Tips & Trik

Rumus Excel Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian

Rumus excel operasi dasar matematika

Rumus penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian merupakan salah satu rumus yang akan sering digunakan jika kita menggunakan Microsoft Excel. Berbeda dengan kalkulator, di Excel keempat operator matematika tersebut memiliki rumus yang berbeda-beda.

Meskipun demikian jika dibandingkan dengan menghitung secara manual dengan cara mencatatnya menggunakan kertas kemudian dijumlahkan satu per satu tentu saja ini cara ini akan menyita banyak waktu.

Tetapi jika kita menggunakan Excel kita tidak perlu menjumlahkan satu per satu cukup dengan menulis rumus tertentu kita akan langsung mengetahui hasilnya asalkan semua data yang ingin dihitung sudah dimasukkan.

Selain itu kita juga tidak perlu menulis rumus satu per satu untuk mencari hasilnya cukup menulis satu kali saja kemudian drag sel yang telah diberi rumus, jadi jika Anda memasukkan data tertentu maka secara otomatis totalnya akan berubah sesuai dengan data yang dimasukkan.

Dengan menggunakan Excel kita juga dapat meminimalisir kemungkinan untuk terjadi kesalahan dalam perhitungan, asalkan pada saat menulis rumus pertama kali tidak ada kesalahan maka semua penjumlahan akan benar. Tetapi sebaliknya, jika rumus yang pertama kali ditulis salah maka hasil yang lain pun ikut salah.

Menghitung Operasi Dasar Matematika dengan Rumus Excel

Pada panduan kali ini saya menggunakan Microsoft Excel 2013 jika sobat menggunakan versi yang berbeda jangan khawatir karena caranya sama saja.

Dari keempat operator matematika tersebut ada beberapa cara yang bisa digunakan namun ada juga yang hanya memiliki satu cara saja, mari kita pelajari satu per satu.

1. Rumus Excel Penjumlahan

Ada dua cara yang bisa Anda gunakan untuk mencari hasil penjumlahan yaitu menggunakan operator operator plus (+) dan menggunakan fungsi SUM.

1. Menggunakan Operator Plus (+)

Untuk menggunakan operator (+) caranya sangat mudah hampir sama seperti menghitung secara manual. Sebagai contoh, misalnya kita ingin menghitung jumlah dari 5, 8, 10, 12. Maka kita tinggal tulis saja rumusnya menjadi seperti ini:

=5+8+10+12

Atau Anda juga bisa menulis sel pada masing-masing angka, misalnya dari sel A2 sampai sel D2 terdiri dari sel yang berisi angka 5, 8, 10, 12. Maka rumus yang ditulis bisa juga seperti ini.

= A3+B3+C3+D3

Ketik rumus pada sel yang ingin dijadikan tempat hasil, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

rumus excel penjumlahan

2. Menggunakan Fungsi SUM

Ini merupakan salah satu fungsi yang sering digunakan oleh sebagian besar pengguna Excel untuk menghitung penjumlahan dari pada menggunakan operator (+) karena dengan menggunakan fungsi SUM perhitungan menjadi lebih cepat dan efisien.

Misalnya pada sel A2 sampai dengan D2 terdiri dari angka 5, 8, 10, 12. Dengan menggunakan fungsi SUM kita tidak perlu memasukkan satu per satu angka atau pun sel cukup menulis sel awal hingga sel akhir yang ingin dihitung saja. Jadi rumusnya seperti ini.

=SUM(A2:D2)

Agar lebih jelas silahkan lihat gambar dibawah ini.

rumus excel penjumlahan

Jadi mending menggunakan operatot plus (+) atau SUM?

Tentu saja lebih mudah menggunakan fungsi SUM coba bayangkan bagaimana jadinya jika kita menjumlahkan 100 sel menggunakan operator plus, tentu rumusnya akan menjadi panjang.

Misalnya kita ingin menghitung angka dari sel A2 sampai A100, jika menggunakan operator plus rumusnya akan menjadi panjang seperti ini, =A2+A3+A4+A5+… tulis terus sampai dengan +A100.

Tapi kalau kita menggunakan SUM akan menjadi lebih cepat dan simpel karena kita tidak perlu menulis satu per satu sel atau angka, cukup dengan menulis seperti ini =SUM(A2:A100).

Lanjut ke pengurangan…

2. Rumus Excel Pengurangan

Berbeda dengan penjumlahan untuk pengurangan Excel tidak menyediakan rumus khusus untuk menghitungnya, kita hanya bisa menggunakan operator minus (-) untuk mencari hasil pengurangan.

Anda bisa menulis langsung angka yang ingin dihitung, misalnya kita ingin mencari hasil pengurangan dari 50, 10, 8, 2 maka rumusnya menjadi seperti ini:

=50-10-8-2

Atau kita bisa juga menulis tiap-tiap sel yang ingin dicari hasil pengurangannya, misalnya seperti ini:

=A2-B2-C2-D2

rumus excel pengurangan

Untuk rumus pengurangan saya rasa lebih mudah daripada rumus penjumlahan, silahkan anda gunakan salah satu cara diatas untuk mencari hasil pengurangan.

3. Perkalian

Sama seperti rumus penjumlahan untuk mencari hasil perkalian kita bisa menggunakan dua cara yaitu menggunakan tanda bintang (*) alias asterik dan bisa juga menggunakan fungsi PRODUCT.

1. Menggunakan Asterik (*)

Jika menggunakan tanda bintang atau asterik kita bisa menulis angka atau selnya secara langsung misalnya misalnya kita ingin mencari hasil perkalian dari angka yang terdapat pada sel A2 sampai D2, maka rumusnya seperti ini:

=A2*B2*C2*D2

Atau menulis angkanya langsung seperti ini:

=50*10*8*2

2. Menggunakan Fungsi PRODUCT

Dalam rumus pembagian ini merupakan salah satu rumus yang paling sering digunakan jika data yang ingin dihitung banyak karena kita tidak perlu menulis sel atau angkanya satu per satu.

Misalnya kita ingin mencari hasil pembagian dari angka yang terdapat pada sel A3 sampai dengan D3. Maka rumusnya cukup ditulis seperti ini:

=PRODUCT(A3:D3)

rumus excel perkalian

Dari kedua rumus pembagian diatas mana yang perlu digunakan? Tergantung dengan jumlah data yang ingin dicari hasilnya jika satu atau dua angka saja gunakan cara pertama yaitu menggunakan asterik atau tanda bintang (*).

Tetapi apabila data yang dihitung banyak gunakan fungsi PRODUCT karena kita tidak perlu menulis masing-masing angka atau sel cukup dengan menulis sel awal dan akhir saja.

4. Rumus Excel Pembagian

Untuk rumus pembagian kita hanya bisa menggunakan satu cara saja yaitu menggunakan operator slash (/) alias garis miring. Misalnya kita ingin mencari hasil pembagian dari angka yang terdapat pada sel A2 dan B2, maka rumusnya seperti ini:

=A2/B2

Atau Anda juga bisa langsung menulis angkanya, seperti ini:

=50/10

rumus excel pembagian

Nah itulah formula alias rumus yang bisa anda gunakan untuk menghitung hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top