Tips & Trik

Cara Instal IDM Dari Awal Hingga Siap Digunakan (untuk pemula)

internet download manager

Internet Download Manager atau yang biasa disingkat IDM merupakan salah satu aplikasi yang dapat anda gunakan untuk mendownload sebuah file di internet dengan mudah software ini memiliki beberapa kelebihan yang tak dimiliki oleh sofware download lainnya, tidak heran jika banyak orang yang mencari cara untuk menginstal IDM di komputernya.

Sebetulnya untuk menginstal IDM itu sangat mudah tidak seperti melakukan instalasi pada aplikasi lain yang membutuhkan pengaturan khusus agar dapat berjalan, namun dengan IDM hanya beberapa langkah saja aplikasi ini sudah siap anda gunakan.

Salah satu kelebihan yang paling saya sukai pada software ini adalah kecepatan downloadnya yang sangat cepat, namun apabila anda menggunakan IDM di warnet biasanya pengguna warnet yang lain akan menjadi lemot karena IDM ini menguras lebih banyak bandwith pada satu jaringan kecuali jika tiap-tiap PC diberi jatah bandwith sesuai dengan yang ditentukan.

Selain itu jika anda menggunakan IDM apabila proses download terganggu anda bisa melanjutkannya kembali kapan saja. Apabila anda tertarik untuk menginstalnya silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

Langkah-langkah Menginstal IDM

1. Silahkan buka situs resminya karena kita akan mengunduhnya secara resmi melalui situs Internet Download Manager. Jika sudah terbuka halamannya pilih Try Internet Download Manager for free, tunggu hingga proses download file selesai.

2. Jika sudah selesai kemudian buka file tersebut, apabila muncul dialog keamanan pilih RUN kemudian pilih bahasa yang ingin anda gunakan pilih Bahasa jika ingin menggunakan bahasa Indonesia kemudian OK.

idm setup

3. Selanjutnya akan muncul dialog seperti gambar di bawah, pilih Lanjut.

wizard pemasangan IDM

4. Selanjutnya muncul persetujuan lisensi IDM centang bagian I accept the terms in the license agreement untuk menyetujuinya, kemudian pilih Lanjut.

persetujuan lisensi IDM

5. Tentukan lokasi penyimpanan data file IDM dengan cara pilih Browse… namun jika dirasa sudah sesuai bisa langsung pilih Lanjut.

lokasi penyimpanan data idm

6. Pilih Lanjut untuk mulai melakukan proses instalasi.

jalankan pemasangan

7. Proses instalasi akan langsung berjalan secara otomatis biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja, jika sudah selesai pilih Selesai.

pemasangan selesai

8. Selanjutnya maka akan muncul dialog untuk mengunduh file terjemahan Bahasa Indonesia jika ingin mengunduhnya silahkan pilih OK jika dirasa tidak perlu pilih Cancel.

batalkan terjemahan

9. Jika muncul beberapa dialog untuk mengintegrasi dengan browser pilih saja OK. Sampai disini anda sudah berhasil menginstal IDM, agar aplikasi ini dapat berjalan dengan lancar tutup terlebih dahulu browser yang anda gunakan kemudian buka kembali. Tampilan aplikasinya akan tampak seperti gambar dibawah ini.

Sekarang anda sudah dapat menggunakan IDM untuk mengunduh berbagai macam file di internet sesuai dengan keinginan. Namun perlu diketahui, aplikasi IDM yang anda instal ini hanya bisa anda gunakan untuk 30 hari kedepan. Jika anda ingin menggunakan sepuasnya tanpa batasan waktu silahkan beli lisensinya secara resmi kepada pihak pengembang aplikasi ini, terimakasih.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top