Tips & Trik

Cara Mengunci File Excel dengan Password agar Tidak Bisa Dicopy dan Diedit

cara mengunci file excel

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi paling populer dan sering digunakan untuk mengolah angka salah satunya adalah untuk keperluan menghitung atau mencatat keuangan yang bersifat rahasia.

Ada beberapa orang yang tidak mau catatan keuangannya pada Excel diketahui oleh orang lain hingga rela menyembunyikan file tersebut dengan berbagai cara, padahal Excel sudah dilengkapi dengan fitur yang dapat kita gunakan untuk mengunci file sesuai dengan password yang kita inginkan.

Jika fitur tersebut diaktifkan maka untuk membuka file yang dikunci terlebih dahulu nantinya akan dimintai password yang sebelumnya telah diaktifkan. Bagi mereka yang tak mengetahui passwordnya tentu saja mereka tidak bisa membuka file tersebut.

Tidak hanya itu saja Excel juga sudah dilengkapi dengan fitur pengaman lainnya dimana file yang kita buat bisa dibuka atau dilihat orang lain tetapi mereka tidak bisa mengubah, mengedit dan mencopy data yang telah ditulis pada Excel.

Lantas, Bagaimana Cara Mengunci File Excel?

Pada panduan ini saya menggunakan Microsoft Office Excel 2013 apabila anda menggunakan versi yang lama seperti 2007, 2010, atau yang terbaru 2016 silahkan menyesuaikan karena caranya tidak jauh beda dengan yang saya gunakan.

1. Mengunci File Excel dengan Password

Cara pertama ini akan membuat file yang anda buat sama sekali tidak bisa dibuka atau pun melihat data di dalamnya kecuali orang yang ingin membuakanya mengetahui password yang telah dibuat sebelumnya. Begini caranya.

1. Jika dokumen telah selesai dibuat silahkan pilih menu FILE.

file

2. Setelah langkah pertama dilakukan makan muncul beberapa pilihan silahkan pilih Protect Workbook pilih Encrypt with Password kemudian masukkan password yang ingin anda gunakan.

Jika dokumen tersebut benar-benar bersifat rahasia masukkan password yang kuat terdiri dari huruf kecil, huruf besa, angka, dan karakter tertentu. Contohnya seperti ini P4nt4ng_Mulan9 jika sudah pilih OK.

protect workbook

3. Setelah itu maka akan muncul dialog konfirmasi password silahkan masukkan ulang password yang telah anda masukkan pada langkah sebelumnya kemudian pilih OK.

confirm password

4. Terakhir pilih Save.

Untuk anda yang menggunakan Microsoft Office 2007 langkah pertama pilih Office Button dibagian pojok kiri atas kemudian pilih Prepare lalu pilih Encrypt Document kemudian masukkan password sesuai dengan keinginan.

Sampai disini dokumen yang anda buat sudah dikunci, jika dibuka file tadi maka akan muncul dialog password seperti gambar dibawah. Dimana data yang ada dalam file tersebut tidak bisa dilihat oleh siapa pun sebelum memasukkan password yang telah di tentukan.

excel dikunci

Cara ini sangat cocok untuk dokumen yang bersifat rahasia, karena semua data yang ada tidak bisa dilihat oleh orang lain.

Bagaimana jika saya ingin mengembalikan file tersebut agar tidak di password?

Caranya sangat mudah lakukan langkah pertama sampai kedua seperti diatas, tapi pada saat memasukkan password jangan memasukkan password apapun tetapi hilangkan password yang ada kemudian pilih OK, secara otomatis file tersebut kembali seperti semula.

Bagaimana caranya agar file tersebut tidak bisa di edit, copy paste, atau pun diubah oleh orang lain? Silahkan simak cara kedua.

2. Mengunci File Excel agar Tidak Bisa Dicopy dan Diedit

Cara kedua ini bisa anda gunakan untuk melindungi file Excel anda agar tidak bisa di ubah ataupun di copy oleh orang lain atau dengan kata lain mereka yang membuka file yang anda kunci hanya bisa melihat data dalam file tersebut saja.

1. Jika dokumen sudah siap pilih menu REVIEW lalu pilih Protect Sheet, maka akan muncul pengaturan Protect Sheet silahkan masukkan password yang ingin digunakan

2. Pada bagian Allow all users of this worksheet to: hilangkan semua centang, sebetulnya anda bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan apabila anda mencentang salah satu opsi pada bagian tersebut itu artinya anda menizinkannya.

Sebagai contoh jika anda mencentang Delete columns maka mereka yang membuka file tersebut bisa menghapus kolom pada file tersebut.

Tetapi jika anda ingin orang lain hanya bisa melihat data saja tidak bisa melakukan tindakan apa-apa hilangkan semua centang seperti gambar dibawah, jika sudah pilih OK. Jika muncul konfirmasi password masukkan kembali password yang sama kemudian OK.

protect sheet

Sampai disini file Excel anda tidak bisa dicopy atau pun diedit oleh orang lain jika ada orang lain yang mencoba untuk mengedit maka akan tampil peringatan seperti gambar di bawah.

berhasil dikunci

Jika anda ingin menghilangkan password atau ingin mengedit dokumen maka anda harus menghilangkan terlebih dahulu proteksi file yang telah dibuat. Caranya cukup mudah pada menu REVIEW pilih Unprotect Sheet kemudian masukkan password lalu pilih OK.

Secara otomatis file tersebut kembali normal seperti semula dan bisa anda edit kembali, apabila ingin mengunci kembali lakukan langkah pertama diatas.

unprotect sheet

Itulah dua cara yang bisa anda gunakan untuk mengunci file Microsoft Excel. Silakan pilih salah satu cara yang sesuai dengan kebutuhan.

Apabila file tersebut benar-benar bersifat rahasia saya sarankan untuk menggunakan cara pertama karena dengan cara tersebut orang lain tidak bisa melihat data didalamnya.

Tetapi apabila anda hanya sekedar ingin orang lain tidak bisa mengedit atau mencegah orang lain melakukan copy paste gunakanlah cara yang kedua. Karena cara tersebut data bisa dibaca oleh orang lain namun mereka tidak bisa melakukan apa-apa.

Jangan lupa simpan password jangan sampai lupa, akan tetapi kalau suatu saat anda lupa gunakan saja trik untuk membobol password file excel.

Tidak hanya file excel saja yang bisa di kunci tetapi file word juga bisa anda amankan, bagi anda yang ingin mengetahui caranya silahkan simak panduan mengunci file word agar tidak bisa dibuka dan dicopy.

Demikian artikel kali ini semoga bisa membantu mengamankan file penting yang anda miliki, apabila ada pertanyaan atau merasa kesulitan menggunakan cara diatas silahkan tulis dikolom komentar.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top