Tips & Trik

Cara Membuat Titik-titik Pada Daftar Isi di Microsoft Word

cara membuat titik-titik daftar isi

Pada artikel kali ini saya akan berbagi tentang cara yang praktis membuat titik-titik daftar isi secara otomatis di microsoft word. Apa yang anda dipikiran ketika mendengar kata daftar isi? mungkin yang terlintas adalah makalah, skripsi, buku dan lain sebagainya. Daftar isi memang sering kita temukan pada makalah kegunaannya yaitu untuk mempermudah pembahasan yang kita cari pada makalah tersebut dan apa sajah isi yang terdapat pada makalah itu.

Kembali ke pokok artikel yang saya buat ini, biasanya jika anda membuat daftar isi untuk tugas sekolah maupun kuliah pasti sering kesulitan membuat titik-titik daftar isi nya kan? sebenarnya caranya sangatlah mudah anda tidak perlu datang ke tempat rentalan untuk menyuruh pemiliknya supaya dibuatkan.

Jika anda mempunyai laptop atau komputer di rumah anda bisa membuatnya sendiri tanpa menyuruh orang lain yang harus kita bayar jasanya, jika laptop anda sudah terpasang aplikasi atau software microsoft office word silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini yang sudah saya tata sedemikian rupa agar mudah dipahami dan dimengerti.

Cara Membuat Titik-titik Daftar Isi di Word

Silahkan anda buka sofware microsoft word nya kemudian ikuti langkah-langkah dibawah ini dengan teliti jangan sampai ada langkah yang terlewatkan.

1. Buka daftar isi yang belum anda beri titik-titik, sebagai contoh lihat gambar dibawah ini.

kerangka daftar isi

2. Langkah ke dua silahkan blok daftar isi tetapi judul jangan sampai ikut ke blok (panah no.1), setelah di blok kemudian pada menu Home pilih Justify (panah no.2).

rapikan daftar

3. Langkah ke tiga kemudian blok lagi seperti langkah ke dua, silahkan klik di bagian Ruler/Penggaris ini digunakan sebagai patokan panjang titik-titik sampai muncul tanda “L” (panah no.1) jika Ruler tersebut belum muncul pada lembar kerja anda silahkan pilih Menu View lalu centang Ruler, jika sudah ada silahkan dilewat saja. kemudian klik kanan pada area yang diblok lalu pilih Paragrafh (panah no.1).

batas paragraf

4. Setelah anda mengikuti langkah diatas maka akan muncul form paragraf silahkan pilih Tabs… (panah no.1) maka akan muncul form tabs pada menu aligment pilig Right pada menu Leader pilih 2 …… kemudian pilih Set (panah no.4) lalu pilih OK (panah no.5).

tabs

5. Arahkan tempatkan kursor tepat di akhir kata seperti gambar dibawah ini (Panah no.1) kemudian tekan Tab pada keyboard maka otomatis akan muncul titik-titik.

tempatkan kursor

6. Jika anda ingin menambahkan nomor halaman silahkan tekan Tab lagi pada keyboard lalu tulis nomornya, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

tekan tab

7. Lakukanlah berulangkali agar hasilnya seperti gambar dibawah ini.

cara membuat titik-titik daftar isi

Bagaimana mudah bukan?

Sampai disini anda sudah berhasil membuat titik-titik daftar isi, apa bila ada kata-kata yang perlu ditebalkan silahkan tebalkan sesuai dengan keinginan anda, sekarang anda tidak usah menyuruh orang lain untuk membuat daftar isi tugas kuliah ataupun tugas sekolah anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan cara yang praktis ini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top