Tips & Trik

2 Cara Membuat Daftar Isi di Word Secara Otomatis dan Manual

cara membuat daftar isi di word

Daftar isi merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pembuatan karya ilmiah seperti jurnal, buku, ataupun skripsi. Dengan adanya komponen ini karya ilmiah bisa mempermudah para pembaca untuk mencari poin-poin penting yang terdapat pada halaman tertentu.

Sebagian besar karya ilmiah terutama skripsi dibuat menggunakan software pengolah kata yang cukup populer yakni Microsoft Word dengan bantuan software ini anda bisa membuat skripsi jauh lebih mudah karena tersedia banyak fitur canggih yang dapat digunakan.

Salah satunya adalah penyusunan komponen daftar isi, Microsoft Word sebetulnya sudah menyediakan fitur canggih yang dapat memudahkan kita untuk membuat daftar isi secara otomatis hanya saja fitur ini seringkali tidak digunakan oleh beberapa orang dan lebih memilih membuatnya secara manual.

Namun tidak bisa dipungkiri masih banyak orang yang belum paham tentang cara membuat daftar isi di Microsoft Word terutama bagi mereka yang jarang nongkrong didepan komputer.

Bagi para mahasiswa semester akhir membuat skripsi merupakan salah satu hal yang wajib dipenuhi, tetapi lagi-lagi tak bisa dipungkiri mereka seringkali kewalahan pada saat membuat bagian daftar isi.

Tidak heran jika merasa kesulitan karena untuk membuat bagian ini memang tidaklah mudah kita perlu mengaturnya agar sesuai dengan penulisan yang benar, tetapi anda tidak perlu khawatir karena disini saya akan membagikan caranya secara gamblang disertai dengan gambar petunjuk agar bisa lebih mudah dipahami dan dipraktikkan.

Cara Membuat Daftar Isi di Word secara Otomatis dan Manual

Ada dua cara yang bisa anda gunakan yaitu cara otomatis dan cara manual masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan jika anda tidak mau ribet silahkan gunakan cara yang manual karena cara otomatis kita perlu mengaktifkan beberapa fitur terlebih dahulu sedangkan cara manual anda hanya tinggal menulis saja.

Pada tutorial kali ini saya menggunakan Microsoft Word 2013 apabila anda menggunakan versi yang berbeda seperti 2007, 2010, atau yang terbaru 2016 tidak perlu khawatir karena cara ini bisa diterapkan disemua versi hanya saja letak menu tiap versi ada sedikit perbedaan.

A. Cara Membuat Daftar Isi secara Otomatis

Cara pertama kita akan membuatnya secara otomatis dengan menggunakan cara ini semua bagian Heading yang anda tulis secara otomatis masuk ke daftar isi. Saya akan membaginya menjadi beberapa bagian agar lebih mudah dipahami, kita mulai dari bagian pertama.

Saya anggap anda sudah menyiapkan karya ilmiah atau skripsi yang sudah jadi.

1. Mengubah Style Judul Bab menjadi Heading

Ini merupakan salah satu syarat yang harus anda lakukan karena jika kita menggunakan fitur daftar isi otomatis yang telah disediakan di Word fitur ini akan mengambil bagian-bagian Heading. Bagaimana cara memberikan Style Heading? Begini caranya.

Kita akan membuat style bagian tertentu menjadi seperti ini:
Bab (kata pengantar, daftar lampiran, lembar pengesahan, dll) = Heading 1
Judul = Heading 2
Sub Judul = Heading 3

1. Langkah pertama blok terlebih dahulu bagian yang ingin diberikan style Heading sebagai contoh disini saya memilih Bab I. PENDAHULUAN kemudian pilih style Heading 1.

Ulangi cara ini untuk memberikan style Heading 1 ke bagian lainnya seperti kata pengantar, lembar pengesahan, daftar lampiran dan bagian lain.

Heading 1

2. Kemudian kita akan mengubah style judul yang ada pada tiap-tiap Bab menjadi Heading 2, caranya blok judul kemudian pilih Heading 2. Ulangi cara ini untuk memberikan style Heading 2 pada tiap-tiap judul yang ada pada tiap Bab.

Heading 2

3. Sebetulnya sub judul jarang digunakan tetapi apabila anda menggunakannya gunakan style Heading 3, caranya blok sub judul kemudian pilih style Heading 3.

Ulangi cara ini untuk menerapkan style Heading 3 ke semua sub judul.

Heading 3

Jika semuanya sudah diatur menjadi seperti diatas, langkah selanjutnya adalah membuat daftar isi melalui fitur yang telah disediakan di word.

2. Membuat Daftar Isi

Pastikan anda telah menerapkan style Heading ke semua bagian bab, judul, dan sub judul. Karena jika tidak daftar isi tidak akan muncul. Jika sudah ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Letakkan kursor di halaman yang ingin di buat daftar isi, kemudian pilih menu REFERENCES pilih Table of Contens, keudian pilih Automatic Table 1.

gaya daftar isi

2. Setelah anda lakukan langkah pertama maka daftar isi secara otomatis akan muncul pada halaman yang telah anda tentukan sebelumnya, didalamnya terdapat semua style Heading 1, 2, dan 3.

Kurang lebih tampak seperti gambar di bawah ini.

daftar isi

3. Langkah selanjutnya kita akan memasukkan halaman daftar isi kedalam daftar isi itu sendiri, caranya ubah kata Contents menjadi Daftar Isi kemudian blok lalu tekan tombol Ctrl + E agar posisinya menjadi ditengah terkahir pilih style Heading 1.

daftar isi

4. Selanjutnya pilih menu Update Table.. kemudian pilih Update entire table lalu pilih OK. Secara otomatis halaman tersebut akan muncul pada daftar isi itu sendiri.

update daftar isi

Perlu diketahui pada dialog Update Table of Content seperti gambar diatas terdapat dua pilih yaitu Update page numbers only berfungsi untuk memperbaharui nomor halaman jika anda melakukan perubahan pada nomor halaman centang pilihan tersebut agar nomor yang tertera pada daftar isi sesuai.

Sedangkan untuk Update entire table yaitu untuk memperbaharui apabila anda menambahkan halaman tertentu seperti halaman daftar isi agar masuk ke dalam daftar tersebut.

3. Mengatur Jenis Huruf pada Style Heading

Secara default style Heading biasanya akan membuat huruf menjadi berwarna biru, apabila anda ingin mengubahnya menjadi warna hitam bisa diubah dengan cara ketiga ini. Tidak hanya itu saja anda juga bisa mengatur jenis huruf dan ukurannya sesuai keinginan.

1. Blok bagian yang telah anda beri style Heading kemudian pada menu HOME bagian style pilih ikon panah More yang ditunjuk panah no.2 pada gambar dibawah.

more

2. Pilih opsi Create a Style.

buat style heading

3. Maka akan muncul Create New Style from Formatting buatlah nama Style baru sesuai dengan keinginan kemudian pilih Modify…, kemudian muncul pengaturan seperti gambar dibawah silahkan sesuaikan mulai dari jenis, ukuran, dan warna huruf jika sudah pilih OK.

create new style from formatting

4. Lihat pada bagian Style, Style yang anda buat tadi akan muncul pada bagian tersebut seperti gambar dibawah.

style heading berhasil dibuat

5. Terapkan ke semua bagian bab, caranya blok bagian Bab kemudian pilih style yang telah anda buat tadi.

Untuk mengubah style judul dan sub judul caranya sama saja seperti diatas, silahkan anda sesuaikan sendiri sesuai keinginan.

Sampai disini anda sudah berhasil membuat daftar isi sebetulnya masih banyak lagi yang harus kita atur, untuk mengatur nomor halaman silahkan simak di artikel panduan membuat dan mengatur nomor halaman yang telah saya buat sebelumnya.

Cara otomatis ini memang agak sedikit ribet namun jika anda sudah terbiasa membuatnya cara ini akan menjadi lebih simpel daripada menggunakan cara manual.

Bagi anda yang tidak mau ribet silahkan download struktur susunan halaman yang telah saya buat di sini. Anda hanya tinggal menyesuaikan isinya saja.

B. Cara Membuat Daftar Isi secara Manual

Bagi anda yang kebingungan menggunakan cara otomatis, anda bisa menggunakan cara manual ini karena kita tidak perlu mengaktifkan beberapa fitur seperti cara pertama. Anda hanya tinggal menulisnya langsung pada halaman yang ditentukan kemudian lakukan sedikit pengaturan daftar isi pun langsung jadi.

Buat judul halaman terlebih dahulu, kemudian simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Pertama kita akan membuat batas titik-titik terlebih dahulu. Caranya klik ganda pada ruler word seperti yang ditunjuk panah no.1, maka akan muncul dialog Tabs pada bagian Alignment pilih Left, bagian Leader pilih 2….. jika sudah pilih OK.

Kalau di Microsoft Word yang Anda gunakan elum muncul penggaris atau ruler tampilkan terlebih dahulu.

tabs

2. Kedua kita akan membuat jarak antara batas titik-titik dengan nomor daftar isi. Caranya hampir sama seperti cara pertama, beri jarak antara batas titik-titik dengan batas nomor halaman klik dua kali pada ruler pada bagian Alignment pilih Right untuk bagian Leader pilih 1 None jika sudah pilih OK.

tabs

3. Setelah melakukan langkah kedua biasanya pengaturan batas titik-titik akan berubah untuk memastikannya pilih pembatas titik-titik yang ada pada ruler atau ikon 」 kemudian periksa pada bagian Alignment: Left dan Leader: 2…. jika sudah sesuai pilih OK.

tabs

4. Tulis judul bab sebagai contoh pada gambar dibawah saya menulis COVER jika sudah tekan tombol Tab pada keyboard untuk membuat titik-titik, kemudian tekan Tab lagi untuk memberi jarak nomor halaman, kemudian tulis nomor halaman sesuai dengan halaman yang ditentukan.

titik-titik daftar isi

5. Ulangi cara tersebut untuk memasukkan daftar judul yang lain.

Jika dirasa kurang jelas silahkan simak panduan membuat titik-titik daftar isi, silahkan download contoh file daftar isi yang telah saya buat di sini.

***

Silahkan pilih salah satu cara yang menurut anda mudah, sebetulnya cara pertama merupakan salah satu cara terbaik untuk membuat daftar isi karena kita tidak perlu susah payah untuk memasukkan satu per satu bagian halaman.

Namun jika menggunakan cara pertama perlu ketelitian yang ekstra karena salah sedikit saja kadang kala bisa membuat tulisan menjadi berantakan apalagi jika dokumen sudah hampir selesai. Lebih baik buat dokumen baru terlebih dahulu untuk mencobanya.

Tetapi jika anda sudah terbiasa menggunakan cara pertama saya rasa anda akan lebih nyaman menggunakan cara otomatis daripada manual.

Silahkan pilih saja salah satu cara diatas sesuai dengan kebutuhan jika cara pertama membuat anda khawatir dokumen berantakan pilih cara manual.

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat ya sobat, apabila ada pertanyaan atau ada masalah pada saat mengikuti tutorial ini silahkan tulis dikolom komentar.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top