Aplikasi kamera laptop Windows Camera

Sebagian besar laptop yang dilengkapi dengan fitur kamera biasanya sudah dilengkapi dengan aplikasi khusus untuk mengontrol kamera tersebut. Akan tetapi karena fitur yang disematkan sangat terbatas biasanya pengguna lebih memilih untuk mengunduh aplikasi kamera laptop atau webcam pihak ketiga.

Berbeda dengan aplikasi webcam bawaan laptop, dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa menikmati berbagai fitur menarik mulai dari stiker, efek, filter dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga beberapa aplikasi yang dilengkapi dengan fitur untuk mengedit video maupun foto.

Aplikasi yang ada di sini juga bisa digunakan di berbagai merk laptop, mulai dari HP, Acer, Toshiba, Asus dan lain sebagainya, bahkan Anda juga bisa menggunakannya untuk mengontrol webcam yang terpasang di PC.

Tidak hanya bisa digunakan untuk berfoto ria atau merekam video saja, sebagian besar aplikasi yang ada di sini juga dapat digunakan untuk melakukan video call melalui aplikasi Skype dan aplikasi video call yang lainnya.

Oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa aplikasi kamera laptop atau webcam terbaik yang bisa Anda gunakan secara gratis. Karena setiap aplikasi menawarkan fitur yang berbeda-beda yuk simak dulu semua ulasannya supaya Anda bisa memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

20 Aplikasi Kamera Terbaik untuk Laptop

1. ManyCam

ManyCam

ManyCam merupakan aplikasi yang cocok digunakan untuk kebutuhan live streaming maupun video call. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat membuat konferensi web secara dinamis secara praktis berkat dukungan integrasi API dan SDK.

Selain itu, aplikasi yang dikembangkan oleh Visicom Media Inc ini juga menyuguhkan beragam fitur menarik untuk streamer game, mulai dari fitur chroma key, overlay, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa menggunakan ManyCam sebagai sumber video dan audio untuk aplikasi Skype, Facebook, Twitch, YouTube dan lain sebagainya. Menariknya lagi, aplikasi ini juga dibekali dengan efek audio dan efek webcam yang cukup keren. Tertarik untuk mencobanya? Download secara gratis di sini.

2. YouCam

YouCam

Diklaim sebagai aplikasi webcam terbaik dan kaya akan fitur. Aplikasi yang dikembangkan oleh CyberLink Corp ini juga tidak hanya bisa digunakan untuk berfoto atau merekam video saja.

Akan tetapi, Anda juga bisa menggunakannya untuk live streaming maupun melakukan video call, pasalnya YouCam dapat diintegrasikan dengan aplikasi Skype, Facebook, YouTube, OBS, Twitch, XSplit dan lain sebagainya.

Supaya gambar tampak menarik, YouCam dibekali dengan efek dan filter yang dapat mempercantik wajah Anda, termasuk fitur untuk memuluskan kulit dan fitur untuk mengatur pncahayaan secraa langsung. Anda dapat mengunduh aplikasinya melalui situs resmi YouCam di sini.

3. SplitCam

SplitCam

SplitCam merupakan aplikasi kamera laptop serbaguna yang dapat digunakan untuk live streaming, presentasi, streaming game dan lain sebagainya. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat menjalankan beberapa obrolan video secara bersamaan hanya dengan satu webcam saja.

Selain itu, fitur Mixer Audio juga turut disematkan di dalam aplikasi ini, dengan adanya fitur ini Anda dapat mencampurkan suara dari berbagai sumber audio termasuk audio dari game, mikrofon dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, aplikasi ini juga dapat dihubungkan ke layanan streaming populer seperti Twitch, Ustream, Facebook, YouTube, Livestream dan lain sebagainya. Mau coba? Silahkan download di sini.

4. Filmora Scrn

Filmora Scrn

Lagi nyari aplikasi kamera laptop yang ringan tapi punya banyak fitur? Filmora Scrn merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi yang dikembangkan oleh Wondershare ini memang dibekali dengan beragam fitur menarik.

Mulai dari fitur untuk merekam layar dan webcam secara bersamaan, menambahkan efek kursor, anotasi dan lain sebagainya. Selain itu, file hasil rekaman juga dapat di ekspor ke dalam format MP3, MOV maupun GIF. Anda bisa mengunduh Filmora Scrn secara gratis di sini.

5. Debut Video Capture

Debut Video Capture

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Debut Video Capture merupakan aplikasi yang cukup ringan dan kaya akan fitur. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak hanya bisa mengontrol kamera webcam yang tersemat pada laptop saja, akan tetapi anda juga bisa menggunakannya untuk mengontrol Kamera IP.

Selain itu, aplikasi ini juga dibekali dengan fitur yang memungkikan Anda merekam layar dan webcam secara bersamaan. Debut Video Caputer juga mendukung berbagai sistem operasi, termasuk Windows 7, Windows 8, Windows XP, Windows 10 dan lain sebagainya, entah itu 32-bit maupun 64-bit. Tertarik untuk mencobanya? Yuk unduh di sini.

6. Yamcam

Yamcam

Yet Another WeCam atau Yamcam merupakan aplikasi kamera laptop yang ringan, sederhana dan mudah digunakan. Meskipun demikian, sebagian besar fitur webcam yang umum bisa Ada temui di dalam aplikasi ini, termasuk fitur untuk streaming video.

Selain itu aplikasi beustan Malun ini juga dapat digunakan pada laptop atau PC yang menggunakan sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Anda dapat mengunduh aplikasi Yamcam secara gratis di sini.

7. Photo Booth Pro

Photo Booth Pro

Photo Booth Pro merupakan aplikasi yang cocok digunakan untuk melakukan video call. Pasalnya, aplikasi webcam terbaik yang ada di Windows Store ini dibekali dengan lebih dari 33 efek real-time yang cukup menarik, mulai dari efek cermin, fisheye, sketsa dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk berfoto maupun merekam video. Nantinya file hasil rekaman akan disimpan di dalam folder Pictures laptop Anda.

Menariknya lagi, Anda juga bisa meninjau foto di galeri dan membagikannya langsung ke Facebook, Twitter dan sosial media yang lainnya. Yuk download aplikasinya di sini.

8. Apowersoft Online Screen Recorder

Apowersoft Online Screen Recorder

Sesuai dengan namanya, Apowersoft Online Screen Recorder merupakan aplikasi kamera laptop yang bisa digunakan secara online, dimana untuk menggunakannya Anda tidak perlu ribet mengunduh aplikasi.

Namun supaya supaya aplikasi ini bisa berjalan dengan baik, Anda harus menginstal peluncur terlebih dahulu. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat merekam layar secara bersamaan dengan webcam.

Selain itu, video hasil rekaman juga dapat diekspor ke dalam format file MP4, WMV, AVI, WMV dan lain sebagainya. Anda dapat mengunduh launcher Apowersoft Online Screen Recorder di sini.

9. MyCam

MyCam

Sama seperti aplikasi sebelumnya, MyCam juga tidak hanya bisa digunakan untuk berfoto saja, akan tetapi Anda juga bisa menggunakannya untuk merekam video dan gambar dari webcam secara bersamaan.

Aplikasi besutan e2eSoft ini juga dibekali dengan filter foto dan efek video yang cukup menarik. MyCam bisa Anda gunakan secara gratis, namun jika Anda menginginkan video hasil rekaman bersih dari watermark, Anda perlu menggunakan versi berbayar. Untuk mengunduh aplikasi MyCam, silahkan kunjungi situs resminya.

10. Windows Camera

Windows Camera

Sesuai dengan namanya, Windows Camera merupakan aplikasi kamera laptop atau webcam yang dikembangkan langsung oleh Microsoft Corporation. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat merekam video dan menjeda maupun melanjutkan video kapan saja.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat menyatukan beberapa potongan video secara otomatis. Windows Camera juga menyediakan fitur-fitur menarik lainnya seperti fitur panorama, HDR, perekam video 4K, stabilisasi video, timer foto dan lain sebagainya. Silahkan unduh aplikasinya melalui Windows Store.

11. Free2X Webcam Recorder

Free2X Webcam Recorder

Free2X Webcam Recorder merupakan aplikasi yang wajib dipertimbangkan jika Anda mencari aplikasi kamera laptop yang ringan dan mudah digunakan. Pasalnya, aplikasi besutan Free2X ini memang sangat ringan, bahkan ukuran file instalasinya saja tidak lebih dari 3 MB lho.

Meskipun demikian, aplikasi yang bisa Anda gunakan sepenuhnya secara gratis ini juga dapat digunakan untuk berfoto, merekam video, maupun merekam video dan webcam. Anda dapat menyimpan rekaman video ke dalam format AVI, MP4, WMV dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, Free2X Webcam recorder juga dibekali dengan pintas keyboard khusus untuk memudahkan para penggunanya, termasuk untuk memulai rekaman, menjeda, menghentikan rekaman dan lain sebagainya. Silahkan unduh aplikasinya melalui situs resminya.

12. Bytescout Screen Capturing Recorder

Bytescout Screen Capturing Recorder

Bytescout Screen Capturing Recorder merupakan aplikasi perekam layar gratis untuk pengguna non-komersial. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat merekam video menggunakan webcam yang tersemat pada laptop beserta suaranya.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa Anda juga dapat digunakan untuk merekam layar dengan webcam. File hasil rekaman nantinya akan disimpan secara otomatis ke dalam format AVI. Mau coba? Yuk unduh aplikasinya di sini.

13. Wennysoft Free Video Recorder

Wennysoft Free Video Recorder

Lagi nyari aplikasi kamera laptop untuk kebutuhan merekam video melalui webcam? Wennysoft Free Video Recorder merupakan aplikasi yang wajib Anda pertimbangkan.

Pasalnya, aplikasi besutan Weeny Software ini dibekali dengan fitur yang memungkinkan pengguna untuk merekam video dari webcam pada laptop. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk merekam layar dan audio laptop.

Karena fitur yang disuguhkan sangat terbatas, Wennysoft Free Video Recorder sangatlah ringa, bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 2 MB lho. Aplikasi ini bisa Anda gunakan pada laptop Windows XP, Windows 7 dan Windows 10, entah itu yang menggunakan arsitektur 32-bit maupun 64-bit. Jika tertarik, Anda dapat mengunduhnya di sini.

14. Kamerah

Kamerah

Kalau Anda hanya membutuhkan aplikasi kamera laptop untuk kebutuhan merekam video melalui webcam saja, Kamerah juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, aplikasi besutan Catzware Inc ini memang tidak menyediakan fitur yang lain.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol rekam berwarna merah dan aplikasi ini akan secara otomatis merekam video melalui webcam pada laptop Anda.

Karena hadir dengan fitur terbatas, aplikasi ini juga sangat ringan bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 3 MB. Silahkan unduh aplikasi Kamera secara gratis melalui situs resminya.

15. EatCam Webcam Recorder

EatCam Webcam Recorder

Sama seperti aplikasi sebelumnya, EatCam Webcam Recorder Pro juga bisa digunakan untuk merekam video melalui webcam laptop, Anda bisa menyimpan video tersebut dengan berbagai pilihan format mulai dari AVI, FLV, WMV dan lain sebagainya.

Selain itu, aplikasi yang dikembangkan oleh EatCam.com ini juga dapat diintegrasikan dengan layanan video call dan live streming seperti Skype, Youtube dan lain sebagainya. Jika tertarik, Anda dapat mendownload aplikasinya melalui situs resminya.

16. WebcamMax

WebcamMax

Ingin rekaman video dari webcam Anda tampak lebih menarik? WebcamMax bisa menjadi solusi untuk Anda. Pasalnya, aplikasi besutan Coolwaremax ini menyuguhkan ribuan efek yang dapat digunakan secara real-time saat merekam video maupun video call.

Aplikasi ini juga dapat diintegrasikan dengan berbagai layanan seperti Skype, YouTube, Ustream, Facebook dan lain sebagainya. Menariknya lagi, Anda bisa mengunduh dan menggunakan aplikasi ini secara gratis melalui laman ini.

17. Multi Webcam Video Recorder Free

Multi Webcam Video Recorder Free

Webcam pada PC atau laptop tak melulu digunakan untuk berfoto maupun merekam video, namun banyak pengguna yang menjadikan webcam sebagai CCTV untuk memantau lingkungan rumah.

Nah aplikasi yang dikembangkan oleh DGTSoft ini tidak hanya mampu menampilkan video dari satu saluran webcam saja, namun Anda juga bisa menampilkan hingga 36 rekaman video dari kamera webcam yang berbeda di satu laptop atau PC. Ingin menampilkan banyak kamera di satu laptop? Unduh saja aplikasinya di sini.

18. IP Camera Viewer

IP Camera Viewer

Sama seperti aplikasi sebelumnya, IP Camera Viewer merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengontrol dan meninjau rekaman di lebih dari 4 kamera. Aplikasi ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai aplikasi untuk meninjau kamera pengaman yang ada di sekitar rumah.

Pasalnya, IP Camera Viewer mendukung lebih dari 2000 merk kamera IP, termasuk kamera yang dapat dihubungkan melalui jaringan WiFi. Yuk unduh aplikasi IP Camera Viewer secara gratis di sini.

19. Free Screencast

Free Screencast

Free Screencast merupakan aplikasi kamera laptop gratis yang dapat merekam layar dan webcam dengan audio dan video berkualitas tinggi. Anda juga dapat merekam video dengan webcam secara bersamaan, entah itu webcam yang tertanam pada laptop ataupun perangkat Kamera IP.

Selain itu, Free Screencast juga dibekali dengan beragam fitur menarik, seperti fitur untuk memotong rekaman, efek filter, teks mengambang, time-lapse dan lain sebagainya. Tertarik? Yuk unduh aplikasinya di sini.

20. Webcam Toy

Webcam Toy

Ingin berfoto menggunakan kamera laptop tapi tidak mau ribet menginstall aplikasi? Webcam Toy bisa menjadi solusi untuk Anda. Pasalnya, aplikasi webcam berbasis web yang dikembangkan oleh Neave Interactive ini bisa langsung digunakan tanpa ribet melakukan instalasi.

Cara penggunaannya juga sangat mudah, tugas Anda hanyalah mengunjungi situs webcamtoy.com dan pilih tombol “Ready? Smile!” untuk mengambil foto. Selain itu, Webcam Toy juga dilengkapi dengan lebih dari 80 efek dan filter foto, termasuk efek-efek yang dapat mengubah wajah menjadi konyol.

Itulah deretan aplikasi kamera laptop atau webcam terbaik yang berhasil Sipitek rangkum. Dengan menggunaka salah satu aplikasi yang ada di atas, kini Anda bisa berfoto dan merekam video kapan saja menggunakan kamera laptop Anda. Mana aplikasi yang akan Anda gunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here