Tips & Trik

Cara Menghapus Akun Instagram Sementara dan Permanen : Terbaru 2018

cara menghapus akun instagram

Instagram merupakan media sosial tempat berbagi foto dan video yang saat ini sedang naik daun, penggunanya setiap hari terus-menerus bertambah tidak heran jika banyak orang yang tertarik dengan media sosial yang satu ini mengingat banyak fitur-fitur menarik yang dihadirkan hingga membuat nyaman para penggunanya.

Penggunanya datang dari berbagai kalangan terutama kaum muda, namun tidak sedikit pula para orang tua yang ikut membagikan momen-momen spesial ke Instagram.

Tetapi meskipun banyak memberikan manfaat kepada para penggunanya, media sosial ini juga dapat memberikan efek negatif jika digunakan dengan tujuan yang tidak baik.

Entah itu mengganggu pekerjaan di dunia nyata, merasa bosan, atau mungkin masalah privasi. Tidak heran jika ada beberapa pengguna Instagram rela menghapus akun pribadinya padahal sudah banyak momen yang diabadikan di akun tersebut.

Tetapi ketika mereka berkeinginan untuk menghapusnya seringkali mereka tidak tau cara menghapus akun Instagram yang ingin mereka hapus padahal caranya cukup mudah sekali dan ini bisa juga dilakukan di ponsel Android atau Iphone dan bisa juga melalui perangkat komputer PC.

Apabila Anda pernah mencoba menghapus akun langsung melalui aplikasi Instagram di ponsel pasti Anda akan merasa kebingungan karena memang Instagram tidak menyediakan opsi yang dapat digunakan untuk menghapus akun pada aplikasi ponsel.

Meskipun ada opsi untuk menghapus akun itu hanya petunjuk saja selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman halaman situs resmi Instagram khusus untuk menghapus akun.

Bagaimana Cara Menghapus Akun Instagram ?

Instagram menyediakan dua pilih untuk penggunanya yaitu menghapus akun secara sementara dan permanen. Kali ini Sipitek akan membagikan kedua caranya, silahkan Anda pilih salah satu cara yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara ini juga bisa dilakukan di perangkat ponsel Android atau Iphone bahkan bisa juga melalui PC atau komputer karena kita tidak akan menggunakan aplikasi Instagram melainkan melalui halaman yang disediakan oleh Instagram khusus untuk menghapus akun.

Namun pada tutorial kali ini saya menggunakan ponsel Android, apabila Anda menggunakan perangkat komputer atau laptop silahkan menyesuaikan saja karena caranya tidak jauh beda.

Ada dua cara yang bisa Anda gunakan untuk menghapus akun Instagram, yaitu:

Kalau suatu saat Anda ingin mengaktifkannya lagi pillih yang sementara, namun jika Anda tidak ingin membuka lagi akun tersebut pilih yang permanen.

1. Cara Menghapus Akun Instagram untuk Sementara

Ini merupakan cara yang cocok untuk Anda yang kurang yakin menghapus akun secara permanen karena jika suatu saat Anda ingin membukanya kembali Anda bisa langsung membukanya dengan mudah tanpa membuat akun baru lagi.

Apabila Anda menggunakan cara ini profil, foto, suka, dan komentar yang ada pada akun tersebut akan disembunyikan sampai Anda mengaktifkannya lagi.

Jadi Anda seperti orang yang tidak memiliki akun Instagram siapapun tidak dapat melihat akun Anda.

Apabila sudah yakin ingin menghapus akun Instagram sementara, silahkan simak langkah-langkah berikut ini…

1. Silahkan buka halaman login Instagram di Instagram.com menggunakan browser yang ada pada ponsel sebagai contoh di sini saya menggunakan browser Google Chrome.

Jika sudah Anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran Instagram seperti pada gambar di bawah sebelah kiri.

Silahkan pilih tombol Masuk yang berada di bagian bawah halaman, selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman login Instagram silahkan login menggunakan akun yang ingin dihapus atau dinonaktifkan, jika sudah pilih Masuk.

masuk ke instagram

2. Apabila sudah masuk silahkan pilih ikon profil yang ada di bagian pojok kanan bawah lalu pilih Sunting Profil.

sunting profil

3. Setelah masuk ke halaman Sunting Profil silahkan pilih tombol Nonaktif sementara akun saya yang berada di bagian bawah halaman.

Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman untuk mengisi beberapa informasi yang dibutuhkan pada kolom pertama yaitu bagian Mengapa Anda menonaktifkan akun Anda? silahkan isi dengan alasan Anda menonaktifkan akun tersebut, atau jika tidak mau ribet pilih saja Hal lainnya.

Pada bagian Untuk melanjutkan, masukkan lagi kata sandi silahkan isi dengan kata sandi akun yang ingin dinonaktifkan.

Apabila semuanya sudah diisi dengan benar pilih tombol Akun Dinonaktifkan Sementara yang berwarna biru yang berada di bagian bawah halaman, tepat di bagian tombol tersebut nanti akan muncul persetujuan pilih saja Ya.

nonaktifkan sementara

Jika Anda setelah itu Anda diarahkan ke halaman berisi pesan Your account has been temporarily disabled. To reactivate it, log back in. berarti Anda sudah berhasil menghapus akun untuk sementara.

Bagaimana jika saya ingin mengaktifkan kembali?

Untuk mengaktifkan kembali Anda hanya tinggal login seperti biasa entah itu melalui aplikasi Instagram ponsel atau bisa juga melalui situs web Instagram.

Namun Anda harus menunggu beberapa hari sampai akun bisa dikembalikan lagi jika Anda login langsung saat itu juga setelah akun dinonaktifkan maka Anda tidak akan bisa langsung masuk dan akan tampak pembeitahuan berwarna merah yang berisi nama pengguna bukan milik akun tertentu.

mengaktifkan kembali

Meskipun demikian Anda tidak perlu khawatir karena suatu saat akun Anda akan kembali lagi karena ini hanya dinonaktifkan untuk sementara, entah berapa lama sampai bisa login kembali ke Akun yang telah dinonaktifkan.

Sipitek juga telah mencoba menonaktifkan akun Instagram secara sementara untuk bahan percobaan, namun sudah 24 jam akun belum bisa dikembalikan.

Apabila akun sudah bisa dikembalikan dalam beberapa waktu ke depan nanti akan saya update supaya Anda tau harus menunggu berapa lama sampai akun bisa dikembalikan, tunggu saja ya.

2. Menghapus Akun Instagram secara Permanen

Cara kedua adalah menghapus akun secara permanen apabila Anda menggunakan cara ini akun Anda tidak akan bisa dikembalikan lagi semua data akun seperti foto dan video, suka, komentar, pengikut Anda di Instagram akan hilang.

Anda juga tidak akan bisa membuat akun baru menggunakan email atau nama pengguna yang sama seperti akun Instagram yang dihapus permanen.

Jadi sebelum Anda memutuskan untuk menghapus secara permanen lebih baik pikir-pikir terlebih dahulu supaya Anda tidak menyesal dikemudian hari.

Apabila sudah yakin ingin menghapusnya secara permanen silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini…

1. Silahkan buka terlebih dahulu halaman resmi Instagram di Instagram.com menggunakan browser pada ponsel Anda setelah terbuka pilih tombol Masuk yang berada di bagian bawah halaman.

Kemudian masukkan nama pengguna atau email dan kata sandi akun Instagram yang ingin dihapus secara permamen setelah itu pilih tombol Masuk.

masuk ke instagram

2. Jika sudah berhasil masuk silahkan buka halaman penghapusan akun secara permanen halamannya akan tampak seperti gambar di bawah silahkan isi bagian Mengapa Anda menghapus akun Anda? dengan asalan Anda atau bisa juga memilih Hal lainnya.

Selanjutnya pada kolom bagian Untuk melanjutkan, masukkan lagi kata sandi silahkan masukkan kata sandi akun yang ingin di hapus secara permanen. Jika semuanya sudah diisi dengan benar pilih tombol Hapus akun saya secara permanen yang berwarna merah di bagian bawah halaman.

hapus akun saya secara permanen

3. Apabila setelah itu Anda diarahkan ke halaman seperti gambar di bawah berarti akun Anda sudah berhasil di hapus secara permanen.

hapus permanen berhasil

Ucapkan selamat tinggal pada akun Anda karena akun tersebut tidak akan bisa lagi dikembalikan…

Penutup

Kedua cara di atas bisa Anda ikuti pada ponsel Android ataupun laptop karena untuk menghapus akun kita tidak perlu melakukannya melalui aplikasi Instagram tapi melalui halaman resmi yang telah di sediakan oleh Instagram untuk para penggunanya yang ingin menghapus akun.

Lebih baik pikir-pikir terlebih dahulu secara matang sebelum Anda memutuskan untuk menghapus akun Instagram apalagi jika memutuskan untuk menghapus secara permanen. Demikian artikel kali ini, apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top