Aplikasi Pengatur Keuangan

Apakah Anda pernah mengalami masalah dimana uang terasa cepat habis padahal hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja? Salah satu masalahnya adalah karena Anda tidak mengetahui dengan jelas seputar pengeluaran Anda.

Salah satu cara sederhana untuk mengelola keuangan supaya kita bisa mendapatkan informasi yang jelas adalah menggunakan aplikasi pengatur keuangan yang akan Sipitek ulas kali ini.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mencatat setiap pendapatan dan pengeluaran secara rinci, sehingga Anda dapat memeriksa semua pengeluaran Anda dengan jelas.

Akan tetapi setiap aplikasi tentunya menawarkan fitur yang berbeda-beda, ada yang dibuat khusus untuk mengelola keuangan pribadi ada juga yang dikhususkan untuk bisnis kecil-kecilan.

Nah oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa aplikasi pengatur keuangan terbaik yang bisa Anda gunakan secara offline maupun online di smartphone Android. Supaya Anda bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, yuk simak dulu semua ulasannya.

20 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik di Android

1. Monefy – Money Manager

Monefy Money Manager

Sederhana, intuitif, dan mudah digunakan merupakan kesan pertama yang akan Anda dapatkan ketika pertama kali menggunakan aplikasi yang satu ini. Monefy merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda melacak pendapatan dan pengeluaran secara terperinci.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Aimbity AS ini juga sangat mudah digunakan, tugas Anda hanyalah memasukkan jumlah pengeluaran maupun pendapatan saja. Anda juga dapat mengelompokkan pendapatan maupun pengeluaran sesuai dengan keinginan Anda, seperti pengeluaran transportasi, makanan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, Monefy juga dapat disinkronisasi dengan layanan penyimpanan awan seperti Google Drive, Dropbox, dan lain sebagainya, dengan adanya fitur ini Anda tak perlu khawatir data keuangan terhapus ketika beralih ke smartphone baru.

2. Money Manager Expense & Budget

Money Manager Expense & Budget

Diklaim sebagai aplikasi pengatur keuangan nomor satu saat ini, Money Manager Expense & Budget merupakan aplikasi yang tepat jika Anda sedang mencari aplikasi yang punya banyak fitur.

Pasalnya, dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mengatur pengeluaran maupun pendapatan secara terperinci melalui fitur-fitur yang telah disematkan di dalamnya. Aplikasi yang dikemas dengan sistem akuntansi pembukuan entri ganda ini dibekali dengan fitur manajemen kartu kredit dan debit.

Selain itu, Money Manager juga dapat diintegrasikan dengan PC melalui jaringan Wi-Fi, sehingga Anda dapat menyesuaikan data dengan leluasa. Menariknya lagi, selain bisa digunakan secara gratis, aplikasi ini juga bersih dari iklan yang mengganggu.

3. Mobills Budget

Mobills Budget

Mobills Budget merupakan aplikasi pengatur keuangan pribadi yang memungkinkan Anda untuk melacak pengeluaran dan pendapatan setiap bulan. Selain disuguhkan dalam bentuk tabel dan teks, Anda juga dapat melihat laporan keuangan dalam bentuk grafik untuk memudahkan proses analisis.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda tidak akan lupa membayar tagihan yang berulang, karena Mobills Budget dilengkapi dengan fitur pengingat tagihan yang dapat memberitahu Anda ketika ada tagihan yang harus dibayar.

Menariknya lagi Mobills Budget bisa digunakan secara offline maupun online, bahkan Anda juga bisa melakukan sinkronisasi ke penyimpanan awan supaya data keuangan Anda tetap aman.

4. Money Lover

Money Lover

Money Lover merupakan aplikasi yang hadir dengan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat melacak pengeluaran maupun pendapat secara terperinci setiap bulannya.

Aplikasi yang pernah menyabet berbagai penghargaan ini juga dilengkapi dengan fitur pembatas anggara yang dapat diatur sesuai dengan keinginan Anda, jadi ketika sisa uang Anda mencapai batas tertentu aplikasi ini akan memberitahu Anda melalui notifikasi, begitu juga dengan tagihan.

Selain bisa digunakan secara gratis, Money Lover juga menyediakan versi premium yang dilengkapi dengan lebih banyak fitur, mulai dari fitur pengelola kartu kredi dan debit, akses aplikasi berbasis web, dan lain sebagainya, hanya dengan sekali bayar Anda bisa menggunakan versi premium selamanya.

5. Daily Expenses 3: Personal Finance

Daily Expenses 3 Personal Finance

Sesuai dengan namanya, Daily Expenses 3 merupakan aplikasi yang dikhususkan untuk mengelola keuangan pribadi. Laporan pendapatan dan pengeluaran yang disematkan di dalam aplikasi ini juga tersedia dalam beberapa periode, mulai dari harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan.

Untuk mengamankan data keuangan para penggunanya, Michel Carvajal sebagai pengembang juga telah menyematkan fitur pengunci aplikasi, sehingga orang lain yang tidak mengetahui kata sandi aplikasi ini tidak akan bisa membukanya.

6. Expense Manager

Expense Manager

Lagi nyari aplikasi pengatur keuangan yang gratis tapi dilengkapi dengan banyak fitur? Expense Manager merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, semua fitur yang disuguhkan di dalam aplikasi ini memang bisa digunakan sepenuhnya secara gratis tanpa biaya sepeser pun.

Meskipun demikian fitur-fitur yang disematkan di dalam aplikasi ini juga cukup lengkap, mulai dari pelacak pendapatan dan pengeluaran, tagihan, pengelola kartu kredit, dan lain sebagainya.

Laporan keuangan yang disematkan di dalam aplikasi ini juga dapat dikonversi ke dalam berbagai format, seperti HTML, Excel, PDF, dan lain sebagainya, bahkan jika perlu laporan juga bisa dikirim melalui email.

7. CWMoney Expense Track

CWMoney Expense Track

Telah dipercaya oleh lebih dari 5 juta pengguna di seluruh dunia, CWMoney merupakan aplikasi pengatur keuangan pribadi yang cukup sederhana. Meskipun fitur yang disematkan di dalam aplikasi ini tidak sebanyak aplikasi sebelumnya, akan tetapi kalau hanya digunakan untuk mengelola keuangan pribadi tentunya sudah lebih dari cukup.

Dengan menggunakan CWMoney Expense Track, Anda dapat mencatat pengeluaran secara mendetail berdasarkan kategori pengeluaran, seperti pengeluaran makanan, transportasi, hiburan, komunikasi, pendidikan, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, aplikasi MONEY & CMoney Inc ini juga menyediakan beberapa pilihan tema menarik, sehingga jika bosan dengan tampilannya Anda bisa menggantinya dengan tema yang lain.

8. AndroMoney (Expense Track)

AndroMoney (Expense Track)

Sesuai dengan namanya, AndroMoney merupakan aplikasi pengatur keuangan terbaik yang bisa Anda gunakan secara gratis di smartphone Android. Aplikasi ini dapat dapat membantu Anda mengelola keuangan dengan lebih mudah, termasuk membuat laporan pengeluaran dan pendapatan.

Laporan yang disuguhkan di dalam aplikasi ini juga dapat ditampilkan dengan beberapa cara mulai dari grafik pie, bar, trend, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, Anda juga dapat mensinkronisasi data ke penyimpanan awan dan perangkat lain.

9. 1Money

1Money

Mengelola keuangan bukanlah perkara yang mudah, karena kita memerlukan pengetahuan dan keterampilan yang cukup. Namun dengan menggunakan 1Money, pengelolaan keuangan bisa dilakukan dengan mudah.

Pasalnya, untuk menggunakan aplikasi ini tugas Anda hanyalah memasukkan jumlah uang pengeluaran maupun pendapatan saja. Nantinya, 1Money akan mengelola laporan keuangan Anda secara otomatis.

Tidak hanya itu saja, data laporan yang disuguhkan di dalam aplikasi ini juga dikemas dengan grafik yang informatif dan enak dipandang, sehingga Anda juga bisa menggunakannya dengan nyaman.

10. Monthly Budget Planner & Daily Expense Tracker

Monthly Budget Planner & Daily Expense Tracker

Ingin mengelola keuangan dengan baik tapi tidak punya pengetahuan yang cukup seputar keuangan? Monthly Budget Planner & daily Expense Tracker merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda.

Pasalnya, aplikasi yang dikembangkan oleh DigitLeaf llc ini memang dirancang supaya bisa digunakan oleh semua kalangan, bahkan antarmuka aplikasi ini juga sangat mudah digunakan dan ramah pengguna.

Ada banyak fitur yang disematkan di dalamnya mulai dari fitur autocomplete, kalkulator untuk menghitung pendapatan, perkiraan anggaran, pemantau transaksi harian, dan lain sebagainya.

11. Wallet – Finance Tracker and Budget Planner

Wallet Finance Tracker and Budget Planner

Lagi nyari aplikasi pengatur keuangan yang fleksibel? Wallet merupakan aplikasi yang wajib Anda pertimbangkan. Pasalnya, aplikasi ini dapat disinkronisasikan dengan bank yang Anda gunakan, ada lebih dari empat ribu bank di seluruh dunia yang dapat dihubungkan dengan aplikasi ini termasuk bank dari Indonesia, seperti BRI, Mandiri, BCA, dan lain sebagainya.

Tak perlu khawatir dengan keamanan data, karena Wallet telah mendapatkan sertifikasi eTrush. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki laporan keuangan yang mendetail yang diambil dari rekening bank, kartu kredit, maupun hasil input secara manual.

Menariknya lagi, Wallet juga mendukung sinkronisasi otomatis ke penyimpanan awan, bahkan Anda juga dapat mengekspor laporan keuangan ke dalam format CSV, PDF, dan XLS.

12. Fast Budget – Expense & Money Manager

Fast Budget Expense & Money Manager

Fast Budget merupakan aplikasi pengelola keuangan gratis yang kaya akan fitur. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat melihat semua informasi penting seputar keuangan Anda.

Anda juga dapat membuat kategori pengeluaran dan pendapatan sendiri sesuai dengan keinginan untuk memudahkan Anda dalam proses penyortiran. Tidak hanya itu saja, Fast Budget juga dapat menampilkan laporan dengan berbagai jenis grafik, total ada lima jenis grafik yang bisa Anda gunakan.

Menariknya lagi, aplikasi beustan FreApps ini juga dibekali dengan fitur transaksi terjadwal yang dapat mengingatkan Anda ketika waktu jatuh tempo tiba.

13. Spending Tracker

Spending Tracker

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Spending Tracker juga hadir dengan antarmuka yang intuitif dan dilengkapi dengan banyak fitur. Melalui aplikasi ini, Anda dapat melacak pendapatan dan pengeluaran dalam beberapa periode, mulai dari mingguan, bulanan, maupun tahunan.

Selain itu, laporan yang disuguhkan juga ditampilkan dengan grafik yang indah dan interaktif sehingga Anda juga dapat menganalisis laporan dengan lebih nyaman.

Menariknya lagi, aplikasi besutan MH Riley Ltd ini juga memungkinkan pengguna untuk membuat beberapa akun sekaligus, entah itu akun khusus pribadi, bisnis, dan lain sebagainya, sehingga laporan keuangan juga akan tersusun dengan lebih rapi.

14. Goodbudget: Budget & Finance

Goodbudget Budget & Finance

Lagi nyari aplikasi pengatur keuangan yang ringan? Godbudget merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi besutan Daysprng Technologies ini memang sangat ringan, bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 6 MB lho.

Meskipun demikian, fitur-fitur yang disematkan di dalamnya juga sangat lengkap. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat melacak pendapatan dan pengeluaran secara mendetail.

Menariknya lagi, aplikasi ini juga dapat mencadangkan data keuangan Anda secara otomatis ke penyimpanan awan yang telah disediakan, bahkan bila perlu Anda juga bisa melakukan sinkronisasi antar perangkat, entah itu dari Android ke Android, maupun ke perangkat yang lainnya.

15. Expense IQ Money Manager

Expense IQ Money Manager

Expense IQ Money Manager merupakan aplikasi pengelola keuangan yang dapat digunakan untuk mengelola pendapatan dan pengeluaran, tagihan, dan perencanaan keuangan yang lainnya.

Dengan menggunakan aplikasi Anda tak perlu khawatir lupa membayar tagihan, karena Expense IQ Money Manager dibekali dengan fitur pengingat tagihan yang dapat memberitahu Anda ketika waktu pembayar tagihan tiba.

Menariknya lagi, aplikasi besutan Handy Apps ini juga menyediakan widget layar beranda yang dapat memudahkan Anda untuk mengelola dan melacak pengeluaran maupun pendapatan di halaman beranda smartphone.

16. Toshl Finance

Toshl Finance

Toshl Finance merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda mengelola keuangan secara praktis. Pasalnya, aplikasi ini dapat dihubungkan dengan lebih dari 13 ribu rekening bank dan kartu kredit ataupun layanan keuangan lainnya, termasuk Bank Mandiri, Bank BCA, Citibank, Danamon, Cimb, dan lain sebagainya.

Dengan adanya fitur ini Anda tidak perlu ribet mencatat transaksi secara manual karena nantinya setiap kali Anda melakukan transaksi menggunakan bank yang telah dihubungkan, aplikasi ini akan mencatatnya secara otomatis.

Sama seperti aplikasi yang lainnya, Toshl Finance juga dapat menampilkan laporan keuangan menggunakan beragam jenis grafik, termasuk pie chart, grafik gelembung, dan lain sebagainya.

17. Spendee

Spendee

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Spendee juga bisa dihubungkan dengan akun bank untuk mempercepat dan memudahkan proses pencatatan transaksi. Akan tetapi jika kurang yakin, Anda juga tetap bisa mencatatnya secara manual.

Selain itu, aplikasi besutan SPENDEE s.r.o. ini juga dibekali dengan fitur yang cukup lengkap, mulai dari fitur laporan yang disuguhkan dalam format infografis, perencanaan keuangan, dompet bersama, dukungan berbagai format mata uang, dan lain sebagainya.

18. Bluecoins

Bluecoins

Kalau dilihat dari jumlah penggunanya, aplikasi pengatur keuangan yang satu ini memang tak sebanyak aplikasi sebelumnya. Akan tetapi jika Anda mencari aplikasi yang mudah digunakan Bluecoins juga wajib Anda pertimbangkan.

Pasalnya, desain antarmuka dari aplikasi ini sangatlah bersih dan sederhana. Selain itu, Bluecoins juga menggunakan prinsip akuntansi berstandar internasional yang biasa digunakan untuk mengelola keuangan.

Menariknya lagi fitur-fitur yang disematkan juga cukup lengkap, mulai dari laporan pengeluaran dan pendapatan, manajemen akun, pengingat tagihan, sinkronisasi laporan ke penyimpanan awan, mendukung keamanan sidik jari dan sandi, konversi laporan ke dalam format PDF dan excel, dan lain sebagainya.

19. Financisto

Financisto

Nyari aplikasi pengatur keuangan yang gratis, ringan, dan bebas iklan? Financisto merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi yang bersifat open-source ini memang sangat ringan bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 8 MB lho.

Meskipun demikian fitur-fitur yang disematkan di dalamnya juga cukup lengkap terutama jika digunakan untuk kebutuhan pencatatan keuangan pribadi, mulai dari fitur transaksi berulang, backup harian, fitur untuk mencadangkan data ke Dropbox dan Google Docs, dan lain sebagainya.

20. Easy Home Finance

Easy Home Finance

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Easy Home Finance juga bisa digunakan secara gratis dan tanpa iklan. Aplikasi ini mendukung berbagai jenis mata uang termasuk mata uang rupiah.

Fitur yang disematkan di dalam aplikasi ini memang tak sebanyak aplikasi yang lainnya, namun jika digunakan untuk mengelola keuangan pribadi saja tentunya sudah lebih dari cukup.

Fitur-fitur yang tersedia diantaranya, fitur untuk mencatat pengeluaran dan pendapatan, membuat kategori khusus, menentukan jenis pengeluaran, mencadangkan data, mengekspor data ke Excel, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa aplikasi pengatur keuangan terbaik yang bisa Anda gunakan secara offline maupun online di smartphone Android. Dengan menggunakan salah satu aplikasi yang ada di atas kini Anda bisa mengelola keuangan di mana saja dan kapan saja dengan mudah. Aplikasi mana yang akan Anda gunakan?

Hobi membaca dan menulis berbagai hal seputar teknologi terutama games, aplikasi, dan smartphone. Mulai aktif menulis pada tahun 2015, pada tahun 2016 ia mencoba merintis karir didunia tulis-menulis dengan serius dan mendirikan Sipitek.com.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here