Tips & Trik

Lupa Password Instagram? Pulihkan Dengan 3 Metode Berikut Ini

cara mengatasi lupa password instagram

Salah satu syarat yang harus dilakukan oleh pengguna media sosial agar bisa masuk ke akun pribadinya adalah mereka harus mengetahui username atau email dan password atau kata sandi pada saat melakukan pendaftaran sebelumnya, karena jika ini tidak diketahui tentu saja Anda tidak akan bisa masuk ke akun tersebut.

Tidak sedikit para pengguna media sosial yang lupa dengan password yang telah dibuatnya tak terkecuali media sosial tempat berbagi foto yang kini sangat diminati oleh kalangan anak muda yakni Instagram.

Biasanya hal ini terjadi karena akun Instagram jarang dibuka dalam waktu yang cukup lama atau Anda tidak pernah mengeluarkan akun dari aplikasi Instagram yang ada di ponsel sehingga ketika akun dikeluarkan dan Anda ingin masuk kembali Anda lupa dengan password akun tersebut.

Tapi saya yakin sebagian dari Anda yang mengalami masalah ini akan berusaha mengembalikan akun tersebut agar bisa dibuka kembali daripada membuat akun baru.

Apalagi jika akun tersebut sudah mengunggah banyak foto kenangan-kenangan yang pernah Anda lalui dan foto tersebut tidak disimpan di penyimpanan perangkat Anda tentu saja ini akan sangat disayangkan bukan.

Sebetulnya masalah ini masih bisa diatasi dengan cara diunduh satu per satu foto Anda di Instagram yang lupa password tersebut kemudian di unggah kembali ke Instagram baru.

Yang lebih ribet lagi kalau akun tersebut sudah memiliki banyak pengikut, ini yang paling susah untuk dikembalikan karena kita tidak bisa memindahkan pengikut ke akun baru seperti memindahkan foto dari akun lama ke akun baru.

Tetapi jika Anda masih menginginkan akun tersebut kembali Anda tidak perlu khawatir karena Instagram menyediakan beberapa cara yang bisa digunakan untuk mereset atau mengatur ulang kata sandi Instagram yang lupa.

Bagaimana Cara Mengatasi Lupa Password Instagram ?

Ada beberapa cara alternatif yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan akun yang lupa password, masing-masing cara memiliki syarat yang berbeda-beda tergantung dengan kemampuan Anda untuk mengakses akun tersebut.

Singkatnya ini cara yang bisa Anda lakukan:

Saya akan menjelaskan satu per satu secara lengkap supaya Anda tidak kebingungan ketika mengikutinya. Silahkan simak…

1. Atur Ulang Password Menggunakan Email

Pastikan Anda bisa membuka email yang terdapat pada akun Instagram yang lupa password karena nantinya Instagram akan mengirim kode untuk mengatur ulang kata sandi ke email tersebut.

Biasanya email ini dimasukkan pada saat pertama kali Anda daftar akun Instagram, apabila Anda tidak pernah mendaftar menggunakan email atau tidak pernah menambahkan email sebelumnya cara ini tidak bisa Anda gunakan.

Tetapi jika Anda memang daftar menggunakan email atau pernah menambahkan informasi email ke akun Anda silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Silahkan buka aplikasi Instagram di ponsel Anda kemudian masuk ke halaman log in akun di bagian bawah tombol Masuk di sana terdapat tombol Dapatkan bantuan untuk masuk silahkan pilih tombol tersebut.

Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman untuk memilih metode pengaturan ulang kata sandi di sana terdapat tiga pilihan semuanya akan kita bahas, karena kita akan menggunakan Email silahkan pilih Gunakan Nama Pengguna atau Email.

bantuan masuk

2. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman untuk mencari akun silahkan masukan email Anda yang terhubung dengan Instagram dan pastikan email ini bisa Anda buka lalu pilih panah biru (➜) yang berada di bagian pojok kanan atas.

Apabila sebelumnya Anda pernah membuka akun di ponsel yang Anda gunakan biasanya akan muncul username dan foto profil Instagram tepat di bagian atas tombol Kirim sebuah Email, tetapi jika tidak pernah biasanya tidak akan muncul seperti gambar di bawah yang tengah.

Selanjutnya pilih Kirim sebuah Email tidak lama Instagram akan mengirim pesan ke email Anda yang berisi tautan untuk mengatur ulang kata sandi akun Anda dan tombol Kirim sebuah Email akan berubah menjadi Email terkirim seperti pada gambar di bawah paling kanan.

akses akun dengan email

3.  Silahkan buka email Anda melalui browser atau melalui aplikasi langsung jika Anda menggunakan email dari Gmail di sana nanti akan ada pesan masuk dari Instagram supaya lebih mudah menemukan pesan tersebut Anda bisa masuk ke kategori Sosial.

Jika sudah ketemu silahkan buka pesan tersebut kurang lebih isi pesannya akan tampak seperti gambar di bawah sebelah kiri.

Isi pesan tersebut ada dua tautan yang bisa Anda gunakan apabila Anda memilih Log in as [username] maka Anda akan dialihkan langsung masuk ke Instagram tanpa mengatur ulang kata sandi.

Tetapi jika Anda memilih tombol di bawahnya yaitu reset your Instagram password Anda akan diarahkan ke halaman untuk membuat kata sandi baru, saran saya silahkan pilih tombol ini karena Anda akan membuat kata sandi baru seperti pada gambar di bawah sebelah kanan.

Apabila setelah memilih menu ini muncul beberapa pilihan aplikasi silahkan pilih aplikasi Instagram.

Silahkan masukkan kata sandi baru Anda pada kedua kolom yang telah disediakan jangan lupa catat supaya tidak lupa lagi, jika sudah pilih ikon centang biru (✔) di pojok kanan atas.

ubah kata sandi

Sampai di sini kata sandi sudah berhasil diganti dengan yang baru…

Kembali ke halaman masuk Instagram kemudian silahkan coba log in ke Instagram Anda menggunakan kata sandi yang baru saja dibuat.

CATATAN: 

Apabila setelah memilih ikon centang biru Anda dialihkan kembali untuk memasukkan kata sandi biasanya akan muncul notifikasi Expired token. Please request a new password reset link. seperti pada gambar di bawah sebelah kanan.

Silahkan pilih abaikan saja ini juga merupakan salah satu tanda bahwa Anda berhasil menggunakan tautan yang dikirim ke email untuk mengatur ulang kata sandi sehingga ketika Anda memasukkan kembali kata sandi, Instagram mendeteksi bahwa tautan tersebut sebelumnya sudah digunakan untuk mengatur ulang kata sandi.

Apabila Anda belum yakin bahwa kata sandi Anda telah berhasil diganti silahkan buka email Anda nanti akan ada pesan masuk ke email tersebut yang berisi pemberitahuan mengenai perubahan kata sandi.

abaikan expired token

Jadi intinya apabila jika muncul notifikasi Expired token abaikan saja…

Kembali ke halaman log in kemudian log in menggunakan kata sandi baru.

2. Atur Ulang Password Menggunakan Nomor HP

Apabila Anda lupa email dan tidak bisa membuka email tersebut, Anda bisa menggunakan metode pengaturan ulang kata sandi melalui SMS tetapi pastikan sebelumnya Anda pernah menambahkan nomor HP ke Instagram Anda atau Anda melakukan pendaftaran melalui nomor HP.

Pastikan juga kalau nomor tersebut masih aktif dan bisa Anda gunakan karena nantinya Instagram akan mengirim sebuah tautan reset akun melalui SMS ke nomor tersebut.

Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Silahkan buka aplikasi Instagram kemudian buka halaman masuk akun seperti gambar di bawah sebelah kiri kemudian pilih tombol Dapatkan bantuan untuk masuk yang berada tepat di bagian bawah tombol Masuk.

Jika sudah, Anda akan dialihkan ke halaman untuk memilih metode pengaturan ulang kata sandi karena di sini kita akan menggunakan Nomor HP silahkan pilih opsi Kirim sebuah SMS.

Bantuan masuk dengan SMS

2. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman untuk memasukkan Nomor Telepon silahkan masukkan Nomor HP yang telah Anda tambahkan pada akun tersebut, pastikan kode negara menggunakan +62.

Apabila sudah selesai pilih ikon panah biru (➔) yang berada di pojok kanan atas halaman.

Setelah itu maka akan muncul pemberitahuan bahwa pihak Instagram telah mengirim sebuah tautan ke nomor tersebut melalui SMS, silahkan pilih OK.

masukkan nomor HP

2. Biasanya pesan tersebut langsung masuk ke nomor HP yang telah Anda masukkan hanya dalam waktu beberapa detik saja silahkan buka SMS tersebut di sana terdapat tautan untuk mengatur ulang kata sandi silahkan pilih tautan tersebut.

Apabila muncul beberapa pilihan aplikasi gunakan aplikasi Instagram. Untuk Anda yang menggunakan ponsel Xiaomi seperti yang saya gunakan biasanya tidak muncul pilihan aplikasi tetapi muncul beberapa opsi seperti pada gambar di bawah sebelah kanan silahkan pilih saja Telusuri.

tautan verifikasi SMS

3. Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman untuk memasukkan kata sandi baru silahkan masukkan kata sandi baru yang mudah diingat tapi sulit ditebak dan jangan menggunakan kata sandi yang sudah pernah digunakan, jangan lupa catat biar tidak lupa.

Jika sudah pilih ikon centang biru (✔) di sebelah kanan atas halaman.

ubah kata sandi

Sampai di sini Anda sudah berhasil mengganti kata dengan yang baru silahkan coba log in menggunakan kata sandi tersebut ke akun Anda…

Apabila setelah memilih ikon ceklis Anda diarahkan kembali ke halaman pengaturan kata sandi baru, keluar saja karena nantinya akan muncul pemberitahuan mengenai Expired token.

Agar Anda paham mengenai pemberitahuan mengenai Expired token silahkan baca di atas sudah saya jelaskan pada bagian akhir di panduan cara mengatur ulang kata sandi melalui email.

…Bagaimana jika saya tidak bisa membuka email atau lupa email dan nomor HP sudah tidak aktif?

Ada satu cara alternatif lagi yang bisa Anda gunakan yaitu menggunakan akun Facebook.

3. Atur Ulang Password Menggunakan Akun Facebook

Ini merupakan cara terakhir untuk mengembalikan akun Instagram yang lupa kata sandi, tetapi metode ini hanya dapat digunakan jika Anda telah menghubungkan akun Instagram dengan akun Facebook yang Anda gunakan, atau pada saat pendaftaran Anda menggunakan akun Facebook.

Silahkan simak langkah-langkahnya berikut…

1. Silahkan buka aplikasi Instagram kemudian masuk ke halaman log in lalu pilih tombol Dapatkan bantuan untuk masuk. Maka akan tampil beberapa metode karena kita akan menggunakan akun Facebook silahkan pilih Masuk dengan Facebook.

Bantuan masuk dengan Facebook

2. Selanjutnya apabila Anda belum log in ke aplikasi Facebook maka Anda akan secara otomatis diarahkan ke halaman log in silahkan masukkan email dan kata sandi Facebook yang terhubung dengan Instagram tersebut, kemudian pilih MASUK.

Setelah itu Anda akan diarahkan kembali ke Instagram untuk memasukkan kata sandi baru, silahkan tulis kata sandi baru yang belum pernah digunakan pada kolom yang telah disediakan kemudian pilih ikon centang biru (✔) di bagian pojok kanan atas.

ubah kata sandi

Sampai di sini Anda sudah berhasil mengganti kata sandi akun Instagram Anda dan secara otomatis Anda akan dialihkan ke halaman awal Instagram menggunakan akun tersebut.

Kesimpulan

Semua metode di atas akan bekerja dengan baik apabila sebelumnya Anda telah menghubungkan akun Instagram yang lupa kata sandi tersebut ke nomor HP, Email, ataupun akun Facebook.

Jika Anda menggunakan cara pertama atau kedua yaitu menggunakan Email atau no HP tentu saja Anda harus bisa mengakses email atau no HP yang dihubungkan, jika Anda lupa akun email atau no HP hilang kedua cara tersebut tidak bisa Anda gunakan karena Instagram mengirim tautan khusus untuk mengatur ulang akun yang perlu Anda buka.

Untuk metode ketiga yaitu menggunakan akun Facebook pastikan juga sebelumnya Anda telah menghubungkan akun Facebook dengan akun Instagram tersebut karena percuma apabila sebelumnya Anda belum pernah menghubungkannya atau bisa juga pada saat proses pendaftaran Anda menggunakan akun Facebook.

Jika Anda tidak berhasil menggunakan ketiga cara di atas terpaksa Anda harus membuat akun baru, apabila Anda memutuskan untuk membuat akun baru jangan lupa tambahkan informasi nomor hp dan alamat email yang selalu aktif dan bisa Anda buka, supaya ketika lupa Anda dapat dengan mudah mengembalikannya.

Semua cara diatas sudah saya coba dan semuanya berhasil silahkan lihat akun saya yang ini @sipitekcom yang sudah saya jadikan bahan percobaan untuk artikel ini. Jangan lupa ikuti karena saya rutin membagikan informasi menarik mengenai teknologi.

Itulah tiga cara yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan akun Instagram yang lupa password, apabila ada yang ingin ditanyakan atau mengalami masalah pada saat menggunakan cara di atas silahkan tulis di kolom komentar nanti saya bantu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top