toyota avanza

Siapa yang tidak kenal dengan Mobil Avanza, mobil yang digandrungi oleh sejuta umat di Indonesia ini.

Toyota Avanza yang merupakan mobil MPV terbaru dari Toyota diperkenalkan pada tahun 2003 dan juga sukses di pasaran otomotif Indonesia.

Nama Avanza sendiri berasal dari bahasa Italia yang bermakna yaitu peningkatan.  Saat peluncurannya, Avanza dinyatakan sebagai mobil MPV paling murah yang dikeluarkan oleh Toyota.

Maka tak heran jika Avanza terjual hingga 100.000 unit di tahun pertama peluncurannya. Anda pun bisa mendapatkan mobil avanza melalui dealer auto2000 yang juga melayani pembelian secara kredit.

Perkembangan Mobil Avanza pun terus dilakukan. Hadir dengan berbagai jenis Avanza dengan berbagai model dan peningkatan spesifikasi.

Di tahun 2006 misalnya, Toyota memperkenalkan New Avanza dengan perubahan penampilan depan dan belakang, aksesoris semakin lengkap, dan menggunakan mesin baru VVT-i untuk semua tipenya.

Inovasi tersebut kemudian dilakukan kembali pada tahun 2011. Tahun ini disebut sebagai mulainya generasi kedua Toyota Avanza yang disebut sebagai All New Toyota Avanza.

Inovasi terus dilakukan dan terakhir di 2015 lalu, Toyota mengusung nama yaitu Grand New Avanza. Tak jauh berbeda sebenarnya, hanya saja mengusung mesin 1.300 cc.

Mobil Avanza ini memang sangat populer. Apabila anda ingin mengetahui apa yang membuat mobil ini populer, bagaimana spesifikasinya, dan apa kelebihan dan kekurangan dari Toyota Avanza ini, akan kami ulas dalam artikel ini.

toyota avanza
Sumber: auto2000.co.id

Eksterior Toyota Avanza

Perubahan desain Mobil Avanza berangsur-angsur berubah, dalam 10 tahun terakhir ini. Pada awal munculnya, mobil ini tampil dengan sempurna dan lebih mementingkan fungsinya ketimbang desainnya.

Namun, pihak produksi pun mengubah tampilannya, hingga kemudian mobilnya menjadi lebih stylish dan elegan sehingga lebih diminati oleh para konsumen.

Perbedaan yang paling kentara dari All New Avanza dan Grand Avanza ini yaitu dari segi desain grill. Pada desain terbaru, grill dibuat menjadi lebih besar dan bilah horizontalnya dibuat lebih banyak.

Dari segi eksterior, perbedaan juga terlihat dari velg yang dipakainya. Di awal masa produksi mobil ini, adalah sekitar tahun 2003 hingga 2005, desain velg ini modelnya cukup rapat dan berkelir silver pada 6 spoke.

Lalu, pada tahun 2006 , velg 6-spoke ini berubah desainnya yang semakin lebih manis dan terus ada inovasi, pada Toyota Avanza generasi kedua vleg diganti dengan desain 4-spoke.

Lalu, pada Grand Avanza, velg nya dibuat menjadi lebih sporty dengan kombinasi dua warna, yaitu alumunium dan hitam.

Interior Toyota Avanza

Inovasi dan perubahan Mobil Avanza ini terlihat pada ruang kabinnya, desain lingkar kemudi, dan kontrol AC.

Warna yang dipakai pada Avanza keluaran terbaru ini didominasi dengan dua tingkat warna yang menambah mobil ini menjadi terlihat lebih modern.

Pada ruang kabin Avanza, perubahan pun terjadi pada kontrol AC. Perubahan ini sebenarnya terlihat dari segi pemakaian warna saja, dan yang awalnya biasa menjadi black gloss.

Performa Toyota Avanza

Saat ini, mesin yang digunakan oleh Mobil Avanza yaitu Variable Valve Timing Injection atau VVT-I. dan, di generasi terbarunya berubah performa menjadi dual VVT-I. Hal inilah yang membuat berkendara Avanza menjadi berbeda dari setiap generasinya.

Dengan menggunakan teknologi pengaturan katup variable model VVT-I ataupun Dual VVT-I pada Avanza, tenaga yang tersalur sudah terasa sejak rpm menengah.

Dampaknya adalah proses produksi daya juga bisa digapai lebih halus dan pastinya ini berimbas pada konsumsi bahan bakar yang bisa ditekan lebih baik.

Dengan kualitas yang tambah ok dan harga yang terjangkau tidak salah jika mobil ini banyak digandrungi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, dan Auto2000 adalah tempat terbaik untuk mendapatkan mobil avanza terbaru.

Baca juga: Toyota All New Voxy MPV Premium Hadir dengan Fitur yang Mewah

Konsumsi Bahan Bakar

Toyota Avanza dengan performa mesin VVT-I membuat mobil ini hemat dalam konsumsi bahan bakar.

Selain itu, mobil ini juga disertai dengan indikator ECO yang bisa menjadi acuan pengemudi untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar yang optimal.

Untuk Grand New Avanza dengan mesin 1.300 cc dan transmisi manual, konsumsi bahan bakar 13,5 km/ liter di jalan biasa perkotaan dan hanya 18.0 km/liter ketika melaju di jalan tol.

Hal ini jauh lebih baik dibandingkan dengan Avanza generasi pertama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here