Tips & Trik

Cara Mudah Mengurutkan Data Sesuai Abjad di Microsoft Word

cara mengurutkan data sesuai abjad di word

Pada artikel kali ini saya akan berbagi tentang cara mengurutkan daftar nama atau data lainnya dari huruf A sampai dengan huruf Z agar berurutan pada lembar kerja microsoft word, sebenarnya cara ini sangat mudah digunakan dan bisa mempercepat pekerjaan anda karena anda tidak perlu mengurutkannya dengan cara manual yang tentunya cara tersebut memakan waktu yang lama.

Artikel ini juga sebagai catatan saya untuk mempermudah pekerjaan membuat dokumen daftar siswa sekolah orang tua saya kebetulan orang tua saya adalah seorang guru dan sering menyuruh saya untuk membuat daftar nama siswa, karena biasanya saya juga mengurutkan dengan cara manual yang sangat menyita waktu, tetapi setelah saya utak-atik microsoft word akhirnya menemukan cara yang cepat dan mudah ini tanpa mengurutkannya secara manual.

Mas saya sudah membuat dokumen tetapi saya belum mengurutkannya sesuai abjad (alias masih acak-acakan A dimana dan Z dimana). Apakah saya harus menghapus dokumen tersebut dan menyusunnya mulai dari awal?

Jangan dihapus, karena dengan cara yang akan saya bagikan di artikel ini daftar tersebut akan tersusun secara berurutan hanya dengan waktu kurang lebih 2 menit saja. Penasaran gimana caranya? Silahkan simak langkah-langkahnya dibawah ini dan jangan sampai ada langkah yang terlewatkan.

Cara Mengurutkan Data sesuai Abjad di Microsoft Word

1. Langkah pertama silahkan buka file data yang belum disusun sesuai abjad dengan software microsoft word. Sebagai contoh saya menggunakan daftar nama seperti gambar dibawah ini.

cara mengurutkan data sesuai abjad di word

2. Langkah ke dua anda harus memblok seluruh tabel, yaitu dengan cara Klik kiri pada kolom “No” pojok kiri (tepat sebelah kiri huruf N) lalu tahan dan tarik ke pokok kanan bawah hingga tabel tersebut berwarna kebiru-biruan dan lepaskan klik kiri, lihat gambar dibawah ini.

blok data

3. Setelah anda blok, pilih menu Home (panah no.1) lalu pilih ikon AZ (panah no.2).

urutkan

4. Setelah anda mengikuti langkah di atas maka akan muncul form seperti gambar dibawah ini, pilih kolom mana yang akan anda gunakan patokan disini aya memilih kolom nama (panah no.1), kemudian pilih Ascending jika anda ingin mengurutkannya mulai dari A sampai dengan Z dan pilih Descending jika anda ingin mengurutkannya mulai dari Z sampai dengan A (panah no.2), jika sudah pilih OK (panah 3).

urutkan data

Lihat hasilnya!!

Data pun akan menyesuaikan secara otomatis tergantung kolom mana yang kita jadikan patokan, cara ini pun sangat cepat dan mudah diterapkan, cukup sekian artikel kali ini semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top