Tips & Trik

2 Cara Menambah Anggota Grup WhatsApp Tanpa Admin

cara menambahkan anggota grup whatsapp

Dahulu sebelum ada aplikasi pesan instan untuk mengirim pesan kepada banyak orang salah satunya adalah dengan cara mengirim pesan tersebut satu per satu kepada orang-orang yang dituju melalui SMS, tentu saja selain dapat menyita banyak waktu ini juga dapat menguras pulsa SMS apalagi jika pesan yang dikirim cukup panjang.

Tetapi kini ada banyak sekali pesan instan yang menyediakan fitur untuk membuat berbagai macam jenis grup salah satunya adalah aplikasi pesan instan WhatsApp contohnya seperti grup rekan kerja ataupun teman sekolah, dengan adanya grup ini kita bisa lebih mudah untuk melakukan percakapan kepada orang banyak sekaligus hanya sekali kirim.

Jika Kamu seorang pelajar grup ini biasanya dibuat antar kelas dimana ketika ada pengumuman dari wali kelas atau guru pembimbing salah seorang siswa biasanya akan memberitahukan pengumuman tersebut melalui grup WhatsApp ini, jadi kita tidak perlu cape mengirim ke satu per satu orang begitu juga dengan grup rekan kerja ataupun yang lainnya.

Ketika grup sudah berjalan dengan baik mungkin saja ada salah seorang teman yang lupa tidak dimasukkan ke grup tersebut, tak jarang mereka seringkali kebingungan mengenai cara menambahkan anggota grup ke grup WhatsApp yang telah dibuat terutama jika Kamu pengguna baru aplikasi WhatsApp. Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan dua cara yang bisa Kamu gunakan untuk menambahkan anggota grup WhatsApp dengan mudah tanpa ribet.

Cara Menambahkan Anggota Grup WhatsApp

Salah satu syarat untuk bisa menambahkan anggota baru ke grup WhatsApp yaitu Kamu harus menjadi admin di grup tersebut, karena hanya admin saja yang bisa menambahkan anggota grup. Tetapi ada cara alternatif yang bisa Kamu gunakan tanpa admin lho.

Silahkan simak dua cara berikut ini yang bisa Kamu gunakan untuk menambahkan anggota grup WhatsApp.

1. Melalui Tautan Undangan Grup

Cara pertama yang bisa Kamu lakukan adalah melalui link atau tautan undangan grup, cara ini tidak hanya bisa dilakukan oleh admin saja tetapi anggota grup juga bisa menggunakan cara ini asalkan Kamu memiliki tautan undangan grup tersebut, cara ini hanya bisa dilakukan oleh admin grup saja. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Buka grup WhatsApp yang ingin ditambahkan anggotanya kemudian pilih ikon titik tiga () sebelah kanan atas tampilan layar lalu pilih Info grup, kemudian pilih ikon untuk menambahkan teman disebelah kanan atas tampilan info grup.

info grup

2. Setelah itu pilih maka akan muncul semua kontak WhatsApp silahkan pilih saja Undang via tautan, kemudian akan muncul tautan khusus untuk mengundang anggota silahkan pilih Salin tautan nah tautan inilah yang nantinya Kamu berikan kepada anggota yang ingin dimasukkan.

Selain menyalin tautan disana juga terdapat opsi lain yang bisa Kamu pilih diantaranya adalah Kirim tautan via WhatsApp untuk membagikan tautan kepada kontak WhatsApp yang kamu miliki, sedangkan untuk Bagikan tautan yaitu untuk membagikan tautan tersebut melalui sosial media dan aplikasi lainnya.

Batalkan tautan berfungsi untuk menghapus tautan yang telah dibuat agar ketika link tersebut dibuka oleh orang lain mereka tidak bisa masuk meskipun memiliki tautan undangan.

salin tautan undangan

Selain melalui tautan Kamu juga bisa menambahkan teman melalui kode QR, caranya pada saat tautan undangan sudah muncul pilih ikon titik tiga () di pojok kanan atas kemudian pilih Cetak kode QR grup.

Apabila Kamu bukan seorang admin dari grup tersebut dan ingin menambahkan seorang anggota Kamu bisa meminta link tersebut kepada admin grup. Silahkan beri tahu artikel ini kepada admin grup dan suruh dia mengikuti cara ini, kemudian Kamu minta tautan yang telah dibuat menggunakan cara ini untuk mengundang anggota yang ingin dimasukkan.

2. Undang Langsung melalui Kontak

Cara ini juga hanya bisa dilakukan oleh admin grup dan orang yang ingin ditambahkan sudah menjadi kontak WhatsApp Kamu, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Silahkan masuk buka grup yang ingin ditambahkan anggotanya kemudian pilih titik tiga () dipojok kanan atas lalu pilih Info grup setelah itu pilih Tambahkan Peserta…

tambahkan peserta

2. Setelah itu akan muncul daftar kontak WhatsApp yang Kamu miliki silahkan pilih salah satu kontak yang ingin dimasukkan ke grup, apabila muncul dialog persetujuan pilih OKE.

pilih kontak

Maka kontak tersebut secara otomatis akan langsung menjadi anggota grup. Sayangnya cara ini hanya bisa menambahkan satu per satu anggota jadi jika orang yang ingin ditambahkan ke grup cukup banyak cara ini kurang efektif karena tidak bisa menambahkan langsung banyak kontak.

Silahkan pilih salah satu cara yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan Kamu. Apabila Kamu tidak menjadi admin di grup tersebut gunakan saja cara pertama yaitu melalui tautan undangan grup.

Cara ini juga bisa digunakan untuk menambahkan anggota grup dalam jumlah banyak, tetapi tentu saja Kamu harus meminta terlebih dahulu tautan undangan grup kepada admin grup.

Silahkan pilih saja salah satu cara diatas yang menurut Kamu sesuai dengan kebutuhan. Demikian artikel kali ini semoga bisa membantu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top