Tips & Trik

Cara Membuat Akun Dropbox di Android dan PC

cara membuat akun dropbox

Sekarang ini ada banyak sekali situs yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan file di internet secara online, salah satunya yang paling populer adalah Dropbox. Akan tetapi tentu saja agar Anda bisa menyimpan file di Dropbox Anda perlu membuat akun Dropbox terlebih dahulu.

Dropbox memang sudah hadir sejak tahun 2007 sebagai penyedia layanan penyimpanan data berbasis web tidak heran jika kita berbicara soal situs penyimpanan data yang terlintas dipikiran kita adalah Dropbox.

Dengan menggunakan Dropbox Anda bisa menyimpan berbagai macam jenis file diantaranya seperti file dokumen, musik, video, dan jenis file lainnya secara gratis, akan tetapi jika Anda menggunakan versi gratis Anda hanya bisa menyimpan file sebesar 2GB saja.

Namun jika Anda merasa kurang dengan kapasitas penyimpanan data yang diberikan secara gratis Anda bisa berlangganan versi berbayar.

Dropbox sendiri menyediakan beberapa paket langganan diantaranya yaitu Dropbox Plus, Profesional, hingga paket Bisnis.

Akan tetapi jika Anda ingin menyimpan file-file pribadi saja saya rasa menggunakan yang gratis saja sudah cukup.

Namun jika memang Anda menginginkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar untuk kebutuhan bisnis tentu saja akan lebih bagus jika membeli versi berbayar yang punya kapasitas penyimpanan lebih besar.

Selain dapat digunakan sebagai media penyimpanan data secara online dengan menggunakan Dropbox Anda juga bisa mengizinkan seseorang untuk mengakses file tersebut.

Misalnya Anda punya tugas kuliah kelompok karena tugas tersebut perlu dikerjakan secara bersama-sama Anda bisa mengunggahnya ke Dropbox bahkan Anda juga bisa memberikan komentar di setiap file yang telah di unggah, akan tetapi tentu saja ini harus disetujui terlebih dahulu oleh pemilik file.

Agar Anda bisa mengunggah file ke Dropbox dan menikmati fitur-fitur menarik lainnya Anda perlu membuat akunnya terlebih dahulu. Karena tanpa akun Dropbox Anda tidak akan bisa menikmati fitur yang telah disediakan.

Bagaimana Cara Membuat Akun Dropbox ?

Caranya sangatlah mudah hampir sama seperti Anda membuat akun sosial media, akan tetapi supaya Anda lebih mudah memahaminya di sini saya akan menjelaskannya secara lengkap mulai dari awal hingga akun Dropbox Anda siap digunakan.

Untuk melakukan pendaftaran akun Anda harus punya email, jika belum punya silahkan buat terlebih dahulu entah itu menggunakan email Gmail atau bisa juga menggunakan Yahoo Mail.

Di sini saya akan membaginya menjadi dua cara berdasarkan perangkat yang Anda gunakan, yaitu melalui:

Gunakan link di atas untuk loncat ke bagian yang sesuai dengan perangkat yang Anda gunakan. Namun jika Anda ingin tahu cara daftar lewat Android dan PC baca semuanya.

Mari kita mulai!

Membuat Akun DropBox Melalui PC

Jika Anda ingin lebih leluasa ketika melakukan pendafaran Anda bisa menggunakan perangkat komputer PC atau laptop dengan cara mendaftar langsung melalui situs resmi Dropbox.

Tentu saja untuk mengunjungi situs Dropbox kita perlu browser, Anda bisa menggunakan browser Mozile Firefox, Google Chrome, Opera, ataupun yang lainnya terserah.

Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini:

Buka halaman Pendaftaran Dropbox. Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran tampak seperti gambar di bawah.

Silahkan isi semua kolom pendaftaran sesuai dengan identitas Anda, jika sudah di isi semua pilih tombol Buat akun.

Akan tetapi jika Anda ingin membuatnya langsung menggunakan akun Google pilih tombol Daftar dengan Google.

Setelah itu biasanya akan muncul Captcha silahkan jawab sesuai dengan kode Captcha yang muncul.

cara membuat akun dropbox

Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman yang berisi beberapa pertanyaan silahkan jawab saja sesuai dengan tujuan Anda.

Sampai di sini sebetulnya akun Anda sudah jadi, kalau Anda malas untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan buka saja langsung alamat dropbox.com agar Anda bisa langsung membuka halaman awal Dropbox seperti pada gambar di bawah.

halaman depan dropbox

Sekarang Anda sudah bisa memulai untuk mengunggah file ke Dropbox.

Jangan lupa cek Email Anda karena Dropbox akan mengirim email berisi tautan untuk memverifikasi akun Anda.

Selesai, bagaimana mudah bukan?

Sebetulnya cara ini juga bisa Anda gunakan melalui Android dengan menggunakan browser, akan tetapi jika Anda akan aktif menggunakan Dropbox lebih baik gunakan aplikasi Dropbox khusus untuk Android.

Membuat Akun Dropbox di Android

Untuk Anda yang ingin membuat akun lewat Android Anda bisa mendaftarnya melalui aplikasi Dropbox khusus untuk pengguna Android yang bisa di download melalui Play Store.

Silahkan download terlebih dahulu aplikasi Dropbox di Play Store tunggu sampai aplikasi berhasil di pasang.

Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini:

login aplikasi dropbox android

Buka aplikasi Dropbox yan telah Anda pasang nanti tampilan awalnya akan tampak seperti gambar di atas paling kiri, silahkan pilih tombol DAFTAR.

Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran Dropbox seperti gambar di atas yang tengah, silahkan isi semua sesuai dengan identitas Anda. Jika sudah di isi semua pilih tombol BUAT AKUN.

Apabila berhasil Anda akan diarahkan ke halaman awal Dropbox dalam keadaan login seperti gambar di atas paling kanan.

Selesai.

Penutup

Itulah cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat akun Dropbox melalui Android maupun PC.

Apabila Anda menggunakan HP Android tapi malas untuk mendownload aplikasi Dropbox gunakan saja cara pertama melalui PC karena cara tersebut juga bisa Anda ikuti dengan menggunakan browser di HP Android.

Akan tetapi jika Anda akan aktif menggunakan Dopbox saya lebih menyarankan Anda untuk menggunakan aplikasinya karena Anda akan menjadi lebih mudah ketika ingin mengakses fitur yang disediakan oleh Dropbox.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top