Tips & Trik

Cara Download Foto di Mi Cloud dengan Mudah Tanpa Pecah

cara download foto di Mi Cloud

Seperti yang telah kita ketahui sebagian besar smartphone Xiaomi terutama keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan penyimpanan awan bernama Mi Cloud yang bisa Anda gunakan untuk mencadangkan foto atau video dan berbagai macam jenis file penting lainnya.

Dengan adanya penyimpanan awan milik Xiaomi ini tentunya sangat membantu kita untuk mencadangkan file-file penting terutama jika Anda memang banyak menyimpan foto yang berisi momen-momen langka, misalnya foto kenangan bersama mantan.

Sehingga ketika smartphone Anda mengalami masalah yang mengakibatkan semua data yang ada di dalamnya hilang atau terhapus Anda tidak perlu khawatir karena ada cadangan yang di simpan di Mi Cloud yang bisa di download kembali.

Anda juga tidak perlu melakukan pencadangan secara manual karena fitur pencadangan akan otomatis aktif ketika Anda menambahkan akun Mi Cloud di ponsel Anda.

Jadi ketika Anda terhubung ke internet entah itu melalui jaringan Wifi ataupun data seluler semua data kontak, SMS, galeri yang berisi foto dan video beserta file lainnya akan otomatis di cadangkan.

Akan tetapi di beberapa smartphone biasanya fitur ini hanya aktif ketika smartphone terhubung ke internet menggunakan jaringan Wifi, jika ingin menggunakan data seluler Anda perlu menyesuaikannya lagi.

Namun tidak bisa di pungkiri masih banyak pengguna Xiaomi yang kebingungan ketika mereka ingin mengembalikan file foto atau video yang telah di cadangkan agar kembali lagi ke galeri Xiaomi sehingga bisa di akses meskipun dalam keadaan offline.

Oleh karena itu kali ini Sipitek akan memberikan panduan tentang cara download foto di Mi Cloud dengan muda tanpa pecah.

Jika dibandingkan dengan file lainnya foto memang lebih penting, apalagi kalau ada foto kenangan dengan mantan.

Bagaimana Cara Download Foto di Mi Cloud?

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu secara:

Cara ini sebetulnya tidak hanya bisa digunakan untuk mendownload foto atau video saja akan tetapi Anda juga bisa menggunakannya untuk mendownload file lain yang telah di cadangkan.

Akan tetapi ada satu masalah yang seringkali terjadi ketika kita mendownload foto, yaitu foto tersebut menjadi pecah sehingga foto yang berisi wajah mantan jadi kurang jelas.

Dengan cara yang akan saya bagikan ini Anda tidak perlu khawatir foto Anda menjadi pecah, karena cara ini sudah sering saya gunakan dan foto-foto yang telah saya download tetap bagus dan sama seperti aslinya.

1. Cara Download Foto di Mi Cloud secara Manual

Cara pertama yang bisa Anda gunakan adalah dengan cara mengunduhnya secara manual.

Cara ini bisa Anda lakukan melalui PC atau laptop dan bisa juga melalui ponsel Android menggunakan browser.

Akan tetapi saya lebih menyarankan Anda menggunakan perangkat komputer supaya lebih leluasa dan tidak boros kuota, Anda bisa pergi ke warnet terlebih dahulu…

Namun jika Anda malas pergi ke warnet tidak masalah, gunakan saja browser Google Chrome di smartphone.

Di sini saya menggunakan perangkat komputer, jika Anda menggunakan smartphone Xiaomi silahkan menyesuaikan saja karena langkah-langkahnya tidak jauh beda.

Pastikan Anda menggunakan browser Google Chrome karena sudah saya coba menggunakan Mozila Firefox tidak bisa mengunduh banyak foto sekaligus.

Meskipun bisa ini akan menjadi lebih ribet karena jika Anda ingin mendownload banyak foto sekaligus Anda harus menyetujui satu per satu persetujuan download.

Kalau menggunakan Google Chrome Anda tidak perlu menyetujui satu per satu, karena Google Chrome secara otomatis akan mendownload semua foto yang Anda pilih.

…mari kita mulai.

1. Pertama silahkan buka situs Mi Cloud menggunakan browser setelah itu silahkan pilih tombol Masuk dengan Akun Mi.

2. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman login Mi Account seperti gambar di bawah, silahkan login menggunakan akun Xiaomi yang Anda gunakan di ponsel Xiaomi.

masuk ke situs Mi Cloud

3. Apabila login berhasil Anda akan di arahkan ke halaman yang tampak seperti gambar di bawah, di sana ada beberapa menu yang bisa Anda pilih.

Karena di sini kita akan mengunduh foto silahkan pilih menu Galeri.

Apabila setelah melakukan langkah ini Anda di suruh untuk melakukan verifikasi silahkan ikuti saja sampai berhasil.

Memilih galeri mi Cloud

3. Setelah itu Anda akan di arahkan ke halaman yang berisi foto yang telah Anda cadangkan.

Arahkan kursor ke bagian pojok kanan bawah salah satu foto yang ada di halaman tersebut sampai muncul ikon centang kemudian pilih ikon tersebut supaya berwarna orange, setelah itu pilih opsi Pilih semua yang diunggah jika Anda ingin mendownload semua foto yang ada.

Setelah itu pilih opsi Unduh yang ada di bagian atas halaman untuk memulai mengunduh foto.

pilih foto yang akan di unduh

4. Sampai di sini semua foto yang Anda pilih mulai di unduh satu per satu, apabila muncul notifikasi berisi “Mendownload beberapa file” seperti gambar di bawah silahkan pilih Izinkan.

Inilah alasan mengapa Anda harus menggunakan Google Chrome daripada browser lain, dengan mengizinkan notifikasi tersebut secara otomatis foto akan di download semuanya tanpa harus menyetujuinya satu per satu.

setujui download beberapa file

Tunggu sampai proses download selesai… Lamanya tergantung dengan jumlah dan ukuran foto yang Anda download.

Apabila semua foto telah berhasil di download Anda bisa memindahkan foto tersebut ke memori penyimpanan yang ada di Xiaomi menggunakan kabel data.

Berdasarkan pengalaman saya foto yang berhasil di download kualitasnya tetap sama seperti aslinya alias tidak pecah.

Bagaimana mudah bukan?

2. Cara Download Foto di Mi Cloud secara Otomatis

Saya yakin sebagian besar pengguna Xiaomi menggunakan cara ini untuk mengembalikan foto mereka yang ada di Mi Cloud karena memang lebih mudah.

Akan tetapi sebagian besar dari mereka tidak menyesuaikan pengaturan kualitas foto yang di download sehingga banyak dari mereka yang mengalami masalah dengan hasil fotonya, karena menjadi pecah bahkan blur tidak terlihat jelas.

Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan caranya supaya foto bisa kembali tersimpan di galeri dengan kualitas yang sama seperti aslinya.

Di sini saya menggunakan MIUI 9 jika Anda menggunakan MIUI 8 atau 7 silahkan menyesuaikan saja.

Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Pertama silahkan masuk ke menu Setelan kemudian pilih bagian Akun Mi.

2. Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman Akun Mi seperti gambar di bawah yang tengah, silahkan pilih Mi Cloud.

3. Setelah masuk ke Mi Cloud silahkan pilih Galeri.

Pilih akun mi

4. Setelah memilih galeri Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan cadangan galeri seperti gambar di bawah.

Di sini kita perlu menyesuaikan beberapa menu, pastikan Anda mengaktifkan bagian Otomatis unduh foto dari Mi Cloud agar ketika foto Anda hilang di galeri foto Anda akan otomatis di unduh kembali.

Selanjutnya ini bagian yang paling penting.

Pada bagian Kualitas unduh pastikan Anda memilih Kualitas tinggi supaya foto yang di unduh nantinya tidak pecah.

Cadangan galeri

Sudah itu saja. Bagaimana mudah bukan?

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk melihat maupun mendownload foto yang telah di cadangkan di Mi Cloud.

Setiap cara yang saya ulas di atas tentu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, akan tetapi saya sendiri lebih menyarankan Anda untuk mengunduhnya melalui perangkat komputer menggunakan cara pertama karena lebih leluasa.

Sebetulnya Mi Cloud tidak hanya menyediakan fitur pencadangan data saja lho akan tetapi tersedia juga fitur pelacak lokasi HP yang bisa Anda gunakan untuk melacak HP Xiaomi yang hilang.

Demikian artikel kali ini semoga bisa membantu Anda mengembalikan foto kenangan bersama mantan 😁 , jika ada pertanyaan atau mengalami masalah silahkan tulis di kolom komentar. Terimakasih.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top