Tips & Trik

Cara Menambahkan Font di Photoshop (3 menit selesai)

cara menambahkan font di photoshop

Lama sekali saya tidak membuat artikel di blog yang seperti gubuk ini, mumpung ada waktu luang kali ini saya membagikan artikel tentang cara paling mudah memasang atau menginstal font baru di photoshop, cara ini juga sering saya gunakan untuk menambahkan font baru untuk keperluan desain projek saya.

Font yang sudah tersedia pada software photoshop memang sudah banyak macamnya tetapi menurut saya font-font tersebut kebanyakan hanya font yang sudah terlalu jadul dan terkadang font tersebut tidak ada yang sesuai dengan desain yang kita inginkan, oleh karena itu kita harus memasukkan font baru yang kita inginkan.

Sebelum mengikuti cara ini silahkan anda cari dulu font yang anda inginkan, silahkan cari di google banyak sekali situ-situs yang menyediakan font gratis yang dapat anda unduh untuk keperluan desain bisanya font tersebut memiliki format .rar yang perlu kita ekstrak sebelum menginstalnya. Jika anda sudah mengunduh font yang diinginkan silahkan simak cara pemasangannya dibawah ini pastikan pada saat penginstalan photoshop tidak sedang dalam keadaan dibuka, silahkan di close dulu.

Cara Menambahkan Font di Photoshop

Sebelumnya pastikan Anda sudah punya file font yang siap ditambahkan ke Photoshop, jika belum punya silahkan download di situs urbanfonts.com atau 1001freefonts.com karena di situs tersebut banyak sekali font keren yang bisa didownload secara gratis.

1. Langkah pertama , silahkan ekstrak font yang telah anda unduh sebelumnya sebagai contoh saya akan mengekstrak font krinkes yang masih dalam format .rar, caranya klik kanan pada file font yang masih berbentuk .rar (panah no.1), pilih Extract Here (panah no.2), maka akan muncul file yang memiliki format .ttf atau True Type Font itu lah file font yang akan kita instal (panah no.3).

ekstrak font

2. Langkah ke dua, pada langkah ini kita akan mulai menginstal file font yang berformat .tft tadi pilih salah satunya yang ingin anda instal, caranya Klik 2 kali pada file teks .tft (panah no.1), kemudian pilih Instal (panah no.2) jika proses instalasi sudah selesai maka tombol instal tersebut tidak bisa di klik lagi itu artinya font tersebut sudah terpasang.

3. Langkah ke tiga, silahkan cek font tersebut di software photoshop anda apakah ada atau tidak, caranya buka Photoshop, pilih Horizontal Type Tool (panah no.1), pilih Set the font family (panah no.2), kemudian scrool ke bawah dan cari font yang telah anda instal.

font berhasil ditambahkan

Nah hanya 3 langkah sederhana diatas sekarang anda sudah bisa menginstal font apa saja yang anda perlukan untuk mendesain projek anda. Demikian artikel ini semoga bisa bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top