Hacker WhatsApp
Ilustrasi hacker WhatsApp. Foto: JalanTikus

Seorang peneliti telah menemukan bug WhatsApp yang memungkinkan hacker mendapatkan akses ke file dan pesan pengguna hanya dengan mengirim GIF yang berisi kode berbahaya.

Dikutip Sipitek dari The Next Web, bug ini ditemukan oleh seorang peneliti keamanan, Awakened. Dalam tulisannya di GitHub, Awakened menjelaskan bahwa bug ini ada dalam implementasi tampilan Galeri WhatsApp yang digunakan untuk menghasilkan pratinjau gambar, video dan GIF.

Awakened juga menjelaskan bahwa bug ini dapat mengekploitasi ponsel dengan Android 8.1 dan 9.0, namun bagi pengguna yang masih menggunakan Android 8.0 atau versi dibawahnya tidak terpengaruh.

Khawatir disalahgunakan, Awakened telah melaporkan bug ini ke Facebook dan tak lama WhatsApp merilis pembaruan dengan perbaikan masalah ini untuk melindungi pengguna dari eksploitasi.

“Facebook mengakui dan menambalnya secara resmi di WhatsApp versi 2.19.244. Pengguna WhatsApp, disarankan untuk melakukan pembaruan ke versi WhatsApp terbaru (2.19.244 atau versi yang lebih tinggi) untuk menghilangkan bug ini.” Tulis Awakened melalui postingan blog-nya.

Ini bukanlah kali pertama WhatsApp mengandung bug yang dapat membahayakan pengguna, awal tahun ini Financial Times juga melaporkan kerentanan yang ada di dalam aplikasi tersebut dimana melalui bug tersebut hacker dapat menyisipkan spyware pada ponsel pengguna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here