Apps

7 Aplikasi Kasir Android Gratis Terbaik untuk UKM

aplikasi kasir android terbaik

Pencatatan transaksi dalam usaha merupakan salah satu hal yang sangat penting karena kita bisa mengetahui secara pasti keuntungan maupun kerugian usaha yang tengah dijalani termasuk transaksi pembelian maupun penjualan.

Khusus untuk transaksi penjualan biasanya pembeli akan berhadapan langsung dengan penjaga toko atau kasir, tentunya seorang kasir harus tau harga setiap produk yang dijual.

Jika barang yang dijual memang sedikit mungkin bisa dengan mudah untuk dihafal, namun bagaimana jadinya jika usaha Anda menjual berbagai macam jenis barang dengan harga yang berbeda-beda? Tentu saja seorang kasir tidak mungkin menghafal harga masing-masing barang.

Biasanya pemilik usaha mencatat barang-barang beserta harganya di sebuah buku agar ketika ia tidak mengetahui harga barang yang akan dibeli oleh konsumen ia bisa melihatnya di buku tersebut.

Tidak hanya itu saja, seorang kasir juga dituntut untuk menulis struk kepada pembeli sebagai bukti transaksi.

Jika semua aktivitas penjualan dilakukan secara manual tentu ini akan menyita banyak waktu bukan? Apalagi jika usaha Anda sering dikunjungi oleh banyak pembeli tentu saja mereka harus merelakan waktunya untuk mengantri.

Kata orang menunggu itu merupakan hal yang sangat membosankan, pembeli Anda mungkin akan sepakat dengan hal ini. Bisa saja mereka berpaling ke toko lain hanya karena lama menunggu antrian.

Oleh karena itu seorang kasir mau tidak mau harus melayani pembeli dengan cepat dan akurat, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi kasir yang bisa Anda gunakan secara praktis lewat smartphone Android.

Dengan menggunakan aplikasi kasir Anda tidak perlu ribet mencatat transaksi penjualan dan menghafal setiap harga barang yang dijual karena aplikasi kasir inilah yang nantinya secara otomatis menghitung transaksi penjualan.

Kali ini Sipitek telah mengumpulkan aplikasi kasir Android terbaik yang bisa Anda gunakan secara gratis untuk membantu mempercepat transaksi penjualan usaha Anda, bahkan ada beberapa aplikasi yang bisa membaca barcode barang dengan menggunakan kamera smartphone Anda layaknya kasir yang biasa ditemui di super market.

7 Aplikasi Kasir Android Gratis Terbaik

Ada banyak sekali aplikasi kasir atau Point of Sale (POS) yang bisa Anda gunakan, namun di sini Sipitek hanya akan mengulas beberapa aplikasi saja karena memiliki fitur dan keunggulan yang cukup membantu transaksi penjualan terutama untuk usaha UKM.

Setiap aplikasi memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, ada baiknya Anda baca terlebih dahulu semua ulasan aplikasi di bawah agar Anda bisa memilih aplikasi kasir yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Olsera – Point of Sale 2

Olsera Point of Sale

Olsera – Poin of Sale 2 merupakan generasi dari versi 1 yang telah ditambahkan dengan beragam fitur seperti pembayaran cicilan, barcode scanning mode dan fitur menarik lainnya.

Aplikasi kasir yang satu ini memiliki fitur yang sangat lengkap yang dapat digunakan untuk mengolah berbagai macam jenis pencatatan transaksi penjualan usaha Anda.

Aplikasi ini juga punya sistem canggih berbasis cloud untuk menyimpan semua transaksi yang Anda masukkan, sehingga bisa Anda akses kapan saja dan di mana saja secara online.

Akan tetapi Anda juga bisa menggunakannya secara offline karena Olsera akan otomatis memperbaharui data ketika Anda terhubung ke internet.

Dibalik keragaman fitur yang dihadirkan aplikasi ini tidak hanya sekedar Point of Sale saja namun toko Anda bisa dipasarkan ke ranah online. Aplikasi ini juga sangat cocok untuk usaha toko ritel, cafe, bar, restoran dan jenis usaha lainnya.

Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa Anda gunakan secara gratis selama 14 hari saja selanjutnya Anda perlu melakukan pembelian aplikasi agar bisa menggunakannya kembali.

Meskipun demikian tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi ini, jika memang aplikasi ini mampu mengoptimalkan usaha Anda, Anda bisa membelinya.

Tertarik untuk mencoba? silahkan download Olsera – Point of Sale 2 di Play Store.

2. Moka POS

Moka POS

Fitur yang dihadirkan Moka POS tidak kalah lengkap dengan aplikasi yang kasir sebelumnya, aplikasi ini juga menggunakan sistem berbasis cloud yang bisa di akses di mana saja dan kapan saja.

Moka POS sangat cocok digunakan untuk usaha restoran, barbershop, spa, salon kecantikan, toko baju, toko baju dan usaha UKM lainnya.

Salah satu fitur yang cukup menarik dari aplikasi Moka POS adalah Back-Office melalui fitur ini Anda sebagai pemilik toko yang memiliki lebih dari satu toko bisa melihat semua transaksi yang dilakukan oleh kasir pada masing-masing toko secara langsung.

Selain itu aplikasi ini juga bisa dihubungkan dengan printer untuk mencetak struk, namun tidak semua printer bisa terhubung saat ini hanya printer tertentu saja yang bisa Anda gunakan.

Akan tetapi jika Anda tidak memiliki printer, Moka POS bisa Anda gunakan untuk mengirim struk lewat E-mail maupun SMS kepada pelanggan Anda.

Aplikasi kasir yang telah di unduh oleh lebih dari 50 ribu pengguna ini tidak bisa Anda gunakan sepenuhnya secara gratis, namun hanya bisa menggunakan secara gratis selama 14 hari saja selanjutnya Anda perlu membelinya.

Tidak ada salahnya untuk mencoba, silahkan download Moka POS di Play Store.

3. Pawoon: Kasir / POS Online

Pawoon

Aplikasi kasir yang satu ini punya tampilan yang lebih sederhana dan tampak lebih modern sehingga bisa Anda gunakan lebih mudah.

Bagi Anda pemilik usaha yang memiliki banyak cabang seperti waralaba, retail, cafe, restoran dan usaha lainnya sekarang Anda tidak perlu lagi mengalami kesulitan untuk mengontrol semua transaksi penjualan di semua cabang.

…karena dengan aplikasi Pawoon Anda bisa langsung melihat transaksi penjualan di semua cabang usaha Anda secara real time karena aplikasi ini menggunakan sistem berbasis cloud yang bisa digunakan secara online maupun offline.

Anda juga tidak perlu menyusun laporan harian secara manual dengan cara yang ribet karena aplikasi ini akan secara instan dan otomatis menyusun dengan sendirinya.

Selain itu Anda juga bisa menghubungkan aplikasi Pawoon ini dengan berbagai macam jenis printer dot matrix atau thermal melalui Bluetooth ataupun jaringan LAN untuk mencetak struk bukti pembayaran.

Aplikasi ini bisa Anda gunakan secara gratis selama 14 hari untuk masa percobaan, selanjutnya Anda perlu melakukan pembelian untuk menikmati fitur yang lebih lengkap.

Untuk mencoba versi gratis Anda perlu membuat akun terlebih dahulu melalui situs resmi Pawoon di Pawoon.com selanjutnya download aplikasi Pawoon di Play Store dan masuk menggunakan akun yang telah Anda buat.

4. Omega POS

Omega POS

Omega POS merupakan aplikasi kasir yang telah sepenuhnya terintegrasi dengan modul accounting dan Inventotry sehingga Anda dapat menganalisa penjualan dengan mudah.

Salah satu fitur unggulan yang ada di Omega POS adalah manajemen stok, dimana dengan fitur ini Anda dapat mengecek stok barang di beberapa cabang toko Anda sekaligus.

Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur yang dapat menganalisa perilaku pelanggan untuk meningkatkan penjualan toko Anda sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Anda bisa mencoba aplikasi ini selama 14 hari, selanjutnya Anda perlu melakukan pembayaran agar bisa menggunakannya lagi.

Silahkan download Omega Pos di Playstore, namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu smartphone yang Anda gunakan memiliki layar minimal 7 inci agar tampilan aplikasi bisa bekerja lebih optimal di layar smartphone Anda.

5. Mesin Kasir – Loyverse Point of Sale

Loyverse Point of Sale

Jika Anda mencari aplikasi kasir gratis yang dapat digunakan sepenuhnya Loyverse Point of Sale ini mungkin akan menjadi pilihan yang tepat karena memang aplikasi ini bisa Anda gunakan secara gratis bahkan di kalim bebas iklan.

Meskipun gratis aplikasi yang telah di unduh oleh lebih dari 10 ribu pengguna ini juga menyediakan berbagai macam fitur yang tidak kalah menarik dengan aplikasi berbayar yang lain.

Loyverse Point of Sale menggunakan sistem berbasis cloud untuk memantau semua transaksi usaha Anda di semua cabang secara akurat dan real time.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur Back-Office yang dapat menganalisa penjualan untuk meningkatkan lebih banyak lagi penjualan diantaranya yaitu fitur untuk menemukan barang yang paling laku dan catatan penjualan yang dibuat secara otomatis dalam jangka waktu harian, mingguan, dan bulanan.

Dengan beragam fitur yang dihadirkan aplikasi ini cocok untuk usaha retail, warung kopi, cafe, bar, salon kecantikan dan usaha lainnya. Silahkan download gratis sekarang juga Loyverse Point of Sale di Play Store.

6. Kasir Pintar Free – Point of Sales

Kasir Pintar Free

Aplikasi bernama Kasir Pintar ini juga bisa Anda gunakan sepenuhnya gratis tanpa biaya untuk membantu mengelola keuangan usaha Anda lewat ponsel Android.

Kasir Pintar memiliki tampilan dan navigasi yang sederhana sehingga dapat dengan mudah di gunakan oleh orang awam sekalipun, ia juga menggunakan sistem berbasi cloud yang bisa di akses secara online maupun offline.

Salah satu fitur unggulan dari aplikasi ini adalah mode barcode scanner, di mana Anda bisa menggunakan fitur ini untuk mengetahui harga setiap barang hanya dengan mengarahkan kamera Smartphone ke barcode masing-masing barang yang akan dijual.

Jadi Anda tidak perlu lagi mengingat setiap harga barang yang ada di toko, karena aplikasi ini akan mendeteksi secara otomatis harga barang tersebut melalui barcode layaknya kasir di super market.

Agar fitur ini dapat bekerja dengan baik lebih disarankan menggunakan smartphone yang sudah dilengkapi dengan kamera autofocus.

Tertarik untuk mencobanya? silahkan download Kasir Pintar di Play Store.

7. Kasir Toko Portable – Point of Sale

Kasir Toko Portable

Aplikasi kasir terakhir adalah bernama Kasir Toko Portable, aplikasi ini juga punya tampilan yang cukup sederhana dan praktis sehingga bisa dengan mudah digunakan.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk usaha bengkel, toko, apotik dan jenis usaha lainnya. Kasir Toko Portable punya fitur yang mampu mengumpulkan data penjualan secara otomatis entah itu harian, bulanan maupun tahunan.

Dengan aplikasi ini Anda juga bisa memasukkan satu produk dengan harga yang berbeda-beda sesuai dengan ketentuan yang Anda buat.

Untuk mencoba dan melihat lebih banyak fitur menarik lainnya silahkan download Kasir Toko Portable di Play Store.

Penutup

Itulah tujuh aplikasi kasir Android terbaik yang berhasil Kami kumpulkan untuk Anda yang punya usaha UKM.

Tidak semua aplikasi kasir bisa Anda gunakan sepenuhnya secara gratis, namun jika Anda ingin mengelola keuangan usaha terutama transaksi penjualan tidak ada salahnya untuk mencoba yang berbayar karena tentu saja fitur yang dihadirkan juga lebih lengkap sehingga usaha Anda menjadi lebih produktif.

Namun jika Anda menggunakannya untuk usaha kecil, cukup gunakan saja aplikasi kasir yang memberikan fitur sepenuhnya secara gratis.

…meskipun fiturnya lebih sederhana jika dibandingkan dengan yang berbayar fitur yang ada pada aplikasi kasir gratis saya rasa sudah cukup untuk mengelola keuangan usaha kecil.

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli versi berbayar dari salah satu aplikasi yang telah saya sebutkan di atas namun tidak tau caranya silahkan tulis di kolom komentar, nanti saya buatkan panduannya.

2 Comments

2 Comments

  1. DITA

    4 Juli 2018 at 22:02

    Bang bedanya yg berbayar sama g apa sih. Q punya butik nih enaknya pake yg mana ya

    • Reza

      9 Juli 2018 at 15:02

      Kalau yang berbayar fiturnya lebih banyak. Kalau butiknya lebih dari satu lebih baik beli yang berbayar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top