Kebanyakan orang biasanya menggunakan jasa seseorang untuk membuat pas foto, namun selain memerlukan biaya, pas foto yang dibuat orang lain terkadang tak sesuai dengan harapan.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki perangkat komputer atau laptop di rumah lebih baik buat sendiri agar hasilnya lebih bagus dan Anda bisa mengaturnya sesuai keinginan.

Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat pas foto, salah satunya adalah menggunakan Photoshop. Namun karena keterbatasan kemampuan editing terkadang kita kesulitan untuk membuatnya.

Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan beberapa cara untuk membuat pas foto ukuran 4×6, 3×2, dan 3×4 di Photoshop. Melalui artikel ini Anda akan belajar mulai dari cara mengganti background, mengatur ukuran pas foto, hingga mencetak foto di kertas A4 dan lainnya.

Di sini saya menggunakan Photoshop CC 2019, jika Anda menggunakan versi yang lain seperti CS2, CS3, CS4, CS5, CS6, CC 2018 atau yang lainnya silahkan menyesuaikan karena caranya sama saja.

Ganti Background Foto dengan Warna Merah atau Biru

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengganti background foto dengan warna merah jika Anda lahir di tahun ganjil atau warna biru jika lahir di tahun genap.

Agar lebih mudah saat proses seleksi background, pastikan foto yang akan diedit memiliki latar belakang satu warna. Anda bisa mengambil foto menggunakan kamera smartphone dengan latar belakang tembok rumah yang datar dan satu warna.

Untuk mengganti background foto dengan warna merah atau biru menggunakan Photoshop simak langkah-langkahnya berikut ini:

Langkah 1: Buka Photoshop kemudian tekan Ctrl + O lalu cari dan pilih foto yang akan diedit.

Langkah 2: Setelah foto terbuka, klik kanan pada ikon yang mirip tongkat sihir di samping kiri lalu pilih Magic Wand Tool.

Magic Wand Tool Photoshop

Langkah 3: Selanjutnya seleksi background foto yang akan diganti, cukup klik pada background foto maka akan muncul garis seleksi secara otomatis (seperti gambar di bawah).

Langkah 4: Klik kanan pada ikon kaleng cat, lalu pilih Paint Bucket Tool.

Paint Bucket Tool Photoshop

Langkah 5: Klik pada menu Foreground Color di samping kiri, lalu masukkan kode warna merah DB1514 atau biru 0B00A3, terakhir klik OK.

Foreground Color Photoshop

Langkah 6: Setelah itu, klik pada background foto yang telah terseleksi tadi untuk menggantinya dengan warna yang telah ditentukan.

Background Terseleksi Photoshop

Langkah 7: Untuk menghilangkan garis seleksi tekan Ctrl + D.

Sampai di sini Anda seharusnya sudah berhasil mengganti warna background foto. Metode ini lebih bagus di terapkan pada foto dengan latar belakang satu warna solid dan datar.

Jika warna latar belakang foto berbeda-beda, proses seleksi menggunakan Magic Wand Tool biasanya akan berantakan. Sebagai alternatifnya, Anda bisa menggunakan alat lain seperti Pen Tool, Magnetic Lasso Tool, atau Polygonal Lasso Tool untuk menyeleksi background.

Simpan terlebih dahulu foto tersebut dengan cara menekan tombol Ctrl + Shift + S pada keyboard. Tujuannya, apabila Anda melakukan kesalahan pada langkah berikutnya yang membuat foto menjadi berantakan, Anda bisa menggunakan foto tersebut tanpa harus menggantinya lagi.

Kalau Anda merasa kesulitan menggunakan cara di atas, saya juga telah membagikan beberapa cara mengganti background foto mulai dari cara online menggunakan aplikasi berbasis situs hingga menggunakan aplikasi khusus untuk Android.

Cara Membuat Pas Foto 4×6, 3×4, 2×3 di Photoshop

Setelah berhasil mengganti background, langkah selanjutnya adalah mengubah ukuran foto menjadi 4×6, 3×4, 2×3 atau jika membutuhkan ukuran yang lain Anda juga bisa mengaturnya sesuai kebutuhan.

Berikut langkah-langkah cara membuat pas foto 4×6, 3×4, dan 2×3 di Photoshop:

Langkah 1: Buka foto yang akan diubah ukurannya menggunakan Photoshop (jika Anda mengikuti cara pertama lewati langkah ini).

Langkah 2: Klik kanan pada ikon Crop > Crop Tool.

Langkah 3: Selanjutnya klik menu pengaturan Ratio, lalu pilih W x H x Resolution.

Langkah 4: Masukkan ukuran foto pada kolom Width dan Height, untuk pas foto 4×6 (4 cm x 6 cm), 3×4 (3 cm x 4 cm), 2×3 (2 cm x 3 cm).

Langkah 5: Atur resolusi menjadi 300 dan atur satuannya menjadi px/in.

Crop Photoshop

Langkah 6: Setelah itu, tarik garis Crop kemudian atur agar foto terlihat proporsional. Kalau sudah tekan Enter.

Garis Crop Photoshop

Langkah 7: Selanjutnya tekan tombol Ctrl + + untuk zoom in atau Ctrl + – untuk zoom out.

Sampai di sini kita sudah berhasil membuat ukuran pas foto di Photoshop. Kalau Anda tidak punya printer untuk cetak foto di rumah, Anda bisa menyimpan foto hasil crop dengan cara menekan tombol Ctrl + Shift + S lalu pilih preset JPEG High, lalu klik Save.

Setelah itu, Anda bisa langsung membawanya ke tempat cetak foto. Atau, jika Anda ingin mencetaknya secara langsung ikuti langkah berikutnya.

Cara Print Pas Foto di Photoshop

Sebelum mencetak pas foto, kita harus mengetahui terlebih dahulu ukuran kertas foto yang digunakan, umumnya menggunakan kertas foto A4.

Jika Anda menggunakan kertas ukuran yang lain, tak perlu khawatir karena di Photoshop ada banyak preset ukuran kertas yang bisa langsung kita gunakan, mulai dari A3, A5, A6, B4, B3, C4 dan lainnya.

Berikut langkah-langkah cara print pas foto di Photoshop:

Langkah 1: Buka pas foto dengan cara menekan tombol Ctrl + O lalu pilih foto yang ingin dicetak (jika Anda mengikuti langkah sebelumnya lewati langkah ini).

Langkah 2: Tekan Ctrl + N > Print, lalu pilih ukuran kertas yang Anda gunakan (sebagai contoh di sini A4) lalu klik tombol Create.

Ukuran Kertas A4 Photoshop

Langkah 3: Buka tab dokumen foto kemudian tekan Ctrl + A lalu Ctrl + C untuk menyalin foto.

Tab Photoshop

Langkah 4: Buka tab dokumen kertas kemudian tekan Ctrl + V untuk menempelkan foto yang telah disalin.

Langkah 5: Atur posisi foto dengan cara menyeretnya ke posisi yang Anda inginkan.

Langkah 6: Tekan Ctrl + J untuk menduplikasi foto, lalu seret foto ke posisi yang lain. Ulangi langkah ini sesuai dengan jumlah foto yang ingin dicetak.

Pas Foto Photoshop

Langkah 7: Untuk melakukan pencetakan tekan tombol Ctrl + P lalu sesuaikan pengaturan sesuai dengan printer yang Anda gunakan, setelah itu klik Print.

Jika Anda ingin memasukkan beberapa ukuran foto dalam satu lembar kertas, Anda bisa mengubah ukurannya sesuai dengan yang telah dijelaskan pada cara kedua.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat pas foto ukuran 4×6, 3×4, dan 2×3 di Photoshop. Bagi Anda yang tidak memiliki printer untuk mencetak foto, Anda hanya perlu mengikuti langkah pertama dan kedua saja.

Setelah pas foto berhasil dibuat, Anda bisa mentrasfer foto tersebut ke flashdisk atau smartphone untuk dicetak di tempat percetakan foto.

Sekian dulu pembahasan kita kali ini, jika Anda mengalami kesulitan saat mengikuti langkah-langkah di atas atau ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar. Jadi, apakah Anda berhasil membuat pas foto?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here