Tips & Trik

Cara Translate Dokumen di Google Drive Dalam 3 Langkah Mudah

translate google drive

Ketika disuruh untuk membuat berbagai macam jenis tugas kuliah maupun sekolah, terutama tugas yang berkaitan dengan karya ilmiah seperti kliping, skripsi, dan sebagainya, terkadang kita harus mengumpulkan banyak informasi secara lengkap agar tugas yang kita buat memiliki informasi yang akurat.

Akan tetapi karena informasi yang ada dalam Bahasa Indonesia sangat terbatas, kita juga perlu menambahkan referensi tambahan dari informasi yang Berbahasa Inggris, salah satunya adalah dengan mengunduh dokumen di situs tempat berbagi dokumen seperti di Slideshare dan sebagainya.

Agar kita bisa memahami isi dokumen tersebut tentunya kita harus menerjemahkan isi dokumen ke dalam bahasa Indonesia.

Sebetulnya kamu juga bisa menggunakan layanan Google Terjemah untuk menerjemahkan isi dokumen tersebut, dengan cara copy paste satu per satu bagian isi dokumen.

Masalahnya, bagaimana kalau dokumen tersebut berisi ratusan lembar informasi? tentunya kamu nggak mungkin menerjemahkannya dengan cara copy paste satu per satu bagian isi dokumen, karena akan menyita banyak waktu.

Untungnya saat ini kamu bisa menerjemahkan langsung semua isi dokumen dalam tiga langkah saja, yaitu dengan memanfaatkan fitur Google Dokumen dan Google Drive.

Dengan menggunakan cara ini kamu juga bisa menghemat banyak waktu karena isi dokumen akan diterjemahkan semuanya secara otomatis.

Sebetulnya dengan menggunakan alat yang diusung oleh Google ini, kamu tidak hanya bisa menerjemahkan isi dokumen dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesa saja, namun kamu juga bisa menerjemahkannya dari bahasa asing lainnya selain Bahasa Inggris.

Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk menerjemahkan berbagai macam jenis dokumen entah itu PDF, .docx, dan sebagainya.

Cara Translate Dokumen di Google Drive

Karena kita di sini akan memanfaatkan layanan dari Google, supaya layanan tersebut bisa kamu gunakan, kamu harus memiliki akun Google terlebih dahulu, jika belum punya buat dulu di sini.

Kalau sudah punya langsung saja unggah dokumen yang ingin di terjemahkan ke Google Drive.

Kalau sudah, mari kita mulai cara menerjemahkannya.

1. Klik kanan di dokumen yang ingin kamu terjemahkan, kemudian pilih opsi “Buka dengan” lalu pilih Google Dokumen.

translate google drive

2. Setelah dokumen tersebut berhasil di buka menggunakan Google Dokumen, pilih menu “Alat” kemudian pilih “Terjemahkan dokumen“.

translate google drive

3. Selanjutnya akan muncul menu pop up seperti gambar di bawah. Menu ini berfungsi untuk membuat dokumen salinan, supaya dokumen asli tidak berubah.

Silahkan masukkan judul dokumen, kemudian pada bagian “Terjemahkan ke dalam bahasa” pilih Indonesia, jika sudah pilih tombol Terjemahkan.

translate google drive

Sampai di sini dokumen akan mulai di terjemahkan, secara otomatis kamu juga akan diarahkan ke dokumen hasil salinan. Karena hasil terjemah terkadang kurang akurat, kamu juga perlu memeriksanya.

Bagaimana mudah bukan? dengan cara ini tentunya kamu nggak perlu repot lagi menerjemahkan dokumen secara manual.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top