Internet

20 Situs Download Lagu Gratis Terbaik : Terbaru 2018

Situs download lagu gratis terbaik

Salah satu cara asik untuk bersantai adalah sambil mendengarkan musik, meskipun ada kopi hangat yang menemani tentu kurang lengkap rasanya jika Anda tidak sambil mendengarkan musik atau lagu-lagu favorit Anda.

Apalagi jika tempat bersantai Anda benar-benar memanjakan pikiran.

Akan tetapi tidak bisa dipungkiri ketika seseorang ingin memutar musik kesayangannya mereka tidak punya lagu tersebut, mungkin juga termasuk Anda.

Oleh karena itu kali ini Sipitek telah merangkum beberapa situs tempat download lagu MP3 yang memiliki ribuan koleksi lagu dari berbagai genre musik mulai dari musik Rock, Pop, hingga Dangdut Koplo khas Indonesia.

Akan tetapi dari sekain banyak situs yang telah saya temukan, saya hanya akan memasukkan sebagian situs yang terbaik saja dengan mempertimbangkan kemudahan mendownload dan kelengkapan koleksi lagu dari situs tersebut.

Jadi jika Anda ingin mengoleksi lagu dari artis Indonesia maupun Barat Anda tidak perlu ribet mencari situs sendiri karena di sini saya telah mengumpulkannya.

Beberapa situs yang saya ulas di bawah juga memiliki koleksi lagu dengan kualitas HD yang membuat lagu menjadi lebih jernih dan suara bass yang sangat menggelegar.

Ulasan 20 Situs Download Lagu

Berikut ini 20 situs download lagu terbaik yang punya koleksi ribuan lagu dari berbagai genre musik yang mungkin menjadi pilihan terbaik Anda.

Ada baiknya baca terlebih dahulu situs-situs yang kami ulas karena setiap situs punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing agar Anda bisa memilih situs yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. PlanetLagu

planetlagu

PlanetLagu merupakan situs yang cukup sederhana dan memiliki navigasi yang cukup mudah digunakan sehingga Anda mungkin akan lebih mudah untuk menemukan lagu yang Anda cari.

Anda bisa mencarinya berdasarkan genre musik atau berdasarkan huruf pertama nama artis yang menyanyikan lagu tersebut.

Di sana terdapat beberapa genre musik yang bisa Anda temukan mulai dari Pop, Rock, Jazz, hingga musik dangdut khas Indonesia.

Berbeda dengan situs-situs sejenisnya di PlanetLagu Anda tidak hanya bisa menemukan lagu-lagu yang bisa di download saja namun situs ini juga menyediakan profil artis dan lirik lagu mulai dari lagu Indonesia, Barat, hingga Korea ada di situs ini.

Alamat situs: http://www.planetlagu.blog

2. STAFABAND

Stafaband

Stafaband merupakan situs yang sudah hadir sejak lama menyediakan lagu-lagu yang bisa di download.

Situs yang satu ini terbilang cukup sederhana dan sangat ringan akan tetapi navigasi situs yang kurang sempurna terkadang ketika pengguna memilih tombol Download bukan diarahkan ke halaman download tapi ke halaman lain yang tidak ada hubungannya.

Namun jika Anda sudah terbiasa menggunakan situs ini pasti akan jadi lebih mudah.

Stafaband menyediakan musik dari berbagai macam jenis genre mulai dari Hiphop, Electronic, Remix, Pop, Reggae, hingga lagu daerah ada di sini.

Alamat situs: http://stafabband.info

3. MusicPleer

Musicpleer

Apabila Anda sedang mencari lagu-lagu barat dari artis-artis ternama Anda bisa menggunakan situs yang satu ini.

MusicPleer punya segudang koleksi lagu yang bisa Anda dengarkan secara streaming ataupun untuk di download.

Meskipun MusicPleer tidak menyediakan fitur kategori musik namun Anda bisa menemukan lagu yang Anda cari dengan mudah lewat fitur pencarian yang ada di bagian atas situs.

Sayangnya situs yang satu ini tidak menyediakan lagu dari Indonesia karena hampir semua lagu yang ada di situs ini memang karya dari musisi barat.

Alamat situs: https://musicpleer.bz

4. MP3Juice

Mp3juices

Mau musik Indonesia, Barat, Korea, bahkan musik India sekalipun bisa Kamu temukan di situs yang satu ini.

Ya MP3Juice merupakan situs yang punya jutaan koleksi lagu yang di ambil dari tujuh sumber yaitu Youtube, Soundcloud, VK, Yandex, 4Shared, PromoDJ, dan Archive.

Jadi hampir semua lagu yang ada di situs-situs tersebut bisa Anda temukan dengan mudah di situs ini, meskipun MP3Juice tidak menyediakan navigasi yang lengkap namun Anda bisa mencari musik yang Anda cari dengan mudah lewat kolom pencarian.

Selain itu di situs ini Anda juga bisa dengan mudah mendownload musik yang Anda cari, karena pada saat Anda memilih lagu yang Anda cari nanti akan secara otomatis muncul tombol Play dan Download yang saling berdekatan.

Jika Anda kurang yakin dengan lagu tersebut Anda bisa memutar lagu terlebih dahulu dengan menekan tombol Play, jika sudah yakin tinggal tekan tombol Download.

Alamat situs: https://www.mp3juices.cc

5. MP3Skull

MP3Skull

Situs yang punya slogan “Mesin Pencari Musik” ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2010 sampai sekarang masih bisa Anda gunakan.

Akan tetapi menurut kabar yang beredar situs MP3Skull asli sudah tidak aktif atau menghilang sejak tahun 2016, namun ada juga kabar yang menyebutkan situs ini masih aktif tetapi sudah ganti alamat menggunakan domain baru.

Di sini Sipitek juga tidak bisa menjamin bahwa situs ini benar-benar situs asli MP3Skull, namun fitur yang dihadirkan situs ini tidak kalah canggih dengan situs aslinya.

Sama seperti MP3Juice, MP3Skull juga mengambil musik dari situs lain diantaranya SoundCloud, Youtube, Last.fm, VK, Goear, dan lainnya.

Yang membedakannya di MP3Skull Anda bisa mendownload lagu dengan kualitas bitrate musik yang berbeda-beda mulai dari 64 kbps hingga 320 kbps.

Semakin besar bitrate musik yang Anda pilih maka akan semakin bagus pula kualitas suara yang dihasilkan lagu tersebut, begitu juga sebaliknya.

Akan tetapi Anda mungkin harus sedikit bersabar ketika membuak situs MP3Skull karena situs ini punya iklan pop up yang seringkali membuka tab baru pada browser.

Alamat situs: https://www.mp3skulls.cool

6. BeeMP3

BeeMP3

Selain MP3Skull dan MP3Juice ada juga BeeMP3 situs mesin pencari musik yang perlu Anda coba. Situs ini punya tampilan yang lebih menarik jika dibandingkan dengan kedua situs sebelumnya.

Untuk mencari musik yang akan di download Anda hanya tinggal mengetik judul lagu atau nama penyanyi pada kolom yang telah di sediakan nanti hasilnya akan tampil secara otomatis.

Selain tampilan situs yang terbilang cukup menarik BeeMP3 juga menawarkan kemudahan untuk mendownload atau mendengarkan lagu secara langsung.

Semua genre musik yang Anda cari mulai dari Dangdut Koplo, Reggae, Pop, Rock, Jazz, dan genre musik yang lainnya bisa Anda temukan di sini.

Selain bisa di gunakan untuk mendownload musik, situs ini juga menyediakan alat untuk memotong lagu secara online bernama MP3Cutter.

Alamat situs: https://beemp3s.net

7. LaguAZ

LaguAZ

Interaktif, menarik, namun tetap terlihat sederhana. Ini yang pertama kali terlintas di pikiran saya ketika mengunjungi situs LaguAZ.

Kalau dilihat dari tampilan dan navigasi situs tidak ada yang perlu dikomentari lagi karena memang sudah sangat memudahkan pengunjung untuk menemukan lagu yang mereka cari.

LaguAZ lebih banyak mengoleksi lagu Indonesia saja namun ada juga beberapa musik dari penyanyi Barat dan Korea yang bisa Anda temukan di situs ini.

Ada banyak sekali jenis genre lagu yang bisa Anda temukan di situs ini mulai dari lagu Hiphop, Pop, Religi, Dance, Rock, Keroncong, Dangdut, bahkan Lagu Wajib Nasional pun bisa Anda temukan di situs ini.

Di situs ini Anda juga bisa dengan mudah untuk mendownload lagu yang Anda cari atau bisa juga mendengarkannya secara online.

Pada saat pertama kali Anda memilih lagu Anda akan langsung di arahkan ke halaman pemutaran lagu yang punya banyak fitur seperti informasi lagu ataupun biografi penyanyi lagu tersebut.

Bahkan jika Anda mendengarkan langsung secara online Anda bisa sambil karaoke lho, jika Ada tidak hafal lirik lagu tersebut tenang saja karena situs ini juga menyediakan lirik lagu beserta Chord-nya.

LaguAZ selalu menghadirkan daftar lagu-lagu terbaru yang bisa Anda temukan di sebelah kanan pada halaman awal situs, jadi Anda tidak akan ketinggalan update lagu-lagu baru lagi.

Alamat situs: http://laguaz.net

8. Free Music Archive

Free Music Archive

Free Music Archive merupakan situs yang menyediakan lagu bebas hak cipta alias legal, Anda bisa menggunakan musik di situs yang satu ini untuk video Youtube ataupun konten lain yang dipublikasikan.

Sesuai dengan slogan situs yang terpampang, situs ini tidak hanya menyediakan musik gratis saja namun Anda juga akan menemukan musik-musik berkualitas.

Anda bisa langsung mendownload koleksi lagu yang ada di Free Music Archive tanpa harus membuat akun terlebih dahulu, namun jika Anda ingin berinteraksi dengan pendengar musik lainnya Anda perlu membuat akun di situs ini.

Ada sekitar 16 genre musik yang bisa Anda temukan di sini beberapa diantaranya yaitu Blues, Classic, Electronic, Hip-hop, Instrumental, Pop, Rock, Soul-RnB dan lainnya.

Selain itu situs ini juga menawarkan kemudahan untuk mendownload koleksi lagunya karena setiap lagu sudah dilengkapi dengan tombol download yang bisa di temukan dengan mudah bahkan Anda bisa langsung mendownload satu album sekaligus.

Anda juga bisa menemukan lagu paling laris setiap minggu, bulan, hingga sepanjang waktu.

Alamat situs: http://freemusicarchive.org

9. Jamendo

Jamendo

Semua musik yang ada di situs Jamendo memiliki lisensi Creative Common, semua seniman yang membuat lagu di situs Jamendo telah sepakat bahwa musik hasil karyanya boleh untuk dinikmati semua orang.

Anda bisa dengan mudah menemukan musik terbaik, terpopuler, dan musik baru di situs Jamendo.

Selain itu Anda bisa juga mencarinya berdasarkan genre, ada 19 genre musik yang tersedia di situs ini beberapa diantaranya yaitu Pop, Rock, House, Metal, Indi, Latin dan yang lainnya.

Selain itu Jamendo juga menyediakan radio streaming yang mungkin saja bisa membantu Anda untuk menemukan musik yang sesuai, karena musik yang diputar memang musik-musik unggulan.

Anda juga bisa mendengarkan musik secara langsung atau bisa juga mendownloadnya dengan mudah karena setiap musik tersedia tombol download yang cukup mudah ditemukan.

Jika Anda suka dengan situs yang satu ini Anda bisa mengunduh aplikasinya, tersedia untuk perangkat Android, iOS, dan Windows.

10. Noise Trade

Noise Trade

Jika Anda sedang mencari ribuan musik legal yang bisa di unduh secara gratis mungkin situs Noise Trade ini perlu Anda kunjungi.

Akan tetapi di situs ini Anda tidak akan bisa mendownload dan mendengarkannya secara langsung, Anda juga hanya bisa mendengarkan musik sebagian saja.

Agar Anda bisa mendownload dan mendengarkan musik sampai habis Anda perlu Login terlebih dahulu, bisa menggunakan akun Facebook atau bisa juga melalui email.

Di situs ini Anda juga bisa menemukan lagu yang sedang populer dan paling banyak di unduh. Ada juga daftar genre yang bisa Anda pilih untuk mempermudah pencarian lagu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain lagu, Noise Trade juga menyediakan ebook dengan beragam kategori yang bisa di unduh secara gratis.

Alamat situs: https://www.noisetrade.com

11. Internet Archive’s Audio Liblary

Internet Archives Audio

Di Internet Archive’s Audio Liblary Anda tidak hanya bisa menemukan jutaan musik gratis saja namun Anda juga bisa menemukan file yang berkaitan dengan audio seperti prodcast, program radion, dan lainnya.

Meskipun koleksi lagunya terbilang sangat banyak namun Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengurutkan musik yang ingin dicari berdasarkan musik yang paling banyak dilihat, tanggal publikasi, bahasa, genre musik dan lainnya.

Di situs ini Anda tidak hanya akan menumkan musik dengan format MP3 saja namun ada juga bisa menemukan format musik ogg dan m3u.

Alamat situs: https://archive.org/details/audio

12. SoundClick

Soundclick

SoundClik merupakan situs portal yang bisa Anda gunakan untuk menemukan musik gratis yang bersumber dari situs web artis tersebut.

Tampilan situs yang sederhana dan navigasi yang tertata dengan baik mungkin akan mempermudah Anda menemukan musik yang Anda cari.

Anda juga bisa menemukan musik paling populer di situs ini pada bagian sebelah kanan halaman awal situs.

Ada lebih dari 5,2 juta musik yang tersedia di situs ini namun tidak semua musik bisa Anda unduh secara gratis.

Ada seniman yang tidak memperbolehkan karyanya di unduh namun bisa di dengarkan secara langsung, ada juga seniman yang menjual musiknya di situs ini.

Tapi ada banyak juga musik-musik yang bisa Anda unduh sepenuhnya secara gratis di situs SounClick ini.

Alamat situs: https://www.soundclick.com

13. CCTrax

CCTrax

CCTrax punya banyak koleksi lagu yang bisa di unduh secara gratis mulai dari genre techno, electronica, house, dan genre lainnya.

Selain bisa mendangarkan musik secara langsung Anda juga bisa mendownload lagu yang tersedia di situs ini tanpa harus login atau membuat akun terlebih dahulu, bahkan Anda juga bisa langsung mendownload musik satu album sekaligus.

Sebagian besar musik yang tersedia di situs ini bisa Anda unduh dengan format MP3 akan tetapi ada juga beberapa musik yang memiliki opsi tambahan dimana Anda bisa mengunduhnya dalam format FLAC.

Alamat situs: https://cctrax.com

14. Musopen

Musopen

Jika Anda penggemar musik klasik Musopen adalah situs yang tepat untuk menemukan musik favorit Anda. Semua musik yang tersedia di Musopen bisa Anda dengarkan secara langsung atau bisa juga di download secara gratis.

Akan tetapi jika Anda ingin mendownloadnya Anda harus login terlebih dahulu ke situs tersebut, apabila belum memiliki akun silahkan buat terlebih dahulu.

Di situs ini setiap musik di kelompokan berdasarkan komposer, instrumen, periode, dan lainnya sehingga Anda bisa menemukan musik yang Anda cari dengan mudah terutama musik klasik.

Alamat situs: https://musopen.org

15. DatPiff

datpiff

Bagi Anda pecinta musik Rap mungkin sudah tidak asing lagi dengan sius yang satu ini.

DatPiff merupakan situs Mixtape Hip-hop terbesar di Amerika Serikat, situs ini secara konsisten menawarkan musik gratis kepada para penikmat musik Rap.

Di DatPiff Anda bisa dengan mudah mendownload ataupun mendengarkan musik Rap secara langsung dengan mudah.

Tidak hanya itu saja, melalui situs ini Anda juga bisa melihat jadwal rilis dan mendengarkan album kompilasi dari artis-artis hip-hop terkenal.

Selain itu Anda juga bisa menemukan berita-berita terbaru tentang hip-hop melalui situs DatPiff ini.

Alamat situs: http://www.datpiff.com

16. Amazon

Amazon

Anda mungkin sudah mengenal situs yang satu ini tapi bukan sebagai situs download lagu akan tetapi situs jual beli online ternama di dunia, iya kan?

Sebetulnya Amazon tidak hanya menyediakan situs jual beli barang saja namun Anda juga bisa menemukan musik yang bisa di download secara gratis di Amazon.

Ada ribuan musik dari berbagai genre yang bisa Anda temukan di situs ini mulai dari musik Blues, pop, klasik, latin, rap, dan lainnya.

Alamat situs: https://www.amazon.com/Free-Songs-Music/b?ie=UTF8&node=334897011

17. ReverbNation

Reverbnation

Nama-nama artis besar seperti Albama Shakes dan Imagine Dragons semuanya bermula dari situs ReverbNation dengan membagikan karya musik mereka secara gratis.

ReverbNation adalah situs web yang dibuat pada tahun 2006 yang berfokus pada industri musik yang berdiri sendiri alias independen.

Di situs ini Anda bisa mendownload lagu-lagu indie dari musisi barat maupun Indonesia, akan tetapi tidak semua musik bisa Anda download secara gratis.

Ada berbagai genre musik yang tersedia di ReverbNation akan tetapi situs ini lebih banyak mengoleksi musik pop, alternatif, dan hip-hop.

Alamat situs: https://www.reverbnation.com

18. Deezer

Deezer

Deezer merupakan layanan streaming musik berbasis internet yang punya ribuan koleksi lagu Indonesia maupun lagu luar.

Akan tetapi untuk bisa mendownload musik di Deezer Anda harus menjadi pelanggan premium terlebih dahulu, jika tidak tentu saja Anda tidak bisa mendownloadnya.

Namun ada cara khusus yang bisa Anda temukan di internet yang membuat Anda bisa mendownloadnya tanpa harus menjadi pelanggan premium.

Sebetulnya jika Anda hanya ingin mendengarkan lagu saja Anda bisa mengakses langsung situs tersebut secara gratis.

Alamat situs: https://www.deezer.com/id/

19. Youtube

Youtube musik

Di situs tempat berbagi video yang sedang naik daun ini Anda juga bisa mendownload musik dari artis-artis ternama yang ada di Youtube lho.

Sebetulnya situs-situs penyedia layanan musik seperti PlanetLagu menggunakan sumber musik dari Youtube akan tetapi situs tersebut mengkonversi dari video ke MP3 secara otomatis sehingga prosesnya menjadi lebih mudah.

Apabila Anda ingin mencobanya secara manual untuk mengubah video dari youtube menjadi MP3 silahkan baca di artikel ini.

Alamat situs: https://www.youtube.com/

20. SoundCloud

Soundcloud

Selain Youtube, SoundCloud juga seringkali djadikan sumber musik oleh situs-situs pencari MP3 seperti situs MP3Juice atau MP3Skull.

Akan tetapi tidak semua lagu yang tersedia di SoundCloud bisa Anda download secara gratis, namun tidak sedikit juga artis terkenal yang sengaja menawarkan musik yang bisa di unduh secara gratis.

Di situs yang punya tampilan cukup keren ini Anda bisa menemukan lagu-lagu yang Anda cari dengan mudah berdasarkan artis, genre, maupun popularitas dari lagu tersebut.

SoundCloud sebetulnya sama seperti Youtube di mana pengguna dapat mengunggah hasil karyanya ke layanan mereka, di sana pemilik lagu yang menentukan apakah lagu tersebut bisa di unduh secara gratis atau hanya bisa di dengarkan secara streaming saja.

Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir jika menemukan musik favorit Anda tidak bisa di download karena Anda bisa menggunakan cara khusus yang dapat membuat lagu-lagu di SoundCloud bisa di download dengan mudah.

Alamat situs: https://soundcloud.com

Penutup

Itulah 20 situs download lagu MP3 yang bisa Anda download secara gratis. Tentunya setiap situs punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, oleh karena itu silahkan pilih salah satu situs yang menurut Anda paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan Anda

Sebetulnya masih banyak situs lain yang tidak saya masukkan, namun sejauh ini hanya situs-situs di atas saja yang menurut Sipitek yang paling bagus.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top