game anime android

Sekarang ini industri game mobile mengalami perkembangan yang begitu pesat, grafis dan variasi permainan yang disuguhkan dapat membuat siapapun yang memainkannya menjadi ketagihan, tak terkecuali game anime.

Ya, animasi hasil karya tangan-tangan kreatif dari Negeri Sakura ini memang tidak hanya digemari oleh orang-orang di negaranya saja, namun tak sedikit orang Indonesia yang juga menyukainya.

Bahkan penikmatnya tidak hanya datang dari kalangan anak-anak, namun orang dewasa juga tidak sedikit yang jatuh hati pada kartun Jepang ini.

Banyaknya penggemar anime membuat para pengembang game android tergoda untuk berlomba-lomba untuk membesut game bertema anime.

Tidak heran jika kita mencari game anime di Play Store ada banyak sekali pilihannya. Namun tidak bisa dipungkiri karena banyaknya pilihan terkadang membuat kita bingung memilihnya.

Oleh karena itu kali ini Sipitek akan memberikan beberapa rekomendasi game anime android terbaik yang bisa kamu unduh di Play Store secara gratis, ada yang bisa dimainkan secara offline, ada juga yang online.

Tentu keseruannya akan lebih terasa jika dibandingkan dengan hanya menonton filmnya saja.

15 Game Anime Android Terbaik

Karena setiap game punya konsep yang berbeda-beda, silahkan simak dulu semua ulasannya agar kamu bisa memilih game anime yang tepat. Jangan salah pilih ya!

1. DRAGON BALL Z DOKKAN BATTLE

dragon ball z dokkan battle

Game anime android pertama yang akan kita ulas adalah game besutan BANDAI NAMCO Entertainment Inc.

Ya, Dragon Ball adalah seri anime yang masih banyak penggemarnya hingga sekarang. Game ini buat menjadi beberapa seri, jadi kamu bisa memilih seri yang ingin kamu mainkan.

Dragon Ball Z Dokkan Battle adalah salah satu seri yang paling populer, di Play Store saja game ini telah diunduh lebih dari 10 juta kali lho.

Kalau kita lihat dari namanya memang game ini akan tampak seperti game pertarungan bergaya jadul.

Tapi sebenarnya Dragon Ball Z Dokkan Battle adalah permainan yang mengusung konsep puzzle dan petualangan.

Dengan konsep yang seperti ini, tentu saja pemain akan lebih mudah memainkannya, karena jika konsep yang diusung masih menggunakan pertarungan jadul ini akan membuat pemain kesulitan mengotrolnya.

Sistem pertarungan akan melibatkan konsep permainan pencocokan warna dan papan. Untuk memenangkan pertarungan pemain harus menerapkan strategi yang matang.

Salah satu kunci utama untuk memenangkan game ini adalah, kamu haru bisa memperhatikan kelemahan dan kekuatan musuh yang kamu hadapi.

Selain itu Dragon Ball Z Dokkan Battle juga dikemas dengan grafis yang sangat epik, ketika karakter beradu kekuatan akan muncul efek-efek percikan kekuatan yang tampak seperti di serial animenya.

Namun ada satu kekurangan yang cukup mengganjal, ketika karakter beradu kekuatan tidak ada ekspresi suara yang keluar.

2. Yu-Gi-Oh! Duel Generation

yu gi oh

Siapa yang nggak kenal dengan anime yang satu ini, apalagi anak tahun 90an. Game besutan Konami Digital Entertainment Inc. ini menyuguhkan konsep permainan dan alur cerita yang sama seperti yang ada di serial TV.

Di dalam game anime yang satu ini kamu akan berduel menggunakan berbagai macam jenis kartu yang memiliki kekuatan yang berbeda-beda.

Ada lebih dari 6.000 kartu yang bisa kamu gunakan, secara umum kartu yang disediakan dibagi menjadi beberapa kategori diantaranya yaitu kartu monster yang kuat, mantra magis, dan perangkap.

Selain itu Yu-Gi-Oh! Duel Generation juga menyediakan fitur multiplayer online, dimana dengan fitur ini kamu bisa bermain dengan pemain Yu-Gi-Oh! lainnya yang ada di seluruh dunia.

Namun, kamu juga tak perlu khawatir kalau gak punya kuota internet, karena kamu masih bisa memainkannya secara offline melawan komputer.

Jika kamu belum tau atau sudah lupa cara bermainnya tenang saja, karena game ini menyediakan tutorial cara bermainnya.

3. Yu-Gi-Oh! Duel Links

yu-gi-oh duel links

Secara umum, cara bermain Yu-Gi-Oh! Duel Links sama seperti game sebelumnya, akan tetapi fitur yang disuguhkan dalam game ini lebih banyak.

Selain itu grafis yang disajikan juga lebih bagus dan memiliki kontrol permainan yang intuitif.

Game besutan KONAMI ini hanya bisa kamu mainkan secara online, karena dalam game ini kamu akan beradu kehebatan dengan pemain lain yang ada diseluruh dunia.

Membentuk Deck kartu yang kuat adalah salah satu cara untuk mengalahkan lawan.

4. Pokemon Shuffle Mobile

Awalnya game anime bergenre puzzle ini hadir di konsol game Nintendo 3DS, namun seiring dengan berjalannya waktu, The Pokemon Company sebagai pengembang, akhirnya merilis untuk smartphone berbasis android dan iOS.

Cara bermain game Pokemon Shuffle Mobile terbilang cukup sederhana, dimana pemain harus menyusun tiga atau lebih Pokemon secara vertikal atau horizontal untuk menangkap Pokemon liar yang ada di papan permainan.

Memang tidak bisa dipungkiri, sudah banyak sekali game yang mengusung konsep permainan puzzle, tapi justru sebagian besar game puzzle sukses membuat pemain ketagihan.

Tak terkecuali game yang telah di unduh oleh 10 juta kali di Play Store ini, meskipun sederhana siap-siap aja kamu dibuat ketagihan.

Pokemon Shuffle Mobile memang tidak sepopuler Pokemon Go, karena game ini tidak menawarkan variasi permainan yang unik.

Meskipun demikian tidak semua penggemar anime pokemon memainkan Pokemon Go.

Banyak juga orang yang kurang menyukainya karena berbagai alasan, salah satunya adalah malas gerak, ataupun karena faktor cuaca yang kurang mendukung.

Karena memang Pokemon Go akan menuntut para pemainnya untuk berpindah-pindah tempat.

Tidak jarang Pokemon Shuffle Mobile menjadi pelampiasan bagi para penggemar anime Pokemon, karena memiliki konsep permainan yang sederhana dan nggak perlu jalan-jalan untuk mencari Pokemon.

5. DigimonLinks

digimonlinks

DigimonLinks merupakan game anime bergenre RPG yang cukup seru, dimana setiap pemain bisa bertarung melawan pemain lain menggunakan tiga karakter Digimon sekaligus.

Setiap Digimon punya keunikan dan kemampuan yang berbeda-beda saat digunakan bertarung.

Di awal pertarungan, masing-masing Digimon akan mendapatkan AP, AP ini akan dibutuhkan setiap kali kamu menggunakan skill untuk menyerang lawan.

Tapi untuk serangan basic Digimon tidak memerlukan itu, hanya saja serangannya tidak begitu kuat untuk menyerang musuh, melainkan lebih kuat menggunakan skill.

Game ini juga menyediakan fitur autobattle yang bisa digunakan untuk mempercepat waktu permainan.

Selain mode pertarungan, DigimonLinks juga menyediakan fitur farm yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kekuatan Digimon yang kamu miliki.

Dari segi grafis, DigimonLinks dikemas menggunakan tampilan 3D yang sangat detail, setiap kali Digimon bertarung kamu juga bisa melihat beragam animasi yang memanjakan mata.

6. SWORD ART ONLINE: Memory Defrag

sword art online

Sesuai dengan namanya game anime beustan BANDAI NAMCO Entertaintment Inc. kali ini mengusung tema dari serial anime yang cukup populer yaitu Sword Art Online atau yang lebih dikenal dengan nama SAO.

Game petualangan yang mengusung konsep side scrolling ini menyuguhkan alur cerita yang sangat mirip dengan serial animenya.

Dari segi visual SWORD ART ONLINE: Memory Defrag juga memiliki grafis yang sangat detail, entah itu pada karakternya ataupun lingkungan permainannya.

Pemain bisa membentuk party yang terdiri dari tiga karakter yang berbeda-beda, akan tetapi pada saat bertarung semua karakter tidak akan bisa bergerak jika tidak kamu mainkan.

Ya, konsep permainan yang ada di game ini bisa dibilang cukup rumit, karena tidak menggunakan konsep pertarungan auto batle.

Untuk melakukan pertarungan kamu hanya tinggal swipe dan tap saja di layar smartphone.

Meskipun SWORD ART ONLINE: Memory Defrag mungkin bukan game role-playing seperti yang didambakan para pecinta SAO, namun game ini tetap seru saat dimainkan.

7. Pokemon GO

pokemon go

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan game anime yang satu ini.

Ya, Pokemon Go merupakan salah satu game anime android yang berhasil memecahkan berbagai macam jenis rekor dalam industri game mobile, entah itu dari pendapatan ataupun jumlah pengguna yang melonjak dalam waktu yang sangat singkat.

Tak butuh waktu yang lama bagi Niantic, Inc. memperkenalkan game besutannya hingga membuat demam para pemain game di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia.

Game berbasis augment-reality ini memang menyuguhkan konsep permainan yang cukup unik, dimana pemain dapat berburu Pokemon favoritnya secara real di dunia nyata.

Beragam jenis Pokemon bisa kamu temukan di lokasi yang berbeda-beda, kamu bisa melihat Pokemon dengan objek 3D di smartphone, hal inilah yang membuatnya tampak nyata.

Seolah-olah Pokemon benar-benar berada di samping pemainnya.

Selain itu para pemain juga bisa saling bertukar, melatih, atau bahkan menjajal kemampuan bertarung Pokemon dengan Pokemon yang dimiliki pemain lain.

Bagi kamu penggemar anime Pokemon, game yang telah di unduh oleh lebih dari 100 juta kali ini wajib kamu coba.

8. LoveLive! School idol fastival

lovelive

Sebagai pengembang, Klub merupakan pengembang game anime yang cukup populer, salah satu game anime yang paling banyak diminati penggunanya adalah LoveLive! School idol fastival.

Game bergenre simulasi musik ini menyuguhkan cerita bertemakan tentang musik. Di dalam game ini ada dua mode permainan yang bisa kamu gunakan, yaitu mode live dan mode story.

Di dalam mode live, tugas kamu adalah menyentuh lingkaran berwarna yang muncul berdasarkan ritme musik yang dimainkan.

Jika kamu tidak menyentuhnya dengan tepat maka stamina yang ada di dalam permainan akan berkurang. Apabila stamina habis maka permainan akan gagal dan kamu harus mengulangnya dari awal.

Sedangkan untuk mode story, kamu akan menjadi pembantu untuk menyelesaikan misi-misi tertentu seperti memutar lagu tertentu dan sebagainya.

Semua karakter dan lagu orisinal anime bisa kamu nikmati secara gratis di dalam game ini.

Misi yang paling seru adalah ketika kamu disuruh untuk merekrut anggota baru, dimana kamu harus mencari anggota grup idol baru untuk sekolahmu.

Banyak pilihan anggota yang bisa kamu rekrut, ada yang suaranya merdu, ada juga yang hanya bermodalkan tampang saja.

Kurang lebih keseruannya hampir mirip seperti ajang pencarian bakat yang ada di televisi.

9. BLEACH Brave Souls

bleach brave souls

Kamu penggemar serial anime Bleach? kini kamu nggak hanya bisa menontonnya lewat televisi saja, namun kamu juga bisa memainkannya melalui smartphone android.

Ya, game anime besutan Klab Globe Pte. Ltd. ini memang memiliki alur cerita yang sama dengan serial animenya.

Karakter pertama yang kamu dapatkan adalah Ichigo Kurosaki, yaitu karakter utama dalam serial Bleach.

BLEACH Brave Souls merupakan game bergenre aksi role-playing, dimana mekanisme metode pertarungannya menggunakan hack-and-slash.

Game yang telah di unduh oleh lebih dari 5 juta kali ini memberikan pengalaman bermain yang cukup baik kepada para penggemarnya.

Proses mengolah kemampuan dan menaikkan level karakter akan membuatmu ketagihan memainkannya.

10. Ultimate Ninja Blazing

ultimate ninja blazing

Jika kamu penggemar anime Naruto, ini game yang tepat buat kamu.

Ya, Ultimate Ninja Blazing merupakan game yang menyuguhkan alur cerita dan konsep pertarungan yang sama seperti yang ada di serial anime Naruto.

Game bergenre aksi besutan BANDAI NAMCO ini menawarkan gameplay yang menarik dan seru, dimana pemain bisa bertarung menggunakan karakter favoritnya dan berduel melawan karakter lain.

Sebagian besar karakter yang ada di serial anime Naruto bisa kamu temukan di game ini, total ada 100 karakter yang bisa kamu gunakan untuk bertarung.

Game ini juga menyediakan mode multiplayer online, dimana kamu bisa melawan pemain lain yang ada di seluruh dunia. Selain itu, hadirnya misi dengan mode storyline akan menambah keseruan di dalam permainan.

11. Toram Online MMORPG

toram online mmropg

Sesuai dengan namanya, Toram Online MMORPG merupakan game anime bergenre RPG, game yang bisa dimainkan di perangkat android ini hanya bisa dimainkan secara online.

Uniknya, di dalam game besutan Asobimo, Inc. ini para pemain dibebaskan untuk membuat karakter favoritnya sesuai dengan keinginan.

Kamu bisa membuat karakter sendiri menggunakan fitur pola pembuatan karakter yang telah disediakan.

Tak tanggung-tanggung, ada lebih dari 80 miliar pola karakter yang bisa kamu gunakan, tentunya kamu bisa menjadi lebih bebas membuat karakter sesuai keinginan.

Tidak hanya karakter saja yang bisa dibuat sendiri, akan tetapi kamu juga bisa membuat dan meningkatkan skill karakter menggunakan fitur sistem skill yang telah disediakan.

Cerita yang ada di Toram Online MMORPG juga cukup menarik.

Ceritanya dimulai dari 100 tahun yang lalu, dimana saat bumi mengalami bencana yang cukup besar hingga membuat bumi terbelah menjadi empat bagian.

Para dewa berusaha untuk menyatukan belahan bumi tersebut, namun sejak saat itu pemandangan mosaik yang membuat ganjil sering kali terlihat.

Penasaran dengan cerita selanjutnya? yuk langsung saja mainkan dan selesaikan semua misinya.

12. Monster Super League

monster super league

Game anime RPG yang dikembangkan oleh FourThirtyThree Inc ini menawarkan karakter anime yang sangat lucu dan menggemaskan. Di dalam permainan ini, tugas kamu adalah menangkanp dan mengumpulkan astronom sebanyak-banyaknya.

Total ada lebih dari 550 jenis astronom yang bisa kamu kumpulkan, kamu juga bisa memperkuat kemampuan astronom dengan beberapa cara.

Jika kamu menginginkan astronom bisa bertumbuh lebih cepat, kamu bisa menggunakan buah. Sedangkan untuk menambah kekuatan astronom, kamu bisa menggunakan permata.

Game yang telah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna ini memiliki 8 cerita menarik disetiap daerahnya. Yuk, cari tahu sekarang.

13. Mystic Messenger

mystic messenger

Berbeda dari game anime pada umumnya, Mystic Messenger mengusung konsep anime simulasi yang cukup seru dan menyenangkan.

Cerita dari game besutan Cheritz Co,. Ltd. ini akan dimulai ketika para pemain diundang bergabung dengan berbagai macam jenis anime tampan dan rupawan.

Di awal permainan kamu akan diminta untuk bergabung dengan asosiasi pesta rahasia, keseruan game yang telah di unduh oleh lebih dari 1 juta kali ini muali terasa ketika kamu berada di pesta tersebut.

Seperti apa cerita selanjutnya? yuk mainkan langsung gamenya.

14. Beauty Idol: Ratu Fesyen

beauty idol ratu fesyen

Game anime yang dikembangkan oleh Animoca ini menyuguhkan konsep permainan anime bergenre arkade. Di dalam permainan ini kamu akan menjadi seorang ratu fesyen yang glamor dan dikenal oleh banyak orang.

Di dalam game ini tugas kamu adalah menjadi seorang model, penyanyi, dan artis yang terkenal. Selain itu kamu juga bisa menemukan jodoh dengan anime lain yang ada di dalam permainan ini.

Secara umum, permainan ini akan memberikan gambar kepada para pemain mengenai pekerjaan artis, namun dikemas dengan konsep anime.

15. VALKYRIE CONNECT

valkyrie connect

Sama seperti game anime yang sebelumnya, VALKYRIE CONNECT juga mengusung konsep permainan bergenre RPG yang cukup seru dan menegangkan.

Di dalam game ini, kamu akan bertarung dengan pemain lain yang ada di seluruh dunia untuk menjadi seorang Bos.

Tenang saja cara bertarungnya juga terbilang cukup mudah kok, karena game besutan Ateam Inc ini memang menyediakan kontrol pertarungan yang sangat sempurna.

Selain itu kamu juga bisa mengubah dan menyesuaikan sendiri aksesoris yang ada di dalama karakter favoritmu.

Akhir Kata

Itulah deretan game anime android terbaik yang bisa kamu mainkan secara gratis entah itu offline maupun online. Silahkan pilih salah satu game yang menurut kamu seru dan membuat kamu tertarik untuk memainkannya. Jadi yang mana nih yang akan kamu mainkan?

Hobi membaca dan menulis berbagai hal seputar teknologi terutama games, aplikasi, dan smartphone. Mulai aktif menulis pada tahun 2015, pada tahun 2016 ia mencoba merintis karir didunia tulis-menulis dengan serius dan mendirikan Sipitek.com.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here