terlebih dahulu file lirik lagu dari lagu yang ingin kamu tampilkan liriknya karena aplikasi pemutar musik Xiaomi ini tidak bisa mencarinya secara otomatis.

Jika Kamu ingin menampilkan lirik lebih dari satu lagu maka Kamu harus mendownload dan menampilkannya secara manual satu per satu seperti langkah-langkah di atas. Demikian artikel kali ini, semoga membantu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top