Tips & Trik

2 Cara Membuat Garis Kop Surat di Microsoft Word dengan Mudah

cara membuat garis kop surat

Dalam pembuatan surat resmi biasanya yang paling sulit untuk dibuat yaitu pada bagian kop surat alias kepala surat, meskipun tidak mudah untuk membuatnya mau tidak mau kita harus membuatnya dengan baik dan benar karena ini merupakan salah satu syarat dari surat resmi biasanya jenis surat ini sering digunakan oleh lembaga pemerintahan.

Apabila surat resmi yang anda buat tidak memiliki kop surat maka surat tersebut tidak bisa dikatakan surat resmi, namun tidak bisa di pungkiri masih banyak orang yang belum mengetahui cara membuat kop surat terutama pada bagian garis yang terletak di bagian bawah kop surat.

Sebetulnya saya juga sudah membuat artikel lengkap mengenai cara pembuatan kop surat tetapi pada artikel kali ini saya hanya akan membagikan cara membuat garis bawahnya saja yang bisa langsung anda praktikkan.

Pada panduan kali ini saya menggunakan Microsoft Office Word versi 2013 apabila anda menggunakan versi lama seperti 2007, 2010 atau yang terbaru 2016 anda bisa menyesuaikan karena caranya tidak jauh beda dengan yang saya gunakan.

2 Cara Membuat Garis Kop Surat di Word

Ada dua cara yang bisa anda gunakan untuk membuat garis kop surat yang pertama menggunakan fitur Shapes dan yang kedua menggunakan Page Border. Kedua fitur ini telah disediakan secara otomatis di Microsoft Word.

Sebelum mempraktikkan cara ini pastikan anda sudah membuat tulisan untuk Kop suratnya. Mari kita mulai dari yang pertama.

1. Menggunakan Border

1. Langkah pertama pastikan kursor tepat berada dibagian bawah kalimat kop surat 1 kali enter, pada menu HOME pilih menu Border kemudian muncul beberapa pilihan silahkan pilih Borders and Shading…

border and shading

2. Setelah anda lakukan langkah pertama maka akan muncul tab pengaturan Borders and Shading, silahkan atur garis yang ingin anda gunakan anda selain itu anda juga bisa mengatur warna dan ukuran garis pada bagian tersebut.

Pada bagian Preview pastikan yang menyala hanya pada bagian atas saja, jika sudah pilih OK.

border and shading

3. Hasilnya kurang lebih tampak seperti gambar dibawah ini.

kop surat

2. Menggunakan Shapes

1. Sama seperti langkah pertama diatas pastikan kursor tepat berada di bawah kalimat kop surat. Pilih menu INSERT pilih Shapes kemudian pilih Line.

insert shapes

2. Kemudian buat garis dari kiri ke kanan seperti gambar dibawah sambil menekan tombol Shift pada keyboard supaya garis yang dihasilkan lurus.

garis

3. Pada menu Format kemudian pilih Format Shape atau ikon panah kecil maka akan muncul tab pengaturan Format Shape atur Compound type untuk mengatur model garis, lalu atur Width atau ketebalan garis menjadi 3,5 pt , terakhir atur Color menjadi warna hitam kemudian Close.

format shapes

4. Kurang lebih hasilnya tampak seperti gambar dibawah ini.

kop surat

Itulah dua cara yang bisa anda gunakan untuk membuat garis kop surat, jika dilihat hasil antara cara pertama dan kedua memang sama saja oleh karena itu silahkan pilih salah satu cara yang menurut anda mudah.

Apabila anda ingin mengetahui cara pembuatan kop surat dari awal silahkan simak panduan sebelumnya mengenai cara pembuatan kop surat. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top