Tips & Trik

3 Cara Menghilangkan Warna Background Tulisan Hasil Copy Paste di Internet pada Microsoft Word

cara menghilangkan background tulisan hasil copy paste

Internet merupakan sumber informasi yang lengkap tak jarang banyak para pelajar ataupun mahasiswa yang menggunakan informasi di internet sebagai pelengkap tugas karya ilmiah seperti, makalah, skripsi, dan jurnal ilmiah. Tetapi pada saat kita melakukan copy paste tulisan dari internet terkadang ketika di pindahkan ke dalam lembar kerja Microsoft Word mengalami berbagai permasalahan.

Salah satunya adalah tulisan hasil copy memiliki warna background, hal ini terjadi karena pada saat kita melakukan copy paste kode yang terdapat pada tulisan tersebut juga ikut ter-copy oleh karena itu pada saat kita menempelkan tulisan ke lembar kerja Word seringkali background teks menjadi berwarna.

Tentu saja warna tersebut sangat mengganggu, bagi Kamu yang sering mengalami masalah seperti ini mulai sekarang tidak perlu khawatir karena kali ini saya akan membagikan cara yang paling mudah untuk menghilangkan warna background tulisan hasil copy paste dari internet pada lembar kerja Microsoft Word sehingga tampak seperti ditulis secara manual.

Cara Menghilangkan Background Tulisan Hasil Copy-Paste di Microsoft Word

Ada tiga cara yang bisa Kamu gunakan untuk menghapus background teks hasil copy di internet, tetapi kamu cukup memilih salah satu cara yang paling mudah dan yang paling nyaman Kamu gunakan karena hasilnya sama saja.

1. Menggunakan NotePad

Notepad merupakan aplikasi teks editor bawaan Windows dimana aplikasi ini bisa kita gunakan menghapus kode-kode website yang menempel pada tulisan yang Kamu copy, jika perangkat komputer yang kamu pakai menggunakan sistem operasi Windows aplikasi ini sudah pasti ada. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Langkah pertama silahkan copy terlebih dahulu teks yang ingin di paste ke Microsoft Word, kemudian pada tampilan awal Windows atau desktop tekan tombol Win + R pada keyboard maka akan muncul fitur Run lalu tulis Notepad.

run notepad

2. Maka secara otomatis Notepad akan muncul silahkan paste tulisan yang telah Kamu copy ke dalam Notepad kemudian copy kembali tulisan tersebut, lalu Kamu paste ke dalam lembar kerja Microsoft Word.

Secara otomatis background tulisan akan hilang.

paste notepad

Jika ingin lebih cepat kamu juga bisa menggunakan kolom teks dibawah ini sebagai alternatif pengganti Notepad di komuter, silahkan copy paste tulisan ke dalam form dibawah ini kemudian tempelkan tulisan ke dalam lembar kerja Microsoft Word.

Tentu saja cara ini bisa Kamu gunakan apabila tulisan tersebut belum di paste ke dalam lembar kerja Word, jika tulisan sudah terlanjur di paste gunakan cara kedua.

 2. Menggunakan Fitur Clear Formatting

Cara kedua ini sangat cocok bagi Kamu yang sudah mempaste tulisannya ke dalam lembar kerja Microsoft Word, fitur atau menu Clear Formatting merupakan salah satu fitur yang tersedia di Microsofoft Word. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Blok semua tulisan yang ingin dihilangkan warna backgroundnya.

clear all formating

2. Kemudian pada menu HOME pilih Clear All Formatting (ikon A dan penghapus), maka secara otomatis background teks akan hilang.

Fitur ini tidak hanya menghapus warna background tulisan saja tetapi juga menghapus seluruh format tulisan seperti tulisan tebal dan miring akan ikut terhapus.

3. Menggunakan Pengaturan Paste

Cara ketiga ini juga bisa digunakan jika kamu belum mempastenya ke dalam lembar kerja karena kita akan memilih salah satu pengaturan paste agar yang tulisan yang menempel pada lembar kerja hanya teks saja tidak dengan format tulisannya.

1. Silahkan copy tulisan di internet yang ingin di paste ke dalam lembar kerja Word.

keep text only

2. Pada lembar kerja klik kanan kemudian pada bagian Paste Options pilih Keep Text Only (T), maka tulisan yang telah Kamu copy secara otomatis tidak akan memiliki warna background.

Itulah tiga cara yang bisa Kamu gunakan untuk menghilangkan background tulisan hasil copy paste dari internet pada lembar kerja Microsoft. Silahkan pilih salah satu cara yang paling cocok untuk digunakan karena masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangan.

Jika Kamu ingin lebih cepat gunakan saja cara ketiga karena format tulisan yang Kamu copy di internet tidak akan di paste hanya tulisannya saja tidak dengan formatnya.

Tetapi jika Kamu tulisan sudah di paste ke dalam lembar kerja gunakan saja cara yang kedua untuk menghapus format tulisannya. Silahkan pilih sesuaikan saja sendiri, demikian artikel kali ini semoga bermanfaat.

1 Comment

1 Comment

  1. dina ade

    10 Maret 2018 at 00:29

    Sangat membantu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top