Secara default, satuan ukuran penggaris dan margin pada aplikasi Microsoft Office termasuk Word, Excel, dan PowerPoint menggunakan preferensi bahasa Inggris dalam hal ini adalah inchi atau inch.

Namun di Indonesia satuan ukuran yang biasa digunakan terutama dalam hal dokumen biasanya menggunakan satuan ukuran cm (sentimeter). Hal inilah yang terkadang membuat kita bingung dalam mengelola dokumen melalui aplikasi Microsoft Office.

Meskipun demikian, tak perlu khawatir karena Anda bisa mengubahnya dari inchi ke cm. Dengan menggunakan satuan ukuran cm tentunya Anda bisa mengelola dokumen dengan lebih mudah dan tak perlu ribet mengkonversi ukuran inchi ke cm secara manual.

Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan beberapa cara untuk mengubah ukuran inchi ke cm di Microsoft Word entah itu yang versi 2007, 2010, 2013, 2016, maupun 2019.

Cara Mengubah Inchi ke Cm di Microsoft Word

Apa pun versi Microsoft Word yang Anda gunakan, sebetulnya caranya tidak jauh beda. Namun untuk memperjelas di sini saya akan menjelaskannya untuk masing-masing versi.

1. Microsoft Word 2007

Sebelum memulai silahkan buka aplikasi Microsoft Word 2007 di komputer Anda lalu buat lembar kerja baru. Untuk mengubah ukuran inchi ke cm di Word 2007 simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik logo Microsoft Office di pojok kiri atas layar.
  2. Klik opsi Word Options.
  3. Lalu klik Advanced.
  4. Kemudian cari bagian Display.
  5. Pada bagian Show measurements in units of pilih Centimeters.

2. Microsoft Word 2010, 2013, 2016, dan 2019

Microsoft Word versi 2010 hingga yang terbaru 2019 memiliki tata letak menu yang mirip. Cara ini bisa Anda terapkan mulai dari Microsoft Word 2010 hingga 2019.

Word Options Advanced Microsoft Word

Silahkan simak langkah-langkah mengubah inchi ke cm di Word 2010, 2013, 2016, dan 2019 berikut ini:

  1. Klik menu File di pojok kiri atas layar.
  2. Klik menu Options.
  3. Lalu menu Advanced.
  4. Kemudian cari bagian Display.
  5. Pada bagian Show measurements in units of pilih Centimeters.

3. Ubah Melalui Control Panel

Jika Anda ingin mengubah inchi ke cm di semua aplikasi Microsoft Office termasuk Word, Excel, PowerPoint dan lainnya Anda bisa menggunakan cara ini.

Dengan menggunakan cara ini kita tidak perlu ribet mengatur satu per satu aplikasi karena nantinya aplikasi tersebut akan menyesuaikan sendiri sesuai dengan preferensi bahasa yang kita pilih melalui Control Panel tepatnya di pengaturan Region.

Selain mengubah inchi menjadi cm, cara ini juga akan secara otomatis mengubah format mata uang dari dolar ke rupiah serta format penulisan tanggal dan jam.

Region Windows

Berikut cara mengubah inci ke cm di Word melalui Control Panel:

  1. Tekan tombol Windows + R pada keyboard.
  2. Ketik Control Panel pada Run lalu tekan Enter.
  3. Pilih menu Clock and Region.
  4. Lalu pilih Region.
  5. Kemudian atur bagian Format menjadi English (Indonesia).
  6. Kalau sudah klik Apply lalu OK.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengubah satuan penggaris atau margin dari inchi ke cm di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016, maupun 2019.

Saya sendiri lebih merekomendasikan Anda menggunakan metode ketiga, karena satuan ukuran, format mata uang, serta format jam dan tanggal akan diubah secara otomatis sesuai dengan aturan penulisan bahasa Indonesia.

Jadi, apakah Anda berhasil mengubahnya? Atau mengalami masalah satu mengikuti langkah-langkah di atas? Yuk tulis permasalahannya di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here