Ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk menghapus kolom dan baris di Microsoft Excel, namun untuk mendapatkan hasil yang rapi metode yang digunakan akan tergantung dengan kondisi dan letak kolom maupun baris yang ingin dihapus.

Setelah selesai membuat tabel data di Excel biasanya ada saja baris atau kolom kosong yang tidak terpakai, jika tidak dihapus hal ini tentunya akan membuat data menjadi berantakan dan terlihat kurang rapi.

Banyak orang yang rela membuatnya dari awal demi menghapus baris dan kolom kosong, padahal kita bisa menghapusnya secara langsung tanpa ribet membuatnya dari awal.

Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan beberapa cara untuk menghapus kolom dan baris di Excel, Anda dapat menggunakan salah satu metode yang sesuai dengan susunan baris dan kolom yang ingin dihapus.

Di sini saya menggunakan Microsoft Excel 2019, jika Anda menggunakan Excel 2010, 2013, 2016 atau versi yang lainnya, silahkan menyesuaikan karena caranya sama saja. Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan.

Cara Menghapus Semua Kolom Kosong di Excel

Jika Anda ingin menghapus kolom kosong pada tabel Excel yang tidak memiliki baris kosong, maka metode ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Dengan menggunakan metode ini, semua kolom pada area yang diblok akan secara otomatis terhapus.

Namun pastikan bahwa area yang diblok tidak memiliki baris kosong karena nantinya akan ada data yang ikut terhapus, area yang saya maksud bisa dilihat pada gambar pertama di bawah.

Cara menghapus semua kolom kosong di Excel:

  1. Blok semua area pada lembar kerja Excel yang berisi kolom yang ingin dihapus.
  2. Klik menu Home pilih Find & Select lalu pilih Go To Special.
  3. Pada pengaturan Go To Special pilih Blanks lalu OK.
    Go To Special Blanks Excel
  4. Klik kanan pada salah satu kolom yang diseleksi, lalu pilih Delete.
    Delete Entire Column Excel
  5. Setelah itu, pilih Entire column lalu klik OK.

Sampai di sini semua kolom kosong yang ada di area yang diseleksi akan secara otomatis terhapus semuanya.

Cara Menghapus Semua Baris Kosong di Excel

Untuk menghapus baris kosong ada banyak metode yang bisa Anda gunakan, metode ini cocok untuk area yang hanya memiliki baris kosong saja tidak berisi kolom kosong, lihat gambar pertama di bawah.

Jika Anda menggunakan metode ini untuk menghapus baris yang berisi kolom kosong, data paling atas biasanya akan ikut terhapus. Jadi, pastikan Anda hanya menyeleksi area yang berisi baris kosong saja.

Cara menghapus semua baris kosong di Excel:

  1. Blok area lembar kerja Excel yang berisi baris kosong yang ingin dihapus.
  2. Klik menu Home pilih Find & Select lalu pilih Go To Special.
  3. Pilih Blanks lalu OK.
    Hapus Baris Kosong Excel
  4. Klik kanan pada salah satu baris kosong yang diseleksi lalu pilih Delete.
    Delete Entire Row Excel
  5. Setelah itu, pilih Entire row lalu OK.

Sampai di sini semua baris pada area lembar kerja yang diseleksi akan secara otomatis dihapus.

Cara Menghapus Semua Kolom dan Baris Kosong di Excel

Kedua metode di atas cocok digunakan untuk area yang hanya berisi kolom kosong atau baris kosong saja.

Jika Anda ingin menghapus area lembar kerja Excel yang berisi kolom dan baris kosong maka metode ini cocok untuk Anda, area yang saya maksud bisa dilihat pada gambar pertama di bawah.

Cara menghapus semua kolom dan baris kosong di Excel:

  1. Blok area lembar kerja Excel yang berisi baris dan kolom kosong yang ingin dihapus.
  2. Klik menu Home pilih Find & Select lalu pilih Go To Special.
  3. Pilih Blanks lalu OK.
    Seleksi Kolom dan Baris Excel
  4. Klik kanan pada baris atau kolom yang diseleksi lalu pilih Delete.
    Delete Shift Cells Up Excel
  5. Pilih Shift cells up jika Anda ingin menghapus baris kosong atau Shift cells left untuk jika ingin menghapus kolom kosong, lalu klik OK.

Contoh di atas menghapus baris kosong karena pada langkah 5 saya memilih Shift cells up, untuk menghapus kolom kosong maka saya harus mengulangi langkah-langkah di atas namun pada langkah 5 pilih Shift cells left.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghapus kolom atau baris kosong yang tidak terpakai di Microsoft Excel. Anda dalam memilih salah satu metode yang sesuai dengan kondisi area lembar kerja yang Anda miliki.

Dengan menggunakan salah satu metode yang ada di atas, kini Anda tak perlu ribet lagi membuatnya dari awal hanya untuk menghapus baris dan kolom yang tidak terpakai.

Jadi, apakah Anda berhasil menghapus kolom atau baris di Excel? Metode mana yang Anda gunakan?. Jika mengalami masalah atau ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here