Tips & Trik

Cara Membuat Bingkai di Microsoft Word 2013 Dalam 4 Langkah Mudah

cara membuat bingkai di microsoft word

Salah satu cara untuk mempercantik tampilan halaman Microsoft Word adalah dengan menambahkan hiasan bingkai, dengan menambahkan bingkai pembaca akan menjadi lebih nyaman karena hiasan tersebut.

Biasanya hiasan bingkai dibuat untuk mempercantik dokumen tugas sekolah seperti makalah, kliping dan lain sebagainya yang bisa Anda buat mudah dengan mudah, namun masih ada beberapa orang yang mungkin masih belum mengetahui cara membuat bingkai di Microsoft Word.

Oleh karena itu saya akan membagikan panduannya secara lengkap agar lebih mudah dipahami oleh pemula sekalipun, kita akan membuatnya dengan menggunakan fitur Page Border yang telah di sediakan di Word.

Ada banyak sekali jenis-jenis bingkai yang tersedia Anda bisa menyesuaikan sendiri sesuai dengan tema dokumen yang dibuat, misalnya Anda disuruh membuat makalah tentang tumbuhan oleh guru disekolah nah Anda bisa menggunakan bingkai pohon yang telah tersedia agar sesuai dengan tema.

Tetapi apabila Anda ingin membuat bingkai yang tampak profesional gunakan bingkai yang simpel dan sederhana saja supaya warna dan penampilannya tidak terlalu mencolok.

Bagaimana Cara Membuat Bingkai di Word?

Pada panduan kali ini saya menggunakan Microsoft Word 2013 apabila anda menggunakan versi yang lama seperti 2007, 2010 atau yang terbaru 2016 jangan khawatir karena cara ini bisa diterapkan di semua versi Word hanya saja ada beberapa menu yang letaknya berbeda.

Silahkan buka terlebih dahulu dokumen yang ingin diberi bingkai atau anda juga bisa membuat lembar kerja baru sebagai bahan percobaan, kemudian simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Pada menu HOME pilih ikon Border ▼ kemudian pilih Borders and Shading…. Untuk Anda yang menggunakan Microsoft Word 2007 dan 2010 pilih menu Page Layout lalu pilih Page Borders.

border and shading

2. Setelah langkah pertama dilakukan maka akan muncul dialog pengaturan Borders and Shading pilih Page Border lalu pada bagian Art pilih jenis atau gaya bingkai, pada bagian Color silahkan pilih warna yang diinginkan jika ingin mewarnai bingkai jangan memilih bingkai yang sudah berwarna pilihlah yang berwarna hitam.

Untuk mengatur lebar bingkai atur pada bagian Width, pada bagian Apply to terdapat empat pilih yaitu:

  • Whole document dan This Section: untuk menerapkan bingkai atau border ke semua halaman
  • This section – First page only: untuk menerapkan bingkai atau border hanya pada halaman pertama
  • This section – All except first page: untuk menerapkan bingkai atau border pada semua halaman kecuali halaman pertama.

Silahkan pilih salah satu pilihan sesuai dengan kebutuhan.

pengaturan border and shading

3. Apabila anda ingin mengatur margin atau jarak antara tulisan dokumen dengan bingkai pilih Options… maka akan muncul pengaturan seperti gambar di bawah ini jika sudah sesuai pilih OK, OK.

boder and shading options

4. Terakhir silahkan lihat hasilnya.

Apabila Anda tertarik dengan desain bingkai yang telah saya buat silahkan download secara gratis melalui tombol dibawah ini.

Selebihnya silahkan anda sesuaikan sendiri mulai dari warna hingga desainnya, demikian artikel kali ini semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top