Saat ini internet sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan hampir semua orang, akan tetapi untuk mengakses internet tentunya Anda harus punya kuota internet terlebih dahulu.

Ada banyak sekali operator seluler yang berlomba-lomba menawarkan paket internet dengan harga yang murah tapi kapasitas yang diberikan cukup besar, dalam hal ini mungkin Telkomsel tidak termasuk seperti yang maksud.

Karena memang harga paket internet telkomsel bisa dibilang lebih mahal jika dibandingkan dengan para pesaingnya, meskipun demikian kualitas akses internet yang ditawarkan Telkomsel kalau menurut saya yang paling juara karena jangkauan sinyalnya sampai ke pelosok desa dan kecepatan akses internetnya cukup stabil.

Mungkin itu salah satu alasan mengapa harga paket internet yang ditawarkan Telkomsel lebih mahal jika dibandingkan dengan operator seluler lainnya.

Sudah bukan rahasia lagi sebagian besar paket internet yang ditawarkan Telkomsel biasanya di bagi-bagi ada kuota internet yang dapat di gunakan tengah malam saja ada juga kuota khusus untuk aplikasi-aplikasi tertentu saja, salah satunya adalah kuota Videomax.

Kalau Anda sering membeli paket internet Telkomsel pasti sudah tidak asing lagi dengan kuota Videomax karena memang kuota ini hampir ada di semua paket internet yang di tawarkan Telkomsel.

…Akan tetapi tidak semua pengguna Telkomsel tau fungsi kuota Videomax ini.

Saya tau Anda mampir ke artikel ini ingin tau cara mengubah kuota Videomax jadi kuota Flash atau Reguler yang bisa digunakan 24 jam di semua aplikasi kan?

Sebelum saya menjelaskan caranya saya akan memperkenalkan terlebih dahulu….

Sebetulnya Kuota Videomax itu apa sih?

Videomax adalah kuota yang hanya bisa Anda gunakan untuk mengakses layanan aplikasi streaming film seperti CATCHPLAY, HOOQ, Nickelodeon Play, SuperSoccer TV, VIU, dan TRIBE.

Jadi kalau Anda tidak menggunakan salah satu dari aplikasi di atas tentu saja kuota Videomax yang Anda miliki tidak akan berkurang.

Padahal kapasitas kuota Videomax yang di sisipkan di paket internet Telkomsel punya kapasitas yang lumayan besar.

…sayangkan kalau tidak digunakan?

Untungnya sekarang ini ada beberapa trik yang bisa Anda gunakan agar kuota Videomax bisa digunakan di semua aplikasi apa saja selama 24 jam seperti kuota Flash dan Reguler.

Sebetulnya jika Anda hanya ingin menggunakan kuota Videomax saja tanpa mengubahnya menjadi Flash Anda bisa mendownload beberapa aplikasi streaming film yang telah saya sebutkan di atas.

…nah ketika Anda menonton film di salah satu aplikasi tersebut kuota utama Anda tidak akan terpotong yang terpotong hanya kuota Videomax saja.

Namun jika Anda ingin mengubahnya menjadi kuota utama yang bisa digunakan secara bebas tanpa batas Anda perlu menggunakan trik khusus.

Bagaimana Cara Mengubah Kuota Videomax Menjadi Kuota Flash ?

Sebetulnya ini merupakan salah satu bagian dari trik internet gratis…

Kalau Anda pernah menggunakan trik untuk mengakses internet gratis sebelumnya pasti ini bisa dibilang cukup mudah.

Akan tetapi bagi orang awam mungkin akan merasa kesulitan ketika menggunakannya.

Namun Anda tidak perlu khawatir…

Karena di sini Sipitek akan memberikan panduannya secara lengkap, meskipun Anda orang awam Anda tidak perlu khawatir karena setelah mengikuti panduan ini pasti Anda akan merasakan betapa gurihnya kuota Videomax jika diubah menjadi kuota utama.

…silahkan siapkan kopi atau teh nya Terlebih dahulu, karena kita akan segera memulainya.

Untuk mengubahnya menjadi kuota utama, kita membutuhkan sebuah aplikasi.

Aplikasi ini bekerja untuk memanipulasi permintaan akses internet Anda ke server Telkomsel.

Jadi, ketika Anda mengakses internet Anda akan disangka oleh sistem Telkomsel mengakses aplikasi streaming film yang saya sebutkan di atas, padahal Anda mengakses situs lain.

Ada banyak sekali aplikasi yang bisa Anda gunakan, akan tetapi hanya dua aplikasi saja yang paling saya rekomendasikan, yaitu:

Kalau Anda mengandalkan kecepatan, saya sarankan menggunakan KPNTunnel REV.

Tapi kalau Anda hanya mengandalkan kemudahan (yang penting bisa mengakses internet), gunakan AnonyTun.

Alasannya akan saya jelaskan di bawah.

Mari kita mulai dari aplikasi yang pertama…

Mengubah Kuota Videomax Menjadi Flash dengan KPNTunnel Rev

Ini merupakan aplikasi yang biasa saya gunakan, tapi kalau Anda pemula yang baru menggunakan aplikasi ini pasti akan kebingungan karena memang agak sedikit rumit saat mengaturnya.

Namun Anda tidak perlu khawatir, tenang saja karena saya akan jelaskan secara lengkap sampai Anda berhasil.

Meskipun agak sedikit rumit kalau Anda lebih mengandalkan kecepatan internet saya lebih menyarankan Anda menggunakan KPNTunnel REV daripada AnonyTun.

Karena di KPNTunnel REV Anda bisa mengubah server SSH yang ingin Anda gunakan, ini sangat berpengaruh terhadap kecepatan internet.

Anda bisa membuat SSH di situs-situs penyedia SSH gratis, ada banyak sekali di internet tapi situs yang paling populer salah satunya yaitu Fastssh.

Kalau di AnonyTun Anda tidak bisa mengubahnya karena mereka akan memberikan server secara acak, dan kita tidak pernah tau seberapa banyak orang yang menggunakan server tersebut.

…semakin banyak tentu akan semakin berkurang kecepatannya.

Kalau Anda belum punya aplikasinya silahkan download KPNTunnel REV di Play Store.

Sudah di pasang? mari kita mulai ke langkah-langkahnya :

1. Buat Akun SSH SSL Kemudian Masukkan ke Pengaturan

SSH yang biasa digunakan dalam dunia internet gratis itu ada dua jenis ada yang menggunakan protokol SSL ada juga yang menggunakan TLS.

Karena bug yang akan kita gunakan untuk mengubah kuota Videomax itu memerlukan protokol SSL jadi buat SSH yang mendukung protokol SSL.

Ada banyak sekali situs yang menyediakan SSH SSL, diantaranya :

  • http://www.configinter.net/free-ssh.php
  • https://www.fastssh.com/page/ssh-ssl-stunnel-servers
  • http://www.mytunneling.com/ssh-ssl

Silahkan kunjungi salah satu URL di atas untuk membuat SSH SSL secara gratis.

Setelah akun SSH SSL berhasil di buat Anda akan mendapatkan beberapa informasi akun SSH Anda…

Contohnya seperti di bawah ini yang saya buat di situs Configinter.net :

Host/IP : 128.199.118.235
SSL Port : 443
Dropbear Port : 80, 444
Proxy Squid : 128.199.188.44
Squid Port : 80, 8000, 8080, 3128
Username : configinter.net-pitek
Password : sipitek
Dibuat Tanggal : 07-May-2018
Aktif Sampai : 12-May-2018

Setiap situs akan menampilkan informasi akun yang berbeda-beda. Dari informasi tersebut yang kita butuhkan hanyalah Host/IP, SSL Port, Username, dan Password.

Selanjutnya akun tersebut kita masukkan ke dalam pengaturan SSH di aplikasi KPNTunnel REV.

Begini caranya:

Buka aplikasi KPNTunnel REV di smartphone Android Anda kemudian pilih ikon garis tiga yang ada di pojok kanan atas layar untuk masuk ke Pengaturan KPNTunnel Rev.

Setelah masuk ke Pengaturan ubah bagian Instansi SSL menjadi SSL kemudian centang bagian SSH Tunnel, setelah itu tap tepat di bagian tulisan SSH Tunnel.

Setelah itu Anda akan di arahkan ke halaman pengaturan SSH Tunnel seperti gambar di bawah paling kanan.

Selanjutnya silahkan isi bagian IP / Host, Port, Nama Pengguna dan Kata Sandi sesuai dengan akun SSH yang telah Anda buat.

Bagian yang lainnya biarkan saja tidak perlu di sesuaikan.

pengaturan SSH

Jika sudah silahkan kembali ke tampilan awal KPNTunnel Rev.

2. Mengatur Tipe Proksi dan Server Spoof

Ini juga merupakan salah satu bagian yang cukup penting karena pada tahap ini kita akan memasukkan bug Videomax yang akan kita gunakan.

Sebetulnya dulu ada banyak sekali bug Videomax yang bisa kita gunakan, akan tetapi saat ini hanya ada satu bug yang aktif, yaitu play.hooq.tv.

Begini cara mengaturnya:

Pada tampilan awal KPNTunnel Rev atur terlebih dahulu Tipe Proksi menjadi SSL/TLS Direct kemudian masukkan bug play.hooq.tv di bagian Server Spoof seperti gambar di bawah.

atur tipe proxy dan soof

…Sudah itu saja.

Sampai di sini kita hampir selesai, tapi ada satu langkah lagi yang perlu Anda lakukan.

3. Mengatur APN dan Mencari IP

Semua smartphone yang bisa terhubung ke internet sudah pasti punya pengaturan APN apalagi smartphone Android.

Akan tetapi setiap merk letak pengaturannya berbeda-beda, jadi di sini saya tidak akan menjelaskan langkah-langkahnya secara lengkap karena kemungkinan smartphone yang saya gunakan juga berbeda dengan yang Anda gunakan saat ini.

APN dapat mempengaruhi IP yang kita dapatkan…

Kalau dulu hampir semua IP bisa kita manfaatkan untuk mengubah kuota Videomax menjadi Flash akan tetapi sekarang ini hanya IP dengan awalan 100 saja yang bisa digunakan.

Itupun tidak semua IP 100 bisa kita gunakan, ada juga yang tidak bisa.

Silahkan masuk ke pengaturan jaringan di ponsel Anda kemudian atur APN-nya menjadi seperti gambar di bawah atau bisa juga dengan membuat APN baru.

Kemudian isi bagian:

  • Nama : SIPITEK.COM
  • APN : aha

Contohnya seperti gambar di bawah sebelah kiri, bagian lainnya biarkan saja. Kalau sudah silahkan Simpan.

mengatur APN

Kalau smartphone Android yang Anda gunakan sudah mendukung jaringan 4G Anda perlu mengubah tipe jaringan terlebih dahulu menjadi 3G, contoh seperti gambar di atas paling kanan.

Silahkan atur tipe jaringan di smartphone Anda.

Karena kalau kita menggunakan jaringan 4G IP yang kita dapatkan nanti tidak akan berubah-ubah, tapi tenang saja kalau KPNTunnel Rev sudah terhubung Anda bisa mengembalikannya lagi ke 4G.

Sampai di sini kita sudah berhasil mengatur APN dan tipe jaringan.

…sedikit lagi kita akan sampai.

Silahkan buka KPNTunnel Rev pastikan Anda sudah mengaktifkan data seluler, kemudian lihat di KPNTunnel Rev di sana akan tampil IP Anda.

Pastikan bagian IP Anda di awali dengan angka 100 contohnya seperti gambar di bawah paling kiri di sana IP saya yaitu 100.77.149.120.

Seperti yang telah saya sebutkan di atas Videomax itu hanya bisa terhubung jika kita menggunakan IP dengan awal 100.

Kalau Anda belum mendapatkan IP 100 silahkan matikan data seluler tunggu kurang lebih 30 detik kemudian hidupkan lagi. Maka IP Anda akan berubah…

…ulangi cara tersebut sampai Anda mendapatkan IP 100.

Tidak semua IP 100 bisa Anda gunakan, berdasarkan pengalaman saya ini beberapa IP yang bisa di gunakan untuk mengubah kuota Videomax :

  • 100.65.
  • 100.68.
  • 100.67.
  • 100.69.
  • 100.71.
  • 100.72.
  • 100.77.
  • 100.78.

Kalau sudah mendapatkan IP 100 pilih tombol MULAI di KPNTunnel Rev kemudian pilih ikon KPN yang ada di pojok kiri atas layar.

Nah apabila Anda berhasil maka akan muncul tulisan seperti gambar di bawah sebelah kanan di bagian paling bawah ada tulisan tun2socks: entering ecent loop.

KPNTunnel Rev terhubung

Selamat! sampai di sini kuota Videomax Anda sudah bisa digunakan di semua aplikasi seperti kuota utama..

Config KPNTunnel Rev Videomax

Kalau Anda tidak mau ribet ngatur-ngatur seperti di atas Anda bisa langsung menggunakan config buatan orang lain yang biasa dibagikan di grup Facebook.

Kalau sudah di download pilih ikon titik tiga ፧ di pojok kanan atas aplikasi KPNTunnel Rev kemudian pilih Opsi Konfig kemudian pilih Impor lalu pilih config yang telah Anda download.

…nah otomatis semua pengaturan akan menyesuaikan dengan sendirinya, seperti yang telah saya buat.

Mengubah Kuota Videomax Menjadi Flash dengan AnonyTun

Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang tidak mau ribet melakukan beberapa pengaturan seperti di KPNTunnel Rev, tapi bukan berarti dengan menggunakan AnonyTun Anda tidak perlu melakukan beberapa pengaturan.

Akan tetapi di AnonyTun kita hanya mengatur sedikit pengaturan saja, tidak seperti KPNTunnel Rev di mana kita harus memasukkan akun SSH.

Nah di AnonyTun Anda tidak perlu memasukkan akun SSH karena aplikasi ini sudah dilengkapi dengan server SSH di dalamnya.

Akan tetapi menurut saya kecepatannya lebih bagus di KPNTunnel Rev, karena memang kita menggunakan akun SSH yang kita buat sendiri.

Cara ini juga bisa Anda gunakan sebagai cara alternatif ketika akun SSH di KPNTunnel Rev Anda sudah tidak aktif, nah Anda bisa membuatnya menggunakan AnonyTun terlebih dahulu untuk membuat akun SSH baru.

Silahkan download terlebih dahulu aplikasi AnonyTun di Play Store tunggu sampai aplikasi berhasil di pasang.

Sudah? Oke. Mari kita mulai!

Menyesuaikan Pengaturan AnonyTun

Langkah pertama kita perlu menyesuaikan terlebih dahulu pengaturan di AnonyTun yaitu memasukan bug Videomax, mengatur protokol, dan lainnya.

Tenang saja ini tidak begitu rumit seperti di KPNTunnel Rev, silahkan buka aplikasi AnonyTun yang telah Anda download kemudian kita akan memulai mengaturnya.

Begini caranya:

Pilih menu STEALTH SETTINGS yang ada di bagian atas aplikasi Anonytun, kemudian nyalakan bagian Stealth Tunnel ON/OFF, lalu atur:

  • Connection Protocol : SSL
  • Connection Port : 443

Selanjutnya pilih tombol EDIT SSL SETTINGS, kemudian atur:

  • True SSL (Anti DPI) : ✓
  • Spoof Host:Port : ✓
  • Spoof Host : play.hooq.tv
  • Spoof Port : 443

Kalau sudah pilih OK. Kalau kurang jelas lihat gambar di bawah ini…

menyesuaikan pengaturan AnonyTun

Sampai di sini kita sudah berhasil menyesuaikan pengaturan AnonyTun untuk Videomax.

Selanjutnya kita perlu mencari IP 100 dan mengatur APN seperti yang telah saya tulis di atas untuk KPNTunnel Rev, kalau Anda belum tau baca dulu di atas.

Kalau Anda sudah mendapatkan IP 100 pilih tombol CONNECT di AnonyTun, jika AnonyTun berhasil terhubung tandanya akan ada tulisan Anonytun is connected di status bar Android Anda seperti gambar di bawah sebelah kanan.

AnonyTun terhubung

Selamat! sampai di sini Anda sudah berhasil mengubah kuota Videomax menjadi Flash, silahkan coba berselancar di internet.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengubah kuota Videomax menjadi kuota Flash atau Reguler menggunakan aplikasi KPNTunnel Rev dan AnonyTun.

Jangan lupa cek sisa kuota internet Anda secara berkala untuk mengetahui apakah yang terpotong kuota Videomax atau kuota Flash.

Sebetulnya cara ini sangatlah mudah akan tetapi karena saya menjelaskannya secara lengkap kelihatannya menjadi lebih rumit.

Cara di atas sewaktu-waktu bisa mengalami perubahan dari yang awalnya berhasil suatu saat bisa saja menjadi tidak berhasil atau susah terhubung, itu merupakan salah satu hal yang sangat lumrah terjadi di dunia internet gratis.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena artikel ini akan saya perbarui secara berkala meskipun triknya mengalami perubahan saya akan update dengan trik terbaru jika yang ini sudah tidak bisa digunakan lagi.

Supaya Anda tidak ketinggalan update terbaru jangan lupa bookmark atau bagikan artikel ini ke sosial media agar Anda bisa menemukan lagi artikel ini dengan mudah.

Jika Anda mengalami masalah saat mengikuti langkah-langkah di atas, silahkan tulis di kolom komentar nanti akan saya bantu sampai berhasil.

Jangan lupa beritahu saya jika trik di atas tidak bisa digunakan lagi agar saya bisa memperbaruinya dengan trik terbaru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here