mengubah baris menjadi kolom

Pada saat membuat data di Microsoft Excel seringkali kita mendapati berbagai macam masalah yang mengharuskan kita untuk mengubah data yang tadinya dibuat secara horizontal dari kiri ke kanan (kolom) harus diubah menjadi vertikal dari atas ke bawah (baris), atau bisa juga sebaliknya dari yang tadinya data kolom menjadi data baris.

Tak jarang mereka memilih untuk membuat data dari awal untuk mengubahnya dan tentu saja ini akan menyita banyak waktu terlebih jika data yang dibuat sangat banyak, sebetulnya Microsoft Excel sendiri sudah menyediakan fitur untuk mengatasi masalah ini dimana kita tidak perlu mengubah data tersebut secara manual.

Dengan memanfaatkan fitur Transpose kita data mengubah data dari yang tadinya dibuat baris menjadi kolom, atau dari kolom dibuat menjadi baris. Kita tidak perlu membuatnya dari awal cukup dengan mengcopy data dan mengaktifkan fitur Transpose data bisa tersusun secara rapi layaknya ditulis ulang.

Mengubah Data Baris menjadi Kolom di Microsoft Excel

Sebelum mengikuti panduan kali ini silahkan buka terlebih dahulu data yang ingin diubah atau Anda juga bisa membuat data seperti yang saya buat terlebih dahulu agar ketika terjadi kesalahan data asli yang Anda gunakan tidak berantakan. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Blok data yang ingin diubah kemudian klik kanan lalu pilih Copy atau Anda bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + C, letakkan kursor pada sel yang ingin menjadi tempat hasil dari perubahan sebagai contoh disini saya memilih sel K1.

Pada menu HOME pilih Paste lalu pilih Paste Special atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + Alt + V.

mengubah baris menjadi kolom

2. Setelah itu akan muncul dialog pengaturan Paste Special cukup dengan mencentang fitur Transpose kemudian pilih OK.

paste special

3. Kurang lebih hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini…

baris jadi kolom

Jika Anda ingin mengubah data kolom menjadi baris caranya sama saja seperti diatas, pastikan pada langkah pertama Anda meletakkan kursor pada sel yang ingin menjadi tempat hasilnya. Dengan menggunakan cara ini Anda tidak perlu lagi membuat data dari awal tentunya pekerjaan bisa selesai dengan lebih cepat.

Hobi membaca dan menulis berbagai hal seputar teknologi terutama games, aplikasi, dan smartphone. Mulai aktif menulis pada tahun 2015, pada tahun 2016 ia mencoba merintis karir didunia tulis-menulis dengan serius dan mendirikan Sipitek.com.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here