Tips & Trik

Lupa Kata Sandi Facebook? 3 Metode Ini Bisa Mengatasinya (Pasti Berhasil)

lupa kata sandi facebook

Sebagai manusia kita pasti pernah mengalami hal yang namanya lupa, ya lupa ini memang bisa menghampiri siapa saja tidak hanya pada orang yang sudah lanjut usi karena nyatanya banyak juga anak muda yang sering lupa. Tetapi yang paling memungkinkan terkena masalah ini memang orang yang sudah lanjut usia.

Salah satu yang paling sering dialami oleh kaum muda soal lupa adalah lupa kata sandi Facebook. Anehnya sebagian besar dari mereka pada saat membuat akun Facebook mereka enggan mencatat informasi akun untuk masuk ke Facebook padahal mereka sudah tau bahwa suatu saat mereka akan lupa dengan informasi tersebut.

Apalagi jika sudah tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama tentu saja informasi tersebut akan lebih berpeluang untuk hilang di pikiran mereka. Meskipun mereka menggunakan email dan kata sandi yang mudah di ingat tetap saja itu tidak akan menjamin mereka akan ingat lagi ketika ingin menggunakan akun tersebut.

Singkat cerita beberapa waktu yang lalu pada saat saya sedang online di warnet tiba-tiba ada teman saya yang meminta kepada saya untuk dibuatkan akun Facebook. Tak lama langsung saja saya buatkan, pada saat proses pendaftaran saya suruh dia untuk mencatat alamat email dan kata sandinya tetapi dia tidak mau mencatatnya karena email dan kata sandi tersebut bagi dia memang mudah di ingat.

Akhirnya saya lanjutkan pendaftaran sampai akun Facebook sudah siap digunakan, akhirnya teman saya online di PC warnet sebelah saya dia ingin login ke akun Facebook yang baru saja dibuatkan waktu ini.

Ketika mau masuk ke akun yang baru dibuat, apa yang terjadi? Dia lupa kata sandi…

Sebetulnya saya juga sudah menduga bahwa dia pasti akan lupa oleh karena itu saya sarankan dia untuk mencatat informasi akunnya, eh tapi dia malah tetap enggan mau mencatatnya entah apa alasannya, tapi kebanyakan dari mereka malas untuk mencatat.

Masih mending kalau akun baru dibuat, tapi kalau akun yang sudah lama dibuat lalu lupa kata sandi ini yang sangat disayangkan apalagi jika banyak kenangan yang telah Anda buat pada akun tersebut entah itu kenangan sama mantan 😂 ataupun rekam jejak perjalanan karir Anda.

Tentunya sangat disayangkan bukan?

Tetapi ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuka atau mengembalikan akun Facebook lupa kata sandi akan tetapi Anda tidak bisa mengembalikannya begitu saja karena ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi.

Bagaimana Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Facebook?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, masing-masing cara memerlukan persyaratan yang berbeda-beda

Ini caranya:

Bagaimana cara melakukannya? Silahkan pilih salah satu cara dan pastikan Anda memiliki akses ke nomor HP atau Email yang terdapat pada akun tersebut.

1. Atur Ulang Kata Sandi Menggunakan Email

Apabila pada saat melakukan proses pendaftaran Facebook Anda menggunakan email pastikan terlebih dahulu email tersebut bisa Anda buka karena Facebook akan mengirim kode verifikasi untuk mengganti kata sandi Facebook Anda.

Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Silahkan buka halaman facebook.com/login/identify, nanti Anda akan diarahkan ke halaman untuk menemukan akun Anda terlebih dahulu, silahkan masukkan email Facebook Anda kemudian pilih Cari.

temukan akun dengan email

2. Setelah Anda memilih tombol Cari, Facebook akan otomatis mencari akun Facebook dengan email yang sama seperti yang Anda masukkan apabila email yang Anda masukkan benar maka Anda akan diarahkan ke halaman seperti gambar dibawah.

Silahkan centang bagian Kirim kode melalui email supaya Facebook mengirim sebuah kode konfirmasi ke email tersebut, jika sudah pilih Selanjutnya.

atur ulang kata sandi

3. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman Facebook untuk memasukkan kode, abaikan terlebih dahulu halaman tersebut silahkan buka email Anda di tab baru pada browser kemudian lihat pesan masuk ke email Anda kemudian buka email dari Facebook yang berisi kode verifikasi kurang lebih seperti gambar dibawah ini isi emailnya.

Dalam email tersebut terdapat 6 digit kode untuk mengatur ulang kata sandi, silahkan copy kode tersebut.

kode verifikasi

4. Silahkan kembali ke halaman Facebook masukkan kode ke kolom keamanan kode keamanan di halaman Facebook kemudian pilih Lanjutkan.

masukkan kode keamanan

5. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman untuk membuat kata sandi baru, silahkan masukkan kata sandi baru minimal mengandung 6 huruf, angka, atau karakter. Jangan lupa catat supaya Anda tidak lupa lagi, jika sudah pilih Lanjutkan.

buat kata sandi baru

6. Sampai pada langkah ini secara otomatis Anda akan masuk ke akun Facebook menggunakan akun Anda, disana juga terdapat pemberitahuan mengenai perubahan kata sandi silahkan centang opsi Keluar dari perangkat lain?.

Opsi ini berfungsi untuk mengeluarkan akun Anda diperangkat yang lain misalnya diperangkat orang yang mengganti kata sandi Anda, jadi ketika mereka ingin membuka Akun Anda mereka harus memasukkan kata sandi baru yang telah Anda buat, jika sudah pilih Lanjutkan.

keluarkan dari perangkat lain

7. Sampai disini sebetulnya Anda sudah selesai karena akun sudah diganti dengan kata sandi baru, Anda bisa langsung menggunakan kembali akun Facebook Anda dengan cara memilih tombol Beranda yang berada dibagian atas halaman.

Tetapi jika ingin memperkuat keamanan akun silahkan pilih Mulai, Facebook akan secara otomatis memeriksa perubahan yang baru-baru ini dibuat oleh orang jahil yang mengetahui kata sandi Anda, tunggu sampai proses pemeriksaan akun selesai.

amankan akun

8. Apabila ada perubahan pada Akun Anda yang dilakukan oleh tangan-tangan jahil maka akan muncul notifikasi seperti gambar dibawah, untuk melihat perubahan yang telah dibuat oleh orang jahil tersebut silahkan pilih Lanjutkan.

jaga akun anda

9. Selanjutnya Anda akan disuruh untuk memeriksa informasi dasar akun Anda apabila ada perubahan maka akan tampil di halaman ini, silahkan pilih yang menurut Anda benar kemudian pilih Selanjutnya.

periksa informasi dasar

10. Apabila ada aktivitas yang mencurigakan yang dilakukan oleh orang jahil yang menggunakan Facebook Anda semua aktivitas suka, kiriman, dan komentar akan terlihat pada langkah ini silahkan periksa terlebih dahulu kemudian centang yang ingin dihapus lalu pilih tombol hapus.

Atau jika dirasa baik-baik saja silahkan pilih Lewati.

periksa aktivitas terakhir

11. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke pengaturan untuk mendapatkan peringatan masuk jika dirasa menurut Anda perlu silahkan centang melalui email atau pemberitahuan atau bisa juga dua-duanya. Tetapi jika dirasa tidak perlu pilih Lewati saja.

dapatkan peringatan masuk

12. Apabila semuanya aman dan sudah selesai maka tampilan selanjutnya akan tampak seperti gambar dibawah ini, silahkan pilih Buka Kabar Berita untuk menuju halaman Beranda.

selesai

Selesai…

Sampai disini Akun Anda sudah bisa digunakan kembali, apabila Anda ingin login gunakan kata sandi baru yang telah Anda masukkan pada langkah ke-5 diatas.

Cara ini akan berjalan dengan baik apabila Anda bisa membuka email yang terdapat pada akun tersebut. Bagaimana jika email tersebut sudah tidak aktif?

Silahkan coba cara kedua menggunakan nomor HP…

2. Atur Ulang Kata Sandi Menggunakan Nomor HP

Apabila Anda menggunakan cara ini pastikan sebelumnya akun yang ingin dibuka sudah ditambahkan nomor HP dan nomor HP tersebut masih aktif.

Karena nantinya Facebook akan mengirim kode konfirmasi melalui SMS ke nomor HP yang tertera di akun Facebook yang ingin Anda buka. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Silahkan buka halaman untuk mengatur ulang kata sandi melalui link berikut facebook.com/login/identify kemudian masukkan nomor HP yang terhubung dengan akun Facebook yang ingin dibuka, lalu pilih tombol Cari.

temukan akun dengan no HP

2. Kemudian Anda akan dialihkan ke halaman untuk memilih metode mengatur ulang kata sandi di halaman tersebut juga akan muncul nama dan foto profil akun Facebook Anda, silahkan centang bagian Kirim kode melalui SMS lalu pilih Lanjutkan.

kirim kode melalui sms

3. Pada langkah ini Facebook akan mengirim kode keamanan untuk mengatur ulang kata sandi ke nomor HP yang telah Anda masukkan melalui SMS, silahkan masukkan kode keamanan ke kolom yang telah disediakan kemudian pilih Lanjutkan.

masukkan kode keamanan

4. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman untuk memasukkan kata sandi baru silahkan masukkan sesuai dengan keinginan Anda minimal 6 karakter, jika sudah pilih Lanjutkan.

buat kata sandi baru

5. Apabila kata sandi sudah berhasil di ubah maka akan muncul tampilan halaman seperti gambar dibawah silahkan centang bagian Keluar dari perangkat lain? kemudian pilih Lanjutkan.

keluarkan dari perangkat lain

Sampai disini Anda sudah berhasil mengembalikan akun Facebook Anda yang lupa kata sandi karena sudah diganti dengan kata sandi baru.

Langkah selanjutnya adalah memeriksa akun tersebut apakah ada perubahan selama Anda tidak membuka akun tersebut atau ada orang yang jahil terhadap akun Anda.

Caranya sama dengan cara pertama yang menggunakan Email silahkan ikuti caranya tepat pada langkah ke-7 tetapi jika dirasa tidak perlu Anda bisa langsung memilih tombol beranda.

Bagaimana jika no HP tersebut sudah tidak aktif lagi atau hilang? Anda tidak bisa mengembalikannya.

Bagaimana Jika Saya Lupa Email dan Nomor HP?

Apabila Anda lupa dengan alamat Email atau nomor HP pada Facebook yang lupa kata sandi Anda bisa mencarinya melalui nama akun tersebut. Tetapi Anda tetap harus bisa membuka nomor HP ataupun email yang terdapat pada akun tersebut.

Jika masih lupa dengan nama Facebook-nya pinjam akun Facebook teman Anda yang sudah berteman dengan akun tersebut kemudian cari di daftar pertemanan teman Anda. Apabila namanya sudah diketahui silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Silahkan buka halaman lupa kata sandi melalui link berikut facebook.com/login/identify silahkan tulis nama akun Facebook Anda dikolom pencarian seperti gambar dibawah kemudian pilih tombol Cari.

temukan akun dengan nama

2. Selanjutnya akan muncul daftar nama akun Facebook yang sesuai dengan nama yang Anda cari, apabila akun Anda ada dalam daftar tersebut silahkan pilih tombol Ini Akun Saya tepat pada bagian akun Anda, silahkan loncat langsung ke langkah ke-4 tidak perlu mengikuti langkah ke-3.

Tetapi apabila akun Anda tidak ada dalam daftar tersebut silahkan pilih Saya Tidak Ada Di Daftar Ini. Lanjut ke langkah ke-3.

tidak ada di daftar

3. Kemudian masukkan nama akun Facebook teman Anda yang sudah berteman dengan akun tersebut (harus sama persis), kemudian pilih Cari.

temukan akun anda

4. Apabila nama teman yang Anda masukkan sama maka Anda secara otomatis akan dialihkan ke halaman untuk mengatur ulang kata sandi seperti gambar dibawah.

Silahkan pilih salah satu metode pengaturan ulang kata sandi entah itu melalui nomor HP atau Email, yang terpenting pastikan anda bisa mengakses nomor atau email tersebut, jika sudah silahkan pilih Selanjutnya.

metode atur ulang sandi

Apa langkah selanjutnya? Apabila Anda menggunakan metode melalui email silahkan ikuti cara pertama yang sudah saya jelaskan diatas mulai dari langkah ke-3.

Untuk Anda yang menggunakan memilih menggunakan nomor HP silahkan ikuti cara kedua yang sudah saya jelaskan diatas mulai dari langkah ke-3.

Mana yang harus saya gunakan?

Supaya Anda tidak bingung memilih cara yang cocok dengan kondisi Anda saya akan merekmomendasikan cara yang tepat sesuai dengan kondisi Anda…

Gunakan cara pertama yaitu dengan menggunakan Email, jika:

Anda bisa mengakses atau membuka email tersebut karena Facebook akan mengirim kode konfirmasi ke alamat email yang tertera pada akun Facebook yang ingin Anda buka. Bagaimana jika saya tidak bisa mengakses email tersebut? Cara ini tidak akan bisa Anda gunakan.

Gunakan cara kedua yaitu menggunakan nomor HP, jika:

Anda bisa mengakses nomor tersebut karena Facebook akan mengirim kode konfirmasi ke nomor tersebut melalui SMS, tidak apa-apa jika itu nomor teman Anda. Anda bisa meminta teman Anda mengirimkan kode tersebut kepada Anda.

Apabila Anda tidak memiliki akses ke nomor tersebut jangan menggunakan cara kedua karena percuma. Tidak akan bisa dibuka.

Terus, bagaimana jika saya tidak bisa membuka email maupun nomor HP yang ada pada akun tersebut?

…Facebook Anda tidak akan bisa dibuka.

Logikanya begini.

Anda menitipkan motor di parkiran sebuah mall yang megah dan banyak sekali pengunjungnya. Tapi ketika Anda ingin mengambil kembali motor tersebut karcis parkir motor Anda hilang.

Lantas apakah tukang parkir akan memberikan motor Anda begitu saja? Tentu saja tidak karena mereka khawatir bahwa itu bukan motor milik Anda, yang pertama Anda akan diminta menunjukkan BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor).

Jika BPKB Anda kebetulan hilang, ini yang menjadi masalah. Bisa jadi Anda harus menghadap orang yang bertanggung jawab di tempat parkir tersebut sebelum motor Anda di ambil.

Begitu juga dengan Facebook….

Facebook tidak akan mengembalikan akun Anda jika Anda tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan karena mereka juga khawatir bahwa akun tersebut bukan milik Anda.

Sebetulnya ada satu cara lagi yang bisa Anda lakukan meskipun Anda tidak bisa mengakses email atau nomor HP yaitu menggunakan kontak terpercaya yang bisa di atur melalui pengaturan akun Facebook.

Tapi…

Fitur ini sangat jarang digunakan oleh pengguna Facebook oleh karena itu tidak saya tulis karena perlu mengatur beberapa pengaturan akun terlebih dahulu, mungkin Anda juga belum melakukan pengaturan tersebut jadi fitur bantuan ini tidak bisa digunakan jika Anda belum pernah mengaturnya.

Lalu, Bagaimana Solusinya?

Tidak ada cara lain selain membuat akun Facebook baru…

Dulu memang kita bisa melakukan reset kata sandi melalui pertanyaan keamanan tanpa menggunakan email maupun nomor HP, tapi sekarang Facebook terus-menerus memperketat keamanannya.

Tapi kenapa akun Facebook saya bisa digunakan oleh orang lain meskipun mereka tidak mengetahui email dan password Facebook saya alias dicuri?

Ini biasanya terjadi karena kecerobohan pemilik akun itu sendiri, di Facebook juga banyak pengguna yang menyebarkan situs jebakan yang bisa mencuri akun Anda ketika Anda mengunjungi situs jebakana tersebut tampilannya sengaja di samakan dengan tampilan login Facebook seolah-olah itu merupakan halaman asli Facebook padahal buka situs asli dari Facebook.

Jadi Anda harus berhati-hati ketika membuka sebuah tautan tiba-tiba tautan tersebut mengarahkan Anda ke halaman login Facebook pastikan bahwa situs asli Facebook itu alamatnya di Facebook.com.

Jika Anda terlanjur memasukkan email dan kata sandi di situs jebakan tersebut maka email dan password akun Anda akan dikirim ke si pembuat jebakan tersebut.

Sebetulnya jika Anda mengalami masalah yang seperti ini Anda masih bisa mengembalikannya asalkan email atau nomor HP yang ada pada akun Anda tidak diganti, yaitu menggunakan cara yang sudah saya jelaskan diatas.

….Ada lagi kasus yang lain

Yaitu akun dinonaktifkan, ini biasanya terjadi karena Anda melanggar ketentuan yang ada di Facebook. Saya juga pernah mengalami masalah yang seperti ini tapi saya mengajukan banding karena memang saya tidak melanggar peraturan, dan akun saya pun dikembalikan.

Jika dirasa Anda tidak melanggar peraturan Anda bisa melakukan cara yang sudah saya lakukan yang sudah terbukti berhasil, silahkan baca disini.

Apabila Anda memutuskan untuk membuat akun baru saya telah menyediakan panduan yang cukup lengkap dimana Anda tidak hanya diajarkan cara membuat akun saja tetapi pada panduan yang sudah saya buat beberapa waktu yang lalu Anda akan diajarkan untuk mengaktifkan fitur keamanan.

Sehingga ketika Anda lupa kata sandi Anda bisa mengembalikannya dengan mudah, silahkan baca panduan mengenai cara membuat akun Facebook.

Apabila Anda mengikuti panduan tersebut dengan benar, saya yakni Facebook Anda akan baik-baik saja.

Karena sudah saya coba dan sampai saat ini Facebook yang saya gunakan masih berjalan dengan baik tidak pernah mengalami masalah yang seperti ini padahal akun Facebook yang saya gunakan ini dibuat pada tahun 2011 kurang lebih sudah berumur 6 tahun.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi lupa kata sandi Facebook.

Apabila Anda mengalami masalah lain mengenai hal ini silahkan tulis dikolom komentar dengan jelas beserta kronologisnya supaya saya dapat memahami masalah Anda, apabila akun tersebut masih berpeluang untuk dipulihkan pasti akan saya bantu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top