Apps

17 Aplikasi Stem Gitar Terbaik dan Paling Akurat untuk Android

aplikasi stem gitar

Bagi kamu yang suka bermain gitar pasti sudah tak asing lagi dengan istilah stem gitar bukan?. Stem gitar merupakan hal yang perlu kamu lakukan sebelum gitar dimainkan, supaya ketika dimainkan gitar bisa menghasilkan nada yang harmonis dan enak didengar.

Tapi orang yang bisa bermain gitar belum tentu bisa menyetem gitar dengan baik, apalagi jika kamu pemula. Padahal ini sangat penting lho, karena kalau gitar tidak di stem terlebih dahulu nada yang dihasilkan bisa jadi malah berantakan alias fals, bukannya jadi enak di dengar, mungkin akan malah mengganggu pendengaran.

Tentunya kita tidak mungkin terus-menerus meminta ke orang lain untuk menyetelkan gitar bukan? masa main gitar terus nggak bisa nyetem gitar?

Entah bagaimanapun menyetem gitar bukanlah perkara mudah, apalagi bagi pemula. Tapi mulai sekarang kamu nggak perlu minta ke orang lain lagi untuk meminta menyetemkan gitar, karena kali ini Sipitek akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi stem gitar yang bisa membantu kamu untuk menyetem gitar dengan benar.

Zaman sekarang memang sudah canggih ya, nytem gitar aja bisa lewat smartphone. Kok bisa? Bagaimana cara kerjanya?

Jadi, semua aplikasi stem gitar menggunakan frekuensi suara untuk mendeteksi nada pada gitar yang kamu mainkan.

Ada banyak sekali aplikasi stem gitar yang bisa kamu gunakan, di sini Sipitek akan mengulas yang terbaik saja yang sudah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

17 Aplikasi Stem Gitar Terbaik untuk Android

1. Tuner – gStrings Free

tuner gstrings free

Sesuai dengan namanya gStrings merupakan aplikasi stem gitar yang bisa kamu gunakan sepenuhnya secara gratis, semua fitur yang ada di aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis tanpa harus membayar terlebih dahulu.

Aplikasi besutan cohortor.org tidak hanya bisa kamu gunakan untuk menyetem gitar, namun kamu juga bisa menggunakan untuk menyetem alat musik lain seperti bass, ukulele, biola, piano, bahkan kamu juga bisa mengukur nada yang dihasilkan oleh suara vokal.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh gStrings adalah tidak hanya menyediakan setelan nada standar saja, namun kamu juga bisa menyetel gitar menggunakan nada yang lain sesuai kebutuhan seperti drop D, open G, dan sebagainya.

Dari sisi tampilan, aplikasi ini cukup simpel namun memberikan rincian nada yang cukup lengkap entah itu frekuensi ataupun nada ilmiah-nya.

2. Tuner – DaTuner (Lite!)

tuner datuner

Jika dilihat dari tampilan antarmuka DaTuner memang terlihat sederhana, namun aplikasi yang diusung oleh Applauds Apps ini lebih mengutamakan kemudahan dan kecepatan saat digunakan.

Saat kamu menyetem gitar tampilan aplikasi DaTuner akan berubah-ubah warnanya, jika berwarna hijau berarti kamu berada di nada yang tepat. Jika kurang yakin, kamu juga bisa melihat nilai frekuensi suara yang ada di layar aplikasi.

Aplikasi stem gitar kromatis ini juga dilengkapi dengan teknologi yang dapat mengatur tingkat sensitivitas secara otomatis sehingga kamu bisa menyetem gitar dengan akurat tanpa fals.

Dan yang tak kalah kerennya lagi aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis bahkan tanpa iklan, sehingga kamu bisa mengatur setelan gitar dengan leluasa.

3. Stem Gitar

stem gitar

Aplikasi yang dipersembahkan oleh Gismart ini memiliki tampilan yang cukup elegan dan modern sehingga kamu bisa dengan nyaman saat menggunakannya.

Aplikasi bernama stem gitar ini tidak hanya bisa kamu gunakan untuk menyetem gitar saja namun kamu juga bisa menggunakannya untuk menyesuaikan nada untuk alamat musik yang lain seperti bass, ukulele, dan sebagainya.

Dari segi kualitas, aplikasi yang telah di unduh oleh lebih dari 10 juta pengguna di Play Store ini memang tidak bisa diragukan lagi, pasalnya ia mampu mendeteksi frekuensi nada mulai dari 1 Hz hingga 22050 Hz.

Selain itu aplikasi ini juga menyediakan alternatif tunings tambahan yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan saat bermusik seperti open C, open D, dan sebagainya.

Tidak heran jika aplikasi ini mengklaim telah digunakan oleh siswa dan guru di sekolah musik yang ada di seluruh dunia, mengingat fitur-fitur yang ada di aplikasi ini memang patut di acungi jempol.

Namun jika kamu tertarik menggunakan aplikasi yang satu ini, pastikan kamu tidak memaksakan untuk mengencangkan senar jika dirasa sudah kencang, karena banyak pengguna yang mengeluh senarnya malah putus, terutama jika kamu menggunakan senar dengan kualitas yang kurang bagus.

4. Guitar Tuner Free – GuitarTuna

guitartuna

Selama saya mengulas berbagai macam jenis aplikasi android baru kali ini saya menemukan aplikasi yang mendapatkan rating yang nyaris sempurna, yaitu 4,8, apalagi dengan total penggunanya mencapai 10 juta.

Tidak heran sih jika aplikasi stem gitar besutan Yousician Ltd. ini mendapatkan rating yang sangat, bagus mengingat fitur yang dihadirkan di dalamnya juga sangat lengkap dan sangat membantu pemain gitar pemula.

GuitarTuna bisa kamu gunakan untuk menyetem gitar secara akurat dengan mudah, entah itu untuk gitar bass, ukulele, maupun alat musik yang bersenar lainnya.

Aplikasi ini menggunakan algoritma pengenalan audio yang sangat canggih yang dapat mengenali frekuensi suara dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi. Selain itu tersedia juga fitur metronom, yang dapat kamu gunakan untuk menyempurnakan tempo permainan gitarmu.

Masih belum hafal dengan chord gitar? tenang saja aplikasi ini juga menyediakan fitur perpustakaan chord yang bisa kamu pelajari dengan mudah, kamu juga bisa mengasah kemampuan dalam mempelajari chord melalui game yang cukup menarik.

Selain itu GitarTuna juga menyediakan lebih dari 100 tuning yang bisa kamu gunakan untuk menyetel setelan gitar sesuai dengan kebutuhan mulai dari drop standar, drop D, drop A dan sebagainya.

Kamu juga nggak perlu pergi ke tempat yang sepi untuk menyetem gitar secara akurat, karena aplikasi ini sudah dilengkapi dengan teknologi peredam bising cukup handal.

5. Chromatic Tuner Free – n-Track

chromatic tuner free n track

Aplikasi stem gitar kali ini punya tampilan antarmuka aplikasi yang cukup interaktif dimana setelan nada gitar akan diukur menggunakan spektrum analyzer audio.

Uniknya, aplikasi besutan n-Track Software ini juga bisa kamu atur setelannya sesuai dengan keinginan, jika memang dibutuhkan. Selain itu kamu juga bisa mengatur tingkat sensitivitas tuning hingga 0,1 sen.

Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya tinggal memetik satu per satu senar gitar di dekat smartphone yang sudah di pasang aplikasi ini, nantinya aplikasi ini akan secara otomatis membaca frekuensi suara gitar yang kamu petik.

Apabila nada senar yang kamu petik terlalu rendah maka akan ditandai dengan lampu indikator berwarna hijau yang muncul pada aplikasi, sedangkan jika nadanya terlalu tinggi akan muncul indikator berwarna merah.

6. Pano Tuner

fano tuner

Kalau kamu hanya ingin menggunakan aplikasi yang bisa digunakan untuk menyetem gitar saja alias nggak mau ada tambahan fitur yang lainnya, Pano Tuner bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu.

Ya, aplikasi yang dikembangkan oleh Kaleloft LLC ini memang hanya menyediakan tuner saja, tetapi fitur tuner yang ada di aplikasi ini juga tidak hanya bisa kamu gunakan untuk menyesuaikan nada gitar, namun bisa juga digunakan untuk menyetel alat musik lain seperti terompet, ukulele, bass, dan sebagainya.

Tidak heran jika aplikasi stem gitar yang satu ini memiliki ukuran yang cukup kecil yaitu 6,9 Mb saja. Melalui aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 1 juta orang ini kamu juga bisa mengatur tingkat sensitivitas supaya makin akurat.

7. BOSS Tuner

boss tuner

Kalau kamu sering memainkan gitar elektrik pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya Roland. Roland Corporation merupakan salah satu produsen alat musik elektronik termasuk tuner yang biasa digunakan pada gitar listrik.

BOSS Tuner sebetulnya merupakan salah satu nama produk tuner gitar elektrik yang dibuat oleh Roland, akan tetapi mereka juga membuat tuner gitar berbasis aplikasi dengan nama yang sama, yaitu BOSS Tuner.

Tampilan antarmuka yang ada di aplikasi ini memang di desain sama dengan perangkat tuner yang biasa digunakan di gitar elektrik.

Rentan tune yang ada di aplikasi ini yaitu mulai dari A#0 (29,14 Hz) hingga G8 (6,27 Hz) dengan tingkat akurasi kurang lebih 1 sen.

Aplikasi stem gitar yang dikembangkan secara resmi oleh Roland Corporation ini merupakan salah satu aplikasi penyetem gitar yang cukup populer di Play Store.

8. Guitar Tuner Free – Fender Tune

fender tune

Fender juga salah satu produsen gitar yang cukup terkenal di dunia, nah ini merupakan aplikasi stem gitar yang dikembangkan secara resmi oleh Fender.

Aplikasi yang telah di unduh oleh lebih dari 1 juta pengguna ini diklaim mampu memandu kamu untuk menyetel nada gitar dengan tingkat keakuratan yang sangat tinggi.

Untuk membantu pengguna dalam melakukan stem gitar, Fender menggunakan teknologi DSP yang dapat mendeteksi frekuensi suara dengan cepat dan akurat.

Ada tiga mode yang bisa kamu gunakan mulai dari mode manual, auto tune, dan chromatic. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga punya tampilan antarmuka yang sangat sederhana sehingga sangat cocok digunakan untuk pemula.

Cara menggunakannya juga sangat mudah kamu hanya tinggal memperhatikan gambar lingkaran yang ada di aplikasi sambil memetik senar yang ingin kamu setel, apabila berwarna hijau itu tandanya senar tersebut sudah berada di nada yang tepat.

9. Free Guitar Tuner

free guitar tuner

Kalau kamu menggunakan smartphone android low-end, ini aplikasi yang tepat buat kamu.

Pasalnya aplikasi stem gitar yang diusung oleh Pavel Arteev memiliki ukuran yang sangat kecil, nggak lebih dari 1 Mb lho. Sehingga kamu nggak perlu kahwatir aplikasi ini membebani kinerja smartphone kamu.

Meskipun demikian aplikasi yang telah di unduh oleh lebih dari 1 juta pengguna ini juga tidak bisa dianggap remeh, karena Free Guitar Tuner juga mampu menyesuaikan setelan gitar dengan cepat dan akurat.

Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga punya fitur tonetic generator dan fitur yang dapat mengatur secara otomatis tingkat kepekaan mikrofon pada smartphone, sehingga aplikasi ini juga menyetem gitar secara akurat tanpa fals.

Tersedia juga beberapa mode penyeteman yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan yaitu setelan standar gitar 6 atau 7 senar, standar bass 4 senar, dan standar ukulele.

10. Cifra Club Tuner

cifra club tuner

Cifra Club Tuner merupakan aplikasi stem gitar yang punya tampilan antarmuka aplikasi yang sangat elegan. Aplikasi yang dikembangkan oleh Studio Sol ini punya dua metode penyeteman yang bisa kamu gunakan.

Pertama mode chromatic yang cocok digunakan untuk pemain gitar profesional dan yang kedua adalah mode string by string yang cocok digunakan untuk pemula.

Aplikasi gratis dengan fitur ekslusif ini bisa kamu gunakan untuk menyetem gitar akustik, bass, dan sebagainya.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, kamu hanya tinggal memetik satu per satu senar gitar sambil memperhatikan pointer yang tampil pada aplikasi ini.

Tersedia juga berbagai macam jenis tema keren yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik tampilan aplikasi Cifra Club Tuner.

11. Fine Chromatic Tuner

fine chromatic tuner

Sesuai dengan namanya Fine Chromatic Tuner diklaim mampu menyetem gitar dengan tingkat keakuratan yang cukup tinggi terutama pada frekuensi 70 Hz hingga 500 Hz.

Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk menyetem gitar akustik saja namun bisa juga kamu gunakan untuk menyetem gitar ukulele, gitar listrik dan sebagainya.

Dari segi tampilan, aplikasi yang dikembangkan oleh developer asal Jerman ini cukup simpel sehingga kamu bisa menemukan nada yang pas dengan mudah.

Cara penggunaannya cukup mudah, pastikan jarum jam yang ada di aplikasi ini menunjuk pada nada yang sesuai.

12. Penyetem Gitar – Pro Guitar

penyetem gitar pro guitar

Pro Guitar merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh tim pembuat situs proguitar.com, yaitu situs penyetem gitar online yang cukup populer di dunia.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang dikembangkan oleh ProGuitar ini juga bekerja sama dengan musisi dan pembuat gitar profesional untuk menyempurnakan kinerja aplikasi yang satu ini. Soal keakurata tentunya tak bisa diragukan lagi.

Karena Pro Guitar menggunakan kromatis, sehingga kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk menyetem alat musik bersenar lain selain gitar seperti banjo, violin, mandolin dan sebagainya.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna ini juga menyediakan lebih dari 100 tune yang cukup beragam, tidak hanya tune standar saja.

13. Tuner & Metronome

tuner metronome

Sesuai dengan namanya aplikasi yang satu ini tidak hanya menyediakan fitur untuk menyetem gitar saja, namun ia juga dilengkapi dengan fitur canggih lainnya yang dapat membantu kamu untuk belajar bermain gitar salah satunya adalah metronom.

Ada dua jenis mode penyeteman yang bisa kamu gunakan yaitu tuner kromatis dan pitch fork. Secara default frekuensi untuk nada A4 yaitu menggunakan 440 Hz, namun kamu juga bisa menyesuaikannya suaikan sesuka hati untuk mendapatkan nada yang lebih merdu.

Selain itu aplikasi besutan souncorset ini punya beberapa fitur tambahan yang cukup keren diantaranya fitur untuk belajar tangga nada, perekam waktu latihan dan sebagainya.

14. Guitar Tuner (UX Apps)

guitar tuner ux apps

Aplikasi stem gitar yang dibesut oleh UX Apps ini menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam menyetem gitar, selain itu tampilan antarmuka aplikasi yang ada di aplikasi ini juga sangat simpel dan mudah dipahami apalagi oleh pemula.

Guitar Tuner memberikan dua mode penyeteman gitar yang bisa kamu gunakan yaitu otomatis dan manual. Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna ini diklaim mampu menyetem gitar dengan tingkat keakuratan yang cukup tinggi.

15. Guitar Tuner (Keuwlsoft)

guitar tuner keuwlsoft

Dengan aplikasi stem gitar yang dikembangkan oleh Keuwlsoft ini kamu hanya tinggal menjalankan aplikasi dan memetik satu per satu senar gitar untuk mendapatkan nada yang pas. Pastikan lampu indikator yang berada di layar aplikasi berwarna hijau, menandakan nada tersebut sudah pas.

Aplikasi ini mampu mendeteksi frekuensi suara mulai dari B0 (30 Hz) hingga C8 (4186 Hz) sehingga kamu juga bisa menggunakannya untuk alat musik bersenar lainnya. Ukuran aplikasinya juga cukup kecil lho, nggak lebih dari 2 Mb.

16. Martin Guitar Tuner

martin guitar tuner

Martin Guitar Tuner adalah aplikasi stem gitar android yang dikembangkan oleh produsen senar dan gitar yang cukup populer di dunia yaitu C.F Martin & Company. Ia juga sudah melanglang buana di industri gitar selama kurang lebih 180 tahun.

Tentunya tingkat keakuratan dari aplikasi Martin Guitar Tuner tak bisa diragukan lagi, karena dibuat oleh ahli gitar profesional.

Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur Pro Tips, dimana pada fitur tersebut kamu bisa menemukan berbagai macam tips untuk menjadi pemain gitar profesional.

Martin Guitar Tuner di kemas dengan tampilan klasik, namun tetap bisa digunakan dengan mudah.

17. Ultimate Guitar: Chords & Tabs

ultimate guitar

Aplikasi stem gitar terbaik yang terakhir adalah aplikasi besutan Ultimate Guitar USA LLC. Aplikasi ini menawarkan fitur yang sangat lengkap, tidak hanya penyetem gitar saja. Ada lebih dari 1,4 juta tab dan kunci gitar dari lagu-lagu populer.

Namun sayangnya untuk menggunakan fitur penyetem gitar dan fitur keren lainnya, kamu harus menjadi pelanggan berbayar.

Tapi kalau kamu memang ingin menjadi pemain gitar profesional yang nggak hanya bisa menyetem gitar saja, aplikasi ini patut kamu pertimbangkan.

Akhir Kata

Itulah deretan aplikasi stem gitar terbaik yang bisa kamu gunakan di android. Tentunya dengan menggunakan salah satu aplikasi di atas mulai sekarang kamu bisa menyetem gitar sendiri, nggak perlu lagi minta bantuan orang lain.

Sebetulnya masih ada satu aplikasi yang cukup keren yaitu PitchLab, sayangnya aplikasi ini sudah tidak ada di Play Store padahal fiturnya sangat keren.

Kalau saya pribadi lebih suka menggunakan GuitarTuna, karena selain gratis aplikasi ini punya fitur yang cukup lengkap dan punya tampilan yang elegan. Kalau kamu mau pakai yang mana nih?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top