Tips & Trik

Bagaimana Cara Hard Reset Xiaomi? Gunakan Salah Satu dari 3 Metode Praktis Berikut Ini

cara hard reset xiaomi

Salah satu cara untuk mengoptimalkan kembali kinerja smartphone adalah dengan melakukan hard reset atau mengembalikan semua pengaturan yang telah di ubah menjadi pengaturan pada saat pertama kali dibeli, tentunya setiap smartphone punya metode yang berbeda-beda.

Tapi bagi kamu yang menggunakan smartphone Xiaomi sekarang nggak perlu khawatir karena di sini Sipitek akan memberikan panduan lengkap cara hard reset Xiaomi yang dilengkapi dengan gambar petunjuk, tentunya ini bisa kamu ikuti dengan mudah.

Perlu diketahui, dengan melakukan hard reset semua data yang telah kamu simpan di smartphone akan dihapus entah itu pengaturan yang telah di sesuaikan, aplikasi yang telah di instal ataupun data yang ada di smartphone seperti foto, musik, kontak dan yang lainnya.

Jadi, pastikan kamu sudah mencadangkan data tersebut supaya kamu bisa mengembalikannya lagi dengan mudah. Kamu bisa memanfaatkan layanan yang telah disediakan Xiaomi, yaitu Mi Cloud, untuk menyimpan data tersebut.

Selain mencadangkan data ke Mi Cloud kamu juga bisa memindahkannya terlebih dahulu ke perangkat komputer atau laptop, Sipitek juga lebih menyarankan kamu mencadangkan data ke perangkat komputer daripada ke Mi Cloud.

Karena kalau semuanya kita cadangkan ke Mi Cloud tentunya untuk mengunggah semua data yang ada di smartphone membutuhkan koneksi internet, sehingga kamu juga perlu menyiapkan kuota yang cukup apalagi jika datanya banyak.

Nah lain halnya kalau kita cadangkan ke perangkat komputer atau laptop, kita tidak memerlukan kuota internet sama sekali yang perlu kamu persiapkan adalah kabel data untuk menghubungkan smartphone ke komputer.

Tapi sayangnya, kalau mencadangkan ke komputer kamu hanya bisa mencadangkan data seperti musik, foto, video dan file-file lainnya, tidak dengan pengaturan yang telah diubah di perangkat smartphone. Tapi kalau di Mi Cloud kita bisa mencadangkan pengaturan yang telah kita ubah nggak hanya file-file seperti foto saja.

Jadi, langkah terbaik sebelum melakukan Hard Reset Xiaomi yaitu…

Cadangkan pengaturan sistem yang telah di ubah ke Mi Cloud, kalau kamu ingin mempertahankan pengaturan yang telah di ubah.

Sedangkan untuk data-data seperti foto, musik, video dan lainnya kamu bisa memindahkannya ke perangkat komputer atau laptop.

Itu kalau kamu ingin mempertahankan data dan pengaturan yang telah diubah. Kalau tidak, kamu bisa melakukan hard reset langsung.

Tapi, ada satu hal yang sangat penting sebelum Hard Reset dilakukan.

Pastikan baterai smartphone tidak kurang dari 70%, lebih banyak lebih bagus. Supaya pada saat proses reset smartphone tidak mati di tengah jalan.

Kalau mati di tengah jalan, fatal akibatnya.

Smartphone kamu bisa bootlop karena proses reset yang tidak sempurna, bahkan yang lebih parahnya lagi tidak bisa dihidupkan sama sekali.

Kalau saat ini baterai Xiaomi yang ingin di reset kurang dari itu, silahkan isi daya terlebih dahulu. Kalau sudah cukup balik lagi ke sini.

Oh iya, cara ini bisa kamu gunakan di semua seri maupun tipe Xiaomi entah itu Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi 3, Redmi 3S, Note 3 ataupun yang lainnya.

Di sini saya menggunakan Xiaomi Redmi 4X dengan MIUI 9 kalau kamu menggunakan seri yang berbeda silahkan menyesuaikan saja karena caranya sama saja dan kita bisa melakukannya tanpa PC.

Ada tiga cara yang bisa kamu gunakan, yaitu melalui:

Sudah siap? Mari kita ulas satu per satu. Baca semuanya terlebih dahulu, lalu pilih metode yang sesuai dengan kondisi smartphone yang ingin di reset.

1. Cara Hard Reset Xiaomi melalui Pengaturan

Ini merupakan cara yang paling mudah dan paling saya rekomendasikan karena kita bisa langsung melakukannya melalui menu setelan di smartphone Xiaomi.

Kalau kamu awam soal smartphone atau tidak pernah ngoprek-ngoprek smartphone saya sarankan menggunakan cara yang ini.

Namun jika tujuan kamu untuk mengatasi lupa pola atau kata sandi kunci layar cara ini tidak bisa kamu gunakan karena kita memerlukan akses ke menu setelan. Untuk hal ini, kamu bisa menggunakan cara berikutnya.

Begini caranya:

1. Silahkan masuk ke menu Setelan.

2. Setelah itu scroll ke bagian bawah, pilih opsi Setelan tambahan.

3. Selanjutnya pilih opsi Cadangkan & Setel Ulang.

setelan tambahan xiaomi

4. Setelah masuk ke menu Cadangkan & Setelan Ulang, pada bagian data pribadi pilih opsi Kembalikan ke setelan pabrik.

5. Pada halaman “Kembalikan ke setelan pabrik” di sana kamu bisa melihat bagian Data pribadi dan Format kartu SD emulasi (mock), itu merupakan data-data yang akan dihapus. Kalau sudah yakin pilih Setel ulang telepon.

6. Apabila muncul pesan konfirmasi, setujui saja.

kembalikan ke setelan pabrik

Sampai di sini smartphone akan mulai melakukan penghapusan data atau factory reset. Lamanya tergantung dengan banyaknya data yang ada di smartphone tersebut. Tunggu saja sampai smartphone kembali menyala.

2. Cara Hard Reset Xiaomi melalui Recovery Mode

Sipitek tidak menyarankan kamu menggunakan cara yang ini, karena kita akan masuk ke menu sistem pemulihan Android (Recovery Mode).

Di sana ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih, kalau kamu orang awam tentunya kamu belum paham opsi yang ada di menu tersebut, namun jika tetap ingin menggunakan cara ini pasti mengikuti langkah-langkahnya dengan benar.

Cara ini juga bisa digunakan untuk mengatasi lupa pola atau kata sandi kunci layar karena kita tidak perlu masuk ke menu setelan seperti cara pertama.

Simak caranya berikut ini:

1. Matikan terlebih dahulu smartphone yang akan di reset, pastikan smartphone sudah dalam keadaan mati.

2. Kemudian hidupkan kembali dengan cara menekan tombol Volume Up + Power untuk masuk ke recovery mode.

3. Tunggu beberapa saat, setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman yang tampak seperti gambar di bawah paling kiri. Tampilan awal recovery mode ini biasanya berbahasa Cina, nah untuk mengubahnya ke bahasa Inggris pilih menu warna kuning yang ada di bagian paling pojok kanan bawah.

4. Setelah berubah menjadi bahasa Inggris, silahkan pilih menu recovery.

5. Setelah itu akan muncul pesan persetujuan, pilih OK.

6. Kamu akan diarahkan ke halaman recovery seperti gambar di bawah paling kanan, pilih Wipe Data.

(gunakan tombol volume up dan down untuk memilih menu, dan tombol Power untuk konfirmasi)

recovery mode xiaomi

7. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman Wipe Data seperti gambar di bawah, silahakn pilih Wipe All Data.

8. Kemudian pilih tombol Confirm. Setelah itu proses penghapusan akan berjalan dan kamu akan melihat logo MI, tunggu sampai selesai.

recovery mode

9. Jika proses penghapusan sudah selesai, pilih opsi Back to Main Menu.

10. Terakhir, pilih Reboot.

recovery mode

Sampai di sini ponsel akan mati kemudian akan kembali nyala dengan sendirinya. Semua pengaturan smartphone akan kembali seperti saat pertama kali kamu membelinya.

3. Cara Hard Reset Xiaomi melalui Mi Cloud

Sebagian besar smartphone Xiaomi keluaran terbaru apalagi yang sudah menggunakan ROM terbaru biasanya tidak dilengkapi dengan Mi Recovery seperti cara sebelumnya.

Jadi ketika kamu memilih menu recovery seperti cara sebelumnya, kamu akan diarahkan ke halaman yang berisi gambar smartphone dan USB (PC Suite).

Jika seperti itu tentu saja kita tidak bisa melakukan hard reset melalui recovery mode, kecuali dengan bantuan PC. Namun kamu tidak perlu khawatir karena kita bisa melakukannya melalui situs MI Cloud.

Mi Cloud nggak hanya bisa digunakan untuk melacak keberadaan Xiaomi saja namun kamu juga bisa menggunakannya untuk melakukan hard reset.

Ini trik yang jarang sekali diketahui tapi sangat berguna. Apalagi jika kamu lupa pola atau kata sandi kunci layar. Cara ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Karena di sini kita akan masuk ke situs MI Cloud, pastikan kamu sudah tau informasi akun Mi Cloud yang terhubung dengan smartphone yang ingin di reset. Pastikan juga smartphone sudah terhubung ke internet.

Kalau sudah, mari kita mulai…

1. Silahkan buka situs Mi Cloud, tampilannya tampak seperti gambar di bawah. Setelah itu pilih tombol Sign in with Mi Account.

mi cloud

2. Setelah itu silahkan isi form login menggunakan akun Mi Cloud yang terhubung dengan smartphone yang ingin di reset, jika sudah pilih Sign in.

masuk ke situs Mi Cloud

3. Apabila login berhasil, kamu akan diarahkan ke halaman seperti gambar di bawah. Silahkan pilih menu Find Device.

find device

4. Di halaman selanjutnya kamu akan melihat smartphone yang terhubung dengan akun Mi Cloud yang kamu gunakan untuk login. Sebagai contoh di sini saya menggunakan Redmi 4X.

find device xiaomi

5. Selanjutnya akan tampil empat menu di bagian bawah halaman, karena kita akan melakukan hard reset pilih menu Wipe device.

6. Di halaman selanjutnya kamu bisa melihat data apa saja yang akan di hapus menggunakan fitur ini, jika sudah yakin pilih tombol Wipe yang berwarna hijau.

wipe data

Selesai, sampai di sini smartphone otomatis akan melakukan penghapusan data dan Reboot dengan sendirinya.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan hard reset smartphone Xiaomi, cara ini bisa kamu gunakan di semua seri dan tipe Xiaomi lho.

Sipitek lebih menyarankan kamu menggunakan cara pertama terlebih dahulu, tetapi jika kamu ingin melakukan hard reset karena alasan lupa kunci layar gunakan cara kedua. Karena kalau lupa kunci layar kita nggak bisa masuk ke menu setelan.

Tapi apabila smartphone kamu tidak dilengkapi dengan Mi Recovery lakukan hard reset melalui Mi Cloud. Selain menghapus data, cara ini juga bisa menghapus kunci layar. Hampir sama seperti cara pertama dan kedua hanya saja kita melakukannya melalui situs Mi Cloud.

Jadi, metode mana yang akan kamu gunakan? apakah sudah berhasil?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top