game berkebun dan berternak

Game berkebun dan beternak merupakan salah satu jenis game yang cukup diminati oleh banyak orang tak hanya anak-anak saja orang dewasa pun juga banyak yang memainkannya. Keseruan game ini terletak pada proses berkebun mulai dari menanam bibit hingga menghasilkan buah yang bisa dijual, begitu pula dengan beternak.

Akan tetapi, tentunya untuk bisa menghasilkan buah atau hasil ternak kita perlu menyusun proses tersebut dengan baik, mulai dari menyiram tanaman, memberi pupuk, hingga memberi makan hewan yang kita ternak supaya bisa tumbuh dengan baik.

Kalau Anda memang suka dengan permainan berkebun dan berternak pasti sudah tak asing lagi dengan game Harvest Moon.

Yap, Harvest Moon merupakan salah satu game beternak yang cukup tersohor yang ada di konsol game Playstation 1, namun saat ini game tersebut sudah jarang dimainkan karena saat ini sangat sedikit orang yang punya konsol game Playstation 1.

Namun, jika Anda ingin bermain game beternak dan berkebun di Android yang mirip seperti Harvest Moon, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, saat ini sudah banyak game yang mirip HArvest Moon yang bisa Anda mainkan secara gratis di smartphone Android.

Tentunya setiap game menawarkan konsep permainan yang berbeda-beda, ada yang bisa dimainkan secara offline tanpa koneksi internet ada juga yang hanya bisa dimainkan secara online. Oleh karena itu, supaya Anda bisa memilih game berkebun dan berternak terbaik yang sesuai dengan selera Anda, yuk simak dulu semua ulasannya.

20 Game Berkebun dan Berternak Terbaik di Android

1. Hay Day

Hay Day

Hay Day merupakan salah satu game pertanian terbaik saat ini. Game besutan Supercell ini menjadi salah satu game paling populer di lebih dari 122 negara. Tidak heran jika game yang telah diunduh lebih dari 100 juta kali ini menyandang sebagai game pertanian terbaik, pasalnya game ini memang cukup seru dan bikin nagih.

Di dalam game Hay Day Anda bisa memelihara berbagai macam jenis tanaman dan hewan, dimana nantinya hasil panen bisa dijual untuk mengembangkan kota dan kebun. Selain itu, Anda juga bisa menata ladang supaya terlihat lebih menarik dan berbeda dari orang lain.

Menariknya lagi, di game Hay Day Anda juga bisa saling bertukar hasil panen dengan tetangga atau teman secara online untuk saling membantu memenuhi kebutuhan.

2. Township

township

Berbeda dengan game sebelumnya yang hanya fokus pada pertanian saja, di dalam game Township selain bisa berkebun dan beternak Anda juga bisa membangun kota impian dari penjualan hasil panen perkebunan dan peternakan.

Anda bisa membangun kota megah dengan berbagai macam fasilitas modern seperti restoran, bioskop, dan berbagai macam jenis bangunan lainnya.

Anda juga tidak hanya bisa berdagang dengan tetangga saja, namun para pemain juga bisa berdagang antar pulau yang jauh untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus bisa membuat penduduk kota bahagia dengan memenuhi kebutuhannya dari hasil perkebunan dan peternakan yang Anda miliki.

3. Family Farm Seaside

Family Farm Seaside

Family Farm Seaside menawarkan petualangan pertanian dengan beragam misi dan tugas yang menantang, diantaranya tugas panen, kerajinan, dan sebagainya. Untuk mempercepat proses berkebun dan bertani, Anda juga harus bisa bersosialisai dengan tetangga atau teman untuk bekerjasama membangun pertanian yang terkenal di dunia.

Tidak hanya itu saja, Family Farm Seaside juga menyediakan kontrol yang intuitif sehingga Anda juga bisa menyelesaikan berbagai misi dengan mudah. Game yang diusung oleh Gameloft ini juga menawarkan beragam cara untuk mendapatkan kegembiraan dalam pertanian.

4. LINE BROWN FARM

LINE BROWN FARM

Suka dengan karakter lucu yang seringkali muncul di aplikasi pesan instan LINE? LINE BROWN FARM merupakan game berkebun dan berternak yang wajib Anda coba. Sesuai dengan namanya, di dalam game ini Anda akan berperan sebagai Brown yang ditugaskan untuk mengembangkan pertanian.

Brown akan dibimbing oleh Panam Brown yang dikenal sebagai Dewa Pertanian supaya bisa sukses mengembangkan pertanian dan perkebunannya.

Hasil perkebunan dan peternakan juga bisa dijual untuk mendapatkan koin yang nantinya bisa digunakan untuk membangun fasilitas baru untuk membuat perkebunan supaya terlihat lebih menarik. Menariknya, Anda juga bisa saling melihat perkebunan antar pemain.

5. Harvest Land

Harvest Land

Harvest Land merupakan game berkebun dan berternak yang diusung oleh MysteryTag. Di dalam game ini ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan oleh para pemain, tidak hanya membangun pertanian saja.

Akan tetapi Anda juga bisa membangun desa, rumah, menemukan misteri yang tersembunyi, menjinakkan hewan, bertarung dengan monster, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, hasil panen juga bisa Anda jual langsung kepada pemain yang ada di seluruh dunia secara online.

6. FarmVille 2

FarmVille 2

Lagi nyari game berkebun dan beternak yang bisa dimainkan secara offline? FarmVille 2 merupakan game yang wajib Anda coba. Pasalnya, game yang diusung oleh Zynga ini memang bisa dimainkan tanpa koneksi internet, sehingga Anda juga bisa memainkannya kapan saja dan di mana saja.

Meskipun demikian, game yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini juga tak kalah seru dengan game-game sebelumnya. Selain bisa menanam berbagai macam jenis tanaman, Anda juga bisa menjual hasil panen secara langsung kepada pemain lain yang ada di seluruh dunia.

7. Let’s Farm

Lets Farm

Let’s Farm merupakan salah satu game yang masuk ke dalam 5 game keluarga terpoupoler di lebih dari 100 negara. Pasalnya, selain menawarkan grafis yang epik, Let’s Farm juga menyediakan berbagai macam misi menantang yang harus Anda selesaikan.

Tidak hanya berkebun dan beternak saja, di dalam game ini Anda juga bisa memasak hidangan, menyapa tetangga, merancang pertanian dengan ratusan dekorasi yang menarik, hingga berdagang dengan para pemain lain dari seluruh dunia.

8. Village and Farm

Village and Farm

Village and Farm merupakan game yang dikembangkan oleh pengembang yang sama dengan game sebelumnya, Playday Games. Konsep bertani yang ada di dalam game ini agak berbeda dengan yang sebelumnya, di Village and Farm Anda akan bertani dengan cara yang biasa digunakan oleh para petani zaman dulu.

Game yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini juga menyediakan berbagai misi yang menantang. Selain itu, Anda juga bisa memasak hidangan, berdagang dengan sesama pemain dari seluruh dunia, dan mendekorasi lahan pertanian dengan berbagai macam pernak-pernik supaya tampak lebih menarik.

9. Farm Town

Farm Town

Farm Town merupakan game simulasi pertanian yang cukup seru dan sangat cocok dijadikan sebagai teman pengisi waktu luang. Di dalam game ini Anda ditugaskan untuk membangun pertanian dan membangun sebuah desa bahagia yang indah.

Hasil panen bisa Anda gunakan untuk membuat camilan seperti kue, lollipop, dan lain sebagainya. Menariknya, Anda juga bisa menjual camilan tersebut kepada tetangga dan para penduduk kota untuk mendapatkan poin yang nantinya bisa digunakan untuk mendekorasi pertanian.

Tidak hanya menanam tanaman buah-buahan saja, Anda juga bisa menanam bunga yang indah, dimana nantinya bunga tersebut akan membuat para turis yang berkunjung ke pertanian Anda menjadi senang dan terpana dengan keindahannya.

10. Farm Frenzy Free

Farm Frenzy Free

Farm Frenzy Free merupakan game berkebun dan beternak yang disajikan dengan gaya permainan manajemen waktu, dimana pemain harus bekerja keras untuk menyelesaikan berbagai misi dan menghasilkan barang atau hewan tertentu dengan tepat waktu untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Game besutan HeroCraft Ltd ini punya 72 level yang dapat membuat para pemainnya sibuk. Pasalnya, Anda akan dituntut untuk menyelesaikan berbagai macam tugas, mulai dari mengumpulkan telur, memproduksi kue, keju, dan lain sebagainya secara bersamaan.

Pemain juga bisa mendapatkan bonus VIP seperti transportasi super cepat untuk mengangkut hasil panen ke pasar, pompa air otomatis, dan lain sebagainya yang dapat membantu pertanian menjadi tumbuh lebih cepat.

11. Green Farm 3

Green Farm 3

Berbeda dengan game sebelumnya, di dalam game ini Anda akan diwarisi sebidang tanah tua tak terurus dari seorang paman. Tugas Anda adalah menyelesaikan berbagai misi untuk mengembalikan tanah tersebut menjadi subur dan bisa menghasilkan.

Dalam proses pembangunan, Anda juga tidak sendirian karena teman atau tetangga bisa membantu Anda untuk menjadi petani yang terkenal di seluruh dunia. Menariknya, Green Farm 3 juga menawarkan kontrol yang mudah dengan alur cerita yang cukup menarik.

Game yang diusung oleh Gameloft ini menawarkan beragam cara untuk untuk mendapatkan sukacita di dalam pertanian. Menjadi pemain yang handal dalam bersosialisasi dengan tetangga dan teman dapat membantu Anda menumbuhkan pertanian dan menyelesaikan beragam misi dengan cepat.

12. Big Farm

Big Farm

Nyari game berkebun dan beternak yang punya banyak fitur? cobalah untuk memainkan game Big Farm. Pasalnya, game yang diusung oleh Goodgames Studio memang punya banyak fitur dan misi yang haru diselesaikan, mulai dari membangun pertanian, bergabung dengan komunitas petani, memanen hasil tani, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, di awal permainan Anda akan diwarisi lahan pertanian tua yang tandus oleh Paman George, tugas Anda adalah mengubah ladang yang tak terawat tersebut menjadi lahan pertanian yang subur dan indah.

13. Farm Paradise

Farm Paradise

Selain membangun perkebunan dan peternakan, di dalam game Farm Paradise Anda juga harus bisa membangun desa yang bahagia entah itu dengan hasil panen yang melimpah atau keindahan lahan pertanian yang Anda miliki.

Selain itu, game yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini juga mneyediakan berbagai macam jenis tumbuhan yang bisa ditanam, mulai dari jerami, jagung, bunga, jeruk, mangga, nanas, dan lain sebagainya. Hasil panen tersebut bisa diolah menjadi camilan yang nantinya dapat dijual ke tetangga atau para penduduk kota.

14. Moy Farm Day

Moy Farm Day

Kalau Anda mencari game berkebun yang ringan Moy Farm Day merupakan game yang wajib Anda pertimbangkan. Pasalnya, game besutan Frojo Apps ini memang sangat ringan, ukurannya saja tidak lebih dari 6 MB lho.

Akan tetapi, soal keseruan tentunya tak kalah dengan game yang lain. Di dalam game ini Anda akan berperan sebagai Moy yang ditugaskan untuk membangun perkebunan yang ditanami dengan berbagai tumbuhan yang lezat.

Hasil panen dapat Anda jual ke orang lain untuk mendapatkan uang yang nantinya bisa Anda gunaan untuk meng-upgrade dan memperluas peternakan Anda. Tidak hanya itu saja, Moy Farm Day juga menyediakan berbagai item yang berbeda sehingga Anda bisa lebih bebas berkreasi saat menata perkebunan.

15. Fairy Farm

Fairy Farm

Fairy Farm merupakan game berkebun yang cukup unik dan berbeda dari yang lain. Pasalnya, di dalam game ini Anda akan berperan sebagai penyihir magis yang ditugaskan untuk mengembangkan pertanian, Anda juga bisa mempercepat pertumbuhan tanaman dengan mantra-mantra yang luar biasa.

Tidak hanya itu saja, game besutan Game Garden ini juga rutin diupdate setiap minggunya dimana koleksi hewan dan objek baru juga ditambahkan. Di dalam game ini Anda akan menemukan lebih dari 150 tanaman dan 400 hewan seperti kuda terbang, naga, dan sebagainya.

Menariknya lagi, game yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini bisa Anda mainkan secara offline alias tanpa koneksi internet, sehingga Anda juga bisa bebas memainkannya kapan saja dan dimana saja.

16. Farm Story 2

Farm Story 2

Tidak hanya berkebun dan beternak saja, di dalam game Farm Story 2 ada banyak sekali kegiatan yang bisa Anda lakukan, mulai dari memancing, memasak, berdagang, mendekorasi peternakan, dan sebagainya.

Dengan banyaknya fitur yang disuguhkan di dalam game ini, tentunya Anda juga tidak akan mudah bosan memainaknnya. Tidak hanya itu saja, game besutan Storm8 Studios ini juga sudah mengusung grafis 3D yang membuat permainan menjadi tampak lebih nyata.

17. Monster Farm

Monster Farm

Nyari game berkebun dan beternak yang anti mainstream? Monster Farm merupakan game yang tepat untuk Anda. Sesuai dengan namanya, di dalam game ini Anda akan ditugaskan untuk mengelola pertanian monster yang dapat ditanami dengan berbagai tumbuhan ajaib.

Anda juga bisa membuat berbagai macam makan ringan dari hasil panen, seperti permen, kue ering, kue ulang tahun, dan sebagainya. Makanan ringan tersebut bisa Anda jual ke warga atau tetangga untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Tidak hanya itu saja, makhluk menyeramkan seperti zombi, hantu, monster, dan serigala juga akan membantu pertanian Anda menjadi yang terbaik, bahkan Anda juga bisa membuat kostum mereka sendiri sesuai dengan keinginan.

18. Town Village

town village

Town Village merupakan game yang mengusung konsep permainan membangun kota dan pertanian. Tentunya, selain membangun pertanian, Anda juga harus bisa membangun kota impian yang terdiri dari berbagai macam bangunan seperti rumah, pabrik, pelabuhan, dan sebagainya.

Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu memenuhi pesanan hasil panen dari warga kota dengan tepat waktu supaya mendapatkan uang dan XP yang melimpah. Menariknya lagi, Anda juga bisa bermain bersama teman dan berkenalan dengan pemain lain yang ada di seluruh dunia melalui game ini.

19. Farm Fantasy

farm fantasy

Sesuai dengan namanya, game besutan Foranj ini mengusung permainan pertanian dalam dunia fantasi, dimana Anda dapat berkebun dan beternak berbagai macam jenis hewan yang ada di dunia fantasi seperti naga, unicorn, phoenix, dan sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa mempelajari ilmu sihir untuk menghasilkan ramuan dan mantra yang dapat mempercepat proses pertanian. Game yang telah diunduh oleh lebih dari 1 juta kali ini juga punya beragam misi yang seru dan cukup menantang.

20. Kids Farm

Kids Farm

Sesuai dengan namanya, Kids Farm merupakan game berkebun yang sangat cocok dimainkan oleh anak-anak berusia 6 – 12 tahun. Pasalnya, konsep permainan yang ditawarkan di dalam game ini memang cukup sederhana namun tetap seru saat dimainkan.

Melalui game ini anak-anak juga akan belajar sambil bermain dan mengembangkan minat mereka. Selain itu, anak juga akan belajar tentang cara berkebun dan mengenal berbagai bentuk hewan dengan cara yang menyenangkan.

Baca juga: Game Memasak Offline Terbaik di Android

Itulah deretan game berkebun dan berternak terbaik pilihan Sipitek yang bisa dimainkan secara offline maupun online. Semua game yang ada di atas, sangat cocok untuk dijadikan sebagai teman di waktu luang. Game manakah yang Anda sukai?

Hobi membaca dan menulis berbagai hal seputar teknologi terutama games, aplikasi, dan smartphone. Mulai aktif menulis pada tahun 2015, pada tahun 2016 ia mencoba merintis karir didunia tulis-menulis dengan serius dan mendirikan Sipitek.com.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here