Tips & Trik

Begini Cara Hapus Pesan yang Sudah Terkirim di WhatsApp

hapus pesan terkirim di Whatsapp

Salah satu masalah yang sering kali terjadi pada saat kita mengirim pesan diantaranya yaitu salah ketik dan salah kirim ke orang lain, biasanya karena terburu-buru atau memang Anda tidak fokus saat menulis pesan.

Kesalahan penulisan pesan seringkali membuat pesan yang Anda kirim berbeda maknanya bahkan ini bisa menjadi fatal lho, apalagi jika Anda mengirim pesan sensitif ke orang lain bisa jadi mereka beranggapan hal yang buruk tentang Anda.

Namun bagi Anda yang menggunakan aplikasi pesan instan WhatsApp sebagai alat untuk melakukan percakapan, sekarang Anda tidak perlu lagi khawatir salah ketik atau salah kirim.

Karena beberapa waktu yang lalu setelah meluncurkan fitur membuat status tulisan dengan background berwarna, kini WhatsApp meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna menghapus pesan yang terlanjur terkirim hanya dalam beberapa langkah saja.

Fitur ini tidak hanya bisa Kamu gunakan untuk menghapus pesan terkirim dari percakapan dua orang saja akan tetapi Kamu juga bisa menggunakannya di grup percakapan.

Dengan menggunakan fitur ini ketika Anda menghapus pesan yang sudah terkirim si penerima tidak akan bisa lagi membaca pesan Anda tarik, menarik bukan?

Bagaimana Cara Hapus Pesan WhatsApp yang Sudah Terkirim?

Agar fitur ini muncul di aplikasi WhatsApp yang Anda gunakan silahkan perbarui terlebih dahulu ke versi terbaru atau minimal versi 2.17.394, fitur ini sudah tersedia di platform iOS, Android, maupun Windows Phone.

Apabila WhatsApp sudah diperbarui silahkan simak cara menggunakannya berikut ini:

1. Sebagai percobaan Anda bisa mengirim pesan baru ke teman Anda, setelah terkirim silahkan tekan dan tahan pesan tersebut kemudian pilih Hapus atau ikon tong sampah yang berada di bagian atas.

2. Nanti akan muncul pop up berisi tiga pilihan seperti pada gambar di bawah sebelah kanan, silahkan pilih opsi HAPUS UNTUK SEMUA ORANG. Apabila muncul notifikasi penghapusan pilih saja OKE.

hapus pesan whatsapp untuk semua

Hanya dengan dua langkah saja pesan Anda sudah berhasil di hapus.

Kenapa saya tidak bisa menghapusnya meski sudah di perbarui?

Seharusnya jika Anda sudah memperbarui WhatsApp ke versi terbaru seharusnya sudah muncul fitur ini.

Namun karena fitur ini baru diluncurkan beberapa waktu yang lalu kemungkinan masih ada beberapa pengguna yang belum mendapatkan fitur ini biasanya ketika Anda ingin menghapus pesan tidak ada pilihan HAPUS UNTUK SEMUA ORANG.

Tunggu saja nanti juga muncul sendiri, kemungkinan fitur ini akan tersedia untuk seluruh pengguna dalam waktu dekat karena memang sudah secara resmi diluncurkan. Bagi yang belum mendapatkan fitur ini, bersabar ya.

Pesan sudah di hapus tapi masih muncul di WhatsApp teman?

Ini terjadi karena teman Anda belum memperbarui WhatsApp ke versi terbaru yang sudah mendukung fitur hapus pesan terkirim. Agar fitur ini dapat berfungsi dengan baik Anda dan si penerima pesan harus menggunakan WhatsApp versi terbaru.

Apa yang terjadi pada pesan yang di hapus?

Pesan yang Anda hapus isinya akan berubah, di si pengirim akan berubah menjadi “Anda telah menghapus pesan ini” sedangkan di si penerima akan berubah menjadi “Pesan ini telah dihapus“.

Jadi pesan yang Anda hapus tidak akan hilang begitu saja, si penerima juga akan mengetahui bahwa pesan yang Anda kirim telah di hapus. Seperti pada gambar di bawah.

pesan whatsapp dihapus

Catatan: Anda hanya bisa menarik atau menghapus pesan dalam kurun waktu 7 menit setelah pesan terkirim. Jadi jika pesan ingin dihapus sudah lebih dari tujuh meni Anda tidak akan bisa menghapusnya, biasanya opsi penghapusan pesan untuk semua orang tidak muncul.

Update: kini Anda sudah bisa menghapus pesan yang telah terkirim lebih dari 7 menit, silahkan baca trik menghapus pesan WhatsApp yang telah terkirim lebih dari 7 menit.

Itulah cara yang bisa Anda gunakan untuk menghapus atau menarik pesan yang telranjur terkirim di WhatsApp. Bagi Anda yang seringkali salah ketik atau salah kirim pesan fitur ini mungkin akan sangat membantu sekali apalagi jika pesan yang terkirim berisi kata-kata yang sensitif.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top