cara memotong lagu

Terkadang kita menemukan lagu MP3 dengan nada yang enak didengarkan tapi hanya pada bagian-bagian tertentu saja, dimana bagian tersebut sangat cocok dijadikan sebagai nada dering. Jika Anda saat ini sedang dalam kondisi tersebut, ini merupakan artikel yang tepat karena Sipitek akan menerangkan secara lengkap tentang cara memotong lagu tanpa aplikasi di Android maupun PC.

Dengan menggunakan cara yang akan Sipitek ulas kali ini, Anda tak perlu ribet mengunduh dan memasang aplikasi pemotong lagu terlebih dahulu karena di sini kita akan menggunakan alat pemotong lagu online. Tentunya selain bisa menghemat kuota, dengan menggunakan cara ini Anda juga bisa menghemat sumber daya Android maupun PC.

Tak perlu khawatir jika Anda pemula atau saat ini Anda baru pertama kali melakukannya, karena Sipitek akan mengulasnya secara lengkap supaya bisa diikuti dengan mudah oleh semua orang, termasuk orang awam.

Sebetulnya ada banyak situs pemotong lagu online yang bisa Anda gunakan akan tetapi Sipitek lebih menyarankan Anda menggunakan mp3cutter.co, selain punya tampilan antarmuka yang bersih dan sederhana, situs ini juga sangat mudah digunakan. Yuk langsung saja, mari kita mulai…

Cara Memotong Lagu Tanpa Aplikasi di Android

Kalau tujuan Anda memotong lagu untuk membuat nada dering, sebetulnya Anda tidak perlu ribet membuatnya secara manual, karena ada banyak aplikasi nada dering yang bisa Anda gunakan.

Akan tetapi kalau Anda ingin membuat nada dering yang sesuai dengan lagu pilihan Anda, silahkan simak langkah-langkah tentang cara memotong lagu MP3 di Android tanpa aplikasi berikut ini:

1. Buka situs pemotong lagu mp3cutter.co menggunakan browser favorit Anda di Android.

2. Pilih tombol “CHOOSE FILES”.

cara memotong lagu di android

3. Setelah itu pilih lagu yang akan dipotong, pada tahap ini mungkin langkah-langkahnya agak berbeda tergantung dengan smartphone Android yang Anda gunakan. Kalau Anda menggunakan smartphone yang lain selain Xiaomi silahkan menyesuaikan saja, intinya Anda di sini memilih lagu yang akan dipotong.

Akan tetapi kalau Anda menggunakan Xiaomi, pilih menu “File” > “Musik”, kemudian pilih lagu yang akan dipotong lalu pilih tombol “Oke” yang ada di pojok kanan atas layar.

cara memotong lagu di android

4. Tunggu proses upload file hingga selesai. Kalau sudah Anda akan diarahkan ke halaman yang tampak seperti gambar di bawah yang tengah.

Di sana ada beberapa opsi yang harus Anda sesuaikan, centang “Fade In” jika Anda ingin volume suara musik di awal meningkat secara perlahan ketika lagu di putar, centang “Fade Out” jika Anda ingin volume musik menurut secara perlahan di akhir lagu.

Selanjutnya tentukan bagian lagu yang ingin di potong, Anda bisa mengaturnya melalui tombol yang ada di sebelah kanan dan kiri bagian warna kuning, atau Anda juga bisa menentukannya melalui detikan lagu pada kolom “Crop from, sec:”.

Untuk mengecek apakah potongan lagu tersebut sesuai dengan keinginan Anda, pilih tombol “Play”, nantinya lagu yang telah Anda potong akan diputar secara otomatis. Selanjutnya gulir ke bawah, pilih format lagu “MP3”, lalu isi nama file lagu, dan terakhir pilih “CUT”.

cara memotong lagu di android

4. Tunggu sampai proses pemotong hingga selesai, kalau sudah pilih tombol “DOWNLOAD” untuk mengunduh lagu yang telah Anda potong.

cara memotong lagu di android
Hasil pemotongan biasanya akan disimpan di dalam folder Download atau bisa juga langsung muncul di aplikasi pemutar musik.

Cara Memotong Lagu Tanpa Aplikasi di PC

Karena kita akan menggunakan situs yang sama seperti cara pertama yang telah Sipitek bahas untuk pengguna Android, sebetulnya caranya juga tidak jauh beda meskipun Anda memotongnya di PC.

Akan tetapi supaya Anda tidak bingung saya akan menjelaskannya kembali khusus untuk PC, hanya saja saya tidak akan menjelaskannya secara lengkap seperti cara pertama, kalau kurang jelas langkah-langkahnya Anda bisa melihat ke cara pertama. Silahkan simak langkah-langkah cara memotong lagu tanpa aplikasi di PC berikut ini:

1. Buka situs pemotong lagu mp3cutter.co.

2. Pilih tombol “CHOOSE FILES”, kemudian cari dan pilih lagu yang akan dipotong lalu pilih “Open”.

cara memotong lagu di PC

3. Tunggu sampai proses unggah file lagu selesai, kalau sudah Anda akan diarahkan ke halaman yang tampak seperti di bawah.

Centang opsi “Fade In” dan “Fade Out” kalau Anda ingin volume lagu naik dan turun secara perlahan di awal dan di akhir. Silahkan tentukan bagian lagu yang ingin dipotong, dengan menggeser garis yang ada di sebelah kanan dan kiri lagu yang berwarna oranye. Untuk mengecek hasilnya pilih tombol “Play”.

Setelah itu pilih format file “MP3”, lalu tentukan nama file atau bisa juga dibiarkan, kalau sudah pilih tombol “CUT”.

cara memotong lagu di PC

4. Tunggu sampai proses pemotongan selesai. Kalau sudah silahkan unduh lagu yang berhasil dipotong dengan memilih tombol “DOWNLOAD”, jika muncul persetujuan unduh pilih “Oke”.

cara memotong lagu di PC

Sampai di sini proses download lagu hasil pemotongan akan berjalan. Untuk melihat hasilnya Anda bisa mengeceknya di dalam folder Download yang ada di PC.

Akan tetapi kalau lokasi tempat penyimpanan file unduhan diubah, silahkan cari di folder yang sesuai dengan pengaturan lokasi penyimpanan file unduhan yang telah ditetapkan pada pengaturan browser.

Jadi itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memotong lagu MP3 tanpa aplikasi di HP Android maupun PC. Dengan menggunakan cara ini Anda tak perlu ribet mengunduh dan memasang aplikasi tambahan.

Bagaimana mudah bukan? Jangan lupa bookmark atau bagikan artikel ini ke sosial media Anda supaya tidak hilang ketika Anda ingin melakukan pemotongan lagu di lain waktu.

Hobi membaca dan menulis berbagai hal seputar teknologi terutama games, aplikasi, dan smartphone. Mulai aktif menulis pada tahun 2015, pada tahun 2016 ia mencoba merintis karir didunia tulis-menulis dengan serius dan mendirikan Sipitek.com.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here